Sukses

10 Manfaat Telur Ayam untuk Kesehatan, Kaya Protein Bantu Pembentukan Otot

Selain Manfaat telur ayam sebagai bahan makanan serbaguna di berbagai masakan, telur digemari karena penyimpanannya yang relatif mudah.

Liputan6.com, Jakarta Telur ayam merupakan salah satu bahan makanan yang digemari banyak orang. Terdapat berbagai resep masakan yang menggunak telur sebagai salah satu komponennya. Mulai dari yang paling sederhana, seperti telur ceplok atau nasi goreng, sampai resep yang rumit seperti kue.

Selain manfaat telur ayam sebagai bahan makanan serbaguna di berbagai masakan, telur digemari karena penyimpanannya yang relatif mudah. Oleh sebab itu telur kerap dipilih sebagai stok makanan yang dapat bertahan dalam rentang waktu yang cukup lama. Dilansir dari laman Badan Litbang Pertanian, di suhu ruang telur dapat bertahan 7-14 hari sedangkan bila disimpan di dalam kulkas telur dapat bertahan hingga 5 minggu.

Manfaat telur ayam juga berasal dari nutrisi-nutrisi yang ada di dalamnya. Sayangnya, tidak semua orang dapat merasakan manfaat telur ayam. Hal ini disebabkan oleh sistem imun sebagian orang mendeteksi protein dari telur sebagai zat yang membahayakan tubuh, sehingga muncul reaksi alergi. Berikut manfaat telur ayam yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber. Senin (1/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Telur Ayam, Sumber Nutrisi Lengkap

1. Sumber Nutrisi Lengkap

Telur ayam merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Telur ayam mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak.

Protein adalah salah satu kandungan gizi telur yang menjadikan makanan ini dinobatkan sebagai super food. Telur adalah salah satu jenis makanan terbaik untuk mendapatkan protein, karena di dalamnya terdapat seluruh asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

Manfaat telur ayam juga mengandung karbohidrat, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak, yaitu hanya sekitar 0,6 gram per butir. Dalam satu butir telur rebus ukuran besar hanya terdapat kurang lebih 77 kalori. Dengan begitu dengan pengolahan yang baik, telur dapat menjadi makanan yang tinggi protein namun rendah kalori yang dapat mendukung proses penurunan berat badan. 

Satu butir telur mengandung kurang lebih 5,3 gram lemak total, yang terdiri dari 1,6 gram lemak jenuh, dan 2,0 gram lemak tak jenuh. Selain itu, telur juga mengandung kolesterol sebanyak 212 mg kolesterol atau setara dengan 71% rekomendasi konsumsi harian.

Mengkonsumsi satu butir telur rebus  dapat memenuhi rekomendasi konsumsi harian vitamin A harian sebanyak 6%. Satu butir telur dapat memberikan vitamin B2 atau riboflavin sebanyak sekitar 15% dari rekomendasi konsumsi harian. Jika mengonsumsi telur, maka kebutuhan cobalamin harian Anda sudah terpenuhi sebanyak kurang lebih 9%

Konsumsi satu butir telur sudah memenuhi kebutuhan harian vitamin B5 sebanyak kurang lebih 7%,  fosfor sebanyak 86 mg atau 9%, selenium sekitar 22%, 147 mg choline atau sebanyak 27% dari total rekomendasi konsumsi harian.

Kuning telur juga mengandung dua jenis antioksidan yaitu lutein dan zeaxanthin. Keduanya adalah karotenoid yang sangat baik untuk kesehatan mata dan bahkan dianggap berpotensi mencegah katarak dan degenerasi makula.

3 dari 4 halaman

Manfaat Telur Ayam bagi Kesehatan

2. Membantu Pembentukan Sel

Protein secara umum memeng memiliki peran penting pada pembentukan sel baru dan memperbaiki sel yang rusak. Kandungan nutrisi protein yang tinggi pada telur dapat membantu proses pertumbuhan anak serta proses pemulihan setelah terjadi luka atau sakit.

3. Membantu Pembentukan Otot

Mengonsumsi telur menjadi hal rutin dilakukan oleh para binaragawan. Tujuannya untuk membantu pembentukan otot sehingga lebih besar dan padat. Untuk membentuk otot biasanya binaragawan hanya mengkonsumsi bagian putih telur saja karena tidak memerlukan lemak yang ada di kuning telur. Namun, untuk konsumsi sehari-hari sebaiknya tetap menggunakan telur utuh yang juga dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan, selain itu tidak menyebabkan food waste.

4. Mengontrol Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan asam amino pada telur dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan termasuk menumpuknya kolesterol jahat di dalam tubuh. Vitamin A, B12, selenium, hingga antioksidan dalam telur dapat meningkatkan produksi makrofag yang merupakan sel kekebalan pada sistem imun yang melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi apapun, termasuk kolesterol jahat.

5. Memelihara Kesehatan Otak

Asam amino, kolin, dan omega-3 pada telur ayam terbukti dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan saraf serta jaringan otak, terutama pada anak. Maka dari itu, anak-anak memang disarankan untuk rutin mengkonsumsi telur secara seimbang

6. Memelihara Kesehatan Mata

Manfaat telur ayam mengandung vitamin A, zinc, dan antioksidan yang berupa lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin telah terbukti memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin akan terkumpul pada retina mata dan berperan untuk melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Pada beberapa penelitian menyatakan, bahwa antioksidan lutein dan zeaxanthin ini dinilai mampu membantu mengurangi risiko penyakit katarak dan degenerasi makula. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Telur Ayam Sumber Protein

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, telur adalah jenis makanan yang tinggi protein namun rendah kalori. Mengkonsumsi telur dapat menekan nafsu makan sehingga porsi makan menjadi lebih sedikit.

8. Sumber Energi

Kandungan protein dan lemak pada telur berperan sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Telur kerap disajikan menjadi menu sarapan karena kandungan proteinnya yang tinggi namun kalorinya yang rendah. Sehingga setelah sarapan perut tidak terasa begah dan tetap berenergi.

9. Membantu Kekebalan Tubuh

Vitamin A, B12, selenium, hingga antioksidan dalam telur ayam membantu tubuh memproduksi sel kekebalan bernama makrofag. Dengan begitu sistem imun menjadi lebih kuat dan mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi apapun, termasuk kolesterol jahat.

10. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat telur ayam yang dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh akan berdampat pada penurunan risiko penyakit jantung. Selain itu, telur juga meningkatkan jumlah kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) di dalam tubuh yang dapat menekan resiko sakit jantung dan stroke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.