Sukses

9 Cara Membuat Kaligrafi Arab dengan Mudah, Pahami Sejarahnya

Sejarah dan cara membuat kaligrafi arab yang tidak hanya indah, namun juga mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kaligrafi tidaklah begitu sulit untuk dilakukan, Anda dapat membuat kaligrafi arab dengan mengikuti beberapa langkah mudah dibawah ini. Selama ribuan tahun kaligrafi telah berkembang dan digunakan untuk melestarikan pengetahuan dan menyimpan pemahaman manusia terdahulu.

Dalam cara membuat kaligrafi arab yang indah dan halus, dibutuhkan konsentrasi dan kesabaran dalam melakukannya. Tidak hanya indah, kaligrafi arab juga sarat akan makna. Dalam pembuatannya diperlukan perhitungan yang matang agar dapat menghasilkan bentuk yang bagus.

Telah ada sejak jaman dahulu, seni kaligrafi telah dikenal luas dan tidak hanya diterapkan dalam kebutuhan religius saja, namun juga untuk kreasi modern yang saat ini juga dikenal dengan nama tipografi. Cara membuat kaligrafi modern tidak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang.

Sebagai pedomana berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (02/11/2022) sejarah dan cara membuat kaligrafi arab yang tidak hanya indah, namun juga mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah Kaligrafi Arab

Sejarah Kaligrafi Arab

Pada zaman dahulu suku-suku Arab lebih suka menghafal teks dan puisi dan mewariskannya secara lisan dari generasi ke generasi. Namun, itu berubah dengan penyebaran Islam dan semakin pentingnya melestarikan Al-Qur'an dalam bentuk tertulis. 

Sebelum penyebaran Islam, Semenanjung Arab adalah rumah bagi berbagai bahasa Semit awal. Dan penemuan artefak kaligrafi dalam bahasa-bahasa awal ini membuktikan bahwa praktik kaligrafi sudah ada sebelum Islam. Persia kuno, misalnya, menggunakan kaligrafi runcing untuk menghiasi monumen raja sejak 600–500 SM1. 

 

Kaligrafi Arab juga berkembang dari waktu ke waktu menjadi dua jenis kaligrafi arab yang berbeda, yaitu: 

1. Kufic

Kufah adalah kota yang memberikan namanya kepada Kufi, contoh paling awal dari gaya kaligrafi universal. Pada masa-masa awal, penggunaan aksara Arab sangat kurang. Ini karena tradisi lisan budaya yang kuat. Namun, bahasa menjadi jauh lebih penting, selama pelestarian Al-Qur'an karena penyebaran Islam. Akibatnya, keindahan naskah terjadi. Saat ini, Kufic terdiri dari sejumlah gaya. Namun, ia memiliki bentuk huruf bersudut, bujur sangkar, dan orientasi horizontal. 

2. Skrip Bulat

Sementara Kufic menjadi standar untuk teks-teks suci, berkembang kebutuhan akan skrip yang lebih cepat untuk ditulis dan lebih cocok untuk dokumen dengan skala yang lebih kecil, seperti surat. Idealnya, skrip bulat seharusnya tidak terlihat seperti tangan manusia yang menulisnya, jadi tidak ada ruang untuk ekspresi kreatif saat menulis dengan gaya ini.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kaligrafi Arab dengan Mudah

1. Persiapkan Alat

Cara membuat kaligrafi arab yang pertama adalah menyiapkan alat-alat. Di bawah ini adalah beberapa alat dan perlengkapan yang paling umum digunakan dalam kaligrafi Arab:

- Pena Qalam

Dalam kaligrafi Arab pena yang paling umum digunakan adalah pena Qalam. Alang-alang yang dipotong dan dikeringkan digunakan untuk membuat pena ini. Pena ini dianggap sebagai simbol kebijaksanaan, dalam Islam.

- Pena Kamish

Pena Kamish juga dikenal sebagai pena buluh . Kaligrafi Arab, Turki, dan Iran biasanya menggunakan pena ini. Terbuat dari alang-alang yang tumbuh di sepanjang sungai, namun membutuhkan proses pengawetan yang lama sebelum bisa digunakan untuk kaligrafi.

- Pena Bambu

Pena bambu adalah salah satu alat kaligrafi tertua di dunia. Bambu adalah bahan yang ideal untuk kaligrafi Arab karena ujungnya yang kaku memungkinkan para kaligrafer mencapai spektrum penuh gerakan pena, tetapi juga menawarkan tingkat fleksibilitas.Java Pen

Pena Jawa terbuat dari rumput duri Jawa. Mereka dikenal karena kekakuannya dan kemampuan untuk menghasilkan tepi yang tajam untuk bentuk huruf, oleh karena itu mereka sangat cocok untuk skrip yang lebih kecil.

- Pena Handam

Salah satu pena paling serbaguna untuk kaligrafi Arab, pena Handam tersedia dalam berbagai ukuran yang berbeda, mulai dari ukuran 10mm yang besar hingga pena mikro sub-1mm. Ini membuatnya cocok untuk berbagai jenis skrip.

- Celi Pen

Untuk kaligrafi Arab skala besar, kami menggunakan pena Celi. Ujung pena celi terbuat dari bambu. dan mereka termasuk built-in reservoir untuk tinta.

- Kertas Ahar

Untuk kaligrafi Arab banyak jenis kertas yang cocok. Namun ada jenis kertas yang dibuat khusus untuk bentuk seni . Kertas Ahar adalah buatan tangan di India tengah. Dilapisi dengan kombinasi pati, dan ukurannya terbuat dari tawas dan putih telur. Lapisan mengkilap ini mencegah tinta menembus kertas; sebagai gantinya, tinta berada di atas lapisan, yang memungkinkan kaligrafi menghapus dan melakukan koreksi.

- Tinta

Tinta kaligrafi Arab dulunya berbahan dasar jelaga yang larut dalam air secara tradisional. Karena itu, anda dapat menghilangkan kesalahan dengan kain basah. Sementara hitam adalah warna paling tradisional untuk tinta, berbagai warna tinta sekarang tersedia dan digunakan secara luas.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kaligrafi Arab dengan Mudah

2. Belajar Membaca dan Menulis Bahasa Arab Secara Bersamaan

Beberapa orang mengatakan bahwa anda dapat belajar menulis huruf Arab bahkan tanpa bisa membaca dalam bahasa Arab. Tapi ini adalah mitos. Sebenarnya disarankan untuk belajar menulis dan membaca bahasa Arab sekaligus meningkatkan keterampilan membaca dan menulis Anda.

Ini karena ketika kita membaca kata, otak kita cenderung melewatkan beberapa huruf . Kita mungkin tidak melihat kesalahan ketika hanya membaca sebuah kata atau frase. Saat kemampuan bahasa Arab anda meningkat, anda akhirnya harus membaca dan menulis, jadi masuk akal untuk mempelajari keterampilan ini bersama-sama.

 

3. Lembar Kerja Bahasa Arab

Cara membuat kaligrafi arab yang selanjutnya adalah berlatih menggunakan lembar kerja bahasa Arab. Untuk menemukan lembar kerja penulisan bahasa Arab yang akan membantu anda belajar menulis huruf Arab dan dapat anda cetak secara online, kunjungi tautan berikut:

- Education.com

- Belarabyapps.com

- Arabiconline.eu

Anda akan menemukan bahwa sering ada lembar latihan terpisah untuk huruf dan untuk menghubungkan atau menggabungkan huruf, tetapi keduanya merupakan kegiatan yang membantu dalam pengenalan alfabet.

 

4. Teks Arab dengan Transkripsi

Akan sangat membantu bagi pelajar untuk menggunakan teks Arab dengan transkripsi, yaitu romanisasi tulisan Arab, karena membantu pemahaman dan mempercepat penguasaan bahasa dengan memungkinkan seseorang untuk mengasosiasikan bentuk dan huruf yang tidak dikenal dengan simbol yang dikenal.

Namun, tidak mudah untuk menemukan teks Arab berkualitas tinggi dengan transkripsi online. Seperti yang akan anda baca lebih jauh, taruhan terbaik anda untuk menemukan sumber yang berguna untuk belajar bahasa adalah tutor bahasa Arab yang akan membantu anda belajar membaca dan menulis bahasa Arab secara online. 

 

5. Konverter Kaligrafi Arab online

Konverter tulisan adalah alat yang menerjemahkan tulisan anda dalam satu bahasa ke bahasa lain secara real-time. Kesederhanaan dan kecepatan alat terjemahan otomatis ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk pelajar. 

Teknologi penulisan konverter menjadi semakin maju, tetapi itu tidak berarti konverter selalu 100% akurat. Gunakan konverter jika anda perlu mengetik sesuatu dan memeriksanya dengan cepat saat belajar kaligrafi Arab daripada mengandalkannya sepanjang waktu untuk belajar menulis bahasa Arab online.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kaligrafi Arab dengan Mudah

6. Blog Berbahasa Arab

Cara membuat kaligrafi arab yang berikutnya adalah dengan mencontoh dari blog berbahasa Arab. Mengikuti blog adalah cara lain untuk belajar tentang kaligrafi Arab dan untuk meningkatkan keahlian Anda. Meskipun blog yang tepat tentang topik ini, sayangnya, tidak berlimpah, ada posting berguna yang didedikasikan untuk seni kaligrafi Arab yang tersedia secara online di situs web berikut:

- www.oroarabic.com

- transparent.com

- www.arabacademy.com

 

7. Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Bahasa Arab

Jika anda lebih suka menggunakan ponsel cerdas atau tablet anda untuk belajar, ada juga banyak aplikasi pembelajaran bahasa Arab yang dapat anda unduh untuk membantu anda meningkatkan tulisan bahasa Arab Anda. Ada banyak aplikasi hebat di luar sana yang memberikan tip dan trik untuk meningkatkan gaya anda dan membantu anda mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda.

 

8. Video Pelajaran Alfabet Arab

Cara membuat kaligrafi arab yang selanjutnya adalah dengan meniru video pelajaran alfabet Arab. Video adalah alat lain yang dapat anda gunakan untuk keuntungan anda saat belajar kaligrafi Arab. Ada saluran video yang didedikasikan untuk seni kaligrafi Arab yang dapat diikuti dan ditonton oleh pelajar secara rutin untuk meningkatkan keterampilan mereka. 

 

9. Kelas Bahasa Arab Online

Cara membuat kaligrafi arab yang terakhir adalah mengikuti kelas online. Seperti disebutkan sebelumnya, terkadang sulit untuk menemukan sumber daya berkualitas tinggi dalam bahasa Arab online. Di situlah tutor dan kelas bahasa Arab online bisa berguna! Selama pelajaran online anda, anda akan mendapatkan materi pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dengan kebutuhan pribadi anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.