Sukses

5 Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru, Lengkap dengan Syarat dan Cara Daftar

Contoh deskripsi diri PPPK Guru yang mudah untuk diikuti.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK Guru 2022 sudah resmi dibuka sejak kemarin tepatnya 31 Oktober 2022. Bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi PPPK, maka segera daftarkan diri melalui portal https://sscasn.bkn.go.id/. Anda bisa mengikuti beberapa tahap seleksi, mulai dari pendaftaran akun, pengisian biodata,  pengisian riwayat hidup, mengunggah dokumen hingga mengisi deskripsi diri. Oleh karena itu, tersedia beberapa contoh deskripsi diri PPPK Guru yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Contoh deskripsi diri PPPK Guru cukup mudah, Anda bisa menulis identitas diri yang lengkap, informasi sekolah yang Anda tempati, bahkan kontribusi yang dilakukan selama menjadi tenaga didik. Setelah Anda melalui tahapan pengisian riwayat hidup, maka akan muncul kolom deskripsi diri yang bisa ditulis secara essay. 

Contoh deskripsi diri PPPK Guru perlu diketahui sebagai referensi, bagi pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) Guru. Dalam menulis deskripsi diri, maka Anda juga bisa sampaikan bagaimana hubungan dalam bermasyarakat, seperti keaktifan dalam organisasi masyarakat, keikutsertaan dalam kegiatan bermasyarakat. Anda juga bisa menambahkan pengalaman organisasi yang pernah diikuti, serta kaitannya dengan bidang pekerjaan.

Berikut ini contoh deskripsi diri PPPK Guru yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/11/2022). 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Persyaratan Dokumen

Sebelum mengetahui contoh deskripsi diri PPPK Guru, maka bagi Anda yang ingin mendaftar seleksi PPPK Guru 2022, bisa mengikuti persyaratan dokumen sebagai berikut:

- Siapkan Pas Foto dengan latar belakang berwarna merah, yang memiliki format JPEG/JPG disertai ukuran maksimal 200KB.

- Setelah itu, scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ASLI  atau Surat Keterangan ASLI yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

- Lampirkan scan Ijazah ASLI dan Transkrip Nilai ASLI, melalui jenjang D-IV/S-1 dan Surat penyetaraan ijazah asli dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud bagi lulusan Perguruan Tinggi luar negeri jenjang D-IV/S-1.

- Siapkan scan Sertifikat Pendidik ASLI bagi yang memiliki.

- Untuk pendaftar penyandang disabilitas, bisa menambahkan surat keterangan penyandang disabilitas dari rumah sakit/puskesmas milik pemerintah.

- Tambahkan juga link video singkat melakukan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan tugas sebagai seorang pendidik.

3 dari 5 halaman

Cara Daftar PPPK Guru

Adapun cara mendaftar PPPK Guru yang mudah untuk diikuti, dengan beberapa langkah sebagai berikut.

- Sebagai pelamar, Anda wajib memiliki alamat email yang aktif, ketika ingin mengikuti proses seleksi Calon PPPK untuk JF Guru.

- Bagi yang sudah memiliki akun, bisa mengupdate akun pada portal nasional. Namun bagi Anda yang belum memiliki akun, wajib membuat akun secara daring terlebih dahulu menggunakan NIK yang terintegrasi dengan data DUKCAPIL pada portal nasional.

- Selanjutnya, Anda bisa mengunggah (upload) KTP dan swafoto ketika membuat akun. Setelah itu, Anda bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan tahapan pada portal nasional.

- Langkah berikutnya, Anda bisa melakukan pemilihan kebutuhan PPPK untuk JF Guru tahun 2022, yang kemudian dibuka pada lowongan portal nasional.

Untuk kriteria pemilihan PPPK JF Guru bagi pelamar prioritas dengan ketentuan sebagai berikut.

- Harus memilih jabatan pada portal nasional sesuai dengan kualifikasi pendidikan/akademik dan/atau sertifikat pendidik berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4757/B/GT.01.01/2022.

- Langakh selanjutnya, mengisi data pada portal nasional, yang kemudian bisa unggah dokumen persyaratan pendaftaran. 

4 dari 5 halaman

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru

Contoh deskripsi diri PPPK guru, perlu diketahui sebagai referensi bagi pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) Guru

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru (A)

Saya Avilia Iskandar S.Pd, sebagai seorang guru yang mengajar di SD Negeri 1 Purworejo, dengan lamanya mengabdi tiga tahun. Saya lahir di Yogyaakarta 13 Maret 1980 dan menempuh perkuliahan di Universitas PGRI Yogyakarta program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Menjadi seorang guru adalah salah satu cita-cita dan impian saya sejak kecil, dan kini saya berhasil mewujudkannya sehingga selalu bersemangat dalam menjalani tugas. Bahkan setelah 2 tahun mengajar, saya mendapatkan kepercayaan menjadi wali kelas untuk kelas 6.

Setiap potensi bahkan karak siswa juga saya melakukan pemantauan, sehingga saya bisa melakukan evaluasi dalam melihat berbagai perkembangan dalam setiap proses belajar mengajar. Adapun eksperimen dalam proses mengajar telah saya lakukan demi mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Selain itu, saya juga memanfaatkan sarana media, sebagai bentuk pengenalan teknologi untuk siswa juga saya terapkan untuk menciptakan siswa yang unggul dan berpengetahuan luas. Dalam sistem pembelajaran tambahan, saya berikan pembelajaran robotik dan coding sederhana untuk siswa sekolah dasar.

Tidak hanya melakukan peningkatan pembelajaran di kelas, namun aktivitas siswa di luar kelas juga harus di berdayakan. Namun salah satu program yang saya cetus adalah "Jumat Penghijauan" dimana mengajak para siswa dan siswi dari kelas 1-6 untuk melakukan bersih-bersih dan penghijauan di area sekolah.

Atas program yang saya cetuskan ini, Sekolah SD Negeri 1 Purworejo bisa mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata pada tahun 2021.

                                                                                                                                  ( Avilia Iskandar S.Pd)

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru (B)

Saya Andrew Susanto, seorang guru tenaga didik di SDN XY 

Dalam proses mengajar, saya mampu bersosialisasi dann semangat dalam menjalankan tugas, dengan berpegang teguh pada nilai-nilai luhur dan pedoman saat mengajar.

Saya juga menjalin kerjasama dan kedekatan emosional antar guru, peserta didik, dan wali murid. Selain itu, dalam proses mengajar saya berupaya menciptakan suasana yang menyenangkan, menarik, serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Dengan menerapkan dan memelihara pendekatan, metode, media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi ajar dan kemampuan peserta didik. Hal ini karena menjadi tenaga didik adalah impian saya sejak dulu, maka saya selalu mengerjakannya dengan senang hati sehingga tidak merasa terbebani.

Selama bekerja saya selalu memilah kepentingan pribadi dan kepentingan bersama.

                                                                                                                                 ( Andrew Susanto)

 

5 dari 5 halaman

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru

Adapun contoh deskripsi diri PPPK guru yang perlu diketahui sebagai referensi, bagi pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) Guru. 

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru (C)

Nama saya Ryandi Sigit, lahir di Sidoarjo pada 12 September 1992, dan saya adalah seorang guru di SMP Kabupaten Sidoarjo. Menjadi tenaga didikk, membuat saya bisa mengenali berbagai karakter siswa telah saya temui selama mengajar sembilan tahun SD tersebut.

Ketika bertugas, saya dipercayakan untuk menjadi wali kelas selama 2 tahun untuk kelas 5. Serta saya juga berperan sebagai guru biasa ketika awal bergabung. 

Saya juga ikut menjalin hubungan baik sesama tenaga didik, dan berkolaborasi memajukan sekolah menjadi lebih unggul. Bahkan salah satu program yang diterapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran yang memaanfaatkan alam sekitar. 

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan, agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran dengan rutinitas di kelas saja. Bahkan kegiatan ini memberi dampak terhadap penilaian formatif dan sumatif.

Selain aktif mengajar, kegiatan lain yang saya jalani yakni menjadi pendamping di Taman Baca Ramah Anak, di mana kegiatan ini juga membantu saya dalam mengembangkan kompetensi sebagai guru. Menurut saya, seorang guru tidak boleh hanya pandai dalam penguasaan materi tapi juga harus bisa berinovasi.

                                                                                                                                    (Ryandi Sigit)

 

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru (D)

Nama saya Dina Falahul, lahir di Kota Bengkulu pada 3 Oktober 1990. Saat ini saya berpartisipasi sebagai tenaga honorer di SD Negeri 2 Bengkulu.

Saya telah menjabat sebagai guru honorer selama 3 tahun dan masih mengajar hingga saat ini. Adapun mata pelajaran yang saya ajarkan adalah Matematik dan Bahasa Inggris untuk kelas IV dan V.

Ketika melaksanakan tugas sebagai guru honorer, saya selalu berusah untuk menyampaikan materi dengan metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Ketika siswa yang saya didik merasa bosan dan menurun tingkat belajarnya, maka saya menggunakan metode belajar dengan bernyanyi. 

Agar bisa melihat bagaimana perkembangan siswa, maka saya selalu berupaya mencoba menjalin kedekatan yang baik dengan para siswa dengan tujuan agar lebih mudah memahami keadaan mereka.

Tak hanya sekedar materi pembelajaran, saya bisa memahami karakteristik serta emosial siswa.

Sehingga nantinya saya mampu memberikan cara mengajar yang baik dan memberikan pemahaman siswa secara menyeluruh. Jika ada lomba yang diadakan di luar sekolah seperti olimpiade atau berpidato, saya selalu mengusahakan agar anak didik saya bisa ikut dan menunjukkan prestasinya. (Bisa menambahkan juara yang pernah diraih)

Selain tenaga didik, saya juga menjalin kedekatan terhadap sesama tenaga pendidik, bahkan dalam bermasyarakat saya juga memberikan kontribusi saya untuk daerah setempat.

                                                                                                                                    (Dina Falahul)

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru (E)

Nama saya Angga Dimas, tenaga pendidik yang mengajar di Sekolah Dasar Muja Muju.

Saya lahir di Jakarta 11 Maret 1998 dan telah mengajar di SD tersebut selama kurang lebih 4 tahun. Ketika saya menjalankan tugas, saya berupaya untuk mampu bersosialisasi dan semangat tinggi dalam mengajar.

Hal itu dibuktikan dengan adanya kedekatan antar guru ataupun dengan anak-anak didik. Bahkan dalam proses mengajar yang saya lakukan, selalu berupaya mewujudkan suasana yang menyenangkan, menarik serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Hal ini saya lakukan dengan senang hati dan tidak merasa terbebani. Selama di lembaga, saya jselalu menjaga dan memilah antara kepentingan pribadi dengan kepentingan bersama.

                                                                                                                                   (Angga Dimas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.