Sukses

Cara Diet Mayo yang Benar dan Efek Sampingnya, Penderita Diabetes Wajib Tahu

Cara diet mayo yang benar adalah dilakukan selama dua minggu atau 14 hari.

Liputan6.com, Jakarta - Diet mayo adalah program penurunan berat badan dengan segudang manfaat yang dikembangkan oleh para ahli Mayo Clinic. Melansir dari situs website resminya Mayo Clinic, cara diet mayo yang dikembangkan ini sudah terbukti efektif menurut penelitian dan pengalaman klinis.

Cara diet mayo yang benar adalah memfokuskan diri pada perbaikan pola makan dan peningkatan aktivitas fisik. Dijelaskan, cara diet mayo yang benar bagian perbaikan pola makan yang dimaksudkan, bukan membatasi porsi makan. Melainkan fokus makan makanan sehat yang lezat seperti buah, sayur, ikan, hingga biji-bijian yang disukai.

Mayo Clinic mengembangkan program penurunan berat badan ini dengan menyesuikan kebutuhan setiap individu. Baik itu kebutuhan dari konsumsi makanan yang disukai dan riwayat kesehatan yang dimiliki. Diet mayo dilakukan dengan mengadopsi gaya hidup dan kebiasaan baru yang bisa dinikmati sekaligus dipertahankan.

Berapa lama cara diet mayo yang benar dilakukan? Cara diet mayo yang benar adalah dilakukan selama dua minggu atau 14 hari. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara diet mayo yang benar dan penjelasannya, Jumat (4/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Diet Mayo yang Benar Selama 7 hingga 14 Hari

Cara diet mayo yang benar dilakukan selama 14 hari. Pada kurun waktu ini, ada dua fase diet mayo yang perlu diadaptasi dalam diri, yakni “Lose It!” artinya mempercepat penurunan berat badan yang dilakukan selama 7 hari.

Lalu, “Live It!” artinya mempertahankannya secara permanen yang dilakukan selama 7 hari. Simak penjelasannya melansir dari situs website resmi Mayo Clinic:

1. Fase Diet Mayo “Lose It!”

Fase diet mayo ini dilakukan selama 7 hari dengan fokus menurunkan berat badan dari 2.7 kilogram sampai 4.5 kilogram. Cara diet mayo fase pertama dilakukan dengan menambah lima kebiasaan hidup sehat dan menghentikan lima kebiasaan hidup tidak sehat.

2. Fase Diet Mayo “Live It!”

Fase diet mayo ini dilakukan selama 7 hari dengan fokus mempertahankan kebiasaan hidup sehat dan mempertahakan berat badan yang diinginkan secara permanen.

Cara diet mayo fase kedua dilakukan dengan mulai memilih makanan, ukuran porsi makanan, perencanaan menu makanan, aktivitas fisik, olahraga, dan kebiasaan sehat yang paling disukai untuk diterapkan secara permanen.

Fase diet mayo yang kedua ini tidak untuk menurunkan berat badan dalam jumlah banyak. Melainkan fase kedua diet mayo dilakukan dengan menurunkan berat badan secara stabil, yakni 0.5 kilogram sampai 1 kilogram.

Secara umum, cara diet mayo yang benar akan berdampak pada penurunan berat badan, penurunan risiko penyakit diabetes, penyakit jantung, masalah tekanan darah tinggi, dan sleep apnea.

Risiko atau efek samping diet mayo tetap ada, terutama bagi yang tidak terbiasa mengonsumsi buah dan sayuran. Mereka akan mengalami masalah pencernaan sementara seperti GERD atau gas usus.

Kemudian, ada akan ada peningkatan gula darah dan lemak darah sementara. Ini bisa hilang ketika seseorang berhasil menurunkan berat badan. Direkomendasikan bagi penderita diabetes, makan lebih banyak sayuran daripada buah jika memungkinkan.

3 dari 3 halaman

Cara Diet Mayo yang Benar dan Tipsnya

Fokus Memilih Makanan Sehat

Ada trik khusus untuk memfokuskan diri memilih makanan sehat dan lezat yang disukai untuk diet mayo. Begini cara diet mayo yang dimaksudkan:

1. Cara diet mayo yang benar, mulai memilih makan sehat yang lezat tanpa menghitung kalorinya.

2. Makanan sehat yang lezat dan pasti disukai ini dipilih, karena tujuan dari diet mayo adalah membantu memuaskan diri sekaligus menurunkan berat badan.

Ahli Mayo Clinic merancang Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid untuk membantu mengonsumsi makanan yang mengenyangkan tetapi rendah kalori. Masing-masing kelompok makanan dalam piramida pada ilustrasi gambar di atas, menekankan pilihan makanan yang meningkatkan kesehatan.

Makanan yang direkomendasikan dalam diet mayp adalah sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan lemak sehat lainnya.

3. Cara diet mayo yang benar, ditekankan pada konsumsi sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang hampir tidak dibatasi, karena efek menguntungkannya pada berat badan dan kesehatan.

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Ada trik khusus untuk memfokuskan memasukkan lebih banyak aktivitas fisik. Begini cara diet mayo yang dimaksudkan:

1. Cara diet mayo yang benar, sangat direkomendasikan untuk meningkatkan aktivitas fisik dan olahraga yang benar-benar disukai karena ini harus dilakukan setiap hari.

2. Lakukan peningkatan aktivitas fisik untuk diet mayo setidaknya 30 menit aktivitas fisik setiap hari.

3. Kemudian, cara diet mayo pun harus ditambah dengan lebih banyak waktu melakukan olahraga untuk manfaat kesehatan dan penurunan berat badan yang diinginkan.

Cara diet mayo dengan meningkatkan aktivitas fisik dan olahraga, pasti akan memaksimalkan proses mengilangkan lemak dan meningkatkan kesejahteraan mental.

4. Jangan ragu untuk bergerak lebih banyak sepanjang hari, misalnya saja seperti lebih memilih naik tangga daripada naik lift.

5. Cara diet mayo yang benar bagi pemilik kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter atau ahli untuk ketika akan melakukan program aktivitas baru.

6. Cobalah perlahan dengan memulai sesi aktivitas fisik selama 5 menit atau 10 menit dan meningkatkan waktunya secara bertahap hingga 30 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.