Sukses

11 Cara Merawat Tubuh Secara Alami, Penuhi Nutrisi dan Rutin Berolahraga

Cara merawat tubuh yang mudah dilakukan, rutin berolahraga dan menjaga asupan nutrisi.

Liputan6.com, Jakarta Merawat tubuh kita adalah salah satu proses berkelanjutan, yang bisa membuat kita tetap bugar, sehat, dan bahagia. Oleh karena itu, untuk merawat tubuh tetap bugar, maka sangat penting mempertimbangkan unsur-unsur yang akan membantu tubuh merasa lebih baik. Cara merawat tubuh sangat mudah, bisa dengan menumbuhkan kebiasaan sehat seperti, menjaga asupan nutrisi, olahraga secara rutin, hingga menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Cara merawat tubuh tidaklah sulit untuk dilakukan, namun yang paling penting adalah konsistensi untuk menjadikannya sebagai kebiasaan. Anda juga bisa menjaga pola hidup sehat, agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, karena memiliki tubuh yang sehat adalah harapan setiap orang.

Cara merawat tubuh tidak hanya dilakukan oleh wanita, namun pria juga harus bisa menjaga merawat tubuh salah satunya dengan berhenti merokok. Dengan berhenti merokok, maka kesehatan jangka panjang bisa Anda peroleh. Meskipun dengan merawat tubuh tidak bisa sepenuhnya membuat Anda merasakan hal-hal positif, setidaknya kita bisa menjaga tubuh agar tetap sehat secara fisik mau pun secara mental.

Berikut ini cara merawat tubuh yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/11/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Tubuh Secara Alami

1. Tetap terhidrasi

Cara merawat tubuh secara alami yang bisa Anda lakukan adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi ringan, maka bisa mempengaruhi tingkat energi bahkan suasana hati Anda. Oleh karena itu, layanan kesehatan juga sering menyarankan agar orang dewasa minum delapan 8 gelas air per hari, tetapi jumlah itu tergantung pada faktor lain seperti tingkat aktivitas fisik dan kebutuhan. Dalam beberapa penelitian baru, menyarankan untuk menghitung dengan menggunakan berat badan, kemudian Anda bisa membagi dua dan minum sesuai dengan jumlah tersebut dalam ons per hari.

2. Hindari asupan lemak berbahaya

Cara merawat tubuh yang baik, Anda harus menghindari asupan lemak yang berbahaya. Umumnya lemak yang dikonsumsi harus kurang dari 30 persen, yang akan membantu Anda dalam mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat. Terdapat beberapa jenis lemak, baik itu secara jenuh maupun lemak trans. Dengan lemak tak jenuh, memiliki kemungkinan lebih disukai, dan biasanya ditemukan pada ikan, alpukat, kacang-kacangan, kedelai, kanola serta minyak zaitun. Akan tetapi sebaliknya, untuk lemak jenuh biasanya ditemukan dalam daging berlemak, mentega, minyak kelapa sawit dan kelapa. Sedangkan untuk lemak trans, ditemukan dalam makanan yang dipanggang dan digoreng, seperti pizza beku, kue kering, biskuit, serta minyak goreng. 

3. Rutin berolahraga

Cara merawat tubuh yang mudah Anda lakukan adalah rutin berolahraga. Dengan berolahraga, tentu memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, tidak hanya untuk menurunkan berat bada, namun membuat tubuh Anda tetap bugar. Dengan rutin berolahraga, membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, depresi, beberapa jenis kanker, stroke, hingga penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Ketika secara rutin Anda berolahraga, maka dapat meningkatkan energi Anda, kehidupan seks, dan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. 

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Tubuh Secara Alami

4. Tidur Selama 6 - 8 Jam Setiap Hari

Cara merawat tubuh yang sangat penting untuk dilakukan, selalu perhatikan waktu tidur Anda. Tidur yang berkualitas, biasanya 6 hingga 8 jam, yang tentu disarankan bagi orang dewasa setiap malamnya. Penelitian yang dilakukan oleh sebuah makalah tentang durasi dan kematian tidur, menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, 12 persen lebih mungkin meninggal sebelum waktunya. Akan tetapi, Anda juga harus memastikan untuk tidak tidur berlebihan, karena bisa menyebabkan kematian dini. Idealnya, waktu yang diperlukan untuk beristirahat adalah selama 6 - 8 jam. Saat tidur secara cukup, membantu Anda agar tetap sehat juga tidak kehilangan konsentrasi saat beraktivitas. 

5. Menjaga asupan nutrisi

Cara merawat tubuh yang sangat penting untuk dilakukan, selalu memenuhi kebutuhan nutrisi. Nutrisi menjadi hal yang cukup rumit, karena masih ada beberapa orang yang mengalami alergi terhadap makanan dan intoleransi makanan. Akan tetapi dengan menjaga asupan nutrisi seperti kurangi gula, makan lebih banyak buah dan sayuran, dan usahakan untuk mempertahankan standar porsi yang baik untuk tubuh sesuai dengan tingkat energi yang diperlukan. Ketika sumber energi tubuh terjaga dengan baik, maka secara tidak langsung membuat tubuh dapat bekerja pada kapasitas optimalnya. Mendapatkan asupan makanan sehat dan mengurangi makanan junk food, adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mendapatkan asupan nutrisi terbaik.

6. Menjaga kesehatan mental

Cara merawat tubuh yang paling penting adalah menjaga kesehatan mental. Hal ini karena, ketika Anda menjaga kesehatan mental, maka manfaat yang Anda peroleh juga sama pentingnya ketika menjaga kesehatan fisik. Perlu Anda pahami bahwa, selalu ada beberapa langkah atau cara yang bisa diambil untuk mengurangi respons stres dan tekanan mental dalam tubuh. Berjalan-jalan, mengunjungi teman, olahraga, membaca buku, menonton film kesukaan Anda, melakukan ibadah sesuai dengan ajaran agama masing-masing, serta mampu dalam menenangkan diri merupakan salah satu cara ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh. 

7. Konsumsi antibiotik sesuai resep

Cara merawat tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi antibiotik sesuai dengan anjuran. Antibiotik adalah salah satu ancaman kesehatan masyarakat terbesar di generasi saat ini, di mana saat kehilangan kekuatannya, infeksi bakteri menjadi lebih sulit untuk diobati, yang menyebabkan biaya medis yang lebih tinggi, lama tinggal di rumah sakit, dan peningkatan kematian. Oleh karena itu, antibiotik sering kehilangan kekuatannya karena penyalahgunaan dan penggunaan berlebihan pada manusia dan hewan. Pastikan anda hanya minum antibiotik jika diresepkan oleh profesional kesehatan yang berkualifikasi, dan tetap ikut resep yang diberikan ketika mengonsumsi antibiotik. 

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Tubuh Secara Alami

8. Mencari udara segar

Cara merawat tubuh yang bisa Anda lakukan, adalah dengan mencari udara segar. Saat Anda kekurangan udara segar, otak tidak memiliki cukup oksigen untuk bekerja dengan baik, sehingga mudah merasa lelah secara mental dan fisik. Oleh karena itu, carilah udara segar setiap kali Anda bisa, dan yang paling penting biarkan udara segar masuk ke tempat tinggal atau bekerja. Pergi jalan-jalan bila memungkinkan untuk mendapatkan udara segar, agar kulit selalu bersih dan tak kusam. Saat tubuh mendapatkan udara segar yang cukup, bisa membuat Anda lebih santai, tenang, serta memberi energi pada saat yang bersamaan.

9. Rutin periksa tekanan darah

Cara merawat tubuh bisa Anda lakukan, dengan rutin periksa tekanan darah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang paling mematikan, yang bahkan banyak orang yang menderita hipertensi mungkin tidak menyadari masalah ini, karena tidak memiliki gejala apa pun. Hipertensi dapat menyebabkan penyakit jantung, otak, ginjal, dan penyakit lainnya. Maka dengan memeriksakan tekanan darah secara teratur, maka akan dengan mudah melakukan pencegahan dan pengendalian hipertensi.

10. Jangan merokok

Berhenti merokok adalah salah satu cara merawat tubuh yang bisa Anda lakukan. Hal ini karena, tembakau menyebabkan berbagai penyakit, diantaranya paru-paru, penyakit jantung dan stroke. Tembakau membunuh tidak hanya perokok langsung tetapi bahkan perokok pasif atau yang sering terkena paparan asap rokok bisa menimbulkan penyakit. Jika saat ini Anda masih seorang perokok aktif, maka belum terlambat untuk berhenti. Dengan berhenti merokok, maka kesehatan jangaka panjang bisa Anda peroleh. 

11. Lakukan meditasi pagi sebelum beraktivitas

Cara merawat tubuh yang bisa Anda lakukan di di rumah, yaitu dengan meditasi sebelum beraktivitas. Meditasi tidak harus dilakukan dengan rentang waktu yang lama, namun lima atau sepuluh menit setiap pagi akan membantu menyeimbangkan pikiran. Selalu luangkan waktu beberapa saat untuk bersantai, sebelum Anda mulai bersiap untuk hari itu. Selain itu, selalu latih tubuh dan pikiran agar tetap bahagia. Sedikit olahraga akan sangat membantu mengurangi stres, atau bahkan hanya jalan cepat di pagi hari akan memberi energi dan memotivasi Anda untuk hari yang akan datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.