Sukses

24 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Hits Sejak Tahun 90-an, Pasti Enak

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Bandung yang selalu hits dan pasti enak.

Liputan6.com, Jakarta - Tempat wisata kuliner di Bandung yang selalu hits dan pasti enak ada banyak sekali. Siapa pun bisa memanjakan lidah dengan menikmati makanan khas Pasundan hingga makanan-makanan legendaris yang sudah ada sejak tahun 90-an.

Ada lebih dari dua puluh tempat wisata kuliner di Bandung yang hits dan pasti enak yang wajib dikunjungi. Salah satunya yang paling populer adalah Sudirman Street Bandung. Pengunjung bisa mencicipi kuliner Asia, Timur Tengah, hingga kulier Eropa di kawasan wisata kuliner Bandung ini.

Di Bandung pun ada cukup banyak kuliner dari olahan nasi yang unik-unik dan enak rasanya. Lalu ada aneka macam minuman segar seperti es cendol dan es durian yang disebut-sebut selalu bikin ketagihan datang. Tidak ketinggalan kuliner batagor, aneka olahan mie, dan cuanki.

Tertarik mengunjungi tempat wisata kuliner di Bandung yang hits dan pasti enak? Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang tempat wisata kuliner di Bandung, Jumat (4/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Hits dan Pasti Enak

1. Sumber Hidangan

Kuliner sumber hidangan wajib dikunjungi. Sumber hidangan adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Berdiri sejak tahun 1929 terletak di Jalan Braga No. 20-22. Ini salah satu perusahaan pembuat roti, kue dan aneka kudapan serba manis lainnya.

Selain itu, tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak ini menjual es krim homemade dengan citarasa yang berbeda dengan es krim yang ada di zaman sekarang. Di sini, pengunjung masih bisa menemukan camilan khas Belanda. Ada Moorkoppen, Bokkepootjes, dan Tompoesjes.

2. Sudirman Street Bandung

Sudirman street Bandung adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Jalan Sudirman Bandung ini punya ragam dan aneka pilihan kuliner yang menggugah selera. Hampir semua jenis kuliner dunia ada di tempat wisata kuliner ini.

Pengunjung bisa mencicipi kuliner Asia, Timur Tengah hingga kulier Eropa. Kawasan tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak ini makin cantik dengan hadirnya beberapa hiasan mural yang lucu. Makin asyik, pedestrian di kawasan Jalan Sudirman sudah lebih lebar dan lapang sehingga benar-benar menjadi surga bagi para pejalan.

3. Mie Kocok Mang Dadeng

Mie Kocok Mang Dadeng Bandung ini terkenal enak. Mie Kocok Mang Dadeng adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Jika berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan sajian mie kocok dari Mie Kocok Mang Dadeng.

Rasanya yang lezat akan membuat Anda ketagihan untuk mencicipinya lagi. Harga kuliner di sini juga cukup terjangkau, dan jika Anda tertarik mencoba, datanglah ke Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.67, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

4. Paskal Food Market Bandung

Paskal Food Market adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Lokasinya di Paskal Hypersquare, tepatnya di Jalan Pasir Kaliki Nomor 25-27, Bandung. tempat wisata kuliner di Bandung paling hits ini menyajikan beragam menu makanan yang bisa pengunjung pilih sepuasnya.

Tidak kurang dari 1001 menu tersedia di sini dengan tata ruang yang rapi. Salah satu menu yang menjadi favorit adalah Iga Bakar Si Jangkung. Saat malam hari, tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak tampak sangat romantis. Paskal Food Market juga menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang digemari para turis mancanegara.

5. Cuanki Serayu

Mirip dengan bakso, cuanki terbilang cukup populer di Bandung. Cuanki Serayu adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Biasa dihidangkan bersama siomay, batagor, dan tahu goreng serta tahu putih. Sajian ini kemudian disiram dengan kuah bakso pedas dan ditambah dengan bawang goreng. Jika ingin mencobanya, bisa kunjungi di Jl. Serayu No.2, Cihapit, Kec. Bandung Wetan.

6. Toko You Bandung

Toko You adalah satu tempat wisata kuliner legendaris di Bandung dengan nuansa klasik. Ini tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak yang sudah ada dari tahun 1947. Tempat makan ini menyajikan berbagai menu khas Indonesia dan Chinese food.

Toko You memiliki ciri khas sebagai salah satu resto yang menjual kuliner-kuliner nostalgia tahun 1990-an. Menu favorit tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak adalah yamie. Toko You ada di Jalan Hasanuddin No 12 Bandung.

7. Lotek Alkateri

Lotek Alkateri adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Rumah makan yang sudah dibuka sejak tahun 1988, ini terkenal dengan kuliner loteknya yang enak dan menggugah selera.

Lotek merupakan makanan yang sekilas mirip gado-gado. Biasanya, makanan itu berbahan dasar sayuran yang sudah dikukus, lalu dicampur dengan bumbu kacang di atas cobek. Adapun jenis sayurannya sendiri terdiri dari kol, daun pepaya, tauge, peria, waluh, dan kacang panjang.

Bagi yang ingin menikmati seporsi lotek dengan cita rasa khas Bandung, langsung saja ke Jalan Alkateri No 47, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Selain bisa menyantap lotek, pengunjung tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak ini bisa menikmati es cendol yang memiliki cita rasa yang menyegarkan.

8. Steak Ranjang

Steak Ranjang adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Namanya cukup unik dan mengundang rasa penasaran. Pengunjung bisa menikmati sajian steak di tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak ini, hanya dengan harga sekitar 15 hingga 20 rupiah saja. Selain itu, pengunjung juga dapat memilih tingkat kepedasan berbeda yang sesuai dengan selera lidah.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Hits dan Pasti Enak

9. Es Duren Pak Aip

Es Duren Pak Aip wajib dikunjungi saat berada di Bandung. Ini tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak yang terletak di Jalan Ahmad Yani, sudah ada sejak tahun 1987. Rasanya yang manis khas buah durian berpadu dengan es yang lembut, membuat cita rasa es durian milik Pak Aip ini begitu menyegarkan.

Segelas es durian di tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak ini, hanya p sekitar Rp15 ribu hingga Rp18 ribu saja. Nantinya, pengunjung bisa memilih variasi yang disukai, misalnya ditambahkan es krim, strawberry, dan gula merah. Tertarik mencoba?

10. Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom

Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Di rumah makan ini, pengunjung akan menemukan hidangan makanan ala Sunda yang disajikan secara prasmanan. Jika tertarik, datanglah ke alamat Jl. Trunojoyo No.62, Citarum, Kec. Bandung Wetan.

11. Bubur Ayam Gibbas

Bubur ayam ini selalu ramai oleh pengunjung setiap harinya. Ini tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Satu porsi bubur ayam dengan beragam topping yang melimpaj ini di jual seharga 14 ribu gingga 20 ribu. Bubur ayam gibbas ini beralamat di seberang Rumah Sakit Kebon Jati, tepatnya di Jalan Kebon Jati No 187, Bandung.

12. Roti Bakar Cari Rasa Kosambi

Roti Bakar Cari Rasa Kosambi adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Roti legendaris ini sudah mengisi perut warga Bandung lebih dari 60 tahun. Dikenal dengan sebutan roti bumbu, roti isi ini sering jadi camilan dan oleh-oleh warga Bandung sejak tahun 1950.

Roti Cari Rasa juga diklaim sebagai roti bakar pertama di Bandung. Tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak ini berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani No148 (Kosambi) Kota Bandung dan menyediakan lima varian menu dengan berbagai macam ukuran. Di antaranya adalah roti bumbu biasa, roti rasa cokelat, roti campur keju, roti keju, dan roti kornet.

13. BMC 1928 Sumur Bandung

BMC atau Bandoengsche Melk Centrale adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Kedai yang menjual susu di Kota Bandung sejak tahun 1928. Menurut sejarah, BMC didirikan oleh orang-orang Belanda yang ingin mengembangkan bisnisnya setelah berhasil membuka perkebunan di daerah Lembang, Jawa Barat.

Sampai saat ini, tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak ini secara konsisten menjaga kesegaran dan kemurnian susu yang disajikan pada menu-menu andalan mereka seperti yoghurt, milkshake, es krim, dan masih banyak lagi.

14. Batagor Riri

Batagor Riri adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Batagor Rini sudah ada sejak 1985. Kuliner ini disajikan dengan bumbu kacang yang spesial, disebut sebagai idaman para wisatawan.

Tidak hanya batagor, di tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak ini pun menyediakan jenis makanan lainnya seperti siomay, mi, bubur ayam dan aneka minuman jus. Batagor Riri ini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di kota Bandung. Salah satunya ada di Jalan Burangrang No. 41, Bandung.

15. Nasi Kalong

Nasi Kalong meyajikan nasi yang berwarna gelap yang terbuat dari nasi merah. Ini tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak yang wajib dikunjungi selanjutnya. Sajian nasi merah dengan tambahan bumbu kluwek yang membuatnya semakin berwarna hitam dengan rempah-rempah. Gurih, pulen, dan tentunya lezat. Rumah makan ini buka di malam hari, sesuai dengan namanya yang terdengar unik, Nasi Kalong.

16. Mie Naripan

Mie Naripan adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak yang berlokasi di Jalan Naripan No 108 (tepat berada di persimpangan antara Jalan Naripan dan Jalan Sunda). Meski hanya memiliki luas bangunan 100 meter persegi, lokasinya mampu menampung hingga 90 orang pelanggan sekaligus. Menu favorit di kedai ini adalah Mie Yamin dan Mie Kuah Naripan. Kedua hidangan tersebut menggunakan mi yang dibuat sendiri oleh pemilik rumah makan.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Hits dan Pasti Enak

17. Cendol Elizabeth Official Astana Anyar

Cendol Elizabeth adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Belum sah rasanya menjadi akang dan teteh Bandung sebelum pengunjung mencoba minuman satu ini. Salah satu ikon kuliner legendaris Kota Bandung yang sudah eksis hingga pasar mancanegara.

Cendol Elizabeth milik Haji Rohman ini sudah dikelola sejak tahun 1972. Keaslian rasa dari minuman yang berasal dari tepung tapioka, daun suji, dan gula kelapa ini selalu diburu tak hanya oleh warga Bandung. Kang Emil, Gubernur Jawa Barat, menjadikan Cendol Elizabeth sebagai ‘minuman diplomasi’ pada saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris, Elizabeth Mary Truss, tahun 2021 lalu.

18. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Batagor Hanjuang ini sudah terkenal kelezatannya, dan Anda dapat menemukannya di pinggir jalan yang dijual dengan gerobaknya. Ciri khas batagor hujang adalah ada tambahan mie pada sajiannya. Untuk rasanya, resep batagor yang satu ini akan membuat siapa saja yang mencoba pasti ketagihan, harganya terjangkau.

19. Warung Kopi Purnama

Tempat wisata kuliner ini sudah menjadi tempat nongkrong yang nyaman bagi semua kalangan sejak 1930 dan masih eksis hingga sekarang. Awalnya, warung ini bernama “Chang Chong Seng” yang memiliki arti “sekali mencoba, pengunjung pasti suka”. Ini tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak yang wajib dikunjungi.

Warung kopi legendaris ini menyajikan berbagai menu spesial nan unik yang bisa membuatmu tergoda. Mulai dari menu sarapan ala tempo dulu hingga makanan ringan seperti lumpia goreng. Menu yang wajib pengunjung coba di tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak adalah kopi susunya dan roti selai sarikaya. Warung Kopi Purnama alamatnya di Jalan Alkateri No. 22 Braga Bandung.

20. Sate Hadori

Sate Hadori Bandung adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak yang ada di Jalan Stasiun Timur Bandun. Lokasinya dekat dengan pintu Stasiun Lama Bandung. Kuliner dengan bahan utama daging paha belakang kambing betina muda ini disajikan dengan pilihan bumbu kecap atau bumbu kacang yang gurih nan lezat. Ada pula menu lain seperti sate sapi dan sate sinereut.

Sate Hadori ini ternyata begitu melegenda dan kerap disambangi para petinggi negara termasuk presiden. Sate Hadori telah dirintis sejak tahun 1940. Di tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak ini, pengunjung bisa melihat pengolahan sate mulai dari pemotongan daging, pembumbuan, hingga pembakaran.

21. Kampung Daun Bandung

Kampung Daun adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Lokasinya di Jalan Sersan Bajuri No 88 Bandung ini.  Tempat ini tidak hanya menyajikan kuliner khas Pasundan, Jawa Barat. Tapi pengunjung juga bisa menikmati Soto Betawi, Soto Kudus hingga Nasi Liwet Solo. Menu minumannya pun beragam dari bandrek atau wedang ronde yang menghangatkan badan hingga es cendol atau es cincau.

22. Nasi Kuning Pungkur

Nasi kuning pungkur adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Jika biasanya nasi kuning disantap pada pagi hari untuk sarapan, di Bandung nasi kuning hadir sebagai kuliner malam. Nasi kuning pungkur buka mulai pukul 21.30 hingga 3 dinihari. Satu porsi nasi kuning pungkur bisa dinikmati mulai dari harga Rp 10.000.

Nasi kuning pungkur menjadi tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak, berbeda dengan nasi kuning lainnya. Satu porsi nasi kuning ini selain berisi irisan telor dadar, kering tempe, sambal, ditambah pelengkap gorengan yang dicampur bumbu kacang, seperti risol, bala-bala (bakwan), gehu (tahu isi), batagor dan lainnya.

23. Dago Panyawangan Bandung

Dago Panyawangan adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Wajib dikunjungi bagi yang ingin menyantap makanan menu Sunda. Ini tempat makan favorit yang menjadi buruan wisatawan baik dalam dan luar negeri yang menyukai aneka menu kuliner tradisional Sunda.

Dago Panyawangan sebagai tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak ini berlokasi di Jalan Ir. H.Djuanda No.127, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Tempat ini menawarkan suasana rumah makan yang nyaman dengan udara sejuk yang akan membuatmu betah berlama-lama.

24. Suis Butcher

Suis Butcher adalah tempat wisata kuliner di bandung yang hits dan pasti enak. Wisata kuliner ini sudah ada telah ada sejak awal tahun 90an, bisa dikatakan sebagai restoran steak yang paling tua di kota Bandung.

Menu yang disajikan tidak hanya steak. Pengunjung juga wajib mencoba Salsom, Beef Schnitzel, Rib Barbeque, Beef Cordon Bleu dan lain sebagainya. Jika tertarik, datanglah ke alamat Jl. L. L. R.E. Martadinata No.201, Cihapit, Kec. Bandung Wetan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.