Sukses

9 Cara Mempromosikan Produk Secara Online, Efektif dan Dijamin Laris manis

Cara mempromosikan produk secara online dengan benar dan efektif.

Liputan6.com, Jakarta Cara mempromosikan produk saat ini banyak dilakukan secara online melalui media pencarian atau media sosial. Cara mempromosikan produk secara online ini menjadi populer karena dapat menjangkau pasar yang luas dengan proses pemasaran yang efektif dan tepat sasaran.

Hal inilah yang membuat cara mempromosikan produk secara online penting untuk diketahui oleh semua pihak yang memiliki usaha dan ingin mengembangkannya. Cara promosi produk secara online menjadi salah satu strategi pemasaran yang tepat diterapkan pada zaman serba digital saat ini.

Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, maka akan lebih mudah juga bagi pengusaha untuk dapat meraih keberhasilan dan kesuksesan dalam berbisnis. Penyedia jasa dan layanan juga bisa mencapai target penjualan yang diinginkan.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (04/11/2022) cara mempromosikan produk secara online dengan benar dan efektif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mempromosikan Produk Secara Online

1. Meneliti pasar dan pesaing

Cara mempromosikan produk yang pertama adalah melakukan penelitian tentang pasar dan saingan bisnis anda. Untuk lebih memahami bagaimana dan di mana memasarkan suatu produk, anda harus meneliti pasar secara spesifik dan menganalisis pelanggan potensial. Riset akan membantu anda membuat keputusan berdasarkan pasar yang ada dan memahami cara bersaing dengan merek lain.

- Tentukan audiens target

Mendefinisikan pelanggan ideal adalah poin pertama dalam strategi pemasaran produk. Setiap pemilik bisnis ingin menjual produk mereka kepada sebanyak mungkin orang, tetapi tidak ada satu produk yang cocok untuk semua. Inilah mengapa sangat penting untuk mengiklankan produk kepada orang-orang yang tepat.

- Analisis pekerjaan pesaing

Poin penting lainnya adalah menganalisis pesaing dan menuliskan apa yang berhasil untuk mereka dan apa yang tidak. Jelajahi situs web dan profil media sosial mereka dan gunakan sebagai sumber inspirasi untuk membuat sesuatu sendiri. Ingatlah bahwa menyalin ide masih merupakan hal yang dilarang dan harus selalu berhati-hati saat mencari inspirasi. 

- Tentukan kekuatan produk 

Pikirkan tentang apa yang membuat produk anda menonjol dari produk serupa di pasar. Gunakan kekuatan produk anda sebagai nilai jual dalam promo untuk memberi tahu pembeli mengapa mereka harus memilih produk anda daripada yang lain. 

 

2. Menentukan media promosi

Setelah meneliti pasar, mendapatkan beberapa ide dari merek lain dan menentukan audiens target, cara mempromosikan produk yang selanjutnya adalah menentukan di mana anda akan mempromosikan produk. Ada beberapa saluran promosi tempat memasarkan produk, tetapi anda tidak harus menggunakan semuanya untuk pemasaran produk yang efektif.

Riset pasar yang telah anda lakukan sebelumnya akan membantu anda memahami saluran mana yang paling cocok untuk produk dan pemirsa anda. Misalnya, jika audiens target anda adalah Gen Z yang menghabiskan banyak waktu di TikTok, di situlah anda harus paling aktif mempromosikan produk anda. 

 

3. Menetapkan tujuan 

Tujuan tidak harus terlalu ambisius, sebaliknya tujuan harus sesuatu yang benar-benar anda yakini dapat dicapai. Tip yang baik adalah membuat tujuan anda berdasarkan metodologi SMART yang akan membantu anda lebih bertekad untuk mencapai tujuan. 

SMART adalah metode dengan lima poin penting yaitu spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu, ini menjadi parameter yang harus anda coba untuk mendasarkan tujuan.  Jika anda baru memulai pilih beberapa saluran promosi yang anda tahu akan anda ikuti dan tetapkan tujuan yang dapat dicapai. 

3 dari 4 halaman

Cara Mempromosikan Produk Secara Online

4. Pemasaran melalui situs web

Situs web adalah rumah bagi semua produk anda dan paling mewakili merek anda. Ada beberapa cara untuk mempromosikan produk anda di situs web. Ingatlah bahwa beranda anda harus mewakili merek anda jadi harus menarik secara visual. Pastikan memiliki font yang mudah dibaca, desain yang indah, dan nyaman digunakan. Anda juga bisa menambahkan beberapa poin dibawah ini:

- Menawarkan diskon 

Bukan rahasia lagi bahwa orang selalu menyukai diskon, apa pun produk atau acaranya. Gunakan diskon untuk menarik lebih banyak pelanggan, tingkatkan jumlah pelanggan yang kembali, dan promosikan produk yang mungkin sedikit lebih baik.

- Konten yang ramah SEO 

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization dan tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang paling relevan kepada pengguna mesin pencari. Untuk memastikan mesin telusur mengenali produk anda sebagai hal yang relevan dan menunjukkannya kepada lebih banyak orang, anda harus lebih memikirkan kata kunci yang digunakan dalam nama dan deskripsi produk.

 

5. Pemasaran melalui media sosial

Media sosial adalah salah satu alat pemasaran paling kuat yang mungkin pernah ada, dan ramah bagi pemula karena tidak memerlukan biaya untuk memulai. Statistik menunjukkan bahwa lebih dari setengah populasi global adalah pengguna media sosial yang aktif, menjadikan platform media sosial tempat yang sempurna untuk tidak hanya memasarkan produk dan jasa. Anda bisa memilih beberapa atau semua media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, Youtube dan masih banyak lagi.

 

6. Buat konten yang mewakili produk

Ada beberapa platform media sosial dan masing-masing akan membutuhkan konten yang sedikit berbeda. Yang paling populer saat ini adalah Facebook, YouTube, Instagram, dan TikTok, dan sebagian besar bisnis menggunakan setidaknya satu dari mereka untuk mempromosikan produk mereka. Berikut triknya:

- Facebook

Facebook berfungsi sebagai kartu bisnis digital untuk merek anda, jadi disini anda harus menambahkan deskripsi singkat tentang merek dan produk. Facebook juga merupakan platform dimana orang kemungkinan besar akan mencari pembaruan bisnis, ulasan, dan penawaran aktif, jadi pastikan untuk membagikannya secara teratur di Facebook. 

- Youtube

Meskipun posting YouTube mungkin memerlukan lebih banyak keterampilan produksi dan pengeditan, ini adalah platform yang bagus untuk dapat berbicara tentang produk menceritakan kisah di baliknya dan menjadi lebih dekat dengan pengikut anda. Buat video YouTube yang menunjukkan cara kerja produk anda, apa manfaatnya dan bagikan cara berbeda yang dapat digunakan pelanggan.

- Instagram

Instagram adalah rumah dari gambar yang dipoles dan umpan bertema. Penggunanya biasanya mengikuti akun yang mereka anggap menginspirasi atau mendidik. Mereka juga menghargai konten yang sering muncul. Anda bisa membuat kreasi foto dimana tidak hanya memposting gambar produk tetapi juga menunjukkan bagaimana penampilan mereka pada orang yang berbeda.

- TIK tok 

Pemasaran media sosial tidak pernah sama sejak platform video pendek TikTok meroket dengan algoritme uniknya yang didasarkan pada minat, interaksi, lokasi dan detail lainnya setiap pengguna. Di TikTok, anda dapat memamerkan produk dengan menyesuaikannya dengan tren dan suara paling populer. Algoritmenya bekerja dengan cara menunjukkan video anda kepada orang-orang dengan minat yang sama, sehingga kemungkinan besar sebuah merek muncul di umpan pelanggan target. 

4 dari 4 halaman

Cara Mempromosikan Produk Secara Online

7. Berkolaborasi dengan mikroinfluencer

Microinfluencer adalah influencer media sosial dengan sekitar 2.000 hingga 50.000 pengikut. Meskipun mereka memiliki audiens yang sangat kecil, pengikut mereka lebih setia dan biasanya lebih percaya pada saran produk influencer dibandingkan dengan ulasan online. Untuk menemukan microinfluencer yang sesuai, cari hashtag yang relevan dengan produk di media sosial dan cari orang yang sudah mempromosikan produk serupa. 

 

8. Jalankan kampanye iklan di Facebook dan Instagram

Jika anda dapat mengeluarkan lebih banyak uang untuk promosi produk, anda dapat memasarkan produk menggunakan iklan Facebook dan Instagram berbayar. Facebook masih merupakan platform media sosial paling populer di luar sana, yang berarti bahwa target pelanggan anda kemungkinan sudah menggunakannya secara teratur. 

Itulah mengapa iklan berbayar di platform ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran akan merek anda dan mengundang pengguna Facebook untuk melihat produk Anda. Iklan dapat ditargetkan langsung ke pelanggan ideal dan hasil kampanye iklan dapat diukur dengan mudah.

 

9. Email Pemasaran

Pemasaran melalui email tetap menjadi yang teratas di semua saluran pemasaran. Alasan untuk itu masih mengungguli platform media sosial adalah karena hampir semua orang menggunakan email mereka setiap hari, dan jumlahnya terus bertambah setiap tahun. Berikut tips pemasaran yang bisa dicoba:

- Jalankan kampanye email

Baik itu musim liburan atau peluncuran produk baru, gunakan email untuk kampanye dan kirimkan promosi ke pelanggan. Email pemasaran adalah cara yang bagus untuk mempromosikan diskon liburan, penawaran, atau penjualan apa pun yang anda lakukan di situs web. 

- Kirimkan buletin reguler

Cara mempromosikan  produk melalui email yang selanjutnya adalah dengan mengirimkan buletin reguler ke email pelanggan anda. Buletin biasanya kurang menjual daripada kampanye email biasa, namun isinya lebih fokus pada memberikan pembaruan, cerita inspirasi atau artikel yang mendidik pembaca. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.