Sukses

6 Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan Arab, Latin, dan Artinya

Membaca doa saat gerhana bulan menjadi amalan sunnah yang dianjurkan dalam Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena gerhana bulan dalam Islam adalah tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Ketika gerhana bulan terjadi, Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya menganjurkan untuk melakukan amalan-amalan baik. Salah satunya membaca bacaan doa saat gerhana bulan.

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah sholat, dan bersedekahlah." (HR. Bukhari)

Bacaan doa saat gerhana bulan dengan memuji Allah SWT hingga memohon keselamatan dari Allah SWT baiknya dibaca setelah sholat gerhana ditunaikan. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis tersebut, tidak hanya membaca doa saat gerhana amalan yang dianjurkan.

Dalam berbagai riwayat yang disepakati para jumhur ulama, amalan yang dianjurkan saat gerhana bulan adalah sholat gerhana, memperbanyak dzikir, bertaubat, memperbanyak sedekah, dan melakukan lebih banyak amal baik.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam bacaan doa saat gerhana bulan Arab, latin, dan artinya, Jumat (4/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan Arab, Latin, dan Artinya

Ini bacaan doa saat gerhana bulan yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan dengan Memuji Allah SWT

Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan Arab:

الحمد لله حمداً دائمًا طاهراً طيباً مباركاً فيه.. ملء السماوات وملء الأرض.. وملء ما بينهما.. وملء ما شئت من شيء بعد.. أحق ما قال العبد.. وكُلُنا لَكَ عبد

Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan Latin:

“Alhamdulillah hamdan daaiman toohiron thoyyiban mubarokan fiih. Mil’ussamawati wa mil’ul ardhi wa mil’u maa baina huma, wa mil’u maa syi’ta min syai’in ba’du. Ahaqqo maa qoolal abdu, wa kunna laka abdun.” 

Arti Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan:

“Segala puji bagi Allah, pujian murni, baik dan diberkati-Nya. Yang memenuhi langit dan memenuhi bumi dan memenuhi apa yang ada di antara mereka dan mengisi apa pun yang Anda inginkan. (Dia) yang paling berhak memanggil hamba dan kami semua adalah hamba.”   

2. Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan dengan Mengagungkan Kebesaran Allah SWT

Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan Latin:

Wama ya'zubu 'arrabbika min mitzqoli dzarratin fil ardli wala fis-samaa-i wala ashghara min dzalika wa man akbara illa fi kitaabim mubin.

Arti Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan:

"Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar dari itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)."

3. Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan dengan Memohon Kebaikan dan Petunjuk

Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan Arab:

 اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ. هِلَالُ خَيْرٍ وَرُشْدٍ

Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan Latin:

Allahumma ahillahu ‘alainaa bil amni wal imaani was salaamati wal islami. Hilalu khairin wa rusydin.

Arti Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan:

“Wahai Tuhanku, terangkanlah ini bulan di atas kami dengan sentosa, iman, selamat, dan islam. Ini bulan menerangkan kebaikan dan petunjuk.”

4. Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan dengan Memohon Keteguhan Iman

Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan Latin:

Allaahu akbar, allaahumma ahillahu ‘alaina bil amni (lain riwayat bil yumni), wal imani, was salami, wal islami, wat taufiqi li maa tuhibbu wa tardha. Rabbi (lain riwayat rabbana) wa rabbukallahu.

Arti Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan:

“Allah Tuhan Yang Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan yang membawa keamanan (lain riwayat keberuntungan), keimanan, keselamatan, keislaman, petunjuk bagi amal yang Engkau suka dan restui. Ya Tuhanku (riwayat lain: Ya Tuhan kami) dan Tuhanmu adalah Allah.” (HR. Ad-Darimi dan Ibnu Hibban)

5. Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan dengan Memohon Keteguhan Iman Lainnya

Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan Latin:

"Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami. Hilalu khairin wa rusydin."

Arti Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan:

“Wahai Tuhanku, terangkanlah ini bulan di atas kami dengan sentosa, iman, selamat, dan islam. Ini bulan menerangkan kebaikan dan petunjuk,” (dapat dilihat pada Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

6. Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan dengan Dzikir

Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan Latin:

Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallahu Allahu akbar.

Arti Bacaan Doa Saat Gerhana Bulan:

“Maha suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Maha Besar.”

3 dari 3 halaman

Tata Cara Solat Gerhana dan Bacaan Niatnya

Ini tata cara sholat gerhana dan bacaan niatnya melansir dari Kementerian Agama Jawa Tengah:

1. Berniat di dalam hati.

Bacaan Niat Sholat Gerhana/Khusuf:

Ushallî sunnatal khusûf rak‘ataini imâman/makmûman lillâhi ta‘âlâ

Arti Bacaan Niat Sholat Gerhana/Khusuf:

“Saya berniat shalat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai imam/makmum karena Allah SWT.”

2. Takbiratul ihram untuk sholat gerhana, dilakukan dengan bertakbir sebagaimana sholat biasanya.

3. Membaca doa iftitah dan berta’awudz, kemudian cara sholat gerhana dilanjutkan membaca surat Al Fatihah dan membaca surat yang panjang (seperti surat al-Baqarah) sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih).

4. Ruku’

5. Bangkit dari ruku’ (i’tidal). Cara sholat gerhana, ketika bangkit dari ruku’ dilakukan dengan mengucapkan “Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana Wa Lakal Hamd”

6. Setelah i’tidal tidak langsung sujud, sholat gerhana bagian ini dilanjutkan dengan membaca surat al-Fatihah dan surat al-Qur’an. Berdiri yang kedua lebih singkat dari yang pertama.

7. Ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya dan kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal).

9. Kemudian, cara sholat gerhana adalah sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali.

10. Bangkit dari sujud, lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya

11. Salam dan sholat gerhana selesai.

Perhatikan, jumlah bacaan surat al-Fatihah, rukuk, dan iktidal dalam 2 rakaat sholat gerhana dilakukan 4 kali.

Selesai menunaikan sholat gerhana, kemudian imam atau khotib akan menyampaikan khutbah sebanyak 2 khutbah (seperti khutbah sholat hari raya). Khutbah sholat gerhana kepada para jemaah berisi anjuran untuk berdzikir, berdoa, beristighfar, dan disunahkan untuk bersedekah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.