Sukses

11 Wisata Anak di Jakarta yang Seru, Lengkap dengan Harga Tiket Masuk

Wisata anak di jakarta yang murah, lengkapi liburan bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda rehat dari segudang aktivitas yang dilakukan, maka tak ada salahnya untuk mengajak anak dan keluarga liburan seru dan menyenangkan. Liburan tak harus jauh, namun momen yang dimiliki adalah hal terpenting, maka salah satu caranya adalah dengan mengunjungi berbagai wisata anak di Jakarta yang sarat akan edukasi juga budaya. Meskipun jakarta terkenal dengan surganya mall, namun masih ada beberapa tempat wisata dengan pemandangan alam indah dan memukau.

Untuk bisa menyambangi tempat wisata anak di Jakarta, maka Anda bisa memanfaatkan transportasi umum yang telah ada. Selain memiliki akses yang mudah, lokasi tempat wisata tak jauh dari pusat kota, sehingga Anda lebih mudah untuk menjangkaunya.  

Tempat wisata anak di Jakarta juga tersedia beragam spot foto yang unik, serta memiliki fasilitas yang memadai. Tersedia juga banyak tempat yang bisa Anda kunjungi, diantaranya museum-museum yang antik, monumen yang ikonik, taman wisata, juga pantai yang menarik. 

Berikut ini wisata anak di Jakarta yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/11/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Anak di Jakarta

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Wisata anak di Jakarta yang sangat populer dan wajib untuk dikunjungi adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tempat ini dibangun pada era Presiden Soeharto dan berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur. Untuk bisa menikmati keindahan yang ada di sini, maka pengunjung harus membayar harga tiket masuk ke gerbang utamanya sekitar Rp 6.000-Rp 10.000 saja, dan untuk menikmati wahana yang ada di sini, diberikan tarif dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 30.000. TMII memiliki satu bangunan yang menjadi ikonnya adalah gedung teater IMAX yang berbentuk seperti keong.

2. Kawasan Kota Tua Jakarta

Selain Taman Mini Indonesia Indah yang bisa dikunjungi, tempat wisata anak di Jakarta yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga adalah Kawasan Kota Tua Jakarta. Tempat ini adalah salah satu tempat nongkrong yang dipadati wisatawan berbagai daerah di Indonesia. Saat berada di sini, Anda bisa berswafoto di berbagai spot yang tersedia.

Kota tua juga sarat akan nilai sejarah diantaranya Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, hingga Museum Bank Mandiri. Hanya dengan Rp 2.000-Rp 5.000 per orang, maka tempat wisata ini bisa kamu eksplor sepuasnya. 

3. Kebun Binatang Ragunan

Wisata anak di Jakarta selanjutnya yang wajib dikunjungi saat liburan bersama dengan keluarga adalah, mengunjungi Kebun Binatang Ragunan, yang dikenal sebagai salah satu kebun binatang yang paling lengkap di Indonesia. Tempat ini memiliki 300 spesies binatang, yang disertai dengan papan penjelasan spesies tersebut. Wisata Ragunan ini, akan sangat cocok digunakan sebagai sarana edukasi anak-anak. Untuk tiket masuk dan menaiki beberapa wahana di sini, hanya Rp.20.000 saja. 

4. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Wisata anak di Jakarta selanjutnya adalah Taman Wisata Alam Mangrove, yang memiliki pemandangan alam yang menyejukan di tengah hiruk pikuk perkotaan. Tempat wisata ini juga menyediakan tempat penginapan yang dibuka untuk umum dalam rupa rumah tenda atau camping ground. Selain itu wisata ini memiliki lahan seluas 99,82 hektare dan 40 persennya digunakan untuk konservasi hutan bakau yang alami.

Bagi pengunjung yang datang, bisa menggunakan kano dan sepeda air, kamu bisa menyewa perahu untuk menjelajahi perairan di sekitar. Tiket masuk untuk dibebankan sebanyak Rp 25.000 per orang untuk orang dewasa dan Rp 10.000 saja untuk anak-anak.

3 dari 4 halaman

Wisata Anak di Jakarta

5. Monumen Nasional

Wisata anak di Jakarta yang wajib dikunjungi saat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga adalah Monumen Nasional. Selain terkenal hingga mancanegar, monas adalah salah satu ikon penting di Jakarta. Tempat ini memiliki bangunan setinggi 32 meter, yang dibangun guna mengenang pahlawan yang telah berjasa melawan para penjajah.

Monas memiliki mahkota lidah api yang terbuat dari lapisan emas murni, serta dibangun pada tanggal 17 Agustus tahun 1961 di era Presiden Soekarno. Bagi Anda yang ingin masuk ke tempat ini, maka tiket yang harus dibeli seharga Rp 30.000. Monas buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Namun, setiap hari Senin terakhir di setiap bulannya, pelayanan akan ditutup untuk umum.

6. Pantai Ancol

Wisata anak di Jakarta yang sangat terkenal juga populer adalah Pantai Ancol. Tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung, sehingga akamn sangat cocok jika Anda menghabiskan waktu dengan keluarga. Tempat ini akan membuat liburan semakin seru dan menyenangkan, di mana Anda bisa bermain di pasir pantai sembari melihat matahari terbenam. Untuk tiket masuk ke Pantai Ancol sebesar Rp 25.000. Yang menariknya lagi, disepanjang pantai banyak sekali yang menawarkan berbagai macam menu sea food, sehingga Anda tak akan kelaparan saat ingin berwisata. 

7. Museum Nasional

Wisata anak di Jakarta selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat liburan adalah Museum Nasional. Dengan mengunjungi museum yang terletak di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat ini, maka wawasan dan pengalaman anak semakin bertambah. Museum ini memiliki sekitar 160 ribu benda-benda yang punya nilai sejarah, baik itu dari koleksi prasejarah, arkeologi masa klasik atau Hindu-Buddha, hingga warisan budaya dan sejarah lainnya.

Walau dinamakan Museum Nasional, museum ini juga dikenal dengan nama Museum Gajah. Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi tempat ini, maka harus membayar Rp 2.000 hingga Rp 10.000 saja. Museum ini mulai dibuka dari Selasa–Jumat pukul 08.00–16.00 WIB dan Sabtu–Minggu pukul 08.00–17.00 WIB.

8. Kidzania

Wisata anak di Jakarta selanjutnya yang wajib dikunjungi saat liburan bersama keluarga adalah Kidzania. Wisata ini menjadi salah satu tempat bermain anak dengan 71 paviliun di dalamnya. Saat berada di sini, maka anak-anak bisa bermain seperti orang dewasa, dengan tujuan dapat meningkatkan kreatifitas pikir anak.

Anak-anak yang berkunjung bisa memerankan berbagai pekerjaan orang dewasa, seperti penjaga toko, dokter, petugas SPBU, dokter dan masih banyak lagi. Untuk harga tiket, terbilang cukup mahal sekitar Rp166.000 untuk anak-anak dan Rp.192.000 untuk orang dewasa.

4 dari 4 halaman

Wisata Anak di Jakarta

9. Museum layang–layang

Wisata anak di Jakarta yang sarat akan edukasi adalah Museum layang–layang. Layang-layang adalah salah satu permainan masa kecil, yang memang tidak pernah bisa dilupakan. Museum layang – layang juga bisa membuat Anda bernostalgia dan mengajarkan anak tentang cara aman bermain layang-layang.

Wisata ini memiliki ratusan koleksi, dan jumlah koleksi terus bertambah setiap harinya. Museum ini memiliki gaya arsitektur Jawa yang menggambarkan atmosfer kental dengan etnik budaya. Harga tiket masuk yang dibayar, sebesar Rp. 10.000.

10. Planetariu

Wisata anak di Jakarta selanjutnya yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Planetarium. Tempat ini menjadi tempat wisata yang menawarkan sensasi menjelajahi alam semesta. Tempat wisata ini berlokasi di Taman Ismail Marzuki, di mana saat berkunjung dengan anak, seolah diajak untuk berpetualang mengenal tata surya, menjelajah bintang, melihat rasi bintang hingga meteor jatuh ke bumi.

Untuk harga tiket cukup beragam, bagi anak-anak Rp.7.000/orang, dewasa Rp.12.000/orang. Bagi rombongan pelajar sekitar Rp.500.000/100 orang, dan rombongan umum Rp.100.000/100 orang.

11. Jakarta Aquarium

Wisata anak di Jakarta berikutnya adalah Jakarta Aquarium, di mana tersedia beraneka jenis ikan, yang  langsung menyambut pengunjung saat pertama kali masuk ke sini. Menariknya lagi, tempat ini memiliki sebuah akuarium berbentuk lorong kecil dimana kamu bisa masuk ke dalamnya dan melihat linsang yang lincah dari dekat. Pengunjung yang datang juga bisa menyaksikan kegiatan feeding time, saat para penyelam masuk ke dalam akuarium untuk memberi makan ikan.

Jakarta Aquarium juga menghadirkan pertunjukan teatrikal dengan tema Pearl of the Sea yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa mengabadikan momen indah saat berada di tempat ini. Untuk tiket masuk ke sini, Anda perlu membayar sekitar Rp111.550.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.