Sukses

Spin Maze Adalah Aplikasi yang Mengandung Malware, Ketahui Cara Menghapusnya

Spin Maze adalah salah satu aplikasi yang mengandung virus, dan melakukan pengalihan secara otomatis ke berbagai halaman.

Liputan6.com, Jakarta Spin Maze adalah salah satu aplikasi yang bisa tiba-tiba muncul di HP. Aplikasi ini mengandung malware yang membuat pengalihan secara otomatis, ke berbagai halaman. Cara kerja aplikasi Spin Maze sama seperti Play Store yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunduh sebuah aplikasi di HP Android. Namun Spin Maze adalah aplikasi bajakan dan tidak resmi. 

Spin Maze adalah bagian dari perangkat lunak yang dapat mempengaruhi sistem kerja browser web default pengguna, baik itu Chrome, Firefox, Edge atau yang lain. Oleh karena itu, Spin Maze diklasifikasikan sebagai alat pembajak peramban.

Spin Maze adalah aplikasi yang dapat memperkenalkan mesin pencari baru, atau bilah alat yang tidak dikenal di browser, serta memodifikasi domain beranda Anda. Spin Maze memungkinkan berbagai aliran iklan, pop-up, spanduk, dan gangguan penelusuran web yang tidak pernah berakhir, sehingga menggangu Anda saat melakukan pencarian di browser. Oleh karena itu, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghapus aplikasi ini. 

Berikut ini cara mudah menghapus aplikasi Spin Maze yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/11/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Apa itu Spin Maze

Spin Maze adalah salah satu aplikasi pembajak browser, yang dapat mempengaruhi kinerja browser web default pengguna. Perlu diketahui bahwa program Spin Maze biasanya memasang dijadikan sebagai salah satu mesin pencari baru, atau bilah alat di browser yang dapat mengubah domain beranda Anda.

Spin Maze juga membuat banyak pengalihan secara otomatis, ke berbagai halaman, aliran iklan, pop-up, dan spanduk yang tak ada habisnya. Kondisi ini menyebabkan gangguan menyeluruh pada penjelajahan web. Oleh karena itu, akan sangat penting bagi Anda untuk menghapus Spin Maze dari sistem yang ada di handphone Anda. Spin Maze juga bisa mengarahkan pencarian Anda ke lokasi web yang tidak dikenal, sehingga memuat layar Anda dan semua halaman yang dikunjungi memiliki banyak iklan.

Akan tetapi, Spin Maze adalah sebuah platform ataupun aplikasi yang menyediakan berbagai aplikasi ataupun game didalamnya, layaknya seperti play store ataupun app store. Namun perbedaannya spin bukanlah aplikasi resmi, melainkan aplikasi versi modifikasi yang tersaji. 

3 dari 5 halaman

Cara Instal Aplikasi Versi Modifikasi Dari Spin Maze

Meskipun sebagai aplikasi pembajak, namun masih banyak orang yang ingin mendownload berbagai game, dan aplikasi secara bajakan. Berikut cara mudah untuk menginstal aplikasi versi modifikasi dari Spin Maze: 

- Langkah pertama, download aplikasi atau game yang di inginkan pada Spin Maze.

- Kemudian, jika sudah didownload, masuk ke bagikan pengaturan hp android dan pilih menu keamanan atau security.

- Langkah selanjutnya, Anda bisa mencentang tulisan unknow sourche, kemudian tinggal cari file download tersebut.

- Berikutnya instal dan tunggu hingga proses instalasinya selesai, dan jika sudah selesai maka Anda tinggal buka aplikasinya.

- Langkah terakhir, untuk cara menginstal aplikasi versi mod apk, cukup mudah hanya perlu mengaktifkan unknow sourche nya saja.

4 dari 5 halaman

Ragam Cara Menghapus Aplikasi Spin Maze

Berikut cara menghapus aplikasi Spin Maze:

1. Cara menghapus Spin Maze

- Langkah pertama, klik Start pada menu di PC Windows Anda.

- Setelah itu, ketik Programs and Settings di Start Menu.

- Langkah selanjutnya, klik item pertama dan temukan Spin Maze di daftar program yang akan muncul.

- Anda bisa pilih Spin Maze dari daftar dan klik Uninstall.

2. Cara menghapus Spin Maze dari Chrome

- Langkah mudah menghapus Spin Maze dari chrome adalah klik titik tiga di pojok kanan atas.

- Langkah selanjutnya, buka lebih banyak alat atau tools yang tersedia.

- Setelah itu, Anda bisa pilih ekstensi.

- Terakhir, hapus ekstensi Spin Maze.

3. Cara menghilangkan Spin Maze di FF/Edge/dll

- Langkah pertama, Anda bisa buka browser dan pilih ikon menu.

- Setelah itu, klik tombol Add-on dan ari ekstensi Spin Maze.

- Anda bisa singkirkan Spin Maze dengan menghapusnya dari ekstensi.

4. Cara menghapus Spin Maze 

- Langkah awal, Anda bisa membuka task manager.

- Cari proses Spin Maze dan pilih.

- Setelah itu, klik akhiri tugas.

- Buka lokasi file untuk menghapus Spin Maze.

 

5 dari 5 halaman

Cara Kerja dan Dampak Spin Maze

Spin Maze sendiri dirancang untuk mengiklankan item yang berbeda di layar hp, laptop maupun komputer, sehingga Anda dapat mengkliknya. Spin Maze tidak termasuk dalam aktivitas ilegal atau berbahaya, namun bisa memengaruhi browser Anda. Meskipun tidak ada aktivitas berbahaya, namun sebagai pengguna Anda bisa menghapus instalan program ini. 

Pembajak peramban dapat digunakan sebagai alat periklanan online, dapat menangkap data penjelajahan seperti riwayat penjelajahan, bookmark, atau halaman yang sering Anda kunjungi. Detail ini biasanya digunakan sebagai informasi pemasaran yang berguna yang memungkinkan pengembang pembajak untuk menyesuaikan iklan yang Anda lihat di layar dengan minat Anda.

Namun dengan aktivitas ini, masih ada beberapa orang mungkin merasa privasi mereka telah dilanggar oleh layanan pengumpulan data ini, di mana aktivitas online mereka mungkin tidak dipantau dan digunakan untuk tujuan pemasaran tetapi untuk hal berbahaya lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.