Sukses

10 Manfaat Demokrasi dalam Kehidupan Berbangsa dan Negara, Ketahui Pengertian dan Macamnya

Berikut adalah sejumlah manfaat demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan negara, salah satunya untuk membatasi kekuasaan pemimpin tertinggi suatu negara.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu manfaat demokrasi adalah distribusi kekuasaan. Distribusi kekuasaan ini dimaksudkan agar kekuasaan tidak terpusat di pemimpin tertinggi suatu negara. Sebab, jika kekuasaan terpusat pada pemimpin tertinggi rentan terjadinya pengambilan keputusan yang sewenang-wenang yang akan menyengsarakan rakyat.

Selain itu, manfaat demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan negara juga untuk mendorong masyarakat untuk terlibat aktif dalam menyelenggarakan negara dengan cara memberikan saran dan kritik terhadap penguasa, sehingga pengambilan keputusan dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Manfaat demokrasi bagi masyarakat tentu saja adalah kebebasan berpendapat dan berekspresi. kebebasan berbicara dan berekspresi biasanya hanya bisa dirasakan di masyarakat yang tinggal di negara demokratis.

Dari berbagai manfaat demokrasi yang bisa dirasakan berikut ini, pada akhirnya bertujuan untuk mencapai keadilan yang bisa dirasakan seluruh rakyat suatu negara. Berikut adalah pengertian dan manfaat demokrasi, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (6/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Demokrasi

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Demos” dan “Kratos”. Demos bermakna rakyat atau khalayak, sementara Kratos bermakna pemerintahaan. Demokrasi sebagai sistem pemerintahan yang mengijinkan dan memberikan hak, kebebasan kepada warga negaranya untuk berpendapat serta turut serta dalam pengambilan keputusan di pemerintahan.

Dengan kata lain, demokrasi adalah suatu konsep pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat sebagaimana yang diungkapkan oleh Abraham Lincoln.

Sementara itu, C.F. Strong mengemukakan bahwa demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan di mana kebanyakan dari anggota dewan yang berasal dari masyarakat turut dan dalam kegiatan politik yang berdasarkan pada sistemperwakilan.

Aristoteles mengemukakan bahwa demokrasi adalah suatu kebebasan atau prinsip demokrasi adalah kebebasan, karena hanya melalui kebebasanlah setiap warga negara bisa saling berbagi kekuasaan di dalam negaranya. Aristoteles pun mengatakan apabila seseorang hidup tanpa kebebasan dalam memilih cara hidupnya, maka sama saja seperti budak.

Harris Soche menjelaskan bahwa demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan rakyat, karenanya kekuasaan pemerintahan melekat pada rakyat juga merupakan HAM bagi rakyat untuk mempertahankan, mengatur dan melindungi diri dari setiap paksaan dalam suatu badan yang diserahkan untuk memerintah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Demokrasi

1. Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi

Salah satu manfaat demokrasi adalah kebebasan berpendapat dan berekspresi. Negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi, akan memungkinkan rakyat untuk memiliki kebebasan untuk memberikan pendapat dan menyuarakan aspirasi dan ekspresi mereka di muka umum. Hal ini menjadi hal yang fundamental bagi negara demokrasi.

2. Mencegah Konflik Antargolongan

Manfaat demokrasi berikutnya yaitu untuk mencegah adanya perselisihan antarkelompok dan golongan. Demokrasi juga bertujuan untuk mencegah terjadinya perselisihan dan konflik. Dalam negara demokrasi, setiap masalah atau konflik yang terjadi, akan diselesaikan dengan musyawarah.

3. Hak-Hak Dasar Terjamin

Terwujudnya hak-hak dasar ini hanya bisa terjadi jika rakyat memiliki kebebasan berpendapat dan berekspresi. Dengan kebebasan berpendapat dan berekspresi ini, rakyat bisa menyuarakan hak-hak yang belum dipenuhi oleh penyelenggara negara.

4. Terwujudnya Kesetaraan

Manfaat demokrasi selanjutnya adalah mewujudkan kesetaraan. Ini karena kekuasaan domkrasi ada di tangan rakyat. Konsep pemerintah demokratis sendiri merupakan pemerintahan yang yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Semua warga negara dianggap sama tanpa melihat latar belakang dan asal rakyat tersebut. Sehingga, dalam suatu negara demokrasi semua warga negara dianggap memiliki kesetaraan.

5. Menciptakan Ketertiban Umum

Manfaat demokrasi adalah untuk menciptakan keamanan dan ketertiban umum. Secara umum, demokrasi juga bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban dan ketentraman di lingkungan masyarakat.

Demokrasi akan menjamin hak-hak setiap warga negara dan mengedepankan musyawarah untuk memecahkan solusi bersama agar terjalin keamanan bersama di lingkungan masyarakat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Demokrasi

6. Mendorong Peran Aktif Masyarakat

Manfaat demokrasi berikutnya adalah untuk mendorong aktif peran aktif masyarakat dalam pemerintahan. Artinya, rakyat akan dilibatkan dalam setiap proses pemerintahan, mulai dari pemilihan umum secara langsung hingga memberi aspirasi terkait kebijakan publik. Rakyat juga didorong untuk aktif terlibat dalam bidang politik guna memajukan kinerja pemerintahan negara tersebut.

7. Menciptakan Pemerintah yang Bertanggung Jawab

Dalam negara yang menerapkan sistem demokrasi, rakyat dapat menilai dan menuntut apabila ada ketidaksesuaian antara kebutuhan dengan kebijakan yang dirumuskan. Rakyat dapat mengajukan tuntutan apabila pemerintah melakukan penyelewengan terhadap kebijakan yang telah dibuat.

8. Membuat masyarakat memiliki tanggung jawab

Adanya peran rakyat dalam pemerintahan membuat setiap warga negara untuk bertanggung jawab terhadap peran yang dimilikinya sebagai seorang warga negara yang wajib menjaga keutuhan negara. Sistem negara demokrasi menjadikan warga masyarakat memiliki tanggung jawab dalam ikut serta berperan dalam penentuan kebijakan pemerintah.

9. Pembaruan Kebijakan

Manfaat demokrasi selanjutnya adalah terwujudnya kebijakan-kebijakan yang berpihak pada rakyat. Namun, suatu kebijakan memiliki tenggat waktu yang membuatnya akan menjadi tidak relevan dengan zaman. Negara demokrasi memungkinkan dirumuskannya kebijakan baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

10. Mencegah Tirani

Seperti yang dibahas sebelumnya, salah satu manfaat demokrasi adalah membatasi kekuasaan. Ini dimaksudkan terciptanya tirani, di mana pemimpin tertinggi suatu negara bisa bertindak sewenang. Negara dengan sistem demokrasi mencegah adanya kekuasaan tunggal dari pemerintah karena rakyat turut serta dalam pemerintahan melalui dewan yang telah dipilih.

5 dari 5 halaman

Bentuk-Bentuk Demokrasi

Berdasarkan bagaimana demokrasi dijalankan, demokrasi dapat dibedakan menjadi dua, yakni demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung. Demokrasi langsung adalah sistem pemerintahan di mana rakyat memiliki hak yang mewakili dirinya sendiri untuk memilih suatu kebijakan politik atau untuk menyuarakan pendapat yang nantinya dipakai untuk menentukan suatu keputusan. Sedangkan demokrasi tak langsung adalah paham demokrasi yang dilaksanakan melalui sistem perwakilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.