Sukses

Brosur Adalah Media Promosi Untuk Bisnis, Ketahui Bedanya dengan Majalah dan Buletin

Brosur adalah salah satu media pemasaran yang digunakan untuk promosi bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Brosur adalah salah satu media promosi, yang bisa digunakan oleh sebuah perusahaan atau komunitas untuk mengiklankan barang  dan jasa. Brosur yang dirancang dengan baik, berfungsi menginformasikan layanan yang ditawarkan, serta membuat konsumen memiliki informasi tambahan setelah melihat barang dan jasa yang telah ditawarkan.

Brosur adalah salah satu publikasi resmi perusahaan, yang berbentuk cetakan dengan sejumlah informasi penting mengenai suatu produk, layanan, atau bahkan sebuah program, yang ditujukan kepada target market atau khalayak dengan sasaran tertentu. Umumnya brosur di bagikan secara gratis dengan tujuan untuk memperkenalkan secara lebih terperinci mengenai layanan, yang bisa membantu dalam upaya pemasaran atau marketing public relations.  

Brosur adalah media promosi, yang bisa memberikan hasil yang cepat untuk menarik pelanggan. Selain itu, pembuatan brosur juga tersedia dalam berbagai format, diantaranya Gate Fold, Trifold, Z-Fold, Double parallel fold, Quarter fold, Roll fold dan masih banyak lagi. Untuk membuat brosur yang menarik dan informatif, maka tersedia beberapa aplikasi online yang bisa Anda coba, serta memudahkan Anda ketika melakukan promosi barang dan jasa. 

Berikut ini pengertian brosur, fungsi serta contoh format brosur yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Brosur

Brosur adalah salah satu dokumen kertas informatif untuk iklan, yang umumnya digunakan untuk memperkenalkan perusahaan, organisasi, produk, atau bahkan layanan, sehingga bisa menginformasikan kepada pelanggan potensial tentang manfaatnya. Brosur juga adalah buklet yang berisi materi deskriptif atau iklan, yang berisi daftar nama dan komoditas yang akan diiklankan.

Brosur biasanya berisi ilustrasi yang didesain semenarik mungkin untuk menarik perhatian, serta mudah dibaca oleh orang lain. Brosur juga hadir dalam beberapa bentuk dan ukuran dan dapat berkisar dari satu halaman hingga buklet multi-halaman. Menurut Cambridge Dictionary, brosur adalah sebuah dokumen sejenis majalah kecil yang berisi gambar dan informasi tentang suatu produk atau perusahaan. Oleh karena itu, pengertian brosur merujuk kepada alat pemasaran yang digunakan untuk mengiklankan produk, layanan, atau bahkan kampanye tertentu.

Brosur juga bersifat umum, karena disajikan untuk khalayak ramai sehingga dapat mengintepretasikan produk atau suatu layanan yang ingin disebarkan bagi khalayak umum. Maka brosur adalah salah satu cara terbaik untuk mempresentasikan perusahaan Anda, tentu saja dengan berbagai format. 

3 dari 5 halaman

Fungsi Brosur

Brosur adalah media promosi ini, selain bisa menginterpretasikan produk bahkan layanan, tentu memiliki beberapa fungsi penting diantaranya:

1. Dapat menginformasikan barang atau jasa yang ditawarkan, di mana seorang konsumen akan memiliki informasi tambahan setelah melihat barang dan jasa yang telah ditawarkan.

2. Befungsi sebagai alat promosi perusahaan, yang dapat memperluas pengetahuan pembaca tentang satu topik tertentu.

3. Brosur yang didesain secara informatif, berfungsi secara baik untuk mengenalkan perusahaan, sehingga mampu menarik pelanggan yang potensial. 

4. Brosur selain didistribusikan dalam bentuk surat kabar, juga bisa dibagikan secara pribadi. 

Adapun tujuan utama brosur dibuat, untuk memperluas pengetahuan pembaca tentang satu topik tertentu yang menjadi pusat brosur. Brosur juga dibuat untuk membangun kepercayaan antara suatu perusahaan atau komunitas, dengan klien potensial Anda.

Brosur adalah salah satu bentuk pemasaran terbaik, yang dapat dengan mudah memberikan hasil yang cepat, serta meningkatkan pengaruh bisnis juga tingkat konversi. Bahasa brosur yang mudah dipahami oleh pembaca, bisa menciptakan kesadaran tentang sesuatu. Oleh sebab itu sebagai alat iklan, brosur memungkinkan Anda untuk dapat mempromosikan satu ataupun lebih dari produk dan juga jasa.

4 dari 5 halaman

Perbedaan antara Brosur, Pamflet, Majalah dan Buletin

a) Brosur & Pamflet

Brosur dan pamflet memiliki desain yang serupa, namun perbedaan utamanya terletak pada tujuannya. Adanya brosur tentu dirancang untuk menjual produk dan layanan untuk perusahaan, tetapi tujuan utama pamflet adalah untuk menginformasikan.

b) Brosur & Selebaran

Brosur dan pamflet dapat menampilkan desain kreatif yang serupa, namun perbedaan keduanya terletak pada lipatan nomor. Flayer tidak seperti brosur karena hanya muncul dalam satu lembar yang tidak dilipat, sedangkan brosur memiliki beberapa jenis lipat.

c) Brosur & Buletin

Seperti brosur, buletin juga dibuat untuk mempromosikan produk, layanan, dan bisnis perusahaan. Akan tetapi ada perbedaan utama, di mana datang dalam tujuan rinci. Buletin adalah tentang memberikan informasi harian, bulanan atau tahunan dan laporan perusahaan, sedangkan brosur menggambarkan tentang apa itu organisasi dan apa yang dilayaninya.

d) Brosur & Majalah (Booklet)

Dibandingkan dengan brosur, buklet dirancang dengan desain seperti buku, artinya rata dan tidak terlipat. Selain itu, yang membedakannya dengan dokumen lainnya adalah biasanya terdiri dari beberapa halaman (Mulai dari 8-73 halaman).

5 dari 5 halaman

Contoh Format Brosur

Brosur adalah media promosi ini, selain memiliki fungsi untuk menginformasikan layanan sebuah perusahaan, juga memiliki beberapa contoh format yang perlu diketahui. 

1. Contoh brosur format Z-fold

Brosur Z-fold adalah salah satu bentuk brosur yang dicetak dengan selembar kertas, kemudian akan dibagi menjadi tiga panel. Brosur Z-fold memiliki lipatan yang menumpuk di atas satu sama lain, sehingga jika sedikit direntangkan akan membentuk garis berbentuk huruf Z. Oleh karena itu, brosur ini bisa ditempatkan dalam amplop standar, yang menjadikannya pilihan tepat untuk materi promosi atau penjualan, acara, serta menjadi alternatif untuk pemasaran yang dikirimkan melalui pos surat.  

2. Contoh brosur open single gate-fold

Brosur open single gate-fold merupakan format brosur yang ketika dibuka langsung menampilkan panel tengah yang lebih besar, serta memiliki panel samping berukuran setengah dari lebar panel tengah. Brosur open single gate-fold juga mirip dengan brosur lipat tiga yang dilipat menjadi tiga bagian. 

3. Contoh brosur single fold

Brosur single fold dikenal juga sebagai bi-fold atau half-fold, dengan desain sederhana, yang kemudian akan dicetak dengan kertas ukuran legal, surat, atau tabloid yang dilipat menjadi dua. Adapun brosur single fold jadi memiliki 4 panel terpisah, yakni panel sisi kanan depan dan belakan, serta panel sisi kiri depan dan belakang. Dengan desain yang sederhana, tentu memberikan ruang yang cukup untuk gambar dan informasi lain, sehingga sangat cocok untuk keperluan promosi.

Selain format brosur ini, terdapat banyak format brosur lain yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu sarana promosi untuk perusahaan Anda, seperti

- Accordion fold

- Double parallel fold

- Quarter fold

- Roll fold

- Tri-Fold (Letter Fold)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.