Sukses

Buklet Adalah Buku Kecil untuk Selebaran, Ketahui Pengertian, Struktur dan Jenisnya

Buklet adalah salah satu buku kecil, yang berfungsi sebagai media pembelajaran pendukung.

Liputan6.com, Jakarta Istilah buklet berasal dari kata buku dan leaflet, artinya buklet adalah paduan dari buku dan leaflet. Leaflet sendiri adalah media berbentuk selembar kertas yang berisi gambar dan tulisan. Buklet secara efektif bisa mengirimkan pesan, serta memberikan gambaran penting tentang profil perusahaan atau bahkan sebuah program yang ingin ditawarkan. 

Buklet adalah buku kecil untuk selebaran, yang berfungsi menyimpan semua informasi secara relevan, tentang sebuah perusahaan baik itu layanan, produk, serta sejumlah informasi penting lainnya. Buklet ini bisa digunakan sebagai referensi dan panduan bagi pelanggan baru atau yang sudah ada sebelumnya. 

Buklet adalah buku kecil, yang juga memiliki struktur menyerupai buku, namun secara penyajian buklet lebih singkat daripada buku. Buklet juga hadir dalam berbagai jenis, di antaranya buklet tentang resep, fashion, buklet medis, fotografi, produk hingga buklet proyek. Sebagai media pemasaran yang digunakan oleh banyak perusahaan, buklet juga mudah untuk didistribusikan. 

Berikut ini pengertian dan jenis buklet yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Buklet

Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran, yang digunakan sebagai media promosi sebuah perusahaan. Di kalangan pemasaran, buklet biasanya berupa brosur kecil dengan sampul kertas dan halaman yang lebih sedikit daripada buku lengkap, serta berfungsi sebagai sumber informasi bagi konsumen baru bahkan yang sudah ada sekalipun.

Buklet juga bisa berupa majalah online, katalog digital, atau presentasi perusahaan. Secara umum, buklet diterima sebagai "buku kecil" yang biasanya memiliki ukuran 5,5 inci x 8,5 inci, dengan jumlah halaman yang lebih sedikit. Buklet juga hanya terdiri dari beberapa halaman kertas, yang digunakan oleh organisasi untuk menyampaikan informasi yang dapat bermanfaat bagi pembacanya.

Buklet adalah salah satu dari banyak metode ideal yang digunakan untuk beriklan, di mana beberapa informasi dapat diberikan mengingat materi ini dapat menyimpan banyak data yang dapat dilalui oleh pembaca. Buklet lebih seperti materi promosi seperti brosur atau pamflet, namun buklet memiliki lebih banyak detail, yang dapat ditulis untuk memberi pembaca penjelasan yang lebih mendalam tentang subjek tertentu. 

3 dari 5 halaman

Struktur Buklet

Struktur buklet menyerupai seperti buku, namun secara penyajian buklet lebih singkat daripada buku. Adapun beberapa struktur buklet yang perlu diketahui, diantaranya:

1. Halaman sampul

Sama seperti buku biasa, buklet juga memiliki halaman sampul sendiri, tetapi tidak seperti buku. Kebanyakan buklet memiliki sampul lunak, dan bukan sampul keras mengingat ukuran saku dan jumlah halaman yang dipegangnya. Halaman sampul dirancang untuk memberi tahu pembaca tentang isi buklet.

2. Nama dan Logo

Nama dan logo organisasi juga tercetak di sampul depan buklet. Ini adalah salah satu fitur dasar untuk membantu pembaca menentukan dari mana buklet itu berasal.

3. Judul

Judul juga bisa tertulis di bagian pertama buklet, yang harus langsung ke pokok permasalahan dan mudah dipahami.

4. Daftar isi

Karena buklet dianggap sebagai buku kecil atau mini, maka penambahan daftar isi adalah salah satu cara yang opsional. Hal ini bisa dipertimbangkan jika buklet mencakup sejumlah topik yang berbeda atau bila digunakan untuk suatu program.

5. Isi utama

Bagian terpenting dari sebuah buklet adalah isinya. Biasanya terletak di bagian tengah, isi buklet dapat mencakup pesan dan informasi hingga 30 halaman.

6. Gambar-gambar

Sebagian besar buklet juga dirancang untuk memiliki gambar grafis di bagian depan atau di antara halaman.

4 dari 5 halaman

Jenis Buklet

1. Buklet Resep

Cara terbaik untuk memperkenalkan dan mengumpulkan beberapa resep, bisa dilakukan melalui buklet resep. Buklet semacam ini digunakan oleh restoran dan koki untuk berbagi beberapa menu mereka sebagai bagian dari kampanye pemasaran.

2. Buku Proyek

Buklet proyek juga bisa disajikan sebagai bentuk pengenalan kepada investor, manajer proyek, dan seluruh tim, tentang gambaran proyek, manfaatnya, dan detail relevan lainnya. Buklet juga dapat digunakan sebagai presentasi ide dan tujuan yang ingin dicapai.

3. Buku Produk

Buklet produk adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan produk Anda kepada publik, di mana pelanggan yang tertarik dapat mempelajari produk dan memutuskan apakah mereka ingin melakukan pembelian. Tidak seperti katalog, booklet digunakan untuk menjelaskan manfaat dan kegunaan suatu produk.

4. Buku Fotografi

Buklet fotografi adalah salah satu cara unik dan kreatif untuk menyoroti contoh karya fotografer dan layanan lain yang ditawarkan. Buklet ini bisa dipajang di kantor atau mendistribusikannya di acara-acara.

5. Buku Medis

Buklet medis adalah sumber informasi yang bagus terutama bagi ibu hamil dan pasien yang akan menjalani perawatan. Buklet adalah buku kecil ini, memang dirancang untuk menguraikan layanan, pedoman, juga fasilitas medis yang bisa diperoleh pasien.

6. Buku Mebel

Dengan banyaknya produk di dalam toko, perusahaan furnitur seringkali menyusun produk mereka melalui katalog atau buklet. Buklet furnitur dibagikan kepada klien atau mitra bisnis yang menginginkan gambaran umum tentang perusahaan, serta kualitas produk yang dijual. Cara ini juga menjadi salah satu metode yang efektif untuk mengiklankan merek furnitur dan apa yang ditawarkannya.

 

5 dari 5 halaman

Penggunaan, Tujuan, dan Pentingnya Buklet

Secara keseluruhan, buklet dirancang untuk menyampaikan informasi terperinci kepada audiens targetnya, selain itu buklet juga digunakan untuk promosi produk atau layanan. Berikut penggunaan, tujuan dan pentingnya buklet di bidang pemasaran. 

a. Hemat Biaya

Mengingat jumlah informasi yang dapat ditampung oleh buklet, maka buklet adalah alat pemasaran yang paling ekonomis. Jika ingin mencetak dalam jumlah yang lebih besar, perusahaan percetakan akan dapat menawarkan diskon, yang akan membuat keseluruhan desain dan proyek menjadi lebih terjangkau dan menarik. 

b. Jumlah Informasi

Sebuah buklet dapat menampung sejumlah besar informasi, yang membuatnya lebih praktis untuk digunakan daripada brosur atau pamflet. Hal ini juga berlaku terutama dalam instruksi manual, untuk menguraikan proyek dan layanan yang ditawarkan. Selain itu, buklet juga bisa didesain dengan berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan acara yang dibuat. 

c. Alat Pemasaran

Buklet adalah media promosi yang digunakan oleh banyak perusahaan, untuk menunjukkan manfaat produk dan layanan yang mereka tawarkan. Buklet adalah bentuk komunikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan calon klien dengan beberapa informasi penting sebagai alternatif.

d. Distribusi Mudah

Buklet adalah buku kecil yang mirip seperti leaflet dan brosur, sehingga cukup mudah untuk didistribusikan. Anda bisa membagikan melalui email, didistribusikan di acara-acara, atau ditampilkan di toko dan kantor, sehingga memicu peluang bisnis untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dengan memberikan informasi yang akurat.

e. Sumber informasi

Buklet juga bisa menawarkan panduan dan referensi cepat untuk pembacanya, karena memiliki sejumlah informasi, fakta, dan bahkan gambar grafis, sehingga memudahkan pembaca ketika ingin mengatasi masalah mereka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.