Sukses

Campuran Heterogen Adalah Campuran Zat yang Mempertahankan Sifatnya, Ini Contohnya

Campuran heterogen adalah campuran dari dua atau lebih zat yang digabungkan namun tetap mempertahankan sifat aslinya.

Liputan6.com, Jakarta Campuran heterogen adalah campuran dari dua atau lebih zat yang digabungkan namun tetap mempertahankan sifat aslinya. Campuran heterogen adalah percampuran dua atau lebih komposisi yang tidak merata, campuran heterogen adalah kebalikan dari campuran homogen yang unsur-unsur di dalamnya tidak dapat dibedakan.

Campuran heterogen adalah campuran yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari karena dapat kita lihat secara langsung. Sebagai contoh adalah larutan pasir dan air yang telah diaduk selama beberapa detik, dimana walaupun telah diaduk namun tetap dapat diketahui zat apa saja yang menjadi penyusunnya.

Wujud dari campuran heterogen dapat berupa zat padat, cair dan juga gas. Zat dalam campuran heterogen memiliki komponen yang seba tidak sama. Hal ini juga dapat dilihat dari campuran heterogen yang memiliki sejumlah sifat yang membuatnya berbeda dengan campuran homogen. 

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang pengertian campuran heterogen, sifat campuran heterogen dan juga contohnya, Senin (7/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Campuran Heterogen Adalah

Campuran heterogen adalah campuran dua atau lebih zat murni yang tidak digabungkan secara kimia dan zat-zat tersebut mempertahankan sifat kimia aslinya. Campuran heterogen adalah jenis campuran yang komposisinya tidak seragam dan tidak tercampur rata. 

Karena karakteristik ini, komponen individu biasanya dapat dideteksi dan dapat dipisahkan dengan cara kimia atau fisik. Ada dua kategori campuran heterogen, suspensi dan koloid.

Campuran heterogen didefinisikan sebagai campuran yang komposisinya tidak seragam. 

Dengan kata lain, komposisinya bervariasi dari satu lokasi ke lokasi lain. Sebaliknya, campuran homogen memiliki komposisi yang seragam. Penampilan dan komposisinya sama, di mana pun anda mengambil sampel.

Dalam kimia, perbedaan antara campuran homogen dan heterogen sedikit lebih rumit. Campuran homogen memiliki komposisi yang seragam dengan semua komponen dalam satu fase, sedangkan campuran heterogen memiliki komposisi yang tidak seragam dengan komponen dalam setidaknya dua fase yang berbeda.

3 dari 5 halaman

Sifat Campuran Heterogen

Ada banyak sekali jenis campuran heterogen. Namun, semua campuran yang dianggap heterogen akan memiliki beberapa kesamaan. Salah satunya adalah ukuran partikel dalam campuran heterogen lebih besar daripada dalam campuran homogen. Selain itu, berikut ini sifat campuran heterogen:

- Setiap zat individu dapat dilihat dengan mata manusia dalam campuran.

- Zat yang berbeda dalam campuran dapat dengan mudah dipisahkan melalui berbagai proses seperti penyaringan, penguapan atau hanya secara fisik memilih zat yang berbeda.

- Dalam campuran heterogen sifat kimia dari masing-masing zat individu akan tetap tidak berubah.

- Campuran heterogen dapat mengandung 2 atau lebih zat dalam fase materi yang berbeda, seperti padat, cair atau gas.

- Campuran heterogen mengandung dua atau lebih bahan atau fase. Fase mungkin setidaknya dua padatan, cairan, atau gas, atau padat/cair (suspensi), cair/cair ( emulsi ), gas/cair (aerosol), atau gas/padat (asap).

- Fase-fase yang berbeda bercampur menjadi satu, tetapi secara fisik terpisah. Dengan kata lain, mereka mempertahankan identitas kimia mereka sendiri.

- Sampel yang diambil dari bagian campuran yang berbeda mungkin memiliki komposisi yang berbeda.

- Biasanya dimungkinkan untuk memisahkan komponen campuran heterogen.

4 dari 5 halaman

Contoh Campuran Heterogen

Sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini adalah beberapa contoh campuran heterogen yang umum kita jumpai:

- Sereal dalam susu adalah contoh yang bagus dari campuran heterogen. Ini terdiri dari sereal padat dalam susu cair.

- Minyak dan air membentuk campuran heterogen.

- Jus jeruk dengan ampas adalah campuran heterogen. Komponen tidak merata, ditambah mereka ada dalam dua fase. Jus adalah cairan dan pulp adalah padat.

- Air berpasir adalah campuran heterogen. Ini terdiri dari dua fase yang mudah terpisah.

- Pizza pepperoni adalah campuran heterogen. Anda mungkin mendapatkan pepperoni dalam satu gigitan, namun tidak di gigitan lainnya.

- Beton adalah campuran heterogen dari semen, kerikil, pasir, dan air.

Kue keping cokelat adalah campuran heterogen. Anda mungkin mendapatkan jumlah keping cokelat yang berbeda pada setiap gigitan.

- Salad yang dilemparkan adalah campuran yang heterogen.

- Es batu dalam soda adalah campuran heterogen. Es dan soda adalah dua fase materi yang berbeda (padat dan cair). Menariknya, soda sebelum Anda membukanya tampak homogen. 

5 dari 5 halaman

Campuran Homogen Vs Campuran Heterogen

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya terdapat dua jenis campuran yaitu heterogen dan homogen. Kedua jenis campuran ini terdiri dari zat murni, yang dapat berupa unsur atau senyawa. 

Dalam campuran heterogen, zat yang berbeda tidak bergabung secara kimia untuk membentuk zat baru, melainkan zat-zat tersebut digabungkan secara fisik, dan zat-zat tersebut memiliki sifat fisik yang sama seperti jika ditemukan secara terpisah. 

Sedangkan pada campuran homogen, komposisi zat adalah sama (seragam) di seluruh campuran dan dalam campuran heterogen komposisinya berbeda tergantung pada sampel yang dikumpulkan. Misalnya, segenggam trail mix yang berbeda dapat memiliki jumlah kismis, kacang tanah, pretzel yang berbeda dan lain sebagainya. 

Berdasarkan segenggam yang diambil, juga akan mudah untuk menghapus semua kismis dari sampel trail mix, membuat trail mix menjadi campuran heterogen. Campuran homogen tidak dapat dipisahkan kembali menjadi bagian-bagian individu, tetapi dalam campuran heterogen mereka dapat.

Kadang-kadang terlihat jelas bahwa campuran itu heterogen, seperti dasar sungai dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna batuan. Di lain waktu, campuran tampak homogen dari kejauhan, tetapi heterogen setelah diperiksa lebih dekat. 

Misalnya, jika anda melihat pasir di pantai, mungkin terlihat seragam. Jika anda menguji banyak sampel pasir, mereka mungkin memiliki komposisi kimia yang hampir sama. Tapi, jika anda melihat pasir di bawah kaca pembesar, anda bisa melihatnya mengandung serpihan cangkang, berbagai mineral, dan beberapa bahan organik.

Kesimpulannya adalah bahwa campuran mungkin tampak homogen pada skala makroskopik, tetapi menjadi heterogen saat anda memberi contoh sampel yang lebih kecil dan lebih kecil. Kadang-kadang campuran heterogen mengandung dua fase yang keadaan materinya sama , tetapi jika ada dua keadaan materi, itu tandanya campuran itu heterogen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.