Sukses

Chemistry adalah Kimia, Pahami Arti Lainnya Terkait Relationship dan Cara Merawatnya

Chemistry adalah bahasa Inggris dari kimia, namun kata ini juga digunakan untuk mengacu pada tingkat kecocokan antara seseornag dengan pasangannya.

Liputan6.com, Jakarta Chemistry adalah kata dalam bahasa Inggris untuk mengacu pada bidang ilmu sains, yakni kimia. Namun chemistry juga sering digunakan untuk menggambarkan kecocokan dalam sebuah hubungan, baik itu pertemanan maupun hubungan romansa.

Sebagai salah satu bidang ilmu sains, chemistry adalah abang ilmu alam yang mempelajari sifat-sifat zat, perubahan yang dialaminya, dan hukum alam yang menjelaskan perubahan tersebut. Sebagai cabang ilumu sains, chemistry adalah ilmu yang mempelajari mengenai atom, molekul, senyawa, beserta sifat-sifatnya.

Chemistry adalah studi tentang materi, analisa struktur, sifat, dan perilakunya untuk melihat apa yang terjadi ketika materi berubah dalam reaksi kimia.

Namun, daripada mengacu pada bidang ilmu sains, penggunaan kata chemistry, terutama dalam percakapan di Indonesia lebih mengacu pada kecocokan seseorang dengan orang lainnya dalam hubungan tertentu, baik itu pertemanan, hubungan romansa, maupun rekan kerja.

Lalu bagaimana hubungan seseorang dengan orang lainnya dikatakan memiliki chemistry? Berikut adalah ulasan lengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Chemistry Adalah

Seperti yang dibahas sebelumnya, chemistry adalah bidang ilmu sains yang mempelajari tentang materi, termasuk sifat-sifatnya. Namun chemistry juga biasa digunakan dalam konteks percakapan terkait hubungan seseorang dengan orang lain.

Dalam konteksnya terkait relationship, chemistry adalah hubungan emosional antara dua orang. Hubungan timbal balik ini dapat mengambil bentuk yang berbeda dan dapat berubah sepanjang hubungan, dari kencan pertama hingga hubungan tersebut berlangsung puluhan tahun.

Namun, hubungan mendasar antara orang-orang dengan chemistry yang baik itu dalam dan dapat dikenali dan dapat memberikan rasa kegembiraan, keamanan, dan rasa hormat terhadap hubungan tersebut. Chemistry dimulai dengan minat dan keyakinan terhadap nilai yang sama. Pasangan kekasih dapat mempertahankan chemistry dari waktu ke waktu melalui komunikasi dan kepercayaan.

Chemistry adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam kaitannya untuk membangun hubungan, sehingga hubungan bisa terus berjalan dan mencapai tujuannya. Pasangan yang memiliki chemistry yang bagus tentu akan tampak lebih harmonis dan lebih bahagia.

Dengan kata lain, chemistry adalah sesuatu yang bisa tampak dari bagaimana hubungan tersebut berlangsung.

3 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Adanya Chemistry

Chemistry adalah fenomena yang membuat kita merasakan sesuatu ketika bersama orang tertentu. Ketika kita merasa ada chemistry pada seseorang, kita biasanya akan merasakan adanya kecocokan. Ini dapat dilihat dari sejumlah tanda-tanda sebagai berikut:

1. Kecocokan: Memiliki minat yang sama dan mengejarnya bersama juga merupakan indikasi chemistry yang baik.

2. Kenyamanan mendalam: Hubungan jangka panjang yang sukses dapat mengembangkan jenis chemistry yang ditandai dengan rasa nyaman dan nyaman yang mendalam di sekitar orang lain. Tingkat kenyamanan ini dapat membuat seseorang merasa betah di hadapan orang lain, dan bagi banyak orang, ini adalah tanda cinta sejati yang langgeng.

3. Kontak mata: Salah satu tanda chemistry adalah kontak mata yang berkepanjangan. Orang-orang dalam hubungan romantis akan sering melihat ke dalam mata satu sama lain, ritual ikatan utama yang mengembangkan dan mempertahankan keterikatan yang dalam.

4. Kedekatan fisik: Pasangan romantis yang sering dekat secara fisik memiliki chemistry yang baik. Sentuhan fisik seperti berpegangan tangan, berpelukan, dan saling menyisir rambut merupakan indikasi chemistry yang baik.

5. Ketertarikan seksual: Ketertarikan fisik pada pasangan Anda—dan ketertarikan mereka pada Anda—dikenal sebagai chemistry seksual atau chemistry fisik. Bentuk chemistry ini biasanya dominan dalam fase bulan madu dari suatu hubungan dan dapat memudar seiring waktu.

4 dari 5 halaman

Manfaat Memiliki Chemistry dalam Hubungan

Chemistry adalah sesuatu yang sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan. Ini juga menandai adanya kecocokan dengan pasangan. Keberadaan chemistry dengan pasangan tentu saja dapat memberikan manfaat bagi keberlangsungan sebuah hubungan. Adapun manfaat chemistry antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kemudahan: Saling mengakui kebutuhan dan keinginan hubungan satu sama lain dapat membuat relationship menjadi lebih mudah. Ketika segala sesuatunya dapat mengalir dengan lancar, kedua belah pihak cenderung lebih bahagia.

2. Kegembiraan: Manusia suka merasakan kegembiraan, dan chemistry adalah perasaan yang menggembirakan. Ketika dua orang merasakan chemistry satu sama lain, zat kimia saraf seperti dopamin dapat membanjiri sistem saraf mereka.

3. Rasa Hormat: Ketika orang memiliki chemistry, mereka melihat satu sama lain lebih dalam daripada yang seharusnya. Pemahaman ini dapat membantu membangun rasa saling menghormati yang penting bagi hubungan yang sukses.

4. Keamanan: Merasa aman di sekitar orang lain merupakan efek tambahan dari chemistry yang hebat. Perasaan bahwa Anda bersama seseorang yang memercayai Anda dan yang dapat Anda percayai tanpa rasa takut akan penilaian akan membantu menumbuhkan hubungan yang sehat.

5 dari 5 halaman

Cara Membangun Chemistry dalam Hubungan

Chemistry adalah sesuatu yang bisa hadir ketika kamu bertemu pasangan untuk pertama kalinya. Namun Chemistry Juga dapat hadir ketika hubungan terjalin dalam waktu yang cukup lama. Dengan kata lain, chemistry adalah sesuatu yang dapat dibangun dalam rangka untuk melanggengkan suatu hubungan.

Berikut adalah sejumlah cara untuk membangun chemistry di antara pasangan agar hubungan menjadi langgeng:

1. Bersikap baiklah kepada pasangan Anda. Meluangkan waktu dan upaya ekstra untuk bersikap baik dan mengekspresikan kekaguman Anda akan meningkatkan chemistry.

2. Membangun fondasi kepercayaan. Hubungan yang sukses membutuhkan kepercayaan, dan membangun kepercayaan dapat menghasilkan chemistry yang lebih kuat. Semakin aman perasaan Anda dalam suatu hubungan, semakin terbuka Anda terhadap keinginan Anda dan pasangan.

3. Buat hal-hal menarik. Campurkan kebiasaan memasak, aktivitas rekreasi, dan kencan malam. Mencoba hal-hal baru adalah cara yang bagus untuk tumbuh sebagai pribadi, dan itu dapat meningkatkan chemistry dalam hubungan Anda.

4. Jaga komunikasi. Jalur komunikasi yang baik sangat penting untuk hubungan yang memuaskan. Mengkomunikasikan kebutuhan hubungan dapat mengarah pada pemahaman yang lebih besar dan meningkatkan chemistry secara signifikan.

5. Ambil dan beri ruang. Saat berada dalam pergolakan cinta romantis yang baru, rasanya tidak ada yang lebih baik daripada menghabiskan waktu bersama kekasih. Namun, pertumbuhan pribadi membutuhkan kemandirian, dan terlalu banyak waktu bersama dapat menumbuhkan kebiasaan tidak sehat seperti ketergantungan, di mana ada terlalu banyak ketergantungan timbal balik antara dua orang. Tetapkan batasan untuk menjaga ruang pribadi Anda dan pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.