Sukses

28 Tempat Wisata di Bali Terbaik, Ikonik dan Populer Untuk Liburan

Rekomendasi tempat wisata di Bali terbaik dan paling populer yang wajib untuk dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bali memang tidak ada habisnya. Memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, tempat wisata di Bali menyajikan berbagai pilihan wisata mulai dari pura yang megah dan bersejarah hingga petualangan alam yang tidak hanya indah, namun juga menantang.

Tempat wisata di Bali telah menjadi primadona bagi banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tempat wisata di Bali terus menyajikan berbagai pilihan wisata yang membuat anda tidak dapat berhenti untuk mengeksplor keindahannya. 

Terlepas dari banyaknya pilihan tempat wisata di Bali yang bisa para wisatawan kunjungi, terdapat beberapa destinasi wisata populer yang selalu wajib untuk dikunjungi jika anda berkunjung ke Bali untuk menghabiskan waktu liburan. 

Sebagai referensi bagi anda yang akan berlibur ke Bali, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (07/11/2022) rekomendasi tempat wisata di Bali terbaik dan paling populer yang wajib untuk dikunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Bali Terbaik

1. Ubud 

Tempat wisata di bali yang pertama adalah ubud. Ubud adalah paket lengkap terbaik diantara tempat-tempat wisata di Bali. Tempat itu adalah surga yang memadukan alam dan budaya yang tidak ada duanya. Anda dapat melihat sawah, kuil, pertunjukan tari jalanan dan museum.  Jelajahi juga pemandangan indah area sekitar ubud dengan sepeda, berjalan-jalan melalui sawah terasering Tegalalang dan bertemu kawanan bangau di Petulu.

2. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu pura paling ikonik di Bali. Pengaturan tepi lautnya yang spektakuler, di pulau berbatu yang dikelilingi oleh deburan ombak menjadi daya tarik utama. Bagi masyarakat Bali, pura ini adalah salah satu yang paling suci dari semua pura laut di pulau itu. Pura Tanah Lot dibangun pada awal abad ke-16 dan diperkirakan diilhami oleh pendeta Nirartha

3. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu adalah salah satu pura paling terkenal di Bali. Temuan arkeologis di sini menunjukkan bahwa candi itu berasal dari megalitik, yang berasal dari sekitar abad ke-10. Pura ini dipercaya untuk melindungi Bali dari roh jahat laut, sedangkan kera yang tinggal di hutan dekat pintu masuknya dianggap menjaga pura dari pengaruh buruk.

4. Gunung Batur

Gunung berapi aktif yang suci ini terletak di Distrik Kintamani di dataran tinggi tengah Bali, sekitar satu jam perjalanan dari Ubud. Pendakian, di sepanjang jalur yang ditandai dengan baik, relatif mudah dan biasanya memakan waktu sekitar dua hingga tiga jam. Pada hari yang cerah, pemandangannya spektakuler yang membentang sepanjang kaldera Batur, berupa pegunungan sekitarnya dan Danau Batur yang indah.

5. Pantai Nusa Dua

Tempat wisata di Bali yang selanjutnya adalah pantai Nusa Dua. Di sini anda dapat berbaring di kursi berjemur yang nyaman dan mendengarkan deburan ombak lembut di pasir putih yang halus. Hal-hal populer yang dapat dilakukan di Nusa Dua diantaranya berjalan bermil-mil di sepanjang pantai, berenang, berselancar, parasailing, dan berjemur.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Bali Terbaik

6. Pantai Lovina

Dengan pasir hitam yang tersebar di area seluas 5 mil, pantai Lovina adalah area resor terbesar di pantai utara Bali. Meliputi beberapa desa kecil, ini adalah tempat istirahat yang baik untuk menjauhkan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Hal populer yang bisa dilakukan disini diantaranya adalah snorkeling dan scuba diving di laut yang tenang serta menonton lumba-lumba.

7. Tirta Empul

Dibangun pada tahun 962 M, pada masa Pemerintahan Dinasti Warmadewa; Tirta Empul adalah warisan dari kisah kemenangan kebaikan atas kejahatan. Ini menampung mata air pegunungan yang dianggap suci dan mata air ini mengalir ke sungai Pakerisan. Pura ini dibagi menjadi tiga bagian yang disebut Nista Mandala atau bagian luar, Madya mandala atau bagian tengah dan Utama Mandala. 

8. Bali Safari And Marine Park

Tempat wisata di Bali yang selanjutnya adalah Bali Safari And Marine Park. Bali Safari And Marine Park adalah rumah bagi lebih dari 100 spesies hewan yang berasal dari negara-negara seperti India, india, dan banyak lagi. Terletak di Gianyar, ia memiliki spesies yang terancam punah seperti harimau putih, komodo dan orangutan. 

9. Teras Sawah Tegalalang

Teras sawah ini terkenal karena mereka menggunakan gaya pertanian padi abad ke-8 yang efisien yang disebut Subak. Ini adalah tempat yang bagus untuk beberapa foto yang menakjubkan. Kemudian, anda dapat mengambil jalan memutar ke desa Pakudui untuk melihat beberapa kerajinan kayu rumit yang menakjubkan. 

10. Museum Negeri Propinsi Bali

Museum Negeri Propinsi Bali dalah museum terbaik jika anda ingin menjelajahi Budaya Bali secara utuh. Museum pusat ini terletak di ibukota provinsi Denpasar dan menampung lebih dari 10.000 karya seni. Ada banyak karya yang dipamerkan di sini yang mencakup segala sesuatu mulai dari sarkofagus prasejarah hingga kostum tari serta topeng. 

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Bali Terbaik

11. Pasar Seni Ubud

Tempat wisata di Bali yang berikutnya adalah Pasar Seni Ubud. Kerajinan tangan di sini sangat luar biasa. Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat di Bali. Disini anda dapat menemukan keranjang dan tas anyaman buatan tangan, patung, layang-layang, dan barang kerajinan tangan lainnya. 

12. Pasar Malam Sanur

Pasar Malam Sanur menjadi tempat wisata di Bali selanjutnya yang wajib dikunjungi. Pasar malam ini adalah tempat yang tepat jika anda lapar dan mencari makanan lezat di sini. Selain makanan, anda juga bisa berbelanja di sini. Pasar ini memiliki berbagai macam makanan yang sangat beragam. Bagian terbaik tentang pasar ini adalah bahwa semuanya dimasak tepat di depan mata anda.

13.  Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana adalah tempat budaya, alam, dan spiritualitas menyatu bersama. Taman ini adalah salah satu tujuan terbaik di Bali. Anda akan menemukan sejumlah atraksi buatan di dalam taman, salah satunya adalah patung besar Garuda Wisnu. Patung ini berdiri sebagai simbol kepercayaan agama pulau Bali. Taman ini adalah salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi di Bali . 

14. Taman Air Kerajaan Tirta Gangga

Tirta Gangga Royal Water Garden adalah salah satu tempat terbaik di Bali yang wajib anda kunjungi saat bulan madu atau liburan keluarga. Dibangun pada tahun 1948 oleh keluarga Karangasem, anda akan menemukan istana kerajaan di tengahnya yang dikelilingi oleh air. Anda juga akan menemukan banyak patung dan air mancur penghias taman. 

15. Goa Gajah

Tempat wisata di Bali yang selanjutnya adalah Goa Gajah. Goa gajah adalah situs atraksi budaya dan spiritual populer yang dipenuhi dengan peninggalan Shaivite serta ukiran Buddha. Ukiran dan pahatan batu yang rumit membuat tempat ini wajib dikunjungi bagi orang-orang yang ingin melihat arsitektur dan warisan Indonesia secara lebih rinci. Tempat ini menggambarkan arsitektur kuno serta sejarah Bali.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Bali Terbaik

16. Air Terjun Sekumpul 

Air Terjun Sekumpul dianggap oleh banyak orang sebagai air terjun terindah di Bali . Terletak di wilayah Singaraja, sekitar 66 kilometer sebelah utara Ubud, objek wisata yang tersembunyi ini sebenarnya adalah rangkaian dari sekitar tujuh air terjun, mengalir seperti kerudung panjang berkabut di atas bibir tebing yang rimbun dan berbalut hutan.

17. Hutan Monyet Ubud

Terletak jauh dari hiruk pikuk, Hutan Monyet Ubud adalah salah satu tujuan Bali yang ideal untuk menikmati waktu santai. Hutan ini adalah rumah bagi sekitar 700 monyet ekor panjang Bali, dan juga dianggap keramat di antara penduduk setempat. Selain itu, ada 186 spesies pohon dan tumbuhan serta 3 candi Hindu yang terkenal yang menjadi daya tarik utama hutan monyet ubud ini. 

18. Waterbom Bali

Disebut sebagai waterpark terbaik di Asia, tempat ini menawarkan hari yang mendebarkan bagi para pengunjungnya. Ajak keluarga dan teman-teman anda ke pulau yang memiliki banyak wahana yang cocok untuk semua orang. Ada Lazy River Ride bagi mereka yang ingin menjalani hari dengan santai dan sedikit bersantai, ada juga wahana Boomerang yang penuh dengan adrenalin yang memompa kejatuhan setinggi 20 meter. 

19. Taman Burung Dan Reptil Bali

Sesuai dengan judulnya, Bali Bird and Reptile Park adalah tempat yang menyenangkan bagi anak-anak, orang dewasa, dan keluarga yang mencintai hewan-hewan tersebut. Taman ini menampung sekitar 1000 burung bersama dengan 250 spesies reptil. Ini adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi bagi pecinta alam dan bagi mereka yang ingin melakukan sesuatu yang berbeda dan menikmati berada di sekitar hewan. 

20. Gunung Agung

Tempat wisata di Bali yang berikutnya adalah Gunung Agung. Gunung Agung bukan hanya pusat spiritual Bali tetapi juga puncak tertinggi di sana. Namun juga merupakan gunung yang sangat dihormati di Bali, puncak Gunung Agung selalu diselimuti kabut dan awan. Gunung ini terlihat paling indah saat fajar. Keindahannya yang indah sangat cocok untuk latar belakang foto anda.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Bali Terbaik

21. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang adalah salah satu dari serangkaian candi yang membumbui dataran tinggi Gunung Lempuyang. Wisatawan datang ke sini untuk berfoto berdiri di antara tangga naga yang menjulang tinggi, yang membingkai puncak Gunung Agung yang berkabut. Pura Luhur Lempuyang adalah salah satu pura paling suci di Bali, dan salah satu yang paling sulit untuk diakses. 

22. Lembah Sidemen

Lembah Sidemen adalah salah satu tempat wisata Bali yang populer. Kaya akan persawahan, wisata ke desa ini akan menyegarkan anda dan keluarga. Tempat ini terkenal dengan karya pengrajin Songket dan Endek yang mencerminkan budaya Bali mereka yang sebenarnya. Terletak di tengah pemandangan yang mempesona, pengunjung dapat melakukan banyak hal disini, seperti piknik, hiking, jalan-jalan dan mencoba masakan lokal.

23. Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati adalah bangunan dua lantai yang didirikan sekitar tahun 80-an. Tempat belanja reguler untuk para wisatawan, anda dapat menemukan segala sesuatu mulai dari pakaian hingga tas tangan, layang-layang tradisional, dan banyak lagi. Tapi seni adalah andalan pasar ini. Jadi, jika anda ingin menemukan beberapa karya seni buatan tangan di Bali, ini adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Bali

24. Pantai Double Six

Pantai Double Six menawarkan suasana yang sangat santai dengan air biru dan pasir keemasannya. Wisatawan dapat bersantai di bawah sinar matahari di siang hari saat matahari sedang tinggi dan panas. Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk berselancar. Jika anda merasa lapar saat berada di sini, maka ada banyak restoran yang terletak di seberang pantai dan menjadikannya tempat yang sangat ramai untuk dikunjungi.

25. Pura Taman Ayun

Tempat wisata di Bali yang selanjutnya adalah Pura Taman Ayun. Dibangun pada tahun 1634 oleh jenis dinasti Mengwi untuk menghormati leluhurnya, Pura Taman Ayun, diterjemahkan menjadi Taman Indah adalah sebuah pura kuno yang terletak di Mengwi, Bali. Gerbang Kuil dihias dengan indah dan mengarah ke air mancur indah yang menyemburkan air melalui sembilan pancarannya.  

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Bali Terbaik

26. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan abad ke-17 adalah salah satu kompleks pura paling indah di Bali. Itu terletak di sebuah pulau kecil di sepanjang pantai barat Danau Bratan, di dataran tinggi yang sejuk di Bali tengah. Berlatar belakang Gunung Bratan yang mengesankan, candi-candi beratap jerami mencerminkan danau, dan ketika permukaan air naik, candi-candi itu tampak mengapung di permukaannya.

27. Pantai Jimbaran

Pantai Teluk Jimbaran memiliki segala yang diinginkan oleh pecinta pantai. Ada terumbu karang yang menakjubkan, hotel mewah, dan kursi berjemur juga untuk melengkapi pengalaman penuh. Pantai ini adalah tempat yang sangat lembut yang sempurna untuk bersantai dan menawarkan ketenangan serta kedamaian bagi para pengunjungnya. 

28. Air Terjun Nungnung

Tempat wisata di Bali ikonik yang terakhir adalah Air Terjun Nungnung, terletak di antara Bedugul dan Ubud. Ini adalah air terjun yang indah yang merupakan tempat yang tepat untuk menyegarkan diri dan menyegarkan kembali indra anda. Terletak sekitar 900 meter di atas permukaan laut, air terjun ini dikelilingi oleh tanaman hijau subur yang indah dan merupakan pemandangan yang ramah bagi pecinta alam juga. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.