Sukses

16 Manfaat Kamboja Bagi Kecantikan dan Kesehatan, Bisa Usir Nyamuk

Selain wangi dan meneduhkan, ternyata manfaat kamboja juga baik bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Bunga kamboja yang memiliki nama latin Plumeria merupakan salah satu bunga yang tumbuh subur di Indonesia. Manfaat kamboja kerap digunakan sebagai tanaman hias di halaman rumah. Selain itu, batangnya yang mudah dibentuk juga menjadikan pohon kamboja kerap dibuat bahan baku kesenian bonsai yang memiliki nilai jual tinggi.

Manfaat kamboja juga kerap dijadikan tanaman peneduh di area pemakaman dan pura karena aromanya yang wangi. Selain itu, kamboja membutuhkan sinar matahari yang sangat banyak, area pemakaman yang biasanya terbuka dan mendapat banyak sinar matahari menjadi tempat yang strategis untuk menanam kamboja. 

Tanaman kamboja dapat ditanam dengan mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Budidaya tanaman kamboja bisa dilakukan menyemai bijinya atau dengan stek batang. Selain wangi dan meneduhkan, ternyata manfaat kamboja juga baik bagi kesehatan.

Kandungan senyawa kimia asam plumerat, asam serotinat, plumierid, dan agoniadin dalam kamboja, dipercaya baik untuk kesehatan manusia. Kulit pohonnya pun mengandung zat pahit beracun dan getahnya mengandung damar dan asam plumeria. Sementara akar dan daunnya mengandung saponin, polifenol, alkaloid, dan juga fenil alkohol.

Fulvoplumierin yang terdapat di hampir seluruh bagian tanaman ini bermanfaat untuk menghambat disentri, radang saluran pernapasan, TBC, maupun hepatitis. Berikut manfaat kamboja yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kamboja

1. Sebagai Bahan Pembuatan Parfum

Bunga kamboja dikenal memiliki wangi yang khas. Para produsen parfum banyak memanfaatkan minyak atsiri sebagai bahan pembuatan parfum. Minyak atsiri kemboja juga kerap digunakan sebagai perlengkapan ritual keagamaan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak atsiri bunga kamboja mengandung astringen alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Pada produk perawatan kulit dan kosmetik, astringen adalah bahan yang mampu membersihkan dan melembabkan, mengencangkan pori, meredakan peradangan, dan mengurangi minyak berlebih. Astringen juga meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit tetap kenyal dan mencegah penuaan dini.

3. Mengusir Nyamuk

Ekstrak bunga kamboja kerap dijadikan bahan campuran lotion anti nyamuk. Minyak atsiri pada manfaat kamboja mengandung senyawa geraniol yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

4. Melembabkan Kulit

Minyak atsiri bunga kamboja kerap digunakan untuk pemijatan. Selain untuk melicinkan kulit, minyak kamboja memiliki khasiat yang dapat melembabkan kulit. Hal ini disebabkan oleh sifat minyak astiri yang mengikat molekul air. Sehingga, mengaplikasikan minyak atsiri bunga kamboja dipercaya dapat mempertahankan kadar air dalam kulit, sehingga kelembaban kulit akan terjaga.

5. Menjaga Kebersihan Kulit 

Minyak atsiri bunga kamboja mengandung kombinasi ekstrak etanol menunjukkan efek sinergis pada aktivitas antibakteri. Mencampurkan kandungan ini dengan zat tertentu dapat digunakan sebagai pembersih kulit yang dapat membersihkan hingga ke sela-sela pori. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Kamboja

6. Menyehatkan Rambut

Tidak hanya kulit, minyak atsiri bunga kamboja juga dapat digunakan untuk menjaga kesahatan rambut. Ekstrak minyak yang ada pada bunga kamboja memiliki khasiat membuat rambut lebih lembab, lembut, halus, dan sehat.

7. Melindungi Kulit Wajah dari Efek Sinar UV dan Mencerahkannya

Seperti diketahui, ekstrak bunga kamboja memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kulit wajah. Selain itu , ekstrak kamboja memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi. Antioksidan dan vitamin C adalah perpaduan yang ampuh untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV sekaligus untuk mencerahkan kulit wajah8. 8. Membantu Mengurangi Rasa Nyeri Haid dan Nyeri Saat PersalinanRasa Nyeri di perut akibat kontraksi persalinan dan haid ternyata dapat dikurangi dengan mengoleskan minyak atsiri bunga kamboja ke area perut. Rasa nyeri pasca persalinan sebetulnya merupakan hal yang wajar, namun pada intensitas yang tinggi ini dapat mengganggu aktivitas ibu baru untuk mengurus bayinya.

9. Sebagai Obat Penurun Demam

Kandungan yakni triterpenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin pada kamboja bersifat antipiretik yang dapat menurunkan demam. Zat-zat ini jug bersifat anti inflamasi yang dapat mengatasi radang, dan menjadi analgesik yang dapat meredakan rasa sakit.

10. Mengatasi Penyakit Disentri 

Manfaat kamboja yang selanjutnya adalah sebagai obat disentri alami. Bunga kamboja telah digunakan secara turun temurun sebagai campuran ramuan obat disentri. Caranya dengan merebus 12-24 gram bunga kamboja kering dengan 400 cc air hingga airnya menyusut setengahnya. Dinginkan lalu ramuan bunga kamboja untuk disentri siap diminum. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Kamboja

11. Mengatasi Gonore

Gonore atau kencing nanah merupakan salah satu penyakit kelamin menular yang dapat dialami oleh pria maupun wanita. Meminum seduhan bunga kamboja dipercaya dapat mengatasi penyakit kencing nanah. 

12. Mengobati Bisul

Manfaat kamboja yang selanjutnya adalah untuk mengobati bisul. Cara pemakaian untuk mengobati bisul ialah dengan cara memanaskan daun kamboja di atas api sampai layu, kemudian olesi dengan minyak zaitun. Lalu, daun tersebut ditempelkan pada bisul dalam keadaan masih panas.

13. Mengatasi Kaki Bengkak dan Pecah-Pecah

Akar dan batang kamboja juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati kaki bengkak dan tumit yang pecah-pecah. Caranya dengan merebus akar dan daunnya sampai mendidih kemudian tambahkan garam mineral. Lalu gunakan air rebusan daun, akar, dan garam tersebut untuk merendam kaki yang bengkak dua kali sehari.

14. Dijadikan Teh

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa bunga kamboja dapat diolah untuk teh. Bunga yang berguguran di tanah, dicuci kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari sampai kering. Teh ini  berkhasiat memberikan efek sejuk pada pencernaan. 

15. Salah Satu Bahan Makanan

Penggunaan bunga kamboja sebagai bahan makanan memang sangat jarang ditemuai. Bunga kamboja termasuk bunga yang bisa dimakan, seperti bunga pepaya dan bunga turi. Manfaat kamboja yang baik bagi kesehatan dapat diperoleh dengan menyantap olahan bunga kamboja. Salah satu olahan tradisional bali yang menggunakan kamboja sebagai bahannya adalah lawar don jepun.

16. Sebagai Antibiotik 

Getah kamboja mengandung alkaloid, tanin, flavonoid, dan triterpenoid yang dapat berguna sebagai zat antibiotik, tentunya dengan dosis yang tepat. Caranya menggunakan getah kamboja sebagai antibiotik dapat dilakukan dengan mengambil beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas, kemudian menempelkannya di bagian yang terluka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.