Sukses

Dampak Positif Keragaman Budaya di Indonesia Adalah Mengembangkan Kebudayaan Nasional

Salah satu dampak positif keragaman budaya di Indonesia adalah sebagai mengembangkan kebudayaan nasional.

Liputan6.com, Jakarta Dampak positif keragaman budaya di Indonesia adalah sebagai mengembangkan kebudayaan nasional salah satunya. Selain itu, dengan adanya keragaman budaya di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia mampu bersatu dalam toleransi.  

Wilayah kepulauan yang membentang dari Sabang hingga Merauke membuat Indonesia memiliki keragaman budaya dari berbagai suku bangsa. Dikutip dari Kemdikbud, berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, ada lebih dari 300 kelompok etnik atau 1.340 kelompok suku bangsa di Indonesia.

Dampak positif keragaman budaya di Indonesia adalah hal yang penting untuk diketahui oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu, sebagai warga Indonesia akan lebih merawat kebuyaan Indonesia dengan baik.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai dampak positif keragaman budaya di Indonesia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Keragaman Budaya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian budaya ada empat, yakni:

1. Budaya adalah pikiran atau akal budi.

2. Budaya adalah adat istiadat.

3. Budaya adalah sesuatu mengenai kebudayaan yang sudah berkembang (beradab, maju).

4. Dalam konteks cakapan, budaya adalah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan sukar diubah.

Keberagaman budaya adalah kondisi masyarakat yang terdiri atas berbagai macam suku bangsa, bahasa, dan budaya. Keanekaragaman ini mencetuskan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu. Meski memiliki aneka ragam suku, budaya, agama, dan golongan, Indonesia tetaplah satu kesatuan. Semboyan tersebut mengukuhkan bahwa sejatinya keragaman yang ada di negeri kita ini merupakan kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Berbagai keragaman tersebut melahirkan bentuk keragaman budaya Indonesia. Keragaman budaya tersebut beraneka macam, seperti rumah adat, upacara adat, pakaian adat tradisional, tarian adat tradisional, alat musik dan lagu tradisional, senjata tradisional, bahkan beragam makanan khas.

3 dari 5 halaman

Dampak Positif Keragaman Budaya di Indonesia

1. Menjadi daya tarik bangsa asing untuk berkunjung

Dampak positif keragaman budaya di Indonesia adalah menjadi daya tarik bangsa asing untuk berkunjung. Kebudayaan yang masih berkembang di Yogyakarta, misalnya, merupakan salah satu daya tarik wisatawan. Selain itu, dengan banyaknya wisatawan baik lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

2. Mengembangkan kebudayaan nasional

Berikutnya, dampak positif keragaman budaya di Indonesia adalah mengembangkan kebudayaan nasional. Kebudayaan nasional adalah puncak dari kebudayaan-kebudayaan daerah. Kultur daerah akan memperkaya kebudayaan nasional karena didukung oleh sebagian besar warga setempat dan memiliki syarat mutlak bersifat khas, dibanggakan, dan memberi identitas bagi warga.

3. Mendorong inovasi kebudayaan

Berikutnya, dampak positif keragaman budaya di Indonesia adalah mendorong inovasi kebudayaan. Inovasi kebudayaan merupakan pembaruan kebudayaan untuk menjadi lebih baik. Sebagai contoh, setiap masyarakat memiliki cara bercocok tanam yang berbeda. Variasi ini tentu didasari berbagai alasan.

Selain itu, setiap kelompok masyarakat melakukan interaksi yang berpengaruh pada cara berpikir dan hasil kebudayaan. Itulah hasil komunikasi cara bertani yang menghasilkan cara baru dan khas dalam pertanian. Interaksi yang terjadi tersebut bersifat khas dan unik. Oleh karena itu, pola bercocok tanam yang dihasilkan juga khas dan unik. Untuk itu, di Indonesia cara bercocok tanam memiliki tradisinya masing-masing di setiap daerah. Inilah yang membuat khas dan unik dari bangsa Indonesia.

4. Memperluas toleransi dan wawasan masyarakat

Berikutnya, dampak positif keragaman budaya di Indonesia adalah memperluas toleransi dan wawasan masyarakat. Dengan banyaknya budaya di Indonesia membuat masyarakat mampu bersatu dan melatih bertoleransi satu dengan yang lainnya. Hal ini seperti yang dicetuskan dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Dengan adanya keragaman budaya di Indonesia dapat menambah wawasan masyarakat Indonesia, bahwa kebudayaan di Indonesia sangat banyak dan beragam. Dengan begitu, masyarakat dapat merawat dan meningkatkan semangat nasionalis.

4 dari 5 halaman

Wujud Keragaman Budaya Indonesia

Dikutip dari laman Kemdikbud, berikut ini terdapat beberapa wujud keragaman budaya Indonesia adalah:

1. Rumah Adat

Rumah adat tradisional adalah sebuah bangunan atau konstruksi yang sengaja dibangun dan dibuat sama persis dari tiap generasi tanpa adanya modifikasi. Rumah adat hingga kini masih dipertahankan, baik dari segi kegunaan, fungsi sosial, dan budaya di balik corak atau desain bangunan tersebut. Bahkan, nama rumah adat di masing-masing daerah pun berbeda.

2. Upacara Adat

Upacara adat adalah salah satu bentuk adat istiadat atau kebiasaan masyarakat tradisional yang masih mempunyai nilai-nilai relevan bagi kehidupan dan kebutuhan masyarakat. Upacara adat dikenal sebagai salah satu warisan nenek moyang di daerah masing-masing yang dijaga dan dilestarikan secara turun-temurun. Meskipun perkembangan zaman semakin maju, namun upacara adat tak dilupakan oleh sebagian masyarakat. Hal itu karena upacara adat memiliki nilai filosofis dan kekuatan tersendiri oleh sebagian masyarakat setempat.

3. Pakaian Adat Tradisional

Pakaian adat tradisional merupakan salah satu identitas dari salah satu suku. Cara pertama kali yang digunakan dalam mengenali suatu suku adalah dengan melihat pakaian adatnya, selain melihat dari rumah adatnya. Biasanya pakaian adat dikenakan ketika upacara adat berlangsung. Seiring dengan perkembangan zaman, pakaian adat telah menjadi salah satu tren dalam berbusana. Bahkan banyak yang memodifikasi pakaian adat agar terlihat trendi, meskipun dikenakan saat acara informal serta dipadupadankan dengan pakaian modern.

 

5 dari 5 halaman

Wujud Keragaman Budaya Indonesia

4. Tarian Adat Tradisional

Tarian adat sering menjadi satu rangkaian dalam seremoni upacara adat. Tarian adat tradisional lazimnya memiliki karakteristik yang memperlihatkan budaya dan kearifan daerah setempat. Tarian adat tradisional menjadi salah satu keragaman budaya Indonesia yang terkenal dan banyak diperlihatkan di acara penting tingkat Internasional.

5. Alat Musik dan Lagu Tradisional

Indonesia mempunyai berbagai alat musik tradisional khas dan unik. Bahkan beberapa alat musik tradisional Indonesia telah dikenal hingga ranah Internasional. Bagi kehidupan masyarakat adat, alat musik tradisional memiliki 3 fungsi, sebagai salah satu media atau sarana upacara adat, pengisi latar musik pada pertunjukan seni, dan sarana ekspresi, kreasi, bahkan komunikasi.

6. Senjata Tradisional

Awalnya senjata tradisional digunakan untuk berburu, berladang hingga melindungi diri dari musuh. Seiring berjalannya waktu, senjata tradisional menjadi jati diri serta simbol dari suatu suku dan aset kebudayaan sebuah daerah yang mengandung nilai serta norma budaya yang dianut masyarakat tersebut.

7. Makanan Khas

Makanan khas tiap daerah juga merupakan salah satu wujud dari keragaman budaya di Indonesia. Sebagai negara kepulauan dengan tanahnya yang subur serta dapat menumbuhkan berbagai jenis tanaman, menjadikan Indonesia kaya akan hasil bumi yang beragam. Sehingga muncul sajian khas dari masing-masing daerah dengan memanfaatkan hasil bumi yang ada. Sajian tersebut menciptakan makanan khas dengan cita rasa yang melekat di setiap hidangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.