Sukses

Cara Memasang Set Top Box TV Digital dengan Mudah, Pahami Juga Kelebihannya

keunggulan TV Digital, cara memasang set top box TV digital dan daftar set top box yang telah bersertifikasi.

Liputan6.com, Jakarta Cara memasang set top box memudahkan pengguna TV Analog untuk bisa mengakses TV Digital. Terutama di Indonesia yang telah melakukan migrasi TV analog ke Digital, tentu mengetahui cara memasang set top box menjadi hal yang penting untuk diketahui.

Telah berlangsung sejak 30 April lalu, proses migrasi TV analog ke digital telah secara total dilakukan. Migrasi ini membuat TV analog tidak dapat lagi menerima siaran TV. Cara memasang set top box menjadi alternatif untuk dapat menyaksikan siaran TV Digital tanpa harus membeli TV baru.

Dengan kisaran harga Rp 200 ribu, set top box dapat dibeli dengan mudah di toko elektronik, pusat perbelanjaan hingga toko online. Cara memasang set top box pun terbilang mudah untuk dilakukan secara mandiri dan sama persis untuk semua merk set top box yang ada.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (9/11/2022). Tentang keunggulan TV Digital, cara memasang set top box TV digital dan daftar set top box yang telah bersertifikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kelebihan TV Digital

Migrasi dari TV analog ke digital memiliki sejumlah tujuan dan manfaat untuk penontonnya, berikut ini beberapa kelebihan TV digital dibanding TV analog, yatu:

- Kualitas gambar dan suara lebih jernih dan jelas

- Canggih teknologinya karena tersedia fasilitas tambahan, seperti EPG untuk mengetahui acara-acara yang telah dan akan ditayangkan kemudian

- Terdapat kemampuan penyediaan layanan interaktif, di mana pemirsa dapat secara langsung memberi rating terhadap suara program siaran

- Ada teknologi parental lock sehingga orangtua dapat mengatur program acara sesuai usia anak

- Bisa menikmati siaran TV digital lebih lengkap karena banyak pilihan channel

- TV digital gratis, tanpa butuh kuota internet atau berbayar setiap bulan karena merupakan layanan free to air.

3 dari 5 halaman

Cara Memasang Set Top Box TV Digital

Berikut langkah-langkah dalam cara memasang Set top box ke TV analog untuk bisa mendapatkan siaran TV digital:

- Langkah pertama adalah menyiapkan perangkat set top box, remot dan TV analog. 

- Selanjutnya pastikan STB tersebut berjenis DVB-T2 yang mendukung sambungan antena pada TV analog. 

- Kemudian pastikan TV analog telah dalam posisi power off atau daya mati. 

- Lalu cabut kabel antena yang telah terpasang di TV analog. 

- Kemudian sambungkan kabel antena ke port yang biasanya bernama "ANT IN" dan tersedia di bagian punggung STB. 

- Selanjutnya sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog. 

- Jika TV analog belum mendukung sambungan HDMI, bisa juga disambungkan dengan kabel AV yang biasanya memiliki tiga ujung konektor berwarna merah, kuning, dan putih. 

- Lalu pastikan STB telah terhubung dengan daya. 

- Kemudian nyalakan STB dan TV analog. 

- Selanjutnya masuk ke menu pengaturan TV analog, pilih mode tampilan AV. 

- Setelah menu STB muncul, pilih opsi pencarian saluran. 

- Jika daftar saluran siaran digital telah muncul, pilih opsi simpan. Selesai

4 dari 5 halaman

Tips Cara Memasang Set Top Box TV Digital

Terdapat beberapa tips dalam cara memasang set top box untuk transmisi TV analog ke digital yang dapat dilakukan dengan mudah, anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Dapatkan set top box yang bagus

Langkah pertama untuk beralih ke TV digital adalah membeli STB berkualitas baik. Lakukan pemeriksaan berikut sebelum membeli STB: video komposit, komponen, HDMI, RCA stereo, audio digital melalui digital optik dan koaksial. 

Coba gunakan set-top box yang semua outputnya bekerja secara bersamaan. Cek apakah anda bisa menyambungkan HDMI ke proyektor untuk 1080p dan kemudian menggabungkannya ke modulator RF sehingga dapat mendistribusikannya ke TV lain jika diperlukan.

Jika anda ingin mendapatkan kualitas gambar terbaik (1080p), HDMI adalah yang terbaik. Jika anda ingin yang standar (SD) 720p maka komponen sudah cukup. Video komponen juga akan berjalan 1080p dalam jarak pendek, tetapi tidak ada standar yang ditetapkan untuk 1080p melalui komponen. 

HDMI akan melindungi anda di sebagian besar instalasi. Namun, beberapa amplifier atau perangkat tampilan yang tidak memiliki HDMI memerlukan audio stereo atau audio digital. Jangan lupa kebutuhan input frekuensi radio (RF). 

Langkah 2: Tune in

Langkah kedua adalah melakukan Tune In. Setelah semuanya kabel terhubung dengan benar dan tepat, anda perlu membuka menu atau antarmuka pengaturan pada perangkat tampilan. Sebagian besar STB memiliki penyetelan otomatis, jadi pilih penyetelan otomatis untuk mencari siaran digital yang diinginkan. 

Penting untuk dicatat bahwa sinyal TV digital yang baik adalah penting. Tempatkan sistem antena analog di tempat tinggi dan aman, untuk mendukung gambar TV digital yang jelas. Gunakan pengukur saluran digital untuk memeriksa kekuatan sinyal. Jika perlu, mintalah perusahaan pemasangan antena untuk menyetel titik TV anda.

Langkah 3: Penyetelan halus

Sekarang pastikan anda mendapatkan gambar terbaik untuk perangkat TV anda. Jika anda membidik HD 1080p, periksa pengaturan STB menyediakan HD 1080p. Sebagian besar STB memiliki tombol resolusi atau opsi menu yang memungkinkan anda memilih resolusi yang anda butuhkan. 

Periksa juga apakah perangkat tampilan anda menerima resolusi yang anda harapkan. Sebagian besar perangkat tampilan memiliki pengaturan menu informasi yang akan menunjukkan resolusi apa yang diterimanya. Kemudian pastikan rasio aspek Anda diatur dengan benar.

5 dari 5 halaman

Daftar Set Top Box Bersertifikat

Dilansir dari laman resmi Kominfo, terdapat sembilan daftar set top box yang telah bersertifikat dan direkomendasikan untuk digunakan. Berikut daftar Set Top Box:

- AKARI - ADS-168 : Rp389 ribu - Rp650 ribu

- AKARI - ADS-210 : Rp400 ribu - Rp580 ribu

- POLYTRON - PDV 600T2 : Rp391 ribu - Rp570 ribu

- AKARI - ADS-2230 : Rp355 ribu - Rp390 ribu

- VENUS - Brio : Rp215 ribu - Rp380 ribu

- Matrix - Apple Rp215 ribu - Rp290 ribu

- TANAKA - T2 : Rp220 ribu - Rp265 ribu

- ICHIKO - 8000HD : Rp200 ribu - Rp257 ribu

- NEXMEDIA - NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD: Rp235 ribu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.