Sukses

DM adalah Direct Message, Ini Cara Kirim DM di Twitter, Instagram, dan TikTok

DM adalah direct message, yang mengacu pada fitur di media sosial yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan kepada pengguna lain secara pribadi, sehingga pesan tersebut tidak bisa dibaca selain oleh pengirim dan penerima.

Liputan6.com, Jakarta DM adalah singkatan direct message. DM adalah sebuah fitur yang ada di media sosial seperti Twitter dan Instagram, di mana pengguna bisa mengirimkan pesan secara pribadi kepada pengguna lainnya, sehingga pesan tersebut tidak dapat dilihat atau dibaca pengguna lain.

Media sosial seperti Twitter dan Instagram memungkinkan penggunakan berinteraksi dengan berbagai cara. Di Instagram seseorang bisa mengunggah foto yang kemudian foto tersebut dapat dikomentari oleh pengguna Instagram lainnya.

Komentar yang diberikan seorang pengguna pada postingan foto pengguna lain akan muncul di kolom komentar, dan pesan itu bisa dibaca oleh pengguna lain. Nah, DM atau direct message memungkinkan pengguna Instagram untuk mengirimkan pesan yang hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima.

Tidak hanya itu, DM adalah tempat pesan muncul ketika seseorang mengomentari postingan berupa Instagram Story dari pengguna lain. Jadi setiap pesan yang ditulis dan dikirimkan untuk mengomentari postingan berupa Instagram Story, semuanya akan masuk ke DM atau direct message.

Lalu bagaimana dengan Twitter? Berikut ulasan selengkapnya mengenai DM di berbagai media sosial, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (9/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

DM atau Direct Message

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, DM adalah direct message. DM adalah sesuatu yang mengacu pada fitur pesan pribadi, di mana pengguna dapat mengirimkan pesan secara pribadi sehingga pesan tersebut hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima saja.

Fitur sejenis DM adalah fitur yang hampir ada di setiap media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, LinkedIn, dan sebagainya. Hanya saja nama atau istilah untuk mengacu pada fitur seperti DM berbeda-beda untuk setiap platform media sosial.

Ada beberapa istilah yang digunakan untuk mengacu pada fitur pesan pribadi selain DM, antara lain adalah PC (Private Chat/Personal Chat) dan PM (Private Message/Personal Message).

DM adalah istilah untuk mengacu pada pesan pribadi yang dikirimkan melalui media sosial Twitter dan Instagram. Jadi ketika seseorang memintanya untuk mengirimkan DM, artinya platform yang digunakan kalau tidak Twitter, ya Instagram.

TikTok juga menggunakan istilah DM (direct message) untuk mengacu pada fitur pesan pribadi. Meski demikian, DM adalah istilah pesan pribadi yang lebih dekat dengan penggunaan media sosial Twitter dan Instagram.

3 dari 5 halaman

Cara Mengirim DM di Twitter

Twitter adalah media sosial media berbasis mikroblog yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter. Akan tetapi pada tanggal 07 November 2017, jumlah karakter maksimum pesan yang bisa dikirimkan adalah 280 karakter.

Pesan yang dikirimkan di Twitter biasa disebut sebagai Tweet atau kicauan. Selain dapat mengirimkan pesan berbasis teks, pengguna juga dapat memposting gambar dan video.

Setiap Tweet, gambar, dan video yang dikirimkan atau diposting, dapat dikomentari oleh pengguna lain. Komentar dari pengguna lain pada postingan atau tweet disebut dengan reply. Reply nantinya juga bisa mendapatkan balasan dari pengguna lain yang berbeda.

Dengan kata lain, reply dari seorang pengguna pada suatu tweet atau postingan dapat juga dibaca atau dilihat oleh pengguna lain, diluar pengirim dan penerima reply. hal ini tentu memungkinkan setiap pengguna untuk terlibat dalam sebuah diskusi yang terbuka.

Selain itu, Twitter juga memiliki fitur yang memungkinkan seorang pengguna mengirimkan pesan pribadi yang hanya dapat dibaca atau dilihat oleh pengirim dan penerima saja. Fitur tersebut disebut dengan direct message, yang kemudian disingkat sebagai DM.

DM adalah fitur di Twitter yang memungkinkan seorang pengguna mengirimkan pesan kepada pengguna lain, sehingga pesan tersebut hanya dapat dibaca oleh dua belah pihak saja. Pesan yang dikirimkan via DM hanya dapat dibalas oleh penerima dan pengirim saja.

Adapun cara mengirimkan DM Twitter adalah sebagai berikut:

1. Ketuk ikon amplop. Anda akan diarahkan ke pesan Anda.

2. Ketuk ikon pesan untuk membuat pesan baru.

3. Di kotak alamat, masukkan nama atau @namapengguna orang yang ingin Anda kirimi pesan. Pesan grup dapat mencakup hingga 50 orang.

4. Masukkan pesan Anda.

5. Selain teks, Anda dapat menyertakan foto, video, atau GIF melalui Direct Message.

a. Ketuk ikon foto untuk mengambil foto atau merekam video, atau melampirkannya dari galeri perangkat Anda. Anda memiliki opsi untuk mengedit foto Anda melalui aplikasi Twitter untuk iOS atau Twitter untuk Android sebelum mengirim pesan Anda. Ketuk foto untuk membuka layar pengeditan tempat Anda dapat menyempurnakan, memotong, dan menambahkan filter. Setelah selesai mengedit, ketuk Simpan. Pelajari lebih lanjut tentang opsi foto lanjutan.

b. Untuk menyertakan GIF animasi dalam pesan Anda, ketuk ikon GIF untuk mencari dan memilih file dari perpustakaan media.

6. Ketuk ikon kirim.

4 dari 5 halaman

Cara Mengirim DM Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Bentuk interaksi di media sosial Instagram telah dijelaskan sebelumnya di bagian pengantar. Intinya, setiap postingan baik itu foto maupun video, semuanya bisa dikomentari oleh pengguna lain. Komentar yang telah dikirimkan akan masuk di kolom komentar dan dapat dilihat atau dibaca oleh pengguna lain yang berbeda di luar pemilik postingan.

Instagram juga memiliki fitur lainnya, yakni Instagram Story. Postingan yang diunggah melalui Instagram Story juga dapat dikomentari oleh pengguna lain yang melihatnya. Bedanya, pesan komentar pada Instagram Story tidak masuk ke kolom komentar, melainkan ke DM atau direct message. Nah, dari sini dapat diketahui tentang bagaimana cara mengirimkan DM Instagram, salah satunya adalah dengan mengomentari postingan Instagram Story.

Masalahnya, bagaimana jika seseorang yang ingin kita kirimi pesan singkat tidak membuat Instagram Story? Berikut cara mengirimkan pesan DM Instagram:

1. Ketuk ikon yang menyerupai pesawat kertas atau bubble di kanan atas, tepat di sebelah kanan ikon hati.

2. Ketuk di kanan atas.

3.Pilih orang yang ingin Anda kirimi pesan, lalu ketuk Obrolan.

4. Ketik pesan. Anda juga dapat mengetuk untuk mengambil dan mengirim foto atau video, atau untuk memilih foto atau video dari galeri.

5. Ketuk Kirim.

5 dari 5 halaman

Cara Mengirim DM TikTok

TikTok adalah aplikasi media sosial populer yang memungkinkan pengguna membuat, menonton, dan berbagi video singkat, yang direkam di perangkat seluler atau webcam. Pengguna dapat menambahkan efek seperti filter, musik latar, dan stiker ke video mereka, dan dapat berkolaborasi dengan pengguna lain secara terpisah.

TikTok memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menonton, membuat, dan berbagi video pendek secara online. Tidak hanya itu, TikTok juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan pribadi. Fitur pesan pribadi di TikTok juga dinamai dengan istilah Direct Message (DM).

Tidak seperti Instagram atau Twitter yang memiliki meu atau ikon sendiri untuk DM, fitur DM pada TikTok ada di dalam menu inbox. Menu inbox di TikTok merupakan menu di mana pengguna bisa melihat berbagai jenis pemberitahuan atau notifikasi, termasuk notifikasi komentar di video, notifikasi status pesanan jika berbelanja melalui TikTok Shop, serta notifikasi pesan pribadi.

Nah di menu inbox itulah fitur DM TikTok berada. Berikut adalah cara mengirim DM TikTok;

1. Di aplikasi TikTok, ketuk inbox (kotak masuk) di bagian bawah.2. Dari sini:

a. Jika Anda ingin membuat pesan baru, ketuk nama dari daftar Pesan untuk membuka obrolan.

b. Jika Anda mengikuti seseorang dan mereka mengikuti Anda kembali, ketuk tombol Pesan langsung di bagian atas, lalu ketuk nama mereka untuk mengirim pesan langsung.

3. Ketik pesan. Anda juga dapat mengetuk tombol Emoji untuk mengirim GIF, emoji, dan stiker.

4. Ketuk tombol Kirim.

Atau, jika Anda mengikuti seseorang dan mereka mengikuti Anda kembali, Anda dapat membuka Profil mereka dan mengetuk Pesan untuk mengirim pesan langsung.

Sebagai catatan, fitur ini hanya memungkinkan mengirimkan pesan kepada pengguna lain yang telah saling mengikuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.