Sukses

Syarat Wisata ke Jepang yang Wajib Disimak, Nikmati Berbagai Tempat Indah & Memukau

Untuk menikmati liburan yang indah di Jepang, maka ada beberapa persayaratan wisata ke Jepang yang harus Anda simak.

Liputan6.com, Jakarta Jepang adalah salah satu negara yang dikenal sebagai negara maju,  dengan perkembangan teknologinya yang pesat juga budaya Jepang yang masih dijaga keasliannya. Saat Anda ingin liburan ke negara yang dikenal dengan sebutan Nippon atau Negeri Matahari Terbit ini, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebagai syarat wisata ke Jepang.

Saat Anda melakukan perjalanan wisata ke Jepang, ada berbagai destinasi yang bisa Anda kunjungi, mulai dari kota Tokyo, Osaka, Pulau Honsu, Kyoto hingga kota lainnya. Masing-masing dari temoat wisata ini, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Wisata ke Jepang adalah pilihan yang tepat, bagi Anda yang ingin melihat destinasi wisata dengan menggabungkan teknologi terkini juga budaya yang masih sangat terjaga. Saat Anda berkunjung ke sini, maka kunjungi tempat wisata menarik seprti deretan kuil dengan arsitektur menawan, pusat distrik yang membuat pengunjung bisa berbelanja juga menikmati sajian kuliner khas Jepang. 

Berikut ini beberapa syarat wisata ke Jepang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Syarat Wisata ke Jepang

Melansir dari laman resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, berikut beberapa syarat wisata ke Jepang, denga visa kunjungan sementara untuk tujuan wisata dengan biaya sendiri. 

Adapun beberapa dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengajukan permohonan visa

1. Paspor

2. Formulir permohonan visa dan pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)

3. Foto kopi KTP

4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (jika masih berstatus pelajar)

5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)

6. Jadwal perjalanan (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)

6. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir.

7. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:

Apabila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya

* Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya. 

 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jepang (Tokyo)

1. Istana Kekaisaran 

Wisata ke Jepang akan sangat lengkap jika Anda mengunjungi Istana Kekaisaran yang berada di Tokyo. Keindahan Istana Kekaisaran yang memesona ini, menjadi salah satu tempat wisata yang paling popular. Berlokasi di area taman Tokyo, bangunan istana ini menempati area seluas 740 hektar, yang juga berdampingan dengan kantor-kantor pemerintah negara. Bangunan seputih salju dengan kastil atap runcing ini terdiri dari dua lantai dan satu di bawah tanah, serta dikelilingi oleh parit pelindung yang berisi air. 

2. Desa Hakone 

Saat berwisata ke Jepang, maka Anda wajib mengunjungi Desa Hakone yang berada tepat di Pulau Honshu. Tempat ini adalah salah satu pulau utama di Jepang, serta terkenal dengan pemandian air panasnya. Desa Hakone juga memiliki salah satu resort Jepang terbaik, di mana anda dapat merasakan semangat nasional. Pengunjung juga bisa melihat sejumlah bangunan bersejarah, museum terbuka, bersantai di hotel yang sangat lengkap dan kompleks spa.

3. Distrik Asaksuka 

Wisata ke Jepang juga bisa membuat Anda mengunjungi Distrik Asakusa, di mana tempat ini memiliki pemandangan unik yang tidak ada di tempat lain. Destinasi wisata ini, juga memiliki berbagai tempat yang menarik, juga monumen yang berada dalam jarak yang relatif dekat sehingga dapat dijangkau dengan berjalan kaki. 

4. Odaiba

Wisata ke Jepang tak akan lengkap, jika Anda tidak menyambagi Pulau Odaiba. Destinasi wisata ini membuat pengunjung bisa melihat kota futuristik masa depan, namun dengan berabagi tempat hiburan yang indah dan menawan. Pulau Odaiba juga terhubung langsung ke Tokyo melalui Jembatan Pelangi, sehingga Anda bisa naik monorail atau kapal khusus yang menyerupai pesawat ulang-alik. Pulau Odaiba memiliki banyak hal untuk dilihat di Jepang, mulai dari robot pencakar langit, replika Patung Liberty, pameran mobil, dan museum kapal.

5. Pasar Ikan Tsukiji 

Wisata ke Jepang membuat Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi menarik juga memesona. Adapun destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Pasar Ikan Tsukiji. Uniknya lagi, pasar ini terletak di jantung kota Tokyo, dengan atraksi lelang ikan hingga dua ribu ton. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai sajian kuliner khas jepang saat berada di sini. 

 

 

 

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jepang (Osaka)

6. Dotonbori

Dengan berwisata ke Jepang, maka Anda bisa mengunjungi Dotonbori yang merupakan pusat gastronomi dan juga hiburan di Osaka. Saat berada di sini, Anda akan melihat banyak sekali pusat perbelanjaan, restoran, toko souvenir, klub malam, dan berbagai jenis tempat hiburan lainnya. Yang menjadi daya tarik utama dari kawasan Dotonbori ini, adalah saat malam hari menjadi sangat gemerlap. Anda bisa menikmati berbagai kuliner khas jepang dengan rasa yang gurih dan lezat.

7. Universal Studios Japan

Saat wisata ke Jepang, Anda wajib mampir di Universal Studis Japan, yang merupakan taman wisata bermain yang resmi dibuka pada tahun 2001. Taman wisata ini memiliki luas sekitar 39 hektar, sehingga kamu bisa bermain dan berjalan-jalan sampai puas seharian penuh di sini. Kamu juga bisa berswafoto secara menarik, karena di sini tersedia banyak spot menarik dengan berbagai tema. Adapun tema yang bisa Anda coba diantaranya, Lagoon Hollywood, Jurassic Park, Waterworld, Wonderland hingga The Wizarding World of Harry Potter.

8. Tsutenkaku Tower

Wisata ke Jepang akan semakin lengkap jika Anda mengunjungi Tsutenkaku Tower yang dibangun pada 1912. Tempat ini merupakan menara megah, yang memiliki ketinggian 103 meter juga menjadi ikon wisata Osaka. Salah satu keunikan dari objek wisata ini adalah lampu neon berwarna-warni yang berada di atas menara, namun uniknya lagi warana lampu juga dianggap sebuah ramalan. 

9. Pasar Kuromon Ishiba

Wisata ke Jepang yang menyuguhkan destinasi menarik juga indah adalah Pasar Kuromon Ishiba. Sangat cocok lagi jika Anda pecinta kuliner, karena ketika berada di sini, Anda bisa menikmati berbagai wisata kuliner yang sangat lezat. Kuromon Ishiba ini terdapat lebih dari seratus kios yang menjajakan berbagai makanan, juga berbagai bahan memasak. Berbagai bahan masakan mulai dari daging terbaik hingga ikan fugu bisa dibeli atau disantap langsung di keramaian pasar Kuromon Ichiba.

10. Osaka Castle

Saat wisata ke Jepang, Anda wajib mampir di Kota Osaka dan mengunjungi Osaka Castle, yang merupakan landmark paling terkenal. Saat berada di sini, Anda akan melihat berbagai benteng megah yang dibangun pada tahun 1586 ini akan memberikan nuansa tradisional Jepang. Sekitar tempat wisata ini, terdapat taman yang dipenuhi banyak pohon bunga sakura yang akan bermekaran pada musim semi. Taman Osaka Castle akan sangat indah, jioka Anda kunjungi saat musim semi untuk menikmati keindahan bunga sakura. 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jepang

11. Gunung Fuji (Pulau Honshu)

Wisata di Jepang yang sangat populer, serta menjadi ikon negeri Jepang yaitu Gunung Fuji. Jepang sangat percaya bahwa gunung ini diciptakan dari kekacauan oleh para dewa. Gunung ini juga menjadi sa;ah satu landmark negara yang paling dikenal, dengan ketinggian 3.776 meter. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung, karena banyak peziarah melakukan pendakian ke Gunung Fuji. Menariknya lagi, Gunung Fuji juga dikelilingi oleh lima danau dalam lengkungan yang aneh, namun memiliki tempat piknik yang menyenangkan seperti air Terjun Shiraito dengan 26 meter.

12. Kuil Toshogu (Kota Nikko)

Wisata ke Jepang juga membuat Anda bisa mendatangi Kuil Shinto Toshogu, yang merupakan salah satu monumen arsitektur utama di Nikko. Kuil ini didedikasikan untuk Shogun Tokugawa Ieyasu yang merupakan sosok yang paling mencolok dalam sejarah Jepang. Kuil Toshogu yang memukau dengan keindahan garis dan ukiran yang megah, membuat pengarangnya dikaitkan dengan pematung terkenal Hidari Jingoro. Terdapt salah satu ikon terkenal di kuil ini diantaranya adalah Patung kucing nemuri-neko yang sedang tidur, Ukiran berwarna rimbun yang menghiasi candi juga gambar simbolis monyet pelindung kota.

13. Hutan Bambu Sagano (Kyoto)

Wisata ke Jepang membuat Anda bisa menikmati liburan dengan konsep yang berbeda, karena terdapat tempat wisata Hutan bambu Sagano yang berlokasi di Kyoto. Hutan bambu ini sangat indah, serta dihiasi oleh ribuan pohon cemara yang tinggi serta menjadi ikon dari  Prefektur Kyoto. Di Jepang, bambu dipercaya dapat melindungi dari roh jahat, sehingga banyak kuil yang dikelilingi oleh batang pohon. Untuk  wisatawan yang mencari harmoni dan ketenangan pikiran, maka Anda wajib mengunjungi Hutan Sagano di Taman Arashiyama. Landmark Kyoto.

14. Minato Mirai (Yokohama)

Wisata ke Jepang adalah pilihan yang menarik, karena Anda bisa menikmati destinasi wisata Yokohama. Terdapat banyak distrik yang menyuguhkan budaya negara Jepang, selain itu Anda juga bisa belanja dan menimati kuliner yang ada di sini. Adapun distrik bisnis Minato Mirai di Jepang ini, mengajak pengunjung untuk berbelanja, juga menikmati ragam rekreasi dan hiburan yang ada. Di antara tempat wisata yang paling sering dikunjungi, adalah Menara Landmark 70 lantai, dek observasi Sky Garden dengan pemandangan pelabuhan, hingga Museum Maritim Nippon Maru.

15. Kuil Izukushima Jinja (Prefektur Hiroshima, Pulau Miyajima)

Bagi anda yang ingin liburan, maka wisata ke Jepang adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mengunjungi Kuil Izukushima Jinja yang berlokasi di atas laut, serta memiliki arsitektur bangunan yang menawan. Saat berada di sini, Anda akan melihat gerbang kuil yang termasuk dalam landmark Jepang, dengan ketinggian16 meter, sehingga menunjukan secara ekspresif lanskap Pulau Miyajima. Kompleks Itsukushima-jinja juga terdiri dari beberapa kuil, yang masing-masing didedikasikan untuk dewa yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.