Sukses

13 Cara Menghilangkan Biang Keringat Secara Alami, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Garukan pada biang keringat dapat menyebabkan luka di kulit yang berpotensi menimbulkan infeksi bakteri, untuk itu ada baiknya mencari cara menghilangkan biang keringat secara alami untuk meredakannya.

Liputan6.com, Jakarta Biang keringat atau dalam bahasa medis disebut miliaria adalah kondisi kulit meradang akibat penyumbatan di kelenjar keringat. Kelainan kulit ini kerap terjadi pada bayi karena kelenjar keringat dan pengatur suhu di dalam tubuhnya belum berkembang secara sempurna. Para ibu biasanya menggunakan cara menghilangkan biang keringat secara alami untuk meredakan biang keringat pada bayinya.

Tidak hanya bayi, orang dewasa pun dapat mengalami kelainan kulit ini meski kasus biang keringat pada orang dewasa tidak terjadi sebanyak biang keringat pada bayi. Biang keringat pada orang dewasa juga dapat diatasi dengan cara menghilangkan biang keringat secara alami.

Biang keringat memang bisa sembuh dengan sendirinya, namun rasa gatal yang ditimbulkan membuat sulit untuk menahan diri tidak menggaruk. Garukan pada biang keringat dapat menyebabkan luka di kulit yang berpotensi menimbulkan infeksi bakteri, untuk itu ada baiknya mencari cara menghilangkan biang keringat secara alami untuk meredakannya. Berikut cara menghilangkan biang keringat secara alami yang sulah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Biang Keringat: Penyebab dan Gejala

Sebelum membahas tentang cara menghilangkan biang keringat, sebaiknya kita terlebih dahulu mengenali apa penyebab dan gejala biang keringat. Biang keringat disebabkan  oleh tersumbatnya kelenjar keringat, tapi belum ada penjelasan yang pasti bagaimana kelenjar keringat dapat tersumbat.

Penyebab Biang Keringat

Iklim Tropis

Iklim tropis yang panas serta lembab merupakan pemicu utama munculnya biang keringat. Tubuh akan mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Pada iklim tropis seseorang cenderung mengeluarkan banyak keringat, namun apabila kelenjar keringat tersebut tersumbat maka terjadilah biang keringat. 

Kepanasan

Menggunakan pakaian yang terlalu tebal atau tidur dengan selimut tebal saat suhu panas juga dapat menyebabkan biang keringat. Produksi keringat berlebih dengan kondisi kelenjar keringat yang tersumbat dapat menimbulkan biang keringat.

Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik seperti olahraga  juga akan memicu produksi keringat berlebih yang dapat memicu terjadinya biang keringat.

Kelenjar Keringat Belum Berkembang

Pada bayi, inilah penyebab utama terjadinya biang keringat. Kelenjar keringat pada bayi belum berkembang sepenuhnya sehingga keringat tertahan di dalam kulit. Oleh karena 

Obesitas

Seseorang dengan berat badan berlebih atau obesitas lebih berisiko mengalami biang keringat karena cenderung memproduksi keringat lebih banyak. Biang keringat pada seorang yang obesitas biasanya terjadi di area-area lipatan kulit, seperti perut, leher, dan selangkangan.

Tirah Baring Terlalu lama

Pasien yang menjalani tirah baring atau bed rest dalam jangka waktu yang cukup panjang, terutama yang mengalami demam,  memiliki resiko mengalami biang keringat. Biang keringat pada pasien tirah baring terjadi pada bagian kulit yang punggung, bokong, leher belakang, dan bagian lain yang selalu menempel di kasur.

Gejala Biang Keringat

Biang keringat merupakan kelainan kulit yang tidak menular. Kondisi ini umumnya terjadi saat seseorang berada di cuaca yang panas atau lingkungan lembab. Munculnya biang keringat biasanya ditandai dengan gejala berupa, 

- Timbulnya bintil-bintil kecil berwarna merah, terutama di tempat menumpuknya keringat

- Gatal atau rasa perih dan tajam pada ruam

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Biang Keringat

1. Mandi dengan Air Dingin

Mandi dengan air dingin efektif untuk menjaga suhu tubuh tetap sejuk, dengan demikian tubuh tidak akan memproduksi keringat berlebih yang dapat memicu timbulnya biang keringat.

2. Gunakan Kipas atau Pendingin Udara

Inti cara menghilangkan biang keringat adalah menjaga tibuh tetap sejuk. Menjaga tubuh tetap sejuk juga dapat dilakukan dengan menggunakan kipas dan pendingin udara lain.

3. Kenakan Pakaian Longgar dan Menyerap Keringat

Selain menjaga tubuh tetap sejuk, menghilangkan biang keringat juga harus diiringi dengan menjaga kulit tetap kering. Pakaian longgar dan menyerap keringat dapat membantu kulit terasa lebih sejuk dan tetap kering.

4. Kompres Dingin

Rasa gatal dan panas yang ditimbulkan biang keringat memang sangat mengganggu. Untuk meredakannya anda dapat mengompres bagian kulit yang meradang dengan kompres dingin. 

5. Hindari Paparan Suhu Panas

Saat mengalami biang keringat sebaiknya hindari paparan suhu panas agar biang keringat tidak semakin parah. 

6. Sirkulasi Udara yang Baik

Menjaga sirkulasi udara pada pakaian maupun ruangan penting untuk meredakan biang keringat. Ruangan dengan sirkulasi yang baik akan terasa sejuk dan tidak lembab.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Biang Keringat

7. Segera Ganti Pakaian yang Basah karena Keringat

Kulit yang lembab karena keringat dapat memperparah kondisi kulit yang sedang terkena biang keringat. Apabila kulit ada basah karena keringat, segera bersihkan dan ganti pakaian dengan anda.

8. Mandi dengan Garam Epsom

Mencampurkan garam epsom atau magnesium sulfat dapat membantu meredakan biang keringat. Garam epsom sudah terbukti sejak lama ampuh menghilangkan biang keringat. Namun, jangan sampai larutan garam epsom tertelan karena dapat menyebabkan diare. 

9. Daun Mimba

Daun mimba juga dipercaya ampuh menghilangkan biang keringat. Daun mimba dipercaya dapat mengobati berbagai masalah kulit termasuk biang keringat. Campurkan bubuk daun mimba dengan air, kemudian oleskan saja ke bagian kulit yang terkena biang keringat.

10. Bedak Talk Tanpa Pewangi

Menaburkan bedak talk tanpa pewangi dapat meredakan rasa gatal yang ditimbulkan oleh biang keringat. Selain itu, bedak talk dapat mengurangi keringat dengan menyerapnya. Hal ini menyebabkan pori-pori di kulit tidak terhalang.

11. Oleskan Calamine

Calamine yang dijual dalam bentuk lotion, salep, maupun bedak diformulasikan sebagai obat untuk mengobati gatal yang rentan. Ini meliputi terbakar sinar matahari, gigitan serangga, iritasi, termasuk juga biang keringat. 

12. Oleskan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki efek mendinginkan. Mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang mengalami biang keringat dapat membantu meredakan biang keringat tersebut.

13. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C berguna untuk menjaga sistem imun tubuh. Mengkonsumsi vitamin C dapat membantu mempercepat proses penyembuhan berbagai masalah kesehatan, termasuk biang keringat. 

Demikian 13 cara menghilangkan biang keringat untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.