Sukses

Fungsi Utama Vitamin Adalah Mengatur Proses Metabolisme, Ini Jenis-Jenisnya

Fungsi utama vitamin adalah mengatur metabolisme untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Liputan6.com, Jakarta - Apa fungsi utama vitamin bagi tubuh? Fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme agar bisa berlangsung dengan seimbang dan optimal. Vitamin sebagai zat pengatur metabolisme dalam tubuh yang dibantu oleh mineral dan air.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdibud) menjelaskan fungsi utama vitamin adalah mengatur metabolisme untuk melancarkan proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, seperti pada manusia dan hewan.

Jika sudah memahami fungsi utama vitamin adalah mengatur metabolisme, ketahui sumbernya. Vitamin tidak bisa diproduksi oleh tubuh dengan sendirinya. Sumber vitamin paling utama adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, hingga sinar matahari.

Dalam buku berjudul Gizi Kesehatan dan Penyakit oleh Pattola, ‎Arfan Nur, ‎Taufiq Firdaus Al-Ghifari Atmadja, dkk, vitamin adalah senyawa atau zat-zat organik yang jumlahnya juga sangat sedikit dalam makanan. Meski sedikit, vitamin sangat berperan penting dalam memaksimalkan metabolisme.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme dan jenis-jenis vitamin, Jumat (11/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi Utama Vitamin adalah Mengatur Proses Metabolisme

Vitamin adalah zat yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dengan sendirinya. Vitamin bisa didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Kemdikbud menjelaskan vitamin adalah zat yang sangat penting bagi tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Tidak hanya berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan, sebenarnya fungsi utama vitamin adalah mengatur metabolisme dalam tubuh. Dalam buku berjudul Gizi Kesehatan dan Penyakit oleh Pattola, ‎Arfan Nur, ‎Taufiq Firdaus Al-Ghifari Atmadja, dkk, fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat.

Metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat inilah yang nantinya menjadikan vitamin mampu memaksimalkan proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup seperti manusia dan hewan. Proses metabolime tanpa bantuan dari vitamin, hasilnya tidak akan maksimal.

Dalam buku berjudul Kesehatan dan Gizi untuk Anak (2021) oleh Deasy Handayani Purba, ‎Rosyanne Kushargina, dan ‎Windi Indah Fajar Ningsih, dijelaskan proses metabolisme dalam tubuh perlu diatur agar terjadi dengan keseimbangan.

Ini sama dengan fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolime dalam tubuh agar terjadi dengan seimbang dan maksimal. Vitamin sebagai zat pengatur metabolisme dalam tubuh yang dibantu oleh mineral dan air.

3 dari 3 halaman

Fungsi Utama Vitamin dan Jenis-Jenisnya

Jika sudah memahami fungsi utama vitamin adalah mengatur proses metabolisme agar terjadi dengan seimbang dan maksimal, selanjutnya ketahui jenis-jenis vitamin yang diperlukan tubuh dan fungsinya.

Ada lima belas jenis-jenis vitamin dan fungsinya melansir dari Medline Plus yang perlu diketahui:

1. Vitamin A

Vitamin A berfungsi membantu membentuk dan menjaga kesehatan gigi, tulang, jaringan lunak, selaput lendir, serta kulit.

2. Vitamin B6 (Piridoksin)

Fungsi utama vitamin B6 adalah membantu membentuk sel darah merah dan menjaga fungsi otak. Vitamin B6 pun memainkan peran penting dalam protein yang merupakan bagian dari banyak reaksi kimia dalam tubuh. 

3. Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi penting untuk metabolisme, membantu membentuk sel darah merah, dan menjaga sistem saraf pusat.

4. Vitamin C (askorbat)

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang meningkatkan kesehatan gigi dan gusi, membantu tubuh menyerap zat besi, menjaga kesehatan jaringan, serta penting untuk penyembuhan luka.

5. Vitamin D

Fungsi utama vitamin D adalah membantu tubuh menyerap kalsium untuk perkembangan yang normal, pemeliharaan kesehatan gigi dan tulang serta membantu menjaga kadar kalsium dan fosfor dalam darah.

6. Vitamin E (Tokoferol)

Vitamin E berfungsi membantu tubuh membentuk sel darah merah dan menggunakan vitamin K.

7. Vitamin K

Vitamin K berfungsi menggumpalkan darah. Tanpa vitamin K, darah tidak akan saling menempel (menggumpal). Beberapa penelitian menunjukkan vitamin K penting untuk kesehatan tulang.

8. Biotin

Fungsi utama vitamin Biotin adalah penting untuk metabolisme protein dan karbohidrat serta dalam produksi hormon dan kolesterol.

9. Niasin

Vitamin Niasin berfungsi membantu menjaga kesehatan kulit dan saraf serta memiliki efek penurun kolesterol pada dosis yang lebih tinggi.

10. Folat

Vtamin Folat berfungsi membantu membentuk sel darah merah. Ini sangat diperlukan sebagai proses produksi DNA yang mengontrol pertumbuhan jaringan dan fungsi sel. 

11. Asam Pantotenat (vitamin B5)

Fungsi utama vitamin B5 adalah untuk metabolisme makanan serta berperan dalam produksi hormon dan kolesterol.

12. Riboflavin (vitamin B2)

Fungsi utama vitamin B2 adalah untuk pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah.

13. Tiamin (vitamin B1)

Fungsi utama vitamin B1 adalah membantu sel-sel tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi.

14. Kolin

Fungsi utama vitamin Kolin adalah membantu dalam fungsi normal otak dan sistem saraf. Kekurangan kolin dapat menyebabkan pembengkakan pada hati.

15. Karnitin

Fungsi utama vitamin karnitin adalah membantu tubuh mengubah asam lemak menjadi energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.