Sukses

Fungsi dari Gerakan Langkah dalam Pencak Silat adalah Dasar Posisi yang Kuat

Fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah dasar dari berbagai hal.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah suatu hal yang perlu dipahami. Pencak silat sendiri merupakan jenis bela diri asli Indonesia. Pencak Silat adalah salah satu ilmu bela diri yang sudah ada sejak zaman kerajaan Nusantara.

Pencak silat memiliki sejarah panjang sebagai budaya bela diri di Indonesia. Memahami apa itu pencak silat tentunya sangat penting bagi kamu yang sedang mendalami seni bela diri ini. Mengenali pengertian pencak silat dapat membuat kamu memahami prinsip dan tujuan ilmu bela diri ini.

Fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah dasar dari berbagai hal. Pencak Silat menggunakan unsur mental dan spiritual dalam seni bela dirinya. Pencak silat merupakan cabang olahraga yang punya banyak peminat di berbagai negara.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/11/2022) tentang fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Pencak Silat

Fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah sebagai dasar dari berbagai hal. Namun, kamu perlu memahami pengertian pencak silat terlebih dahulu. Pencak Silat adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari Nusantara. Pencak Silat dikenal luas di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, dan Thailand. Pencak Silat adalah seni bela diri yang memperhatikan aspek mental dan spiritual. Pencak Silat menjadi bentuk budaya masyarakat Indonesia untuk mempertahankan diri.

Di Indonesia, tiap daerah memiliki ciri khas Pencak Silatnya sendiri. Misalnya, di Jawa Barat, dikenal dengan aliran Pencak Silat Cimade dan Cikalong, di Jawa Tengah terkenal dengan aliran Merpati Putih dan Jawa Timur terkenal dengan aliran Perisai Diri. Pencak berarti gerak dasar bela diri. Sementara silat berarti gerak bela diri sempurna yang bersumber dari kerohanian suci untuk keselamatan diri dari bersama.

3 dari 5 halaman

Pola Langkah dalam Pencak Silat

Fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah pengetahuan yang sangat penting bagi orang-orang yang mendalaminya. Fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah suatu hal yang penting dipahami, namun sebelum itu kamu perlu memahami pola langkahnya terlebih dahulu. Melansir Bola.com, berikut pola langkah dalam pencak silat:

- Pola Langkah Lurus. Teknik pola langkah lurus adalah saat seorang petarung melakukan gerak langkah menciptakan garis lurus. Ketika membentuk garis lurus, hal ini bisa dilakukan saat melangkah maju maupun mundur. Dalam praktiknya, petarung bisa memulainya dari satu di antara teknik kuda-kuda, terutama dari kuda-kuda tengah.

- Pola Langkah Zig-zag. Pola langkah zig-zag adalah ketika petarung melakukan gerak langkah menciptakan gerakan seperti mata gergaji alias zig-zag. Dalam praktiknya, petarung bisa memulainya dari sikap pasang lebih dulu, selanjutnya pola langkah yang dibentuk dengan menyerong.

- Pola Langkah Huruf S. Pola langkah huruf S bisa dilakukan oleh petarung dengan berdiri dengan posisi titik mengarah sesuai arah yang ditunjukkan. Kaki kanan geser ke arah berat badan yang sedang bertumpu pada kaki kanan, yang kemudian dilanjutkan atau disusul dengan kaki kiri. Gerakan pola langkah pada dasarnya menggabungkan tiga teknik kuda-kuda yang menciptakan huruf S. Penggunaan kombinasi kuda-kuda antara lain adalah kuda-kuda samping, belakang, dan tengah.

- Pola Langkah Huruf U. Pola langkah huruf U atau ladam bisa dimulai dengan sikap tubuh awal tegak dan menggerakkan kaki ke sisi kanan yang disusul dengan kaki kiri merapat sebelum kaki kiri maju. Tarik kembali kaki dan menutup yang kemudian digerakkan ke sisi kiri dan tarik kaki kanan, untuk menutup sebelum dilangkahkan ke arah depan. Untuk langkah terakhir, tarik kaki kanan lagi agar merapat dan membentuk sikap awal.

- Pola Langkah Segi Tiga. Pola langkah segitiga adalah ketika petarung bergerak membentuk bidang segitiga. Biasanya, teknik ini dilaksanakan dengan memanfaatkan dua teknik kuda-kuda, yakni kuda-kuda depan dan tengah.

- Pola Langkah Segi Empat. Pola langkah segi empat adalah saat petarung bergerak dengan memanfaatkan gabungan kuda-kuda depan dan tengah, mirip langkah segitiga, hanya harus dilakukan dengan cara siap kuda-kuda depan lebih dulu. Setelah itu, lakukan gerakan maju menggunakan kuda-kuda tengah dan barulah bisa terbentuk pola langkah segi empat yang dimaksud.

4 dari 5 halaman

Fungsi dari Gerakan Langkah dalam Pencak Silat

Fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah sebagai dasar dari banyak hal. Gerakan langkah dalam pencak silat berfungsi sebagai dasar tumpuan untuk berdiri kuat. Selain itu fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah sebagai dasar untuk pembelaan dan serangan. Terakhir, gerakan langkah dalam pencak silat adalah sebagai dasar menempatkan posisi yang kuat dan menguntungkan atau taktik.

5 dari 5 halaman

Aliran Pencak Silat

Perisai Diri

Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri atau dikenal sebagai Kelatnas Indonesia Perisai Diri merupakan organisasi bela diri Pencak Silat yang berasal dari Jawa Timur. Kelatnas Indonesia Perisai Diri merupakan salah satu dari 10 perguruan Pencak Silat yang mendapatkan predikat Perguruan Historis Pencak Silat.

Perisai diri memiliki teknik bela diri yang digali dari kungfu Shaolin dan 156 aliran silat Indonesia lainnya. Hal ini yang menjadikan ilmu silat Perisai Diri mempunyai sifat unik, tidak ada kemiripan dengan silat yang lain.

Merpati Putih

Merpati putih merupakan salah satu Perguruan Pencak Silat BEla diri TAngan KOsong (PPS Betako). Merpati Putih merupakan singkatan dari Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang berarti "Mencari sampai mendapat Kebenaran dengan Ketenangan". Ini menjadi harapan bagi tiap anggota Merpati Putih dapat menyelaraskan hati dan pikiran dalam segala tindakannya.

Merpati putih (MP) merupakan warisan budaya peninggalan nenek moyang Indonesia yang pada awalnya merupakan ilmu keluarga Keraton. Awalnya, aliran ini dimiliki oleh Sunan Amangkurat I. Seni ini kemudian diwariskan secara turun-temurun yang pada akhirnya atas wasiat Sang Guru ilmu Merpati Putih diperkenankan dan disebarluaskan dengan maksud untuk ditumbuhkembangkan agar berguna bagi negara.

Tapak Suci

Tapak Suci merupakan perguruan seni bela diri milik Muhammadiyah. Tapak Suci termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI. apak Suci berasas Islam, bersumber pada Al Qur'an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan. Aliran Tapak Suci adalah keilmuan Pencak Silat yang berlandaskan Al Islam, bersih dari syirik dan menyesatkan, dengan sikap mental dan gerak langkah yang merupakan tindak tanduk kesucian dan mengutamakan Iman dan Akhlak, serta berakar pada aliran Banjaran-Kauman, yang kemudian dikembangkan dengan metodis dan dinamis.

Cimande

Silat Cimande adalah salah satu aliran Pencak Silat tertua yang telah melahirkan berbagai perguruan silat di Indonesia bahkan di luar negeri. Pencak Silat Cimande adalah seni budaya bela diri yang mengandung nilai-nilai, norma-norma maupun perilaku yang di junjung tinggi dan diwariskan dari leluhur Cimande.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.