Sukses

Gawai adalah Jenis Perangkat Elektronik, Pahami Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Gawai adalah sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki model penggunaan cukup praktis dan memiliki fungsi khusus.

Liputan6.com, Jakarta Gawai adalah istilah yang kerap diperbincangkan dalam kehidupan sehari-hari. Gawai adalah perangkat masa kini yang tercipta seiring berkembangnya teknologi. Meskipun begitu, masih banyak masyarakat yang belum mengatahui apa itu gawai.

Kata gawai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI disebut juga dengan istilah gadget. Gadget adalah peralatan elektronik yang di gunakan seluruh lapisan masyarakat setiap harinya. Gadget atau gawai adalah teknologi yang mampu mempermudah manusia di berbagai aspek kehidupan.

Untuk itu, gawai tak pernah lepas dari manusia. Semua lapisan masyarakt mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menggunakan gawai. Gawai adalah perangkat elektronik yang memiliki banyak jenis.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian gawai beserta fungsi dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gawai Adalah

Kata gawai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI sama seperti gadget. Dalam KBBI, pengertian dawai terbagi menjadi dua. Makna pertama dari kata gawai adalah n kerja, pekerjaan. Artinya, gawai berada di kelas kata nomina yang memiliki makna ‘kerja’ atau ‘pekerjaan’.

Sementara, makna kedua adalah n perkakas yang berarti gawai termasuk dalam golongan kata kl (klasik). Makna tersebut tergolong dalam kelas kata nomina bermakna ‘alat’ atau ‘perkakas’. Dalam setiap petunjuk kamus, singkatan kl yang berasal dari kata klasik digunakan pada kata-kata dalam kesusastraan Melayu Klasik.

Dari kedua makna di atas, ada dua homonim kata gawai adalah kerja, pekerjaan dan alat, perkakas. Secara umum, gawai adalah sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki model penggunaan cukup praktis dan memiliki fungsi khusus.

Tentu saja fungsinya bisa sebagai media untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia, sebagai alat komunikasi ataupun media hiburan. Gawai juga bisa dikategorikan sebagai perangkat elektronik portabel karena gawai bisa digunakan tanpa harus tersambung dengan stop kontak beraliran listrik.

Sedangkan menurut Kemdikbud, gawai adalah alat atau perkakas yang dapat menunjang pekerjaan dan komunikasi. Gawai adalah salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah.

3 dari 4 halaman

Fungsi Gawai

Berikut ini terdapat beberapa fungsi gawai adalah:

1. Media Komunikasi

Fungsi gawai yang paling bermanfaat bagi manusia adalah sebagai media komunikasi. Setiap orang dapat terhubung dan saling berkomunikasi dengan menggunakan perangkat komunikasi seperti smartphone, laptop, smart watch, dan lainnya. Fungsi gawai ini sangat mempermudah kehidupan manusia.

2. Akses Informasi

Selain sebagai media komunikasi, fungsi gawai adalah sebagai alat untuk mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet. Dengan melalui mesin pencarian di website, maka semua informasi yang anda butuhkan akan tersedia.

3. Media Hiburan

Beberapa jenis gawai dibuat khusus untuk tujuan hiburan. Misalnya iPod untuk mendengar musik dan smartphone yang dapat membuka video. Fungsi gawai ini sangat membantu manusia untuk menghibur diri disaat sedang penat atau lelah.

4. Gaya Hidup

Gawai sudah menjadi bagian penting kehidupan manusia saat ini. Jadi, boleh dikatakan bahwa gawai akan mempengaruhi gaya hidup setiap penggunanya.

5. Menambah Wawasan

Dengan beberapa fungsi gawai yang disebutkan di atas, maka hal tersebut akan membuat para pengguna gawai akan semakin bertambah wawasannya.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Gawai

1. Handphone

Handphone merupakan sebuah alat atau perangkat komunikasi elektronik tanpa kabel. Sehingga alat ini dapat dibawa kemanapun dan memiliki kemampuan dasar yang sama halnya dengan telepon konvensional saluran tetap. Umumnya handphone memiliki beragam ukuran layar, saat ini paling besar memiliki layar sekitar 6,5 inch. Selain itu, kini handphone juga telah dilengkapi dengan fitur dan spesifikasi beragam ada yang di khususkan untuk mendukung aktifitas gaming, fotografer, multimedia, dan sebagainya yang dapat mendukung aktivitas manusia.

2. Ipad atau tablet

Ipad merupakan sebuah gawai yang memiliki ukuran lebih besar. Alat ini serupa dengan komputer tablet yang memiliki fungsi tambahan yang ada pada sistem operasi. Sebagian orang menggunakan tablet untuk mendukung aktivitas bisnis atau pekerjaannya karena perangkat ini didukung dengan keyboard eksternal untuk memudahkan pengetikan serta layarnya yang cukup luas tapi ringan di bawa.

3. Netbook

Netbook merupakan sebuah alat perpaduan antara komputer portabel. Alat ini seperti halnya dengan notebook dan internet.

4. Kamera Digital

Kamera digital merupakan salah satu jenis gawai. Kegunaan dari kamera digital adalah untuk menangkap gambar suatu objek, baik dalam bentuk foto maupun video. Hasil kamera digital merupakan gambar resolusi tinggi yang dengan cepat bisa diketahui hasilnya, selain itu bisa di hapus, dan di transfer ke perangkat komputer.

5. Headset atau Headphone

Headshet atau headphone merupakan gawai yang sering digunakan untuk mendengar musik lebih jelas. Dengan bantuan gawai ini, pengguna dapat menikmati suara musik atau video dengan lebih jelas tanpa harus mengganggu orang lain.

6. Laptop atau Komputer

Komputer dan laptop merupakan jenis gawai lainnya yang sangat sering digunakan untuk berbagai keperluan, terutama untuk pekerjaan. Gawai ini juga membutuhkan operating system agar dapat berjalan, seperti Windows, Mac, Linux, dan lainnya.

7. Smartwatch

Dalam bahasa Indonesia, jenis gawai ini disebut juga jam tangan pintar, bentuknya seperti arloji tapi memiliki berbagai macam fungsi dan biasanya dapat dihubungkan dengan gadget lainnya seperti smartphone. Misalnya berfungsi untuk mengetahui notifikasi yang masuk baik itu email, pesan singkat, telepon, media sosial, dan bisa membalas pesan, jadi kita tidak perlu mengeluarkan smartphone dari saku celana langsung saja balas melalui smartwatch. Fitur lainnya seperti GPS, menghitung jumlah langkah, sleep monitor, dll.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.