Sukses

20 Cara Cepat Menambah Berat Badan Tanpa Obat, Alami dan Tanpa Efek Samping

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori dan protein.

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat menambah berat badan dapat dilakukan tanpa menggunakan obat. Berat badan yang ideal merupakan idaman semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Alasan seseorang ingin menambah berat badan didasari oleh berbagai aspek, mulai dari keinginan untuk memperbaiki penampilan hingga tubuh yang terlalu kurus.

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin memiliki tubuh berisi dengan sehat. Cara cepat menambah berat badan tanpa obat bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori dan protein.

Selain itu, cara cepat menambah berat badan tanpa obat perlu perencanaan yang matang dan menghitung terlebih dahulu Indeks Massa Tubuh. Indeks Masaa Tubuh atau IMT adalah alat atau cara sederhana untuk memantau status gizi orang dewasa, khususnya yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan berat badan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Cepat Menambah Berat Badan Tanpa Obat

1. Suplemen Protein

Cara cepat menambah berat badan adalah mengonsumsi suplemen protein. Atlet yang ingin menambah berat badan sering menggunakan suplemen protein untuk meningkatkan massa ototnya. Mereka mengombinasikannya dengan latihan ketahanan.

2. Salmon

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat selanjutnya adalah mengonsumsi salmon. Enam ons salmon mengandung sekitar 240 kalori dan salmon juga kaya akan lemak sehat. Inilah yang menjadikannya pilihan baik untuk cara cepat menambah berat badan. Salmon juga mengandung banyak nutrisi, termasuk omega-3 dan protein.

3. Buah-buahan Kering

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat berikutnya adalah mengonsumsi buah-buahan kering. Buah kering kaya akan nutrisi dan kalori, dengan seperempat cangkir cranberry kering mengandung sekitar 130 kalori. Berbagai jenis buah-buah kering, antara lain nanas kering, ceri, atau apel.

4. Susu

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat lainnya adalah mengonsumsi susu. Susu bisa diandalkan karena menawarkan campuran lemak, karbohidrat, dan protein. Dengan mengonsumsi susu, menjadi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk kalsium.

Sebuah studi tentang cara cepat menambah berat badan, yang melibatkan wanita dalam pelatihan ketahanan menunjukkan hasil yang lebih baik pada mereka yang minum susu setelah berolahraga. Bagi siapa saja yang ingin menambah berat badan, susu dapat ditambahkan ke dalam makanan sepanjang hari.

3 dari 6 halaman

Cara Cepat Menambah Berat Badan Tanpa Obat

5. Nasi

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang berikutnya adalah mengonsumsi nasi. Secangkir atau semangkuk nasi mengandung sekitar 200 kalori, dan ini sumber karbohidrat yang baik, yang berkontribusi pada penambahan berat badan. Banyak orang merasa mudah memasukkan nasi ke dalam makanan yang mengandung protein dan sayuran.

6. Protein Shake

Cara cepat menambah berat badan yang selanjutnya adalah mengonsumsi protein shake. Protein shake dapat membantu seseorang untuk menambah berat badan dengan mudah dan efisien. Shake adalah paling efektif membantu pembentukan otot jika diminum sesaat setelah berolahraga. Perlu diketahui bahwa shake premade sering kali mengandung tambahan gula dan aditif lain yang harus dihindari. Untuk itu, sebelum mengonsumsinya, lebih baik hati-hati dan cek terlebih dahulu bahan-bahan yang ada di kemasannya.

7. Daging Merah

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang berikutnya adalah mengonsumsi daging merah. Mengkonsumsi daging merah telah terbukti membantu membangun otot dan menambah berat badan dengan efektif.

Steak mengandung leusin dan creatine, nutrisi yang memainkan peran penting dalam meningkatkan massa otot. Supaya cara cepat menambah berat badan lebih aman dilakukan, disarankan untuk membatasi asupannya, potongan daging merah yang lebih ramping atau kecil membuatnya lebih sehat untuk jantung daripada potongan yang lebih berlemak.

8. Pati Lainnya

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang selanjutnya adalah mengonsumsi jenis pati lainnya. Makanan yang mengandung pati, sudah terdaftar untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan penambahan berat badan.

Mereka menambahkan jumlah besar ke makanan dan meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi. Makanan lain yang kaya pati sebagai cara cepat menambah berat badan, antara lain kentang, jagung, biji gandum, soba, kacang polong, labu, ubi jalar, hingga batangan sereal.

Selain menambah kalori, pati mampu menyediakan energi dalam bentuk glukosa. Glukosa disimpan dalam tubuh sebagai glikogen. Penelitian menunjukkan bahwa glikogen dapat meningkatkan kinerja dan energi selama berolahraga.

4 dari 6 halaman

Cara Cepat Menambah Berat Badan Tanpa Obat

9. Roti Gandum Utuh

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang selanjutnya adalah mengonsumsi roti gandum utuh. Roti ini mengandung karbohidrat kompleks, yang dapat meningkatkan berat badan. Beberapa juga mengandung biji, yang memberikan manfaat tambahan.

10. Alpukat

Cara cepat menambah berat badan yang selanjutnya adalah mengonsumsi alpukat. Alpukat kaya akan kalori dan lemak, serta beberapa vitamin dan mineral.

11. Sereal Bar

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang lainnya adalah mengonsumsi sereal bar. Batangan sereal dapat menawarkan kandungan vitamin dan mineral sereal dalam bentuk yang lebih banyak.

12. Cokelat Hitam

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang berikutnya adalah mengonsumsi cokelat hitam. Cokelat hitam disebut sebagai makanan tinggi lemak dan berkalori tinggi. Makanan ini juga  mengandung antioksidan. Seseorang yang ingin menambah berat badan harus memilih cokelat yang memiliki kandungan kakao setidaknya 70 persen.

5 dari 6 halaman

Cara Cepat Menambah Berat Badan Tanpa Obat

13. Telur

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang selanjutnya adalah mengonsumsi telur. Telur adalah sumber protein, lemak sehat, dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Sebagian besar nutrisi terkandung dalam kuning telur.

14. Sereal Gandum Utuh

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang selanjutnya adalah mengonsumsi sereal gandum utuh. Banyak sereal yang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Namun, beberapa mengandung banyak gula dan sedikit karbohidrat kompleks. Makanan tersebut harus dihindari.

Sebaliknya, cara cepat menambah berat badan adalah pilih sereal yang mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan. Makanan ini mengandung kadar karbohidrat dan kalori yang lebih sehat, serta nutrisi seperti serat dan antioksidan.

15. Yoghurt

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang berikutnya adalah mengonsumsi yoghurt. Yoghurt mengandung lemak yang dapat memberikan protein dan nutrisi. Hindari yogurt beraroma dan yang memiliki kandungan lemak lebih rendah, karena yogurt ini sering kali mengandung gula tambahan. Cobalah menambah yogurt dengan buah atau kacang.

16. Keju

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang selanjutnya adalah mengonsumsi keju. Keju adalah sumber lemak, protein, kalsium, dan kalori yang baik untuk tubuh. Seseorang yang ingin menambah berat badan harus memilih keju yang penuh lemak.

6 dari 6 halaman

Cara Cepat Menambah Berat Badan Tanpa Obat

17. Pasta

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang selanjutnya adalah mengonsumsi pasta. Pasta dapat memberikan kalori dan kaya karbohidrat untuk mendapatkan berat badan yang sehat. Hindari pasta yang diputihkan, dan pilih yang dibuat dengan biji-bijian.

18. Hindari Rokok

Perokok cenderung memiliki berat badan yang lebih ringan dibandingkan non-perokok. Biasanya orang yang berhenti merokok dapat langsung mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk itu, cara cepat menambah berat badan adalah dengan menghindari atau berhenti merokok.

19. Lemak dan Minyak

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang lainnya adalah mengonsumsi lemak dan minyak. Minyak tanpa lemak bisa kita dapatkan dari buah zaitun dan alpukat. Kedua buah tersebut memiliki kandungan kalori dan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung. Satu sendok makan minyak zaitun akan mengandung sekitar 120 kalori.

20. Kacang dan Mentega Kacang

Cara cepat menambah berat badan tanpa obat yang terakhir adalah mengonsumsi kacang dan mentega kacang. Kacang adalah camilan yang enak dan dapat ditambahkan ke berbagai makanan, termasuk salad. Kacang panggang mentah atau kering memiliki manfaat kesehatan paling banyak, termasuk sebagai cara cepat menambah berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.