Sukses

16 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami, Cepat dan Efektif

Cara mencerahkan kulit wajah secara alami dengan menggunakan berbagai bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencerahkan kulit wajah secara alami bisa dilakukan dengan mudah. Memiliki kulit wajah yang terlihat cerah dan bersinar tentu menjadi dambaan banyak orang. Untuk mewujudkannya tidaklah harus melalui langkah-langkah yang sulit atau menggunakan produk perawatan kulit yang mahal.

Nyatanya anda dapat memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar, cukup dengan mengikuti langkah-langkah sederhana dalam cara mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan berbagai bahan alami yang dapat dengan mudah ditemui di rumah. 

Selain mengetahui cara mencerahkan kulit wajah secara alami, penting juga mengetahui dan menghindari faktor-faktor yang menjadi pemicu kulit kusam, seperti gaya hidup tidak sehat dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Menjaga gaya hidup sehat, dengan memastikan tubuh tetap terhidrasi dan cukup istirahat menjadi hal wajib yang harus dipenuhi.

Selain itu anda juga bisa melakukan perawatan ekstra untuk makin mencerahkan kulit wajah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara mencerahkan kulit wajah secara alami, Senin (14/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

1. Kunyit (Tipe Kulit : Kering dan Berminyak)

Cara mencerahkan kulit wajah yang pertama adalah dengan menggunakan kunyit. Diberkati dengan sifat anti-bakteri. Kunyit adalah antioksidan kuat yang membantu mencapai cahaya indah itu. Ini memiliki kurkumin yang merupakan agen anti-inflamasi dan membantu menghilangkan bengkak. 

Tidak hanya membuat kulit anda bersinar, tetapi kunyit juga membuat kulit diremajakan dan mencegah kulit kusam. Kunyit tidak hanya menghilangkan radikal bebas yang merusak kulit tetapi juga meningkatkan produksi kolagen yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan segar.

Campur sekitar setengah sendok teh bubuk kunyit dengan secangkir tepung. Tambahkan susu atau air secukupnya dan aduk rata hingga membentuk pasta halus. Lalu tambahkan beberapa tetes air mawar dan campur lagi. Oleskan pasta ini pada wajah dan leher anda dan biarkan sampai mengering. Kemudian, bilas dengan air dingin.

 

2. Madu (Tipe Kulit : Berminyak, Rawan Jerawat & Kombinasi)

Madu adalah pelembab yang bagus dan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Sifat anti-bakteri madu membantu menangkal infeksi dan juga mengurangi noda dan jerawat di rumah. Madu memastikan kulit bersih. Ini kaya akan sifat pemutihan dan membantu memudarkan pigmentasi dan bekas luka.

Anda bisa langsung mengoleskan madu ke area wajah dan leher, tetapi pastikan kulit anda bersih dan lembap. Pijat selama beberapa menit, biarkan terserap oleh kulit. Kemudian, bersihkan dengan air hangat.

 

3. Minyak Zaitun (Tipe Kulit : Kering)

Minyak zaitun berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit. Membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Mengoleskan minyak zaitun pada kulit setelah terpapar sinar matahari diketahui bisa melawan sel penyebab kanker. Minyak zaitun dikenal dapat memperbaiki kerusakan kulit. Ini tidak hanya bagus untuk kulit tetapi juga memberikan kilau yang bagus.

Setiap malam sebelum tidur, ambil beberapa tetes minyak zaitun dan oleskan ke seluruh wajah dan leher. Pijat ke arah atas selama sekitar dua hingga tiga menit. Sekarang, celupkan handuk ke dalam air hangat, peras kelebihan air dan letakkan di wajah dan leher selama sekitar satu menit. 

Celupkan handuk lagi ke dalam air hangat dan gunakan untuk menyeka minyak berlebih pada wajah dan leher dengan lembut. Sekarang, dengan handuk bersih lainnya, keringkan area wajah dan leher. anda juga harus memasukkan langkah ini dalam rutinitas perawatan kulit anda.

 

4. Jus Jeruk (Tipe Kulit : Semua)

Jeruk diketahui kaya akan vitamin C dan dapat membantu detoksifikasi. Segelas jus jeruk setiap hari membantu membersihkan kulit dan meremajakan kulit dalam waktu singkat. Berkat kandungan Vitamin C dan asam sitratnya, jeruk juga membantu mengendalikan jerawat dan memberikan kekencangan pada kulit.

Peras beberapa jeruk. Tambahkan sejumput garam dan sedikit lada hitam ke jus yang baru dibuat ini dan teguk bersama dengan menu sarapan biasa lainnya. Anda juga bisa mengambil beberapa potong kulit jeruk dan menggilingnya dengan beberapa tetes air mawar untuk membuat pasta halus. Oleskan pasta ini ke seluruh wajah dan bilas setelah 15 menit.

3 dari 5 halaman

Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

5. Susu (Tipe Kulit : Berminyak, Rawan Jerawat dan Kering)

Cara mencerahkan kulit wajah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Susu murni. Tirosin, hormon pengontrol melanin menyebabkan penggelapan kulit. Susu mengontrol tingkat tirosin di kulit dan membuat kulit bercahaya. Susu mentah adalah salah satu bahan yang paling mudah diakses untuk mendapatkan kulit yang tampak bagus.

Cara menggunakan susu untuk kulit anda selain dikonsumsi secara teratur bisa dengan langsung menerapkannya pada kulit. Anda bisa mengoleskan susu mentah ke kulit anda atau mencampurnya dengan bahan lain dan membentuk pasta.

 

6. Tepung Besan (Tipe Kulit : Semua)

Tepung besan telah menjadi bahan yang telah dicoba dan diuji selama bertahun-tahun. Besan atau tepung gram bertindak sebagai eksfoliator alami dan membantu mengangkat sel kulit mati. Besan bekerja dengan sangat baik dengan menghadirkan kulit yang lebih sehat dan baru ke permukaan.

Cara menggunakan tepung besan untuk kulit anda sangat mudah. Tepung besan digunakan dengan mencampurnya dengan air, susu atau bahan lainnya. Campuran ini kemudian diterapkan seperti masker pada kulit. Terkadang, gula juga ditambahkan untuk membantu pengelupasan kulit.

 

7. Mentimun (Tipe Kulit : Rawan Jerawat, Kering dan Sensitif)

Untuk anda yang memiliki kulit kering, kulit pecah-pecah dan lingkaran hitam. Sertakan mentimun tidak hanya dalam makanan, tetapi juga dalam perawatan kecantikan. Mentimun memiliki tingkat pH yang sama dengan kulit kita. Ini membantu dalam mengisi lapisan pelindung kulit, menjaga kulit terhidrasi sehingga mempromosikan kulit bercahaya.

Cara menggunakan mentimun untuk kulit anda sangat mudah, anda bisa menaruh irisan mentimun di mata anda seperti yang ditampilkan di majalah dan televisi. Anda juga bisa memasukkan mentimun ke dalam penggiling mixer dan mengoleskan jusnya langsung pada kulit.

 

8. Pepaya (Tipe Kulit : Kering)

Pepaya kaya akan papain. Papain tidak hanya baik untuk hati, tetapi juga bekerja sangat baik untuk kulit. Enzim ini memiliki sifat mencerahkan kulit dan dapat mencerahkan noda dan bekas luka jika dioleskan. Pepaya juga bertindak sebagai exfoliator yang lembut dan membantu menghilangkan sel protein yang tidak aktif dan sel kulit mati. 

Rutin menerapkan masker pepaya akan memberikan hasil yang luar biasa dan membuat kulit tampak muda dan sehat dengan cahaya yang indah. Pepaya juga bisa dimasukkan ke dalam penggiling mixer dan pastanya bisa dioleskan dengan merata pada kulit.

4 dari 5 halaman

Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

9. Lidah Buaya (Tipe Kulit : Semua)

Lidah buaya kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik untuk kulit kita. Aloe Vera membuat kulit bersinar dan lembut. Ini juga mencegah jerawat. Aplikasi lidah buaya pada kulit yang terbakar sinar matahari membantu penyembuhan lebih cepat. Aplikasi Aloe Vera pada kulit membantu menjaga kulit terhidrasi, meningkatkan elastisitas dan mencegah perkembangan keriput.

Anda bisa membuat jus lidah buaya di rumah atau menambahkan gel lidah buaya ke smoothie dan minuman lainnya. Bisa juga dioleskan langsung ke kulit. Gosok perlahan gel lidah buaya dari daun dan oleskan ke kulit anda. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas kulit anda dengan air dingin dan keringkan.

 

10. Lemon (Tipe Kulit : Kulit Berminyak dan Rawan Jerawat)

Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Vitamin C adalah antioksidan kuat. Jeruk meningkatkan produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit. Jeruk juga membantu mencerahkan warna kulit kita dan melembabkan kulit kita. Ini juga bekerja luar biasa pada lutut dan siku yang gelap. Lemon bersifat antibakteri dan mencegah infeksi dan jerawat. 

Minum segelas limun setiap hari meningkatkan kekebalan tubuh, mendetoksifikasi tubuh kita dan membuat kulit kita bercahaya dan terhidrasi. Atau jika ingin mengoleskan lemon pada kulit. Buat larutan jus lemon dan air dengan perbandingan 2:3 dan oleskan dengan lembut ke kulit menggunakan kapas. Biarkan selama 10 menit dan cuci dengan air dingin. 

 

11. Yoghurt (Tipe Kulit : Semua)

Yoghurt kaya akan asam laktat yang baik untuk kulit kita. Yoghurt melembabkan kulit kita dan mengurangi kerutan dan garis halus. Ini juga membantu dalam mengurangi tan dan lingkaran hitam. Ini meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya bersinar. Yoghurt juga membantu meredakan sengatan matahari. Ini mencegah perkembangan jerawat.

Mengkonsumsi yoghurt baik untuk kulit kita. Anda juga bisa mengoleskannya langsung pada kulit menggunakan kapas, diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Yoghurt juga dapat digunakan pada kulit kita dengan membuat berbagai campuran masker wajah. 

 

12. Oat (Semua Jenis Kulit)

Cara mencerahkan kulit wajah yang berikutnya adalah dengan menggunakan Oat. Oat bekerja sebagai agen anti-tanning yang efisien dan membantu mencerahkan warna kulit. Oat adalah eksfoliator yang luar biasa. Oat juga kaya akan seng yang penting untuk melawan jerawat. Oat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit.

Oat juga membantu merawat kulit kering dan gatal karena beta-glukan yang ada di dalamnya membantu melembabkan kulit. Campurkan sekitar 2 sendok makan oat dengan 3 sendok makan yoghurt. Tambahkan sekitar setengah lemon kedalamnya dan aduk rata. Oleskan pasta ini pada kulit anda dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian cuci dengan air.

5 dari 5 halaman

Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

13. Almond (Tipe Kulit : Semua)

Almond kaya akan vitamin E dan antioksidan. Pijatan teratur dengan minyak almond membuat kulit kita bersinar dan sehat. Ini juga mencegah garis-garis halus dan kerutan. Almond melembabkan kulit kita dan membuatnya bebas jerawat. Ini juga membantu mengurangi stretch mark dan lingkaran hitam.

Anda bisa menghancurkan almond yang direndam dalam susu dan aduk rata untuk membentuk pasta. Oleskan pada kulit dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Kemudian cuci dengan air dingin dan keringkan. Anda juga bisa memijat kulit anda dengan minyak almond selama 5 sampai 10 menit setiap hari, untuk kulit tampak lebih muda.

 

14. Minyak Kelapa (Tipe Kulit : Kering dan Normal)

Cara mencerahkan kulit wajah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa kaya akan antioksidan dan asam lemak. Ini mengurangi peradangan dan melakukan keajaiban untuk hampir semua jenis kulit.

Minyak kelapa adalah pelembab yang sangat baik, pembersih dan tabir surya. Itu membuat kulit kita bebas jerawat. Pijatan teratur kulit dengan minyak kelapa, aktivitas rutin ini akan membuat kulit kita bersinar dan sehat.

 

15. Pisang (Tipe Kulit : Kering)

Pisang sangat bagus untuk kulit kita. Pisang kaya akan potasium, vitamin A dan B. Pisang menghidrasi dan melembabkan kulit kita. Pisang juga memiliki efek anti-penuaan yang kuat dan membantu mencegah garis-garis halus dan kerutan. Pisang sangat bagus untuk mengobati jerawat serta membantu dalam mengobati bekas jerawat dan pigmentasi.

Hancurkan pisang, oleskan pada kulit dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian cuci dengan air hangat. Anda juga bisa membuat masker wajah menggunakan 1 buah pisang matang, 1 sdt madu dan jus lemon. Gosok kulit pisang dengan lembut pada kulit anda. Biarkan selama 10 hingga 15 menit lalu bersihkan dengan air. 

 

16. Saffron (Tipe Kulit : Sensitif dan Berminyak)

Cara mencerahkan kulit wajah yang terakhir adalah dengan saffron. Saffron sangat baik untuk kulit kita. Ini membantu mencerahkan warna kulit dan membuatnya bersinar. Saffron juga efektif dalam mengobati jerawat, noda dan komedo. Saffron membuat kulit kita halus dan mencerahkan lingkaran hitam.

Tambahkan beberapa helai kunyit ke dalam air dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Kemudian tambahkan air ini ke dalam susu atau madu atau kunyit untuk membuat berbagai jenis masker wajah. Oleskan pada kulit selama 5 sampai 10 menit dan kemudian cuci dengan air dingin. Keringkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.