Sukses

Gerakan yang Benar Saat Melakukan Teknik Dasar Sit Up Adalah Telentang hingga Angkat Tubuh ke Atas

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah berbaring telentang dengan kedua lutut ditekuk dan jari tangan dibelakang telinga.

Liputan6.com, Jakarta Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah berbaring telentang dengan kedua lutut ditekuk dan jari tangan dibelakang telinga. Gerakan ini penting diketahui supaya tidak salah dalam mempraktikannya.

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah dengan cara terlentang, menekuk lutut, kemudian mengangkat tubuh ke atas. Saat sedang melakukan gerakan sit-up, bagian tubuh sebelah pinggul dan pantat menjadi tumpuan.

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah dengan telentang, menekuk lutut, kedua tangan di belakang telinga, kemudian mengangkat tubuh ke atas. Gerakan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah dan manfaat melakukannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gerakan Sit Up yang Benar

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah salah satu bagian dalam olahraga yang sering dilakukan untuk membentuk otot perut. Secara umum, sit up adalah latihan fisik di mana seseorang menggunakan otot-otot perut untuk mengangkat tubuh dari posisi terlentang ke posisi duduk dan kemudian berbaring kembali tanpa menggerakkan kaki. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikut ini gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah:

1. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah dimulai dengan berbaring.

2. Selanjutnya, gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah tekuk lutut dan letakkan kaki secara rata di lantai agar tubuh tetap stabil.

3. Berikutnya, gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah silangkan tangan di atas dada atau letakkan di dekat telinga.

4. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah angkat dan buang napas ke arah lutut pada saat melakukannya.

5. Terakhir, gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar sit up adalah turunkan tubuh ke posisi berbaring seperti sebelum menghirup.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Sit Up bagi Tubuh

1. Kekuatan inti

Manfaat utama sit up adalah meningkatkan kekuatan inti. Inti yang kuat dan kencang akan mengurangi risiko sakit punggung dan cedera. Dengan inti yang kuat, Anda dapat bergerak dengan lebih mudah saat menyelesaikan rutinitas harian dan dalam aktivitas atletik.

2. Tingkatkan massa otot

Manfaat sit up berikutnya adalah membangun kekuatan otot di otot perut dan pinggul. Hal ini membantu meningkatkan massa dan fungsi otot.

3. Keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik

Inti yang kuat membantu menjaga tubuh seimbang dan stabil saat bergerak sepanjang aktivitas harian. Sit up membantu otot panggul, punggung bawah, dan pinggul bekerja sama dengan otot perut. Dengan begitu, akan menciptakan keseimbangan yang baik pada tubuh.

4. Penguatan diafragma

Sit up adalah cara yang baik untuk melatih pernapasan diafragma. Sit up menyebabkan kompresi perut yang mana dapat memberikan efek positif pada diafragma. Diafragma yang kuat dan sehat dapat memperbaiki pola pernapasan, mengurangi stres, dan meningkatkan daya tahan atletik.

5. Memperbaiki postur tubuh

Membangun inti yang kuat dan kokoh memudahkan tubuh menjaga pinggul, tulang belakang, dan bahu sejajar. Olahraga sit up sangat membantu memperbaiki postur tubuh. Manfaat dari postur tubuh yang baik termasuk mengurangi rasa sakit dan ketegangan, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan pernapasan.

6. Fleksibilitas meningkat

Menggerakkan tulang belakang membantu mengendurkan kekakuan di tulang belakang dan pinggul. Sit up membuat pinggul dan punggung lebih fleksibel. Hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan mobilitas dan mengurangi ketegangan dan kekakuan pada otot tubuh. Fleksibilitas dapat meningkatkan sirkulasi dan konsentrasi, mengurangi stres, dan meningkatkan tingkat energi pada tubuh.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Sit Up

1. Sit Up V-Sits

Latihan ini membantu mengembangkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi. Berikut caranya, yakni:

a. Berbaring telentang dengan kaki lurus dan lengan terentang di atas kepala.

b. Secara bersamaan, angkat kaki dan lengan ke arah langit-langit, hingga membentuk v.

c. Jaga agar dada dan kaki tetap lurus.

d. Posisikan lengan sejajar dengan lantai.

e. Tahan posisi ini selama 5 detik.

f. Turunkan kembali secara perlahan ke posisi awal.

2. Sit Up Siku-ke-Lutut

Latihan ini melatih obliques eksternal dan internal dan memungkinkan gerakan memutar tulang belakang yang lembut. Berikut caranya, yakni:

a. Berbaring telentang dengan jari-jari terjalin di belakang kepala.

b. Jaga agar kaki terangkat dari lantai dengan lutut ditekuk.

c. Putar tubuh dengan membawa siku kanan ke lutut kiri, tarik ke dada.

d. Pada saat yang sama, rentangkan kaki kanan lurus, sejajar dengan lantai.

e. Lakukan di sisi berlawanan.

3. Sit Up dengan Bola

Sit up dengan bola dapat membantu mencegah sakit punggung dengan menopang kurva alami tulang belakang dan mengurangi tekanan pada tulang belakang. Berikut caranya, yakni:

a. Duduklah di atas bola stabilitas dengan kaki rata di lantai.

b. Perlahan bersandar ke belakang untuk membawa bahu, punggung, dan tulang ekor ke bola.

c. Sesuaikan kaki sehingga lutut tepat di atas pergelangan kaki dan paha sejajar dengan lantai.

d. Posisikan punggung tengah di atas bola.

e. Jalin jari-jari di dasar tengkorak, remas tulang belikat, dan tarik siku ke belakang.

f. Buang napas saat melibatkan inti dan angkat tubuh ke arah paha, angkat punggung atas dari bola.

g. Berhenti sejenak dalam posisi ini, lalu tarik napas untuk perlahan menurunkan tubuh kembali ke bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.