Sukses

10 Cara Mengelola Keuangan Sederhana untuk Keuangan yang Lebih Baik

Cara mengelola keuangan sederhana yang bisa diterapkan untuk penghasilan berapa pun dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengelola keuangan yang baik tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Cara mengelola keuangan yang baik dimulai dengan memahami kondisi finansial dalam hidup Anda terlebih dahulu. Karena besar kecilnya penghasilan seseorang tidak bisa dijadikan standar untuk menentukan kondisi finansial yang stabil.

Memiliki keuangan yang baik tidak hanya sekedar mampu memenuhi kebutuhan. Karena hidup tidak hanya tentang memenuhi kebutuhan, tapi juga memenuhi keinginan dan mampu mengatasi keadaan tidak terduga. Selain itu hidup akan jauh lebih mudah, jika Anda mengetahui cara mengelola keuangan yang baik dan benar.

Cara mengelola keuangan pastilah berbeda-beda untuk setiap individu, mengingat setiap individu memiliki kondisi dan kemampuan yang berbeda-beda pula. Namun, secara umum terdapat beberapa poin keuangan yang bisa diperhatikan untuk memiliki kondisi finansial yang stabil dan lebih baik dari sebelumnya.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (15/11/2022). Tentang cara mengelola keuangan sederhana yang bisa diterapkan untuk penghasilan berapa pun dengan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengelola Keuangan yang Lebih Baik

1. Miliki Anggaran

Cara mengelola keuangan yang pertama adalah dengan memiliki anggaran. Banyak orang tidak menganggarkan karena mereka tidak ingin melalui apa yang menurut mereka akan menjadi proses yang membosankan untuk mencatat pengeluaran, menjumlahkan angka, dan memastikan semuanya sesuai. 

Jika anda buruk dengan uang, anda tidak memiliki ruang untuk alasan penganggaran. Jika semua yang diperlukan untuk mengatur pengeluaran anda adalah beberapa jam mengerjakan anggaran setiap bulan, mengapa anda tidak melakukannya? Alih-alih berfokus pada proses pembuatan anggaran, fokuslah pada nilai yang akan dibawa oleh anggaran ke dalam hidup.

 

2. Gunakan Anggaran 

Anggaran anda tidak berguna jika anda membuatnya kemudian membiarkannya mengumpulkan debu di folder yang tersimpan di rak buku atau lemari arsip anda. Sering-seringlah merujuk anggaran anda untuk membantu memandu keputusan pengeluaran yang tepat. 

Perbarui saat anda membayar tagihan dan belanjakan untuk pengeluaran bulanan lainnya. Pada waktu tertentu selama sebulan, anda harus memiliki gagasan tentang berapa banyak uang yang dapat anda belanjakan, dengan mempertimbangkan pengeluaran apa pun yang masih harus anda bayar. 

 

3. Beri diri anda batas untuk pengeluaran yang tidak dianggarkan 

Cara mengelola keuangan yang ketiga adalah menetapkan batasan untuk keinginan tiba-tiba. Bagian penting dari anggaran anda adalah pendapatan bersih atau jumlah uang yang tersisa setelah anda mengurangi pengeluaran dari penghasilan anda. 

Jika anda memiliki sisa uang, anda dapat menggunakannya untuk bersenang-senang dan hiburan, tetapi hanya sampai jumlah tertentu. anda tidak bisa gila dengan uang ini, terutama jika uang anda tidak banyak dan harus bertahan sepanjang bulan. Sebelum anda melakukan pembelian besar, pastikan itu tidak akan mengganggu hal lain yang telah anda rencanakan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengelola Keuangan yang Lebih Baik

4. Lacak pengeluaran anda

Cara mengelola keuangan yang selanjutnya adalah melacak pengeluaran anda. Pembelian kecil di sana-sini bertambah dengan cepat, dan sebelum anda menyadarinya, anda telah membelanjakan anggaran anda secara berlebihan. 

Mulailah melacak pengeluaran anda untuk menemukan tempat-tempat di mana anda mungkin secara tidak sadar mengeluarkan uang terlalu banyak. Simpan kwitansi anda dan tulis pembelian anda dalam jurnal pengeluaran, kategorikan sehingga anda dapat mengidentifikasi area di mana anda kesulitan mengendalikan pengeluaran anda. 

 

5. Jangan berkomitmen pada tagihan bulanan berulang yang baru 

Hanya karena pendapatan dan kredit anda memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman tertentu, tidak berarti anda harus menerimanya. Banyak orang secara naif berpikir bahwa bank tidak akan menyetujui kartu kredit atau pinjaman yang tidak mampu mereka bayar. 

Bank hanya mengetahui penghasilan anda, seperti yang telah anda laporkan dan kewajiban hutang yang tercantum dalam laporan kredit anda, bukan kewajiban lain yang dapat mencegah anda melakukan pembayaran tepat waktu. 

 

6. Pastikan anda membayar harga terbaik 

Cara mengelola keuangan sederhana yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memastikan untuk selalu membayar barang yang anda beli dengan harga terbaiknya. Ini artinya anda harus teliti dan melakukan riset harga dan kualitas terlebih dahulu sebelum membelinya.

Anda dapat memanfaatkan belanja perbandingan uang anda sebaik-baiknya, memastikan bahwa anda membayar harga terendah untuk produk dan layanan. Cari diskon, kupon, dan alternatif yang lebih murah kapan pun anda bisa.

4 dari 4 halaman

Cara Mengelola Keuangan yang Lebih Baik

7. Simpan untuk pembelian besar  

Kemampuan untuk menunda kepuasan akan sangat membantu anda menjadi lebih baik dengan uang. Ketika anda menunda pembelian dalam jumlah besar, daripada mengorbankan kebutuhan yang lebih penting atau menempatkan pembelian dengan kartu kredit, anda memberi diri anda waktu untuk mengevaluasi apakah pembelian itu perlu atau tidak.

Dengan memilih menabung daripada menggunakan kredit, anda menghindari membayar bunga atas pembelian. Dan jika anda menabung daripada melewatkan tagihan atau kewajiban, anda tidak harus menghadapi banyak konsekuensi dari melewatkan tagihan tersebut.

 

8. Batasi pembelian kartu kredit anda 

Kartu kredit adalah musuh terburuk pemboros. Ketika anda kehabisan uang tunai, anda hanya beralih ke kartu kredit anda tanpa mempertimbangkan apakah anda mampu membayar saldo. Tahan keinginan untuk menggunakan kartu kredit anda untuk pembelian yang tidak mampu anda beli, terutama untuk barang-barang yang tidak terlalu anda butuhkan. 

 

9. Berkontribusi pada tabungan secara teratur 

Menyetorkan uang ke rekening tabungan setiap bulan dapat membantu anda membangun kebiasaan keuangan yang sehat. anda bahkan dapat mengaturnya agar uang ditransfer secara otomatis dari rekening giro anda ke rekening tabungan anda. Dengan begitu, anda tidak perlu mengingat untuk melakukan transfer. 

 

10. Menjadi baik dengan uang membutuhkan latihan

Cara mengelola keuangan yang terakhir adalah konsisten untuk melakukan semuanya. Pada awalnya, anda mungkin tidak terbiasa merencanakan ke depan dan menunda pembelian sampai anda mampu membelinya. Semakin anda menjadikan kebiasaan ini bagian dari kehidupan sehari-hari anda, semakin mudah mengelola uang anda, dan semakin baik keuangan anda nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.