Sukses

10 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan, Kaya Serat yang Baik untuk Pencernaan

Menurut penelitian, manfaat rebung baik bagi kesehatan karena mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serat, protein, dan memiliki kandungan yang lemak rendah.

Liputan6.com, Jakarta Rebung atau tunas bambu adalah salah satu bahan makanan yang familiar dengan masyarakat Indonesia. Olahan rebung yang sangat familiar dengan masyarakat Indonesia adalah lumpia semarang. 

Masyarakat negara asia lain juga kerap menggunakan manfaat rebung sebagai bahan olahan di berbagai masakan. Sayangnya, pengolahan tunas bambu ini cukup rumit. Pengolahan yang tidak benar dapat menyebabkan rebung berbau pesing yang sangat menyengat bahkan beracun.

Dari luar rebung memiliki kulit yang keras seperti layaknya batang bambu. Setelah dikupas akan terlihat bagian umbut berwarna putih dengan tekstur yang garing. Bagian inilah yang dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat rebung. Biasanya rebung diolah dengan ditumis, sebagai campuran dimsum, dan dibuat sup.

Menurut penelitian, manfaat rebung sangat baik bagi kesehatan karena mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serat, protein, dan memiliki kandungan yang lemak rendah. Tunas bambu segar juga memiliki sejumlah besar vitamin A, B6, C, dan E serta kalsium, kalium, niacin, zat besi, folat, tembaga, seng, selenium, mangan, magnesium, fosfor, dan tiamin. Berikut manfaat rebung yang Liputan6.com Rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

1. Rendah Gula

Rebung menjadi salah satu jenis sayur yang memiliki kandungan gula yang rendah, yaitu 2,5 gram per 100 gram. Jumlah tersebut lebih rendah daripada kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran lain. Dengan demikian rebung menjadi salah satu jenis sayur yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Sumber Protein

Sebagai bahan makanan nabati, rebung memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Satu kilogram rebung mengandung sekitar 2 sampai 2,5 gram protein. Protein yang ada pada  rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

Asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial adalah protein baik untuk memperbaiki sel atau menggantikan sel yang rusak, serta memelihara jaringan tubuh.

3. Kaya Vitamin dan Mineral

Seperti sudah dijelaskan, salah manfaat rebung adalah sebagai sumber makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Rebung mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niacin, asam folat dan asam pantotenat. Sedangak mineral yang ada pada rebung, diantaranya kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

4. Tinggi Serat

100 gram rebung mengandung sekitar 6-8 gram serat. Ini jumlah yang cukup tinggi untuk menjadikan rebung sebagai bahan makanan sumber serat harian. Konsumsi rebung secara rutin dapat membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi  dapat melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Efek probiotik yang dimiliki oleh rebung juga baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.

5. Meningkatkan Nafsu Makanan

Kandungan selulosa pada rebung menjadi zat yang efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Rasa dan tekstur rebung yang garing dan renyah saat digigit juga membuatnya cocok disajikan sebagai makanan pembuka yang meningkatkan selera makan.

6. Mengontrol Kolesterol

Kandungan serat yang tinggi pada rebung juga bermanfaat sebagai pengontrol kolesterol. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Washington State University mengatakan, rebung memiliki manfaat yang baik dalam menjaga kadar kolesterol tetap stabil. 

7. Memperkuat Sistem Imun

Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam rebung merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Berbagai jenis vitamin dan mineral pada rebung meningkatkan kinerja sistem imun menjadi lebih kuat. Ditambah lagi dengan kandungan antioksidannya yang membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

8. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Kandungan potasium pada rebung yang tinggi dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Potasium dalam rebung juga terbukti  dapat menguatkan detak jantung, sehingga meningkatkan kesehatan jantung. 

Selain potassium, rebung juga mengandung banyak kalium. Kalium adalah zat yang dapat bertindak sebagai elektrolit, dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

9. Mengandung Sifat Antikanker

Manfaat rebung selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Tunas bambu mengandung Zat flavon, klorofil, dan amilase yang ditemukan dalam rebung disebut fitosterol. Fitosterol merupakan nutrisi yang memiliki sifat anti-kanker kuat yang efektif melawan kanker lambung, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker ovarium. Rebung juga mengandung senyawa fenolik antioksidan yang bersifat pencegahan kerusakan sel yang berkibat pada kanker.

10.  Membantu Mengatasi Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita

Nutrisi yang ada pad rebung dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan pada reproduksi wanita. Mengkonsumsi rebung secara rutin dapat memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur, mengatasi masalah infertilitas, dan mengurangi nyeri persalinan serta mencegah terlalu banyak kehilangan darah pasca melahirkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.