Sukses

18 Cara Menebalkan Alis Secara Alami Melalui Perawatan Rumahan Sederhana

Terdapat berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk menebalkan alis melalui perawatan rumahan.

Liputan6.com, Jakarta Cara menebalkan alis secara alami dapat dilakukan dengan melalui berbagai perawatan rumahan. Kamu yang menginginkan alis tebal dan atau terlihat tebal tidak perlu khawatir akan kehabisan cara. Kamu bisa mencoba cara menebalkan alis secara alami agar tidak perlu lagi hanya bergantung pada produk riasan tertentu.

Alis hanya menjadi salah satu bagian penting yang tidak luput dari perhatian banyak orang jika berkaitan dengan penampilan. Hampir setiap perusahaan yang mengeluarkan produk-produk kecantikan dan riasan, pasti menawarkan produk, seperti pensil alis, gel atau produk lain yang bisa membuat alis konsumen terlihat lebih tebal.

Memiliki alis yang tipis bukan menjadi masalah, kamu akan tetap terlihat cantik apa adanya. Akan tetapi, jika ingin mencoba memiliki alis tebal, seperti Zendaya atau Lily Collins, ini juga bukan masalah. Kamu bebas untuk mencobanya.

Menebalkan alis dengan cara alami juga bukan hal yang sulit. Banyak bahan-bahan alami, bahkan beberapa di antaranya mudah ditemukan di rumah untuk membuat alis kamu menjadi lebih tebal. Berikut liputan6.com rangkum tentang cara menebalkan alis secara alami dari berbagai sumber, Selasa (15/11/22) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Alami untuk Menebalkan Alis

1. Minyak Kelapa

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan cara menebalkan alis secara alami adalah minyak kelapa. Dilansir dari Healthline, minyak kelapa disebut dapat bermanfaat bagi rambut dan kulit jika digunakan secara topikal. Kamu dapat menghangatkan sedikit minyak kelapa di tangan, lalu pijat ke area alis. Kemudian biarkan semalaman dan bilaslah pada pagi harinya.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh disebut dapat merangsang pertumbuhan dan ketebalan alis dengan menciptakan penghalang pelembab untuk kesehatan seluler dan folikel. Kamu bisa mendapatkan ekstrak minyak pohon teh langsung untuk bisa dioleskan ke alis secara langsung. Meskipun belum ada studi ilmiah tentang hal ini, kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan pada alis dan membiarkannya semalaman.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun menjadi jenis minyak selanjutnya yang dapat kamu gunakan dalam rangkaian cara menebalkan alis secara alami. Vitamin A dan E pada minyak zaitun disebut dapat merangsang pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut. Jika kamu ingin mencobanya, maka gunakan minyak zaitun yang bena-benar alami, oleskan pada alis sebelum tidur dan biarkan semalaman sebelum dibilas esok harinya.

4. Minyak Almond

Minyak almond mengandung magnesium yang dapat membantu menyuburkan dan menjaga kesehatan rambut kamu. Cara menggunakan minyak almond untuk menebalkan alis juga tidak sulit. Sama dengan cara mengaplikasikan jenis minyak lainnya pada alis, kamu hanya perlu mengoleskan minyak almond sebelum tidur, biarkan semalaman dan bersihkan esok paginya.

3 dari 5 halaman

Cara Alami untuk Menebalkan Alis

5. Minyak Kemiri

Cara menebalkan alis secara alami menggunakan minyak yang berikutnya adalah dengan minyak kemiri. Minyak kemiri telah digunakan sejak dulu untuk menghitamkan, menyuburkan dan menguatkan rambut. Minyak kemiri mengandung asam linolenic atau asam lemak omge-3 yang dapat memicu pertumbuhan rambut. Oleskan minyak kemiri pada alis dan biarkan semalaman.

6. Minyak Jojoba

Minyak jojoba dapat membantu kamu untuk menjaga kelembaban rambut. Minyak ini juga bisa melindungi rambut dari sinar matahari dengan membentuk lapisan pelindung tipis pada setiap helai rambut. Kamu dapat mengambil minyak jojoba secukupnya, lalu pijatkan ke area alis. Biarkan semalaman dan cuci pada esok harinya.

7. Minyak Wijen

Minyak wijen bekerja pada alis kamu dengan memicu pertumbuhan folikel agar rambut alis kamu tumbuh serta melindungi alis dari sinar UV. Cara menggunakan minyak wijen pada alis, hanya dengan mengoleskannya dengan lembut dan membiarkannya semalaman.

8. Minyak Rosemary

Rosemary diyakini dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Rosemary bekerja dengan memicu folikel untuk membuat rambut tumbuh dan mencegah kerontokan. Oleskan minyak pada area alis, pijat perlahan dan biarkan semalaman.

4 dari 5 halaman

Cara Alami untuk Menebalkan Alis

9. Minyak Jarak

Minyak jarak juga menjadi jenis minyak lainnya yang bisa menebalkan alis secara alami. Dilansir dari Heatlhline, studi pada tahun 2012 dan 2015 menyebutkan bahwa minyak jarak megandung asam risinoleat dan dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Untuk mencoba cara menebalkan alis secara alami yang satu ini, kamu hanya perlu mengambil minyak jarak dan mengoleskannya ke area alis. Pijat sedikit, lalu biarkan selama semalaman.

10. Minyak Biji Rami

Kandungan omega-3 dan asam lemak linoleat pada minyak biji rama akan membantu memicu pertumbuhan rambut alis kamu. Kamu dapat mengoeleskannya ke alis sebelum tidur, lalu biarkan semalaman dan bilas pada esok harinya.

11. Lidah Buaya

Lidah buaya memang sudah dikenal banyak orang menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam berbagai keperluan kecantikan. Lidah buaya sangat menghidrasi. Lidah buaya memiliki aloenin yang bekerja untuk pertumbuhan rambut. Kamu dapat mengoleskan lidah buaya pada alis setiap malam dan bilas keesokan harinya.

12. Susu

Susu mengandung vitamin dan mineral penting dan dapat membantu menutrisi folikel rambut sehingga dapat membuat alis Anda menjadi lebih tebal. Cara menebalkan alis secara alami menggunakan susu juga mudah. Kamu hanya perlu merendam bola kapas pada seperempat cangkir susu murni. Setelah itu pijatkan bola kapas pada alis dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.

13. Lemon

Dilansir dari Stylecraeze, memang tidak ada penelitian yang menyebutkan efek lemon terhadap pertumbuhan rambut. Akan tetapi, jus lemon diyakini dapat mengurangi minyak berlebih di sekitar area alis untuk membantu lebih banyak oksigen masuk ke folikel rambut. Ini nantinya akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada alis. Kamu dapat menggosokkan potongan lemon pada alis dan membiarkannya selama dua menit.

5 dari 5 halaman

Cara Alami untuk Menebalkan Alis

14. Teh

Cara menebalkan alis secara alami dengan teh karena teh dapat menguatkan akar rambut alis sehingga mencegahnya dari kerontokan. Kamu dapat membiarkan segelas teh selama satu malam dan oleskan pada alis dengan cotton bud keesokan harinya.

15. Bawang Merah

Bawang merah akan membantu mencegah kerontokan rambut dan membantu pertumbuhan rambut. Mungkin ini akan sedikit menyiksa mata kamu. Tumbuk bawang merah hingga halus sebelum dioleskan ke area alis. Kamu dapat menyeimbangkan baunya dengan menambahkan beberapa tetes jus lemon. Diamkan selama 30 menit atau sampai mata kamu sudah tidak kuat menahannya, lalu bersihkan.

16. Kelopak Bunga Sepatu

Tidak hanya sekedar bunga yang cantik, kamu bisa menambahkan ekstrak kelopak bunga sepatu dalam rangkaian cara menebalkan alis secara alami. Tumbuh kelopak bunga hingga halus dan oleskan perlahan pada area alis. Biarkan selama sekitar 30 menit dan bersihkan dengan air.

17. Petroleum Jelly

Dilansir dari majalah Marie Claire, agar alis dapat tumbuh secara alami, ini membutuhkan lingkungan yang mendorong pertumbuhan rambut, sehingga kulit di sekitarnya harus ternutrisi dengan baik. Ini mungkin bisa dilakukan oleh petroleum jelly. Kamu dapat mengoleskan petroleum jelly secara rutin pada alis kamu.

18. Hindari Mencabut Alis

Dalam beberapa kasus, keberhasilan menebalkan alis mungkin hanya tergantung pada teknik merawat alis yang tepat. Beberapa hal yang disarankan oleh Healthline, termasuk agar kamu tidak mencabut alis secara berlebihan, hindari menekan area alis terlalu keras dengan pensil alis, menyikat alis dengan sikat alis atau spoolie setiap hari.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini