Sukses

14 Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan dan Sumber Vitamin

Manfaat sawi hijau yang kaya akan antioksidan, membantu Anda terhindari dari berbagai penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Sawi hijau adalah sayuran yang kaya vitamin juga mineral, yang dibutuhkan tubuh Anda untuk tetap sehat. Satu porsi sawi hijau, mengandung hampir setengah dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Manfaat sawi hijau bisa diperoleh untuk kesehatan, karena mengandung vitamin K dan C yang berkontribusi secara baik untuk menjaga sistem pertahanan kekebalan tubuh. 

Selain itu, manfaat sawi hijau yang dimasak juga bisa memenuhi asupan, dan mendukung banyak fungsi tubuh, termasuk kesehatan jantung, paru-paru, dan ginjal dengan baik. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, dengan vitamin C yang terdapat di dalam sawi hijau, membantu proses produksi kolagen yang berperan untuk kulit sehat dan kencang. 

Dengan mengonsumsi sayuran sawi, dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh, mencegah stres oksidatif, dan menginduksi enzim detoksifikasi. Selain itu manfaat sawi hijau juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga penglihatan, meningkatkan kepadatan tulang, dan berpotensi melawan kanker.

Berikut ini manfaat sawi hijau yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/11/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan

1. Kaya akan antioksidan

Manfaat sawi hijau yang kaya antioksidan, berfungsi sebagai salah satu penangkal penyakit. Melansir dari laman Healthline, antioksidan adalah senyawa tanaman alami, yang bisa membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh kelebihan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh Anda. Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa seiring waktu, kerusakan seperti ini dapat menyebabkan kondisi kronis yang serius, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit alzheimer.  Secara keseluruhan, memasukkan sawi ke dalam makanan Anda dapat membantu melindungi dari penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif, karena mengandung vitamin A, C, dan K. 

2. Sumber vitamin K 

Baik sawi mentah maupun yang telah dimasak, merupakan salah satu sumber vitamin K yang menyediakan 120% dan 690% DV per satu cangkir. Vitamin K terkenal karena peran vitalnya dalam membantu pembekuan darah, sehingga asupan vitamin K yang tidak memadai, dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan fungsi otak, demensia, dan penyakit Alzheimer. Vitamin K memainkan peran penting dalam mineralisasi tulang dan pembekuan darah, yang membantu mendukung fungsi otak dan metabolisme yang sehat dan melindungi terhadap kanker. 

3. Meningkatkan kekebalan

Manfaat sawi hijau sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, di mana sayuran ini menyediakan lebih dari sepertiga kebutuhan vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan bentuk vitamin yang larut dalam air, dan sangat penting untuk sistem kekebalan yang kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidak mendapatkan cukup vitamin C dalam makanan, mampu melemahkan sistem kekebalan sehingga lebih rentan terhadap sakit. 

4. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat sawi hijau selanjutnya, sangat baik untuk kesehatan jantung, karena sarat dengan antioksidan seperti flavonoid dan beta karoten, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan dan kematian akibat penyakit jantung. Terdapat satu ulasan dari delapan penelitian, yang menemukan bahwa asupan tinggi sayuran sawi hijau berdaun dikaitkan dengan penurunan 15% risiko penyakit jantung yang signifikan. Sayuran sawi juga mengandung senyawa yang membantu mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan, yang membantu menurunkan kadar kolesterol, serta melindungi sel dari kerusakan DNA dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

5. Kuatkan tulang

Manfaat sawi hijau yang mengandung zat besi, kalsium, magnesium, vitamin K danbmasih banyak lagi, bisa membantu Anda untuk mempertahankan struktur dan kekuatan tulang. Zat besi dan seng membantu Anda dalam produksi dan pertumbuhan kolagen yang baik untuk persendian, sedangakan kalsium bisa menjaga struktur tulang, dan vitamin berfungsi menjaga keseimbangan kalsium yang terdapat dalam tulang.

 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan

6. Memiliki efek antikanker

Manfaat sawi hijau juga mungkin memiliki efek antikanker, karena selain memiliki antioksidan yang kuat, sawi juga tinggi dalam kelompok senyawa tanaman glukosinolat. Dalam penelitian tabung reaksi yang dilakukan, glukosinolat telah terbukti membantu melindungi sel dari kerusakan DNA dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Melansir dari sumber yang sama, penelitian tabung-tabung ekstrak daun sawi juga menemukan efek perlindungan terhadap kanker usus besar dan paru-paru. Penelitian juga dilakukan pada manusia, melalui studi observasional yang menunjukkan hubungan antara asupan keseluruhan sayuran sawi dan penurunan risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker perut, kolorektal, dan ovarium

7. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat sawi hijau membantu meningkatkan kesehatan mental, di mana pernyataan ini di dukung oleh sebuah studi, yang melaporkan bahwa mengonsumsi tiga porsi sayuran berdaun hijau setiap hari, akan membantu mengurangi hilangnya fungsi mental hingga 40 persen.

8. Baik untuk kesehatan kulit, dan mencegah jerawat

Sawi hijau mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, serta membantu proses produksi kolagen yang berperan untuk kulit sehat dan kencang. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting, dengan sifat antioksidan yang bisa mencegah kerusakan yang disebabkan oleh matahari, polusi, dan asap. Terdapat vitamin A pada sawi hijau, yang membantu mengurangi produksi sebum berlebih dan memperkuat jaringan pertahanan kulit. Sehingga mampu meningkatkan kesehatan dan keaktifan permukaan kulit yang berlaku secara keseluruhan.

9. Baik untuk ibu hamil

Manfaat sawi hijau juga baik bagi wanita hamil, karena mengandung sejumlah besar vitamin K bersama dengan beberapa piridoksin untuk mencegah mual dan muntah terkait kehamilan. Terdapat juga kandungan magnesium dan selenium, sebagai anti-inflamasi yang bisa mencegah dada sesak, pilek serta asma saat hamil.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan

10. Mencegah kencing batu

Manfaat sawi hijau yang baik untuk kesehatan, bisa mencegah kencing batu. Konsumsi sawi yang kaya vitamin A secara teratur membantu Anda untuk mencegah pembentukan batu kemih dengan mencegah akumulasi kalsium fosfat. Oleh karena itu, penuhi asupan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

11. Membantu meredakan gejala radang sendi

Manfaat sawi hijau dengan kemampuan anti-inflamasi yang baik, dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan kekakuan akibat radang sendi. Sayuran sari juga bisa membantu meningkatkan kekuatan otot, mengurangi nyeri sendi, dan memperbaiki jaringan ikat.

12. Stabilkan tekanan darah

Kalium, kalsium, dan magnesium yang ada di dalam sawi hijau, akan membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Terdapat beberapa bukti di mana saat Anda mengonsumsi 4,700 mg kalium setiap, maka tekanan darah yang disebabkan oleh asupan natrium yang tinggi bisa menurun secara perlahan. Ketika memiliki tekanan darah yang tinggi, bisa menyebabkan pembekuan darah di otak, dan umumnya terjadi kondisi pendarahan otak.

13. Menjaga kolesterol

Manfaat sawi hijau sangat baik untuk menjaga kolesterol, di mana konsumsi dalam porsi yang secukupnya membantu Anda mengatur kadar kolesterol. Kolesterol jahat akan secara perlahan menurun, dan kolesterol baik akan meningkat saat tidak menjaga asupan makanan. Kolesterol yang tinggi dikaitkan sebagai penyebab penyakit kronis seperti jantung dan diabetes, sehingga Anda harus memperhatikan asupan makanan dengan kolesterol tinggi, dan bisa mencegah dari sekarang. 

14. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat sawi hijau juga sangat baik untuk kesehatan mata, di mana kedua senyawa lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam sayuran ini, membantu melindungi retina dari kerusakan oksidatif, serta menyaring cahaya biru yang berpotensi berbahaya.

Vitamin A tentu sangat penting untuk kesehatan mata, sehingga saat Anda kekurangan vitamin A maka dapat menghentikan produksi pigmen tertentu yang diperlukan untuk sel fotoreseptor di retina. Oleh karena itu, penuhi asupan makanan Anda, dengan vitamin A secukupnya yang dapat membantu kesehatan mata tetap terjaga. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.