Sukses

Induk Organisasi Sepak Bola Dunia adalah FIFA, Ketahui Tugasnya

Induk organisasi sepak bola dunia adalah FIFA (Federation International de Football Association).

Liputan6.com, Jakarta - Induk organisasi sepak bola dunia adalah FIFA. Ini induk organisasi sepak bola skala internasional yang sudah menaungi olahraga sepak bola sejak lama. FIFA adalah singkatan dari Federation International de Football Association.

Tugas utama dari induk organisasi sepak bola dunia adalah membuat pertandingan sepak bola dalam setiap tingkatan dapat terkontrol dan dapat tercipta permainan yang layak. Kemudian, mempersatukan bangsa dengan sepak bola.

Saat ini, ada 209 negara yang tergabung dalam FIFA. Kompetisi bergengsi yang dibawahi FIFA adalah piala dunia, piala dunia wanita, piala dunia U-20, piala dunia wanita U-20, piala dunia sepak bola pantai, piala dunia futsal, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang induk organisasi sepak bola dunia, tugas, dan bangku kepresidenannya, Rabu (16/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Induk Organisasi Sepak Bola Dunia adalah FIFA

Sepak bola skala internasional diatur oleh organisasi khusus. Induk organisasi sepak bola dunia adalah FIFA (Federation International de Football Association). FIFA didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis.

Melansir dari situs website resmi FIFA, adanya induk organisasi sepak bola dunia adalah tidak hanya bertanggungjawab dengan sepak bola, tetapi beberapa cabang olahraga. Mulai dari sepak bola pantai dan futsal.

Slogan FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia adalah “For The Game, For The World” yang memiliki arti khusus. Dalam buku berjudul Jago Sepak Bola oleh Reki Siaga Agustina, arti slogan FIFA adalah sepak bola akan menjadi pemersatu antarbangsa sesudah perang dunia.

Kini, ada 209 negara yang tergabung dalam FIFA. Sejarah dibentuknya FIFA, berangkat dari inisiasi tokoh sepak bola dunia Henry Delaunay dan Jules Rimet yang mengadakan pertemuan dengan 7 negara, yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia, dan Belanda.

USSoccer menjelaskan tugas FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia adalah:

1. Tugas induk organisasi sepak bola dunia adalah membuat pertandingan sepak bola dalam setiap tingkatan dapat terkontrol dan dapat tercipta permainan yang layak.

2. Tugas induk organisasi sepak bola dunia adalah membuat regulasi permainan.

3. Tugas induk organisasi sepak bola dunia adalah mengawasi pertukaran atau jual-beli pemain skala internasional.

4. Tugas induk organisasi sepak bola dunia adalah mengatur seluruh kompetisi yang dibawahi oleh FIFA.

5. Tugas induk organisasi sepak bola dunia adalah membuat standarisasi untuk wasit, pelatih, dan tim medis.

6. Tugas induk organisasi sepak bola dunia adalah membangun sepak bola di seluruh dunia.

7. Tugas induk organisasi sepak bola dunia adalah ajang perdamaian kemanusiaan.

8. Tugas induk organisasi sepak bola dunia adalah pembentukan generasi muda yang mampu menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

3 dari 3 halaman

Kepresidenan FIFA dari Dulu sampai Saat Ini

Bangku kepresidenan FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia yang sekarang diduduki oleh Gianni Infantino. Sementara itu, kompetisi yang dibawahi FIFA adalah piala dunia, piala dunia wanita, piala dunia U-20, piala dunia wanita U-20, piala dunia sepak bola pantai, piala dunia futsal, dan lain sebagainya.

Ini daftar bangku kepresidenan FIFA dari masa ke masa yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Presiden FIFA pertama adalah Roberta Guerin berasal dari Prancis yang menjabat tahun 1904 hingga 1906.

2. Presiden FIFA kedua adalah Daniel Burley Woolfall berasal dari Inggris yang menjabat tahun 1906 hingga 1918.

3. Presiden FIFA ketiga adalah Jules Rimet berasal dari Prancis yang menjabat tahun 1921 hingga 1954. Jules Rimet mendapatkan gelar Presiden Kehormatan FIFA yang masuk nominasi pada tanggal 21 Juni 1954.

4. Presiden FIFA keempat adalah Rodolphe Seeldrayers berasal dari Belgia yang menjabat tahun 1954 hingga 1955.

5. Presiden FIFA kelima adalah Arthur Drewry berasal dari Inggris yang menjabat 1955 hingga 1961.

6. Presiden FIFA keenam adalah Sir Stanley Rous berasal dari Inggris yang menjabat tahun 1961 hingga 1974. Sir Stanley Rous mendapatkan gelar Presiden Kehormatan FIFA, dan dinominasikan 11 Juni 1974.

7. Presiden FIFA ketujuh adalah João Havelange berasal dari Brasil yang menjabat tahun 1974 hingga 1998. João Havelange mendapatkan gelar Presiden Kehormatan FIFA, dan dinominasikan 8 Juni 1998.

8. Presiden FIFA kedelapan adalah Sepp Blatter berasal dari Swiss yang menjabat tahun 1998 hingga 2015. Sepp Blatter terpilih 8 Juni 1998 dan diberhentikan secara tidak hormat Desember tahun 2015.

9. Presiden FIFA kesembilan adalah Gianni Infantino berasal dari Swiss keturunan Italia yang menjabat tahun 2016 hingga saat ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.