Sukses

16 Tempat Wisata di London Paling Populer dan Sarat Sejarah, Pusat Seni hingga Istana

Ada banyak tempat wisata di London yang bisa menjadi pilihan menarik ketika kamu berencana berlibur di Eropa. Mulai dari arsitektur modern, monumen bersejarah, pusat perbelanjaan berkelas, semuanya bisa kamu temukan di tempat wisata di London.

Liputan6.com, Jakarta London adalah salah satu kota yang memesona di dunia. Ada banyak tempat wisata di London yang bisa menjadi pilihan menarik ketika kamu berencana berlibur di Eropa. Mulai dari arsitektur modern, monumen bersejarah, pusat perbelanjaan berkelas, semuanya bisa kamu temukan di London.

Bahkan menghabiskan waktu untuk jalan kaki di sekitar tempat wisata di London pun bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Anda bahkan bisa berjalan-jalan untuk bisa menikmati megahnya Buckingham Palace, Westminster Abbey, dan St. Paul's Cathedral.

Itu hanya sedikit dari wisat London yang bisa kamu kunjungi. Selain itu, masih ada banyak lagi keindahan tempat wisata di London yang bisa kamu nikmati. Maka tidak mengherankan jika London merupakan salah satu kota di dunia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia.

Yang jelas, wisata di London menawarkan berbagai macam daya tarik yang akan menarik bagi semua orang, mulai dari wisata belanja, kuliner, petualangan, sejarah, bahkan wisata yang ramah anak.

Saking banyaknya wisata London yang sangat menarik, mungkin akan membuat kamu bingung untuk menentukan mana yang harus dikunjungi. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan rekomendasi sejumlah tempat wisata di London yang wajib dikunjungi, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (16/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Buckingham Palace

Tempat wisata di London yang paling ikonik jelas adalah Buckingham Palace atau Istana Buckingham. Istana Buckingham dibangun pada tahun 1837 dan telah menjadi kediaman Keluarga Kerajaan di London sejak aksesi Ratu Victoria. Pada acara-acara kenegaraan khusus, anggota Keluarga Kerajaan bahkan dapat muncul di balkon tengah.

Saat keluarga kerajaan meninggalkan istana untuk menghabiskan liburan musim panas di Skotlandia, pengunjung dapat membeli tiket untuk tur ke Galeri Ratu, dan Royal Mews.

2. The Tower of London

The tower of London merupakan sebuah menara yang telah menjalankan berbagai fungsi selama berabad-abad. Tempat wisata di London yang tak kalah ikonik ini menawarkan daya tarik bagi pengunjung yang ingin tahu tentang kekayaan sejarah negara ini. The Tower of London dibangun pada tahun 1078 oleh William Sang Penakluk, adalah Garis Raja abad ke-17 dengan pajangan persenjataan dan baju besi kerajaan yang luar biasa.

Menara ini juga memiliki latar belakang kisah yang cukup tragis, termasuk kisah penyiksaan kuno, dan Anda dapat belajar tentang misteri dua pangeran yang menghilang bertahun-tahun yang lalu.

3. British Museum

British Museum merupakan wisata di London yang memiliki berbagai macam koleksi barang antik terbaik di dunia. Lebih dari 13 juta artefak kuno disimpan di sini. Banyak benda-benda tak ternilai dari Asyur, Babilonia, Cina, Eropa, dan tempat lain.

Sebagian besar turis pertama-tama menuju pameran museum yang paling terkenal: Marmer Elgin yang kontroversial dari Parthenon, Batu Rosetta, patung kolosal Ramses II, mumi Mesir, dan timbunan perak Romawi abad ke-4 yang spektakuler yang dikenal sebagai Harta Mildenhall.

3 dari 6 halaman

4. Big Ben dan Gedung Parlemen

Ini adalah wisata di London yang mungkin sudah sering kamu lihat dalam bentuk gambar di kalender atau di poster. Ini tidak lain adalah Big Ben. Big Ben adalah sebuah menara setinggi 318 kaki yang menampung jam raksasa dengan lonceng yang menggema. Di bawahnya, terbentang di sepanjang Sungai Thames yang sangat indah.

Tak jauh dari sana terdapat Gedung Parlemen, pusat pemerintahan Inggris selama berabad-abad dan pernah menjadi situs kerajaan Westminster Palace yang ditempati oleh William Sang Penakluk. Pemandangan terbaik bisa didapat dengan menyeberangi Jembatan Westminster dan melihat ke belakang. Ada bahkan bisa mengunjungi Gedung Parlemen dan menyaksikan perdebatan dan diskusi politik secara langsung.

5. National Gallery

National Gallery adalah tempat wisata di London yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja apa pun alasannya. Museum berbentuk kolom yang ikonis ini terletak di tepi Trafalgar Square, rumah bagi mahakarya luar biasa yang menjadikannya salah satu daya tarik terbaik di London.

National Gallery merupakan salah satu museum yang memiliki koleksi lukisan paling lengkap di Eropa. Koleksi lukisan yang ada di National Gallery dibuat antara tahun 1260 hingga 1920. Kekuatan terbesar museum ini terletak pada koleksi Master Belanda dan Sekolah Italia pada abad ke-15 dan ke-16.

Lukisan yang menjadi daya tarik di museum ini antara lain adalah kartun (sketsa awal) Madonna and Child oleh Leonardo da Vinci, The Entombment karya Michelangelo, Venus dan Mars karya Botticelli, Bunga Matahari van Gogh, dan The Water-Lily Pond karya Monet.

6. Victoria and Albert Museum

Museum Victoria dan Albert (alias V&A) adalah bagian dari kelompok museum yang berbasis di Kensington Selatan yang mencakup Museum Sejarah Alam dan Museum Sains. Didirikan pada tahun 1852, V&A mencakup hampir 13 hektar dan berisi 145 galeri yang mencakup sekitar 5.000 tahun seni dan artefak terkait.

Tempat wisata di London ini memiliki daya tarim berupa koleksi karya seninya berupa keramik dan kaca, tekstil dan kostum, perak dan perhiasan, besi, patung, cetakan, dan foto, dan diatur dengan nyaman menjadi empat kategori utama, yakni (1) Asia; (2) Furnitur, Tekstil, dan Mode; (3) Patung, Logam, Keramik, dan Kaca; dan (4) Kata dan Gambar.

Tidak mungkin berkeliling museum yang luas ini dalam sekali kunjungan, jadi penting untuk memutuskan mana yang terlebih dahulu ingin dikunjungi. Mengikuti tur V&A sangat disarankan, dan seringkali gratis.

4 dari 6 halaman

7. Piccadilly Circus dan Trafalgar Square

Piccadilly Circus dan Trafalgar Square adalah wisata London yang sudah sangat terkenal. Kedua tempat tersebut biasanya dikunjungi di waktu bersamaan karena lokasinya yang saling berdekatan. Bahkan lokasi di sekitarnya pun memiliki suasana yang menyenangkan karena terdapat butik-butik eklektik, kafe-kafe lezat, toko-toko es krim, dan jalan-jalan berliku.

8. The Shard

Sejak dibuka pada tahun 2012, The Shard telah menjadi salah satu tempat wisata di Londong yang paling dikenal dan paling banyak dikunjungi di London. Bangunan ini memiliki 1.016 kaki dan mencakup sekitar 95 lantai. Dibandingkan dengan Tower Bridge, The Shard memiliki desain arsitektur yang lebih modern. The Shard adalah rumah bagi Shangri-La Hotel yang menakjubkan dan tiga restoran yang luar biasa, semuanya menampilkan pemandangan London yang paling luar biasa.

9. Westminster Abbey

Westminster Abbey adalah wisata di London yang masih memiliki hubungan dengan keluarga kerajaan. Meski demikian, Westminster Abbey dulunya merupakan sebuah gereja yang dibangun pada abad ke-7 yang dikenal dengan nama Collegiate Church of St. Peter. Westminster Abbey didirikan oleh Edward the Confessor pada tahun 1065 sebagai tempat penguburannya.

Mahakarya arsitektur Gotik ini tidak hanya memiliki nave Gotik tertinggi di Inggris (102 kaki), tetapi juga salah satu tempat wisata paling populer di London. Tempat wisata di London ini telah menarik lebih dari satu juta pengunjung setiap tahunnya. Daya tarik dari Abbey Westminster antara lain adalah 600 tugu peringatan di Nave, termasuk Makam Prajurit Tak Dikenal; Poet's Corner di Transepts, dengan tugu peringatannya untuk orang-orang seperti Shakespeare, Chaucer, dan Dickens; Museum Biara Westminster; dan taman yang menarik.

5 dari 6 halaman

10. Millennium Bridge dan Tate Modern

Berkunjung ke London tak hanya sekadar menyaksikan London Bridge dan London Eye. Kamu juga bisa mengunjungi Tate Modern, sebuah museum nasional seni modern dan kontemporer di Inggris. Di museum ini kamu bisa melihat karya luar biasa secara gratis oleh seniman seperti Cézanne, Bonnard, Matisse, Picasso, Rothko, DalÍ, Pollock, Warhol dan Bourgeois.

Museum ini berada di pinggir sungai Thames, dihubungkan dengan Millennium Bridge. Millennium Bridge juga menjadi tempat yang banyak dikunjungi wisatawan selain Tower Bridge.

11. Royal Museums Greenwich

Royal Museums Greenwich memiliki koleksi empat atraksi kelas dunia luar biasa dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Royal Museums Greenwich terdiri dari Royal Observatory Greenwich, kapal layar Cutty Sark yang ikonik, Museum Bahari Nasional, dan galeri seni Queen's House.

12. Hyde Park

Hyde Park London adalah salah satu taman kota terbesar di dunia. Taman ini memiliki luas 142 hektar dengan lebih dari 4.000 pohon, danau besar, padang rumput, dan taman bunga.

Di Hyde Park kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berperahu, bersepeda, dan skating. Tempat wisata di London ini adalah rumah bagi sejumlah bangunan dan monumen yang menarik, seperti Jembatan Serpentine, air mancur Joy of Life dan patung Achilles yang terkenal.

6 dari 6 halaman

13. Hampstead Heath

Hampstead Heath adalah salah satu ruang hijau paling disukai di London. Hampstead Heath merupakan kawasan hijau London kuno dengan luas 320 hektar.

Tempat wisata di London ini merupakan titik tertinggi yang ada di London. Di sini kamu bisa menikmati Parliament Hill, Golders Hill Park, lido, kolam renang, kolam splash, bukit, padang rumput, hutan, lapangan olahraga dan fasilitas yang tak terhitung jumlahnya.

14. Camden Market

Camden Market atau Camden Town menawarkan perpaduan eklektik pasar, kuliner, dan tempat live music. Camden Town telah menjadi area perumahan sejak 1790-an. Tempat ini kemudian menjadi salah satu wisata di London Inggris yang cukup populer.

Ada sekitar 200 kios yang berdiri di Camden Market. Di sini kamu bisa menemukan ragam aksesori, oleh-oleh, pakaian, kuliner, hingga menyaksikan live music.

15. West End

West End London adalah wisata di London yang memiliki daya tarik budaya, hiburan, belanja, dan kuliner terbaik di dunia. Di sini kamu akan menikmati perpaduan global lebih dari 2.500 restoran dan bar, 2.000 toko, 40 teater terkenal, 30 museum dan galeri, 17 restoran berbintang Michelin dan tujuh ruang hijau yang tenang.

Kunjungi West End London untuk menemukan daerah perbelanjaan terkenal di dunia, termasuk Oxford Street, Bond Street dan Regent Street. Di sini kamu juga bisa menyaksikan rangkaian pertunjukan teater West End yang spektakuler, seperti The Lion King dan Phantom of the Opera hingga The Book of Mormon.

16. Brixton

Brixton merupakan salah satu daerah yang paling sering dikunjungi di London. Tempat wisata di London ini dipenuhi dengan restoran dan tempat musik. Di Brixton kamu bisa menyaksikan Lambeth Country Show yang diadakan setiap musim panas, menjelajahi sejarah pengaruh komunitas kulit hitam Inggris, mengunjungi bioskop Ritzy Picture House, menikmati kuliner, dan menikmati suasana malam yang gemerlap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.