Sukses

Manfaat Vitamin B Kompleks yang Bagus dan Dosis Tepat Konsumsinya

Manfaat vitamin B kompleks paling penting adalah mampu melancarkan fungsi seluler tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Ada segudang manfaat vitamin B kompleks yang bagus dan perlu diketahui. Vitamin B komplek umumnya terdiri dari delapan vitamin yang bisa larut dalam air. Vitamin B kompleks apa saja?

Vitamin B kompleks terdiri dari tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B6), biotin, asam folat, dan kobalamin (vitamin B12).

Para ahli mengungkap manfaat vitamin B kompleks yang bagus adalah melancarkan fungsi seluler tubuh manusia. Mulai dari melancarkan metabolisme hingga memaksimalkan produksi energi.

Manfaat vitamin B kompleks pun dipercaya mampu mempertahankan fungsi otak, mencegah kanker, serta mengatasi stres dan kelelahan kronis. Agar lebih memahami, simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang manfaat vitamin B komplek dan dosis tepat konsumsinya, Kamis (17/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin B Kompleks yang Bagus

Vitamin B komplek umumnya terdiri dari delapan vitamin yang bisa larut dalam air. Mereka vitamin B kompleks melakukan peranan penting untuk melancarkan fungsi seluler tubuh manusia.

Manusia tidak bisa memproduksi vitamin B kompleks sendiri dari dalam tubuhnya. Vitamin B kompleks umumnya bisa ditemukan diberbagai jenis makanan. Mulai dari buah, sayur, daging, dan sumber makanan hewani lainnya.

Vitamin B kompleks sepenting itu bagi penunjang kehidupan manusia. Apa sebenarnya manfaat vitamin B kompleks yang bagus? Ini penjelasan manfaat vitamin B kompleks melansir dari WebMD:

1. Fungsi Otak Sehat

Memiliki fungsi otak yang sehat bisa didapat dari manfaat vitamin B kompleks. Jumlah vitamin B yang cukup dalam tubuh sangat penting untuk fungsi fisiologis dan neurologis yang optimal.

Adanya manfaat vitamin B kompleks ini, didukung dengan beberapa data yang menunjukkan vitamin B6 khususnya dapat berperan dalam pencegahan gangguan neurologis Penyakit Parkinson.

2. Pencegahan Kanker

Manfaat vitamin B kompleks adalah mampu mencegah kanker atau berbagai jenis penyakit kanker. Beberapa penelitian menunjukkan, mendapatkan asupan vitamin B yang tepat dalam tubuh dapat membantu melawan perkembangan pertumbuhan kanker.

Tidak hanya itu, vitamin B atau manfaat vitamin B kompleks telah dikaitkan dengan penurunan risiko melanoma kanker kulit pada khususnya.

3. Stres dan Kelelahan Kronis

Bagi seseorang yang sedang mencari cara untuk mengatasi stres, suplemen vitamin B kompleks dapat membantu. Manfaat vitamin B kompleks adalah mampu mengatasi stres dan kelelahan kronis.

Adanya manfaat vitamin B kompleks ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan vitamin B secara signifikan dapat bermanfaat bagi suasana hati dan mengurangi respons fisiologis terhadap stres.

Seseorang dengan Sindrom Kelelahan Kronis (CFS), manfaat vitamin B kompleks dapat membantu mengurangi keparahan gejala sebagai bagian dari pendekatan nutrisi untuk pengobatan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin B Kompleks sesuai Jenisnya

Vitamin B kompleks artinya terdiri dari berbagai jenis vitamin B. Mereka berbagai jenis vitamin B memiliki karakteristik yang berbeda-beda, begitu pula manfaatnya.

Manfaat vitamin B berbeda-beda, tetapi semuanya sangat baik dan bagus untuk kesehatan. Agar bisa memperoleh manfaat vitamin B kompleks yang bagus, konsumsilah dengan dosis yang tepat.

Dosis konsumsi vitamin B kompleks antara laki-laki dan perempuan berbeda, perhatikan tabel di atas. Kemudian, simak manfaat vitamin B kompleks sesuai jenisnya melansir dari Health Line berikut ini:

1. B1 (Tiamin)

Manfaat vitamin B1 tiamin adalah sangat berperan penting dalam metabolisme dengan membantu mengubah nutrisi menjadi energi. Sumber makanan terkaya termasuk daging babi, biji bunga matahari, dan bibit gandum.

2. B2 (Riboflavin)

Manfaat vitamin B2 riboflavin adalah sangat membantu mengubah makanan menjadi energi dan bertindak sebagai antioksidan. Makanan yang mengandung riboflavin dengan manfaat vitamin B kompleks tertinggi adalah ada pada jeroan, daging sapi, dan jamur.

3. B3 (Niasin)

Manfaat vitamin B3 niasin adalah berperan dalam pensinyalan seluler, metabolisme, dan produksi dan perbaikan DNA. Sumber makanan vitamin B3 termasuk ayam, tuna, dan lentil.

4. B5 (Asam Pantotenat)

Manfaat vitamin B5 asam pantotenat adalah membantu tubuh mendapatkan energi dari makanan dan terlibat dalam produksi hormon dan kolesterol. Sumber makanan dengan manfaat vitamin B kompleks ini berupa hati, ikan, yogurt, dan alpukat.

5. B6 (Piridoksin)

Manfaat vitamin B6 piridoksin adalah berperan sangat penting dalam metabolisme asam amino, produksi sel darah merah, dan pembentukan neurotransmiter. Makanan dengan kandungan vitamin B6 tertinggi ada pada buncis, salmon, dan kentang.

6. B7 (Biotin)

Manfaat vitamin B7 biotin adalah sangat penting untuk metabolisme karbohidrat dan lemak, begitu pula mengatur ekspresi gen. Sumber makanan dengan manfaat vitamin B kompleks ini, ada ragi, telur, salmon, keju, dan hati.

7. B9 (Folat)

Manfaat vitamin B9 folat adalah sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan sel, metabolisme asam amino, pembentukan sel darah merah dan putih, dan pembelahan sel yang normal. Sumber vitamin B9 ada pada sayuran hijau, hati, dan kacang-kacangan atau suplemen dalam bentuk asam folat.

8. B12 (Kobalamin)

Manfaat vitamin B12 kobalamin adalah sangat penting untuk fungsi neurologis, produksi DNA, dan perkembangan sel darah merah. Sumber makanan dengan manfaat vitamin B kompleks ini bisa ditemukan secara alami pada sumber hewani seperti daging, telur, makanan laut, dan produk susu.

4 dari 4 halaman

Bahaya Overdosis Vitamin B Kompleks

Overdosis atau kelebihan konsumsi vitamin B kompleks tidak boleh dianggap sepele. Ikuti aturan tepat konsumsinya agar efek negatif dari vitamin tidak mengintai.

Ini penjelasan WebMD mengenai bahaya overdosis vitamin B kompleks:

1. Neuropati Perifer

Masalah neuropati perifer bisa timbul karena overdosis vitamin B kompleks. B kompleks mengandung vitamin B6, dan overdosis vitamin ini (200 mg atau lebih per hari) dapat menyebabkan mati rasa pada lengan dan kaki.

Meski demikian, ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang begitu seseorang berhenti mengonsumsi vitamin, tetapi dalam beberapa kasus efeknya bisa permanen.

2. Kerusakan Hati

Kelebihan vitamin B kompleks pun berisiko mengalami kerusakan hati. Ini karena vitamin B kompleks ada niasin (vitamin B3). Dalam dosis tinggi, niasin dapat menyebabkan kemerahan pada kulit.

Jika seseorang tetap mengonsumsi niasi dengan dosis tinggi dalam jangka waktu lama, niasin dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

3. Kanker Paru-Paru

Secara khusus, ada bukti yang menunjukkan vitamin B kompleks meningkatkan risiko kanker paru-paru. Bukti menunjukkan vitamin B kompleks dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya kanker paru-paru bagi pria yang merokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.