Sukses

Cara Membuat Lampu Tidur dari Barang Bekas, Mudah dan Sederhana

Cara membuat lampu tidur yang mudah, bisa menggunakan stik es krim, botol bekas hingga kardus.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat lampu tidur dari barang bekas, tidak hanya menghemat pengeluaran namun membantu Anda bisa berkreasi semenarik mungkin. Dengan menggunakan bahan yang ada, Anda bisa bebas menentukan jenis dan model lampu seperti apa yang Anda inginkan.

Cara membuat lampu tidur dari bahan bekas juga bisa menjadi ide untuk jualan, salah satunya dengan memanfaatkan kreativitas yang Anda miliki. Sebelum berkreasi, maka ada beberapa alat dan bahan yang bisa disiapkan dan mudah ditemukan. Salah satunya kertas HVS, lem tembak, gunting, lakban, stik es krim, kardus, dan juga botol bekas.

Selain sederhana, cara membuat lampu tidur dari barang bekas juga mudah untuk dilakukan, di mana Anda tinggal mengikuti setiap langkah yang diinstruksikan. Membuat lampu dari barang bekas akan lebih indah dan unik, karena Anda bisa merancangnya sesuai dengan keinginan. 

Berikut ini cara membuat lampu tidur dari barang bekas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/11/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alat dan Bahan Membuat Lampu Tidur

Sebelum mengetahui cara membuat lampu tidur dari barang bekas seperti kardus, botol  dan stik es krim, maka ada beberapa alat dan bahan yang diperlukan:

1. Lampu dari kardus

- Kardus bekas berbentuk kotak

- Spidol hitam (opsional) dan lakban

- Penggaris, pulpen dan kertas HVS

- Lem tembak (opsional), lakban dan pisau cutter

- Gunting, kabel dan lampu led kecil

2. Lampu dari botol bekas 

- Botol bekas yang tidak terpakai otol yang nggak terpakai

- Lampu led dan rangkaiannya

- Kap lampu hias

- Siapkan juga bor

3. Lampu dari stik es krim

- Siapkan cutter atau gunting

- lampu dan kabel

- Lem tembak (opsional)

- Kertas minya dan colokan listrik

 

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Lampu Tidur (Kardus Bekas)

Terdapat beberapa cara membuat lampu tidur dari barang bekas, setelah semua alat dan bahan sudah dipersiapkan dengan baik.

- Cara membuat lampu tidur yang pertama bisa Anda lakukan adalah menggunting bagian penutup atas pada kardus bekas, dengan mengikuti garis pola potong sekitar 1 cm dari pinggir kotak kardus. Setelah enam sisi terpotong semua, maka Anda bisa mewarnai semua sisinya dengan spidol hitam atau opsional sesuai keinginan Anda.

- Setelah memotong, maka cara membuat lampu tidur selanjutnya adalah buat alasnya. Anda bisa lem tiap sudut jepit dengan jepitan baju sampai berbentuk kekotakan, ukur kotak kardus lampu ke kaki kotak dan buat tanda.

- Langkah selanjutnya adalah membuat penahan box lampu, agar tidak lepas untuk ditempel di kotak kaki. Anda bisa mengikatnya dengan lakban, kemudian rekatkan menurut pola yang telah dibuat. Anda harus berhati-hati ketika melakukan langkah ini, dan pastikan penahan lampu diletakan di tengah kardus agar lebih aman. 

- Langkah berikutnya, Anda bisa memotong kotak kertas HVS, dan sesuaikan ke dalam box lampu, setelah itu lem bagian dalam box dan rekatkan HVS pada bagian dalam. Tutup semua pakai HVS kecuali bagian bawah tempat masuk lampu.

- Cara membuat lampu tidur selanjutnya, Anda bisa memotong lingkaran kecil di tengah, kemudian warnai kaki lampu dengan spidol sesuai dengan selera, masukkan kabel dan gunakan lem tembak untuk menempelkan dudukan lampu di kaki kardus. Rekatkan dudukan lampu pastikan kabel aman jika tertarik-tarik, pasang lampu dengan warna yang kamu suka. 

- Setelah itu, tutup bagian atas kotak dan nyalakan lampu di tempat gelap dan kamu akan melihat hasilnya yang memukau. Dengan cara ini maka Anda bisa menghemat pengeluaran, dan mendapatkan kenyamanan saat tidur. 

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Lampu Tidur (Stik Es Krim)

Cara membuat lampu tidur selain dari kardus bekas, Anda juga bisa menggunakan stik es krim bekas atau yang baru untuk membuat kreasi lampu tidur. Terdapat beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

- Cara membuat lampu tidur yang mudah, adalah dengan memotong stik es krim menjadi dua bagian, lalu Anda bisa membuat stik es krim menjadi segi delapan, dengan tiga susunan.

- Langkah selanjutnya buat dua bagian atas dan bawah, dengan mengambil 18 stik es krim dan ambil dua stik lalu potong menjadi dua.

- Setelah itu, Anda bisa sambungkan stik es krim dengan menempelkan stik setengah tadi di dua stik yang utuh, lalu ambil lagi 4 stik dengan menempelkannya seperti persegi.

- Setelah dikaitkan, maka Anda bisa membuat 5 stik dan tempelkan dengan satu sama lain. Buatlah papan untuk alas rumah lampu, juga buat kuncinya untuk menjaga agar rumah lampunya tidak jatuh.

- Setelah itu, Anda bisa memasang kabel ke rumah lampu dan kepala stop contak, dan tempelkan dengan kertas minyak berwarna.

- Setelah semua langkah telah dilakukan, maka lampu tidur dari stik es krim sudah bisa Anda gunakan. 

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Lampu Tidur (Botol Bekas)

Selain kardus dan stik es krim, Anda bisa memanfaatkan botol bekas untuk membuat lampu tidur. Lampu dari botol, bisa kamu sandarkan di tembok pada ketinggian tertentu. Berikut ini beberapa cara membuat lampu tidur dari botol bekas, diantaranya:

- Langkah pertama membuat lampu tidur sederhana dari botol bekas, yaitu dengan bor bagian bawah botol untuk celah kabel.

- Sebelum bor botol yang digunakan, maka tempatkan botol di atas handuk, atau sesuatu yang memiliki alas lembut. Ketika melakukan proses pengobran, pastikan untuk mendinginkan gelas setiap 2 menit sekali.

- Langkah selanjutnya, Anda bisa memasukkan kabel melalui lubang yang telah dibuat dengan bor, dan  tempatkan lampu di bagian kap.

- Setelah itu, tempatkan atau letakan lampu pada posisi yang nyaman sesuai selera, dan Anda bisa nyalakan lampu tidur untuk menemani malam Anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.