Sukses

12 Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut Secara Alami, Perhatikan Asupan Protein

Saat ini laki-laki pun banyak yang mencari cara mempercepat pertumbuhan rambut agar memiliki rambut panjang yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut panjang dan lebat memang menjadi dambaan banyak orang. Tren yang mulai bergeser menyebabkan tidak  hanya perempuan yang ingin memiliki rambut panjang. Saat ini laki-laki pun banyak yang mencari cara mempercepat pertumbuhan rambut agar memiliki rambut panjang yang sehat. 

Sayangnya, proses memanjangkan rambut kerap kali memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan. Sebetulnya ada beberapa upaya yang dapat dilakukan sebagai cara mempercepat pertumbuhan rambut. Mulai dari mengonsumsi makanan mengandung nutrisi yang baik untuk rambut, sampai melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami.

Kendala utama yang sering dihadapi saat proses memanjangkan rambut adalah rambut rontok, kering, dan bercabang. Hal tersebut cukup menghambat proses pertumbuhan rambut, bahkan rambut jadi harus terus dipotong karena banyaknya helai rambut yang lepas dari kulit kepala. Berikut cara mempercepat pertumbuhan rambut yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut Secara Alami

1. Rutin Mencuci Rambut

Kotoran yang menumpuk di kulit kepala dapat menghalangi pertumbuhan rambut. Selain itu, kulit rambut yang kotor menghalangi penyerapan nutrisi yang diberukan dari luar. Untuk itu cucilah rambut 2 atau 3 kali sehari agar rambut bersih dan sehat sehingga dapat tumbuh dengan lebih cepat. 

Pilih sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut. Gunakan kondisioner setelah keramas untuk memberi nutrisi tambahan ke batang rambut rambut. Kondisioner akan membuat rambut menjadi lembab dan sehat.

2. Gunakan Air Dingin saat Keramas 

Mencuci rambut menggunakan air dingin akan melindungi kutikula rambut. Keramas dengan air dingin  mencegah terjadinya kerusakan rambut akibat terkikisnya kadar alami minyak pada kulit kepala.

3. Beri Pijatan di Area Kulit Kepala

Cara mempercepat pertumbuhan rambut selanjutnya adalah memijat kulit kepala. Pijatan di kulit kepala akan memperlancar peredaran darah di kepala, dengan begitu darah dapat menghantarkan nutrisi yang diperlukan oleh rambut lebih banyak. Nutrisi tersebut akan mendukung pertumbuhan rambut lebih cepat.

4. Penuhi Kebutuhan Protein

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan untuk mendapatkan rambut yang panjang. Karena zat ini dapat membantu dan mempercepat produksi keratin. Keratin berfungsi membentuk dan melindungi bagian-bagian tersebut. Mencukupi kebutuhan protein harian tubuh dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat. Zat ini juga memengaruhi jenis rambut, apakah lurus, bergelombang, atau keriting.

3 dari 4 halaman

Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut Secara Alami

5. Istirahat Cukup

Memiliki jam istirahat yang cukup dapat membantu cara mempercepat pertumbuhan rambut. Saat tidur tubuh akan meregenerasi sel baru, termasuk sel-sel yang berkaitan dengan pertumbuhan rambut. 

Tidak hanya membantu proses memanjangkan rambut secara alami, istirahat yang cukup juga baik untuk kesehatan tubuhmu dan menghindarkan stres. Penyakit dan stress adalah salah satu penyebab rambut rontok. 

6. Hindari Membungkus dan Menyisir Rambut saat Masih Basah

Pada saat rambut masih basah, rambut cenderung lebih rapuh dan rentan terlepas dari kulit kepala. Sehingga rambut lebih rentan rusak saat  basah dibanding ketika keadaan kering. Jika ingin memiliki rambut yang panjang dan tebal sebaiknya hindari menyisir rambut dan membungkusnya dengan handuk saat masih basah untuk meminimalisir kemungkinan rambut menjadi rusak serta rontok dan tentunya jadi cepat panjang.

7. Potong Sedikit Ujung Rambut

Memotong sedikit bagian ujung rambut atau trimming menjadi salah satu cara mempercepat pertumbuhan rambut. Cara ini bertujuan mengurangi rambut yang bercabang dan membuat rambut tampak lebih sehat. Trimming dapat dilakukan 2 bulan sekali dengan memotong kurang lebih 2 sentimeter ujung rambut. Nutrisi yang diterima oleh rambut juga akan lebih terserap maksimal setelah di-trimming. 

8. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Ikatan rambut yang terlalu kencang dapat membuat akar rambut terlepas dari kulit kepala. Selain itu ikatan yang terlalu kuat dapat menghambat distribusi nutrisi dari kulit kepala ke batang rambut. 

4 dari 4 halaman

Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut Secara Alami

9. Kurangi Penggunaan Alat Styling Rambut

Alat styling rambut memang merupakan senjata utama untuk menata rambut. Namun hawa panas yang ditimbulkan alat styling dapat merusak lapisan rambut dan membuat kondisi rambut menjadi tidak sehat. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan rambut, sebisa mungkin hindari penggunaan alat styling rambut terlalu sering agar rambut tetap sehat dan dapat tumbuh dengan cepat.

10. Mengkonsumsi Vitamin E

Vitamin E terbukti memiliki peran yang penting pada kesehatan kulit dan rambut. Vitamin E membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak, sehingga rambut menjadi lebih sehat. 

Vitamin E sebagai membantu meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh kepala. Dengan begitu nutrisi dapat sampai dan terserap ke akar rambut secara maksimal. Selain itu vitamin yang memiliki sifat larut air ini bekerja dengan menguatkan akar rambut, sehingga rambut kuat dan tidak mudah rontok atau patah dan dapat tumbuh dengan lebih cepat.

11. Mengoleskan Minyak Zaitun dan Kemiri ke Kulit Kepala

Minyak zaitun dan minyak kemiri memang sudah terkenal ampuh dalam cara mempercepat pertumbuhan rambut. Selain saat keramas, kamu bisa melakukan pemijatan kulit kepala sesaat sebelum tidur dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kemiri.

Cukup dengan meneteskan 5 tetes minyak zaitun atau minyak kemiri pada kulit kepala, kemudian pijat secara lembut selama 5-10 menit. Biarkan semalaman, lalu bilas hingga bersih pada saat mandi di pagi hari. Selain menyuburkan rambut, kedua minyak zaitun dan minyak kemiri juga dapat melembutkan rambut yang kering serta kusam, serta membuatnya terlihat lebih berkilau.

12. Masker Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya terbukti mampu menutrisi serta menyehatkan rambut. Lidah buaya sejak lama telah digunakan untuk mempercepat proses menumbuhkan rambut. Tidak heran banyak produsen produk perawatan rambut yang menggunakan gel tanaman  ini sebagai bahan dasar pembuatan produknya. 

Caranya dengan membalurkan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala dan batang rambut. Diamlah sekitar 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.