Sukses

Komputer adalah Perangkat Pengolah Data, Ketahui Jenis-Jenis dan Komponennya

Komputer adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil, dan memproses data.

Liputan6.com, Jakarta Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah informasi, atau data. Komputer adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil, dan memproses data.

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa Anda dapat menggunakan komputer untuk mengetik dokumen, mengirim email, bermain game, dan menjelajah Web. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengedit atau membuat spreadsheet, presentasi, dan bahkan video.

Komputer adalah istilah yang berasal dari kata dalam bahasa Inggris yakni "compute", yang berarti menghitung. Compute sendiri berasal dari kata dalam bahasa Latin, yakni "computare," yang berarti "aritmatika, akuntansi, hisab".

Itu karena di awal kemunculannya, komputer adalah perangkat keras yang digunakan secara eksklusif untuk pekerjaan yang berhubungan dengan aritmetika atau perhitungan. Namun perkembangan teknologi memungkinkan komputer dapat melakukan tugas di luar tugas aritmetika, termasuk mengedit foto, video, dan sebagainya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, komputer adalah perangkat keras yang memiliki kemampuan untuk mengolah data. Meski demikian, untuk dapat menjalankan fungsi-fungsi tersebut, komputer harus dilengkapi dengan program yang terpasang, atau yang disebut juga dengan software atau perangkat lunak.

Lalu apa itu hardware dan software? Berikut ulasannya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (18/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hardware dan Software

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, komputer keras (hardware) adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk mengolah data. Namun komputer tidak akan berfungsi jika tidak ada software atau perangkat lunak.

Hardware

Hardware (perangkat keras) adalah setiap bagian dari komputer Anda yang memiliki struktur fisik, seperti keyboard atau mouse. Contoh hardware komputer antara lain adalah sebagai berikut:

a. Perangkat input: Untuk memasukkan data mentah – Keyboard, Joystick, Scanner

b. Perangkat pemrosesan: Untuk memproses instruksi data mentah menjadi informasi. – Kartu Grafis, Prosesor

c. Perangkat output: Untuk menampilkan data dan informasi, seperti printer dan monitor.

d. Perangkat penyimpanan: Untuk menyimpan data dan informasi, seperti USB, Solid State Drive (SSD), Hard Disk (HDD), Server.

Software

Sedangkan software (perangkat lunak) adalah serangkaian instruksi yang memberi tahu perangkat keras apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Contoh perangkat lunak komputer antara lain sebagai berikut:

a. Web browser

b. Ms Word, Ms Excel, Power Point, dan sebagainya.

c. Game.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Komputer

Ketika mendengar kata komputer, pikiran kita pasti akan tertuju pada komputer desktop (PC) atau laptop. Namun, komputer tidak hanya terbatas pada dua perangkat itu saja. Perkembangan teknologi membuat komputer hadir dalam berbagai jenis dan bentuk. Berikut adalah jenis-jenis komputer yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari:

1. Komputer desktop

Banyak orang menggunakan komputer desktop di kantor, rumah, dan sekolah. Komputer desktop adalah komputer yang dirancang untuk diletakkan di atas meja, dan biasanya terdiri dari beberapa bagian berbeda, termasuk casing komputer, monitor, keyboard, dan mouse.

2. Komputer laptop

Jenis komputer kedua yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda adalah komputer laptop atau biasa disebut dengan laptop. Laptop adalah komputer bertenaga baterai yang lebih portabel daripada desktop. Dengan begitu, Laptop menjadi salah satu jenis komputer yang memungkinkan untuk digunakan di mana saja.

3. Komputer tablet

Komputer tablet atau yang sering disebut tablet saja adalah komputer genggam yang bahkan lebih portabel daripada laptop. Alih-alih memiliki keyboard dan mouse, tablet menggunakan layar sentuh yang sensitif untuk mengetik dan navigasi. IPad adalah contoh tablet.

4. Server

Server adalah komputer yang melayani informasi ke komputer lain di jaringan. Misalnya, kapan pun Anda menggunakan Internet, Anda melihat sesuatu yang tersimpan di server. Banyak bisnis juga menggunakan server file lokal untuk menyimpan dan berbagi file secara internal.

5. Jenis komputer lainnya

Selain jenis komputer yang telah disebutkan sebelumnya, sebenarnya hampir banyak perangkat yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya juga termasuk komputer. Berikut adalah beberapa contoh umum:

a. Smart Phone: Banyak ponsel dapat melakukan banyak hal yang dapat dilakukan komputer, termasuk menjelajahi Internet dan bermain game. Ponsel tersebut sering disebut smartphone.

b. Konsol game: Konsol game adalah jenis komputer khusus yang digunakan untuk memainkan video game di TV Anda.

c. TV: Banyak TV sekarang menyertakan aplikasi yang memungkinkan Anda mengakses berbagai jenis konten online. Misalnya, Anda dapat melakukan streaming video dari Internet langsung ke TV Anda.

4 dari 4 halaman

PC dan Mac

Komputer desktop hadir dalam dua gaya utama, yakni PC dan Mac. Secara umum keduanya memiliki fungsi yang sama, tetapi memiliki tampilan dan nuansa yang berbeda. Lalu apa perbedaan di antara keduanya? Berikut penjelasannya.

PC

Jenis komputer ini dimulai dengan IBM PC asli yang diperkenalkan pada tahun 1981. Perusahaan lain mulai membuat komputer serupa, yang disebut IBM PC Kompatibel (sering disingkat menjadi PC). Saat ini, PC adalah jenis komputer pribadi yang paling umum, dan biasanya mencakup sistem operasi Microsoft Windows.

Mac

Komputer Macintosh diperkenalkan pada tahun 1984, dan merupakan komputer pribadi pertama yang dijual secara luas dengan antarmuka pengguna grafis, atau GUI (diucapkan gooey). Semua Mac dibuat oleh satu perusahaan (Apple), dan hampir selalu menggunakan sistem operasi Mac OS X.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.