Sukses

20 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi, dari Pantai Hingga Sungai

Tempat wisata di Pangandaran terdiri dari pantai, sungai, gua, curug, dan bukit.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Pangandaran terkanal dengan keindahalan alamnya yang begitu memesona. Pangandaran terkenal dengan destinasi wisata berupa pantai dan sungai yang unik dan menawan. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Cukang Taneuh atau Green Canyon.

Wilayah Pangandaran berbatasan langsung dengan laut, sehingga daearh ini memiliki beragam destinasi pantai. Selain itu pesona sungai-sungainya menawarkan petualangan air yang seru dan menarik. Alam yang indah dan asri menjadi daya tarik utama wisata Pangandaran.

Tempat wisata di Pangandaran terdiri dari pantai, sungai, gua, curug, dan bukit. Destinasi alam Pangandaran memang begitu beragam, sehingga pencinta alam tidak akan kehabisan akal untuk berlibur.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/11/2022) tentang tempat wisata di Pangandaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangandaran Sungai

Cukang Taneuh (Green Canyon)

Salah satu tempat wisata di Pangandaran paling hits dan menjadi favorit banyak orang tentunya adalah Cukang Taneuh atau dikenal juga dengan Green Canyon. Cukang Taneuh dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Nama Green Canyon juga merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat.

Terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, kawasan wisata in berbentuk ngarai yang terjadi dari erosi tanah. Erosi ini akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan.

Green Valley Citumang 

Citumang adalah sebuah aliran sungai yang membelah hutan dengan debit aliran sedang yang menuju ke sebuah gua. Keindahan alam sekitar sungai begitu asri dengan tumbuhan hutan yang masih dapat dinikmati. Selain itu kejernihan air sungai Citumang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tempat wisata di Pangandaran ini menjadi kawasan body rafting dan arung jeram. Lokasi Sungai Citumang berada di komplek objek wisata Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Jebulan

Jebulan merupakan tempat wisata di Pangandaran yang memiliki pesona layaknya Cukang Taneuh. Namun, airnya lebih deras daripada Cukang Taneuh. Lokasinya berada di daerah Cigugur. Di sini kamu bisa mendapati pemandangan lembah dengan aliran sungai yang jernih. Lokasinya yang cukup terpencil membuat kamu harus benar-benar melakukan persiapan saat berkunjung.

Batu Lumpang Garden

Tempat wisata di Pangandaran berikutnya adalah Batu Lumpang Garden. Di aliran sungai ini kamu bisa melakukan aktivitas kayak dengan aliran sungainya yang seru. Pemandangan alam yang begitu menawan menambah keseruan liburan kamu.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangandaran Pantai

Pantai Pangandaran

Salah satu tempat wisata di Pangandaran yang paling utama harus dikunjungi tentunya adalah Pantai Pangandaran. Pantai ini mudah dijangkau dan memiliki keindahan yang tiada tara. Pantai Pangandaran yang terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran ini menawarkan banyak kegiatan dan fasilitas untuk wisatawan. Di antaranya adalah berenang, memancing, menyelam, perahu pesiar, jet ski, dan berkeliling dengan sepeda.

Pantai Pasir Putih 

Pemandangan alam dan nuansa khas Pantai Selatan yang eksotis begitu terasa di Pantai Pasir Putih ini. Pantainya yang berpasir putih dan kondisi air yang masih jernih membuat area ini cocok untuk beragam aktivitas, dari sekadar bersantai hingga snorkeling. Salah satu spot yang membuat pantai ini unik adalah adanya kapal karam di tengah-tengah laut tidak jauh dari pantai.

Pantai Madasari 

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah,Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Masyarakat sekitar menyebut pantai ini Bulak Benda. Salah satu ciri khas tempat wisata di Pangandaran ini adalah adanya pulau-pulai kecil di pinggir pantai.

Pulau-pulau tersebut terdiri atas enam pulau, yakni  Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai. Keenam pulau ini bisa jadi latar belakang foto yang instagramable. Selain buat hunting foto, aktivitas favorit wisatawan di sini adalah camping dan memancing.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangandaran Curug

Curug Jambe Anom 

Kawasan Curug Jambe ini dikelilingi tebing-tebing bebatuan yang ditumbuhi pepohonan. Suasana asri alam hutan sangat terasa di tempat wisata di Pangandaran ini. Pengunjung yang tertarik berenang, bisa langsung menuju ke kolam air terjun yang luasnya sekitar empat meter persegi.

Daerah di sekitar Curug Jambe juga memiliki potensi wisata lain, seperti bisa untuk body rafting, spot pemancingan, dan flying fox. Tempat wisata ini berada di Purbahayu, Pangandaran.

Curug Taringgul

Curug Taringgul terletak di Jalan Cibanten, Blok Ciawitali, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Daya tarik tempat wisata di Pangandaran ini adalah aliran sungainya yang berwarna hijau kebiruan serta air terjun yang mengairi sungai. Aktivitas favorit di Curug Taringgul ini adalah body rafting.

Curug Luhur

Tempat wisata di Pangandaran berikutnya adalah Curug Luhur, yang berada di wilayah Cimanggu, Langkaplancar. Curug Luhur menyajikan pemandangan air terjun bertingkat dengan debit air yang cukup deras. Pemandangan hijau di sekitar curug dan udara yang sejuk menambah kenyamanan kamu saat berlibur di air terjun ini.

Curug Grigis Bunton

Curug Grigis Bunton adalah salahs atu tempat wisata di Pangandaran yang menyimpan keindahan alam yang memesona, namun mungkin belum begitu terkenal. Apalagi, akses jalan ke curug ini masih belum bisa dilewati oleh kendaraan. Segala kesulitan untuk mencapainya akan terbayar tuntas saat kamu menikmati keindahan alamnya.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangandaran Pantai

Pantai Batu Karas 

Lokasi tempat wisata di Pangandaran ini berada di Jalan Batu Karas, Batukaras, Cijulang, Pangandaran. Pantai ini menawarkan  suasana yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat. Tak hanya sekadar bersantai menikmati cantiknya pemandangan, di pantai ini pengunjung juga bisa berselancar. Pantai ini bisa dibilang merupakan paduan pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran.

Pantai Karapyak 

Pantai Karapyak berada di Desa Bagolo, Pangandaran,Jawa Barat. Kondisi tempat wisata di Pangandaran pantai ini sangat sejuk, dipenuhi dengan banyak pohon-pohon rindang. Hamparan pasir putihnya memanjang lebih kurang 5 km dari bibir pantai. Batu karang menghujam ke atas sebagai rumah beberapa ikan dan kumang. Kondisi air laut yang sangat bening kehijauan sangat memungkinkan melihat pesona bawah laut dengan sangat jelas.

Pantai Batu Hiu 

Pantai Batu Hiu disebut demikian karena adanya sebuah batu karang di tengah laut yang menyembul layaknya sirip hiu. Tempat wisata di Pangandaran ini berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Pantai Batu Hiu memiliki sebuah batu karang besar yang sedikit menjorok ke laut. Tak heran, banyak wisatawan yang menyebutnya sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat. Berada di Kabupaten Pangandaran, Pantai Batu Hiu merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa jadi pilihan selain Pantai Barat dan Timur.

Letaknya cuma 14 Km dari pusat kota Pangandaran dan persis sebelum Green Canyon.  Selain itu, salah satu daya tarik Pantai Batu Hiu yang membuatnya terkenal adalah konservasi penyu. Selain melihat dan mendapat pengetahuan baru tentang penyu, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan penyu yang ada disana. Ukuran penyu beragam dari yang kecil sampai besar.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangandaran Gua

Goa Lanang Selasari

Goa Lanang Selasari terletak di desa Selasari Kecamatan Parigi, persisnya di Kabupaten Pangandaran. Tempat ini dapat ditempuh dari Pangandaran kurang lebih 1,5 jam. Dalam perjalanan ke sungai, kamu akan melihat pemadangan alam desa yang menawan dan unik yang menjadi bagian pengalaman dari paket body rafting. Di dalam gua sepanjang 360 meter, ini terdapat tempat yang menyerupai kerajaan kelelawar karena terdapat banyak kelelawar di dinding atas gua tersebut.

Gua Sinjang Lawang 

Gua Sinjang Lawang di wilayah Pangandaran akan menawarkan pengalaman baru berpetualang di perut bumi. Di dalam gua, wisatawan bisa menikmati ukiran alami bumi, dan juga eksotisme secercah cahaya matahari yang masuk dari atap gua. 

Gua ini berada di Dusun Parinengan, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkap Lancar, Kabupaten Pangandaran. Gua ini memiliki panjang 500 meter dan dilewati oleh aliran Sungai Cijulang. Gua ini memiliki lebar sekitar 65 meter dengan tinggi 60 meter. Untuk menuju tempat wisata di Pangandaran ini, pengunjung bisa menyusuri gua dengan mengikuti aliran sungai Cijulang.

Goa Sumur Mudal

Tempat wisata di Pangandaran lainnya yaitu Goa Sumur Mudal, yang merupakan bagian dari cagar alam Pangandaran. Tempat ini memiliki suasana alam yang terlihat asri dan sejuk, sehingga akan sangat cocok dijadikan tempat untuk menghilangkan penat. Goa ini memiliki stalaktit dan stalakmit, dan juga sebuah cekungan menyerupai sumur dan tersimpan mata air yang digunakan warga setempat.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Pangandaran Lainnya

Cagar Alam Pangandaran

Tempat wisata di Pangandaran ini merupakan kawasan konservasi wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani. Di sini terdapat goa-goa serta flora dan fauna seperti banteng, kera dan rusa.

Selain itu kita juga bisa menapaki jejak sejarah dengan mengunjungi berbagai peninggalan serta cagar budaya seperti situs Agama Hindu, Kerajaan Galuh dan Goa-goa peninggalan jaman penjajahan Jepang. Di tempat wisata ini, terdapat pula gua-gua alami yang bisa disusuri, seperti gua Panggung, gua Sumur Mudal, gua Paraf, gua Lanang, dan tentunya gua Jepang.

Jojogan Hill

Jojogan Hill merupakan tempat wisata di Pangandaran yang bisa kamu kunjungi. Pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk menjadi daya tarik utamanya. Di Jojogan Hill terdapat air terjun hingga perbukitan yang indah.

Pepedan Hills

Di Pepedan Hills ini pengunjung bisa menikmati panorama alam dari atas perbukitan Goa Nyiuran. Hijaunya alam dengan pepohonan yang rimbun menjadi salah satu pemandangan yang akan memanjakan pengunjung. 

Di wisata Pangandaran ini terdapat area untuk camping, outbond, hiking dan susur sungai. Pengunjunga juga bisa berfoto di atas bukit dengan latar pegunungan. Lebih asyik lagi, di Pepedan Hills ini kamu bisa menikmati sajian kuliner khas nasi liwet kampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.