Sukses

20 Cara Alami Memutihkan Kulit dengan Mudah, Aman Tanpa Efek Samping

cara alami memutihkan kulit yang mudah dan tanpa efek samping.

Liputan6.com, Jakarta Cara alami memutihkan kulit menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih bagi anda yang memiliki sejumlah kondisi kulit tertentu, seperti kulit sensitif dan berminyak. Selain mampu memutihkan kulit, cara alami memutihkan kulit juga tanpa efek samping karena menggunakan berbagai bahan alami.

Penerapan cara alami memutihkan kulit juga terbilang sangat mudah, yang perlu anda perhatikan adalah konsistensi dalam melakukan perawatan secara teratur. Selain itu bahan-bahan dasarnya pun dapat ditemui dengan mudah, seperti kunyit dan juga apel.

Cara alami memutihkan kulit juga lebih direkomendasikan karena perawatan ini tidak memerlukan biaya yang besar karena menggunakan bahan-bahan alami yang mudah, atau bahkan bisa didapatkan dengan gratis di sekitar rumah. 

Lalu bagaimana cara alami memutihkan kulit? Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (21/11/2022). Tentang cara alami memutihkan kulit yang mudah dan tanpa efek samping.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Alami Memutihkan Kulit dengan Mudah

1. Lidah Buaya

Cara alami memutihkan kulit yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Perawatan wajah rumahan berbahan dasar Lidah Buaya dapat menghilangkan kerusakan akibat sinar matahari, iritasi kulit, dan meratakan warna kulit untuk memberi anda kulit lembut bercahaya.

Cara: Oleskan 2 sendok teh gel lidah buaya pada kulit anda. Pijat sebentar lalu bersihkan.

Frekuensi: Gunakan dua kali seminggu.

 

2. Masker lemon

Cara alami memutihkan kulit yang kedua adalah dengan menggunakan masker lemon. Menggunakan lemon untuk memutihkan kulit sangat efektif. Hal ini karena kehadiran Vitamin C membantu mengurangi bintik hitam, pigmentasi dan penyamakan.

Cara: Ambil 1 sendok makan jus lemon dan encerkan dengan 2 sendok makan air. Dengan bantuan bola kapas, oleskan pada kulit anda dan bersihkan setelah 15 menit.

Frekuensi: Terapkan seminggu sekali

 

3. Tepung gram dan dadih

Campuran tepung gram dan dadih adalah salah satu perawatan kulit rumahan pemutih kulit yang paling efektif. Dadih memiliki asam laktat untuk menjaga kulit anda lebih cerah dan bersih. Tepung Gram memiliki bahan-bahan untuk menjaga kulit tetap bersinar dan lembut.

Cara: Ambil 1 sendok makan tepung gram dan 1 sendok makan dadih. Campur bersama dan oleskan pada kulit anda. Cuci bersih setelah 30 menit dengan air dingin.

Frekuensi: Gunakan seminggu sekali.

 

4. Yoghurt

Cara alami memutihkan kulit yang selanjutnya adalah dengan menggunakan yoghurt. Yoghurt tidak hanya mencerahkan kulit tetapi juga membuatnya lembut dan kenyal. Yogurt mengandung asam laktat yang membantu mencerahkan kulit secara alami.

Cara: Oleskan satu sendok makan Yogurt pada kulit anda dan bersihkan setelah 15 menit.

Frekuensi: Terapkan seminggu sekali

3 dari 6 halaman

Cara Alami Memutihkan Kulit dengan Mudah

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu pengobatan rumah paling efektif untuk kulit putih. Kunyit memiliki Cucurmin yang akan memudarkan bintik hitam dan penyamakan serta menjaga kesehatan kulit anda.

Cara: Campurkan setengah sendok teh kunyit dengan 1 sendok makan dadih. Oleskan pada kulit anda dan bersihkan setelah 30 menit.

Frekuensi: Terapkan seminggu sekali.

 

6. Apel

Cara alami memutihkan kulit yang berikutnya adalah apel. Apel memiliki khasiat untuk melindungi kulit anda dari sinar UVB dan mencerahkan bintik-bintik gelap dan penyamakan. Ini akan mengencangkan kulit anda dan membuatnya tetap sehat.

Cara: Ambil setengah buah apel dan potong kecil-kecil. Giling apel sampai membentuk pasta dan oleskan pada kulit anda. Cuci bersih setelah 30 menit.

Frekuensi: Terapkan seminggu sekali.

 

7. Kayu cendana

Membuat paket wajah cendana berfungsi tidak hanya untuk mencerahkan kulit tetapi juga untuk melawan jerawat dan lingkaran hitam. Cendana adalah bahan alami yang membuat kulit Anda lembut, sehat dan cantik.

Cara: Campurkan 2 sendok teh bubuk cendana dengan 1 sendok teh susu. Oleskan pada kulit anda dan bersihkan setelah 20 menit.

Frekuensi: Terapkan seminggu sekali.

 

8. Kulit pisang

Cara alami memutihkan kulit yang berikutnya adalah kulit pisang. Masker berbasis kulit pisang ini sangat cocok untuk memutihkan kulit. Pisang memiliki anti-oksidan dan potasium untuk menjaga kulit tetap bersinar dan sehat.

Cara: Gosok kulit anda dengan bagian dalam kulit pisang dan cuci bersih setelah 10 menit.

Frekuensi: Terapkan dua kali seminggu.

4 dari 6 halaman

Cara Alami Memutihkan Kulit dengan Mudah

9. Jus jeruk

Jika anda ingin mengetahui cara memutihkan kulit dengan cepat maka jus jeruk adalah pengobatan rumahan yang sempurna karena mulai menunjukkan efeknya dalam 3-4 hari. Alasan kerjanya adalah jeruk mengandung vitamin C, Vitamin A bersama dengan bahan lain yang mencerahkan kulit secara alami.

Cara: Ambil 2 sendok makan jus jeruk dan dinginkan di lemari es selama 3 jam. Dengan bantuan bola kapas, oleskan pada wajah anda dan bersihkan setelah satu jam.

Frekuensi: Lakukan setiap seminggu sekali.

 

10. Stroberi

Cara alami memutihkan kulit yang berikutnya adalah dengan menggunakan stroberi. Obat rumahan pencerah kulit ini berfungsi karena stroberi kaya akan vitamin C yang menjaga kulit tetap cerah dan sehat.

Cara: Ambil 4 buah stroberi dan haluskan hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit anda dan bersihkan setelah 30 menit.

Frekuensi: Terapkan seminggu sekali.

 

11. Tepung beras

Tepung beras menjadi bahan dasar lain yang digunakan dalam cara alami memutihkan kulit. Perawatn ini efektif untuk memutihkan kulit, ini berfungsi karena tepung beras memiliki antioksidan dan mineral yang memberikan kilau sehat pada kulit anda.

Cara: Campurkan 1 sendok makan tepung beras dan 1 sendok makan santan. Oleskan pada kulit anda dan bersihkan setelah 20 menit.

Frekuensi: Gunakan masker seminggu sekali.

 

12. Air beras

Cara alami memutihkan kulit yang berikutnya adalah dengan menggunakan dengan menggunakan air rendaman beras. Air beras memiliki vitamin dan asam amino untuk menjaga kulit tetap bersih dan kenyal.

Cara: Ambil air beras dan percikkan ke wajah anda setiap pagi.

Frekuensi: Terapkan setiap pagi.

 

5 dari 6 halaman

Cara Alami Memutihkan Kulit dengan Mudah

13. Mentimun

Cara alami memutihkan kulit yang berikutnya adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun akan mencerahkan kulit anda dan memiliki sifat menenangkan untuk menjaga kulit anda tetap lembut dan sehat.

Cara: Giling 1 mentimun dan oleskan pada kulit anda. Cuci bersih setelah 45 menit.

Frekuensi: Gunakan dua kali seminggu.

 

14. Bubuk licorice (mulethi)

Cara alami memutihkan kulit yang selanjutnya adalah dengan bubuk licorice atau yang juga dikenal dengan nama mulethi. Mulethi telah digunakan sejak lama untuk perawatan kulit. Ini mencerahkan kulit dan mengobati tanda gelap pada kulit secara efektif.

Cara: Campurkan 1 sendok makan bubuk licorice dengan setengah sendok makan air. Oleskan pada kulit anda dan bersihkan setelah 30 menit.

Frekuensi: Gunakan seminggu sekali.

  

15. Kentang

Cara alami memutihkan kulit yang selanjutnya adalah dengan kentang. Kentang membantu mencerahkan kulit secara alami dan mengandung vitamin A, B, dan C untuk memberikan kulit yang bercahaya dan bebas noda.

Cara: Ambil dua potong kentang dan gosokkan pada kulit. Cuci bersih setelah 30 menit.

Frekuensi: Gunakan satu sampai dua kali seminggu.

 

16. Lulur soda kue

Cara alami memutihkan kulit yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lulur soda kue. Soda kue akan mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih cerah. Ini juga akan mencegah noda.

Cara: Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air. Gosokkan pada kulit anda dengan gerakan melingkar, lalu bersihkan.

Frekuensi: Gunakan scrub ini dua kali seminggu.

 

6 dari 6 halaman

Cara Alami Memutihkan Kulit dengan Mudah

17. Lulur kopi

Cara alami memutihkan kulit yang berikutnya adalah dengan kopi. Kopi merangsang sirkulasi darah untuk menjaga kulit anda tetap sehat secara alami. Ini memudar bekas jerawat, bintik hitam dan menghilangkan hiperpigmentasi.

Cara: Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan setengah sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada kulit anda dengan gerakan memutar dan bersihkan setelah 10 menit.

Frekuensi: Gunakan scrub ini dua kali seminggu.

 

18. Lulur gula

Cara alami memutihkan kulit yang selanjutnya adalah dengan gula. Lulur gula memiliki butiran berukuran sempurna untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga kulit tetap cerah. Madu akan melembutkan kulit anda dan mengurangi noda.

Cara: Campurkan 1 sendok makan gula pasir dengan 1 sendok makan madu. Gosokkan pada kulit anda dengan gerakan melingkar dan bersihkan setelah 10 menit.

Frekuensi: Gunakan scrub ini dua kali seminggu.

 

19. Pepaya

Cara alami memutihkan kulit yang selanjutnya adalah dengan menggunakan buah pepaya. Dikenal sebagai bahan untuk perawatan kulit sejak jaman dahulu, pepaya memiliki sifat pengelupasan dan enzim untuk menjaga kulit tetap cerah.

Cara: Ambil beberapa iris pepaya dan haluskan hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit anda dan bersihkan setelah 30 menit.

Frekuensi: Terapkan ini dua kali seminggu.

  

20. Tomat

Cara alami memutihkan kulit yang terakhir adalah dengan tomat. Tomat memiliki kandungan vitamin A, C dan K yang dapat membuat kulit bercahaya secara alami. Ini akan menghilangkan noda dan penyamakan.

Cara: Potong tomat dan ambil ampasnya. Oleskan pada kulit dan bersihkan setelah 30 menit.

Frekuensi: Terapkan ini dua kali seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.