Sukses

Marketplace Adalah Perantara Jual Beli, Ketahui Kelebihan dan Manfaatnya dalam Bisnis

Marketplace adalah salah satu perantara jual beli yang dilakukan oleh vendor, ke basis pelanggan yang dikuratori

Liputan6.com, Jakarta Marketplace adalah salah satu media atau sarana, yang memungkinkan berbagai produsen berkumpul untuk menjual produk atau layanan mereka ke basis pelanggan yang dikuratori. Di marketplace, penjual memiliki tempat untuk mendapatkan akses dan kemudahan ketika ingin menjual produk mereka. Marketplace juga menyediakan berbagai fasilitas seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori, dan fitur yang lainnya.

Marketplace adalah salah satu perantara jual beli, yang memungkinkan setiap orang bisa melakukan aktivitas jual beli dengan memanfaatkan website e-commerce, karena memiliki berbagai fitur dan kemudahan dalam sisi penggunaan dan efektivitas dalam memperoleh sebuah produk atau jasa.

Marketplace adalah bagian penting yang dibutuhkan sebuah perusahaan untuk menjalankan bisnis, yang merujuk kepada platform e-commerce. Hal ini bisa Anda lihat, di mana marketplace di Indonesia merupakan salah satu media penggerak ekonomi nasional di era globalisasi. Banyak orang memanfaatkan kemudahan teknologi yang ada, dalam melakukan aktivitas jual-beli di marketplace. 

Berikut ini kelebihan dan manfaat marketplace yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/11/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Marketplace

Marketplace adalah salah satu media online yang berbasis internet, di mana tersedia tempat untuk melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dengan mudah mencari supplier sebanyak mungkin, sesuai  dengan kriteria yang diinginkan, dengan tujuan untuk memperoleh sesuai harga pasar. Marketplace adalah model E-Business yang berhubungan dengan seller & buyer. 

Marketplace yang efisien, mampu meningkatkan iklim investasi di perusahaan dan memudahkan arus input dan output barang. Marketplace adalah pihak perantara yang dapat mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya, sehingga kehadirannya dikaitkan dengan pihak ketiga dalam transaksi online. Marketplace sering dikaitkan dengan e-commerce dan online shop, yang secara prinsip ketiga hal tersebut memang menjalankan transaksi perdagangan online, akan tetapi memiliki perbedaan mendasar secara bentuk. Di dalam marketplace, terdapat salah satu fitur paling menarik yang menawarkan hampir segalanya kepada pembeli di satu platform. 

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Marketplace

 

1. Pasar Vertikal

Pasar vertikal adalah toko online yang hanya menjual satu jenis produk tetapi sumbernya berbeda. Seperti misalnya marketplace A hanya menawarkan pakaian dan sepatu, namun tidak menawarkan alat elektronik, perhiasan dan produk lainnya. 

2. Pasar Horisontal

Pasar horizontal adalah toko yang menawarkan berbagai jenis produk, akan tetapi semuanya memiliki karakteristik kategori yang sama. Misalnya, seorang produsen furniture mungkin tidak hanya menargetkan perusahaan di industri tertentu, namun mereka akan menargetkan semua jenis bisnis yang memiliki fasilitas kantor, baik itu agen asuransi, konsultan pajak, hingga perbankan, di mana tersedia perabot kantor yang dibutuhkan oleh siapa saja. 

3. Pasar Global

Pasar global adalah jenis toko yang menjual hampir semua kategori dan jenis yang berbeda, baik itu kendaraan, pakaian, sepatu, mobil, listrik, elektronik hingga perhiasan, yang dilakukan untuk mendapatkan harga dan nilai yang tepat dari komoditas mereka. 

4 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Marketplace

1. Kelebihan Marketplace

- Marketpace sebagai wadah untuk para penjual yang bisa saling berbagi ilmu, berbagi peluang, dan bekerjasama dalam membangun peluang baru.

- Tidak perlu takut untuk kehilangan konsumen, karena kemudahan akses yang diberikan oleh pengelola secara online mempermudah konsumen untuk terus menjangkau toko kapan pun dan di mana pun.

- Memilik fitur atau regulasi yang dapat meningkatkan kredibilitas serta keamanan yang terjaga, salah satunya adalah asuransi, integrasi pembayaran, promosi, rekening bersama, dan juga verifikasi toko, yang bertujuan untuk memengaruhi kepercayaan pelanggan.

- Adanya fitur insight, membuat Anda bisa memantau seberapa orang yang mengunjung toko Anda, jumlah orang merespon, jumlah orang yang mekakukan komunikasi dan jumlah orang yang membeli produk Anda. 

- Anda bisa dengan mudah melakukan evaluasi terhadap marketplace yang Anda miliki, serta memperbaiki kinerjanya. 

2. Kekurangan Marketplace

- Penjualan online sejak dulu dikenal dengan scamming, penipuan, dan juga barang-barang ilegal, sehingga kurang mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

- Kecenderungan menjual produk yang sama, membuatpersaingan antar para pedagang di marketplace sangat tinggi, sehingga berbagai strategi penjualan juga dilakukan, untuk mendapatkan pelanggan. 

- Keberlangsungan bisnis tergantung dengan pengelola marketplace, yang bisa mempengaruhi perkembangan bisnis. 

- Kehadiran marketplace yang memiliki keragaman produk, menyulitkan pembeli dalam mencari produknya. Hal ini karena orang-orang saat ini lebih mengutamakan aksesibilitas dan kemudahan dalam memilih barang.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Marketplace

1. Manfaat marketplace memberi akses ke basis pelanggan yang sudah ada

Manfaat paling signifikan dari penjualan di pasar online adalah akses ke basis pelanggan yang sudah ada, di mana untuk membangun bisnis di pasar, memang membutuhkan waktu untuk menarik prospek ke situs web Anda dan mendorong mereka untuk membeli produk Anda. Dengan adanya marketplace, maka Anda tidak perlu khawatir membangun basis pelanggan. 

2. Manfaat marketplace memungkinkan orang menemukan bisnis Anda

Manfaat besar lainnya di mana marketplace adalah salah satu pasar yang dapat membantu orang menemukan bisnis Anda. Ketika Anda memiliki marketplace atau pasar online, maka lebih banyak orang sudah berbelanja produk yang Anda tawarkan, sehingga prospek ini dapat memudahkan Anda menemukan pelanggan. 

3. Marketplace membantu Anda membangun kepercayaan

Membangun kepercayaan dengan audiens dan keyakinan pada produk, adalah hal yang sangat penting tetapi bisa menjadi tantangan jika Anda masih mencoba membangun merek di marketplace. Memang akan muncul keraguan dari pelanggan ketika ingin membeli produk dari marketplace, maka tugas Anda mengatasi masalah yang muncul, baik itu saran dan masukan, sehingga orang merasa lebih percaya diri membeli, karena mereka tahu marketplace Anda akan menyelesaikan masalah apa pun yang muncul.

4. Marketplace disukai oleh pembeli

Banyak orang suka menggunakan marketplace karena kemudahan yang mereka tawarkan. Anda dapat membeli semua yang Anda butuhkan di satu tempat dan satu transaksi tanpa harus berbelanja di banyak situs web. Belum lagi, pembeli mendapatkan pilihan yang lebih beragam, yang membantu mereka menemukan produk yang tepat dengan lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini