Sukses

15 Tempat Wisata Depok Murah Meriah yang Cocok Menjadi Tempat Liburan Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Depok merupakan salah satu kota yang secara administratif menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Depok merupakan daerah pemekaran antara Jakarta dan Bogor yang menjadikan Depok bagian dari wilayah metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) . Selain dikenal sebagai kota metropolitan, tempat wisata Depok ternyata juga tidak kalah menarik dengan kota-kota lain di Indonesia.

Tempat wisata Depok merupakan alternatif wisata yang murah bagi warga sekitar Jabodetabek tanpa harus jauh-jauh pergi ke luar kota. Kota yang memiliki lambang belimbing ini menawarkan jenis tempat wisata yang beragam mulai dari hutan, waduk, kolam renang, dan taman-taman kota.

Tempat wisata Depok dapat menjadi sarana rekreasi pelepas penat warga kota metropolitan sebagai pelepas stres dari aktifitas sehari-hari. Berikut tempat wisata Depok murah meriah yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Depok Murah

1. Taman Wiladatika

Taman Wiladatika merupakan salah satu tempat wisata Depok yang terkenal. Jika Anda merasa familiar dengan Taman Wiladatika, itu karena taman ini dulu sering dijadikan set syuting FTV dan sinetron yang tayang di stasiun TV Indonesia. 

Daya Tarik dari taman yang memiliki luas sekitar 15 hektar ini adalah suasananya yang sejuk karena pohon-pohon rindang di sekitarnya. Berbagai jenis bunga yang tumbuh di area taman juga menambah keindahan Taman Wiladatika ini. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10.000 rupiah untuk dapat masuk ke taman ini.

2. Cagar Alam Depok

Depok juga memiliki tempat wisata berupa cagar alam yang sudah ada sejak jaman Kolonial Belanda. Cagar Alam Depok ini bahkan lebih tua dari pada Kebun Raya Bogor. Meski begitu, tempatnya masih terawat dan berfungsi sampai saat ini. 

Cagar alam yang menjadi rumah bagi berbagai satwa, seperti musang, menjangan, berbagai jenis burung dan ular ini juga dikenal dengan nama Cagar Alam Pancoran. Tempat wisata Depok satu ini cocok menjadi tempat wisata edukasi bagi anak-anak. Anda dapat mengunjungi Cagar alam depok tanpa harus mengeluarkan uang untuk tiket masuk.

3. Godong Ijo 

Tempat wisata depok satu ini merupakan taman rekreasi yang mengusung konsep hutan tengah kota. Godong Ijo menjadi tempat rekreasi edukasi yang menyediakan area outbound, memancing ikan, belajar membatik, permainan tradisional, dan lain-lain.

Suasana alamnya Godong Ijo juga sangat cocok dijadikan tempat piknik untuk bersantai bersama teman atau keluarga. Di dalam area Godong Ijo terdapat Botanical Cafe yang khas dengan olahan singkongnya yang berasal dari Thailand. Pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar 40.000 rupiah sampai 135.000 rupiah tergantung jenis paket wisata yang diambil.

4. Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok juga menjadi tempat wisata Depok yang populer di kalangan warga Depok dan sekitarnya. Terdapat sebuah danau yang dapat dijadikan area memancing di tengah hutan kota ini. Udaranya yang segar dengan suasana asri di antara pepohonan rindang ini dapat dinikmati tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

5. Agrowisata Belimbing Dewa

Belimbing dipilih sebagai simbol kota Depok bukan tanpa alasan. Keberadaan lahan luas yang menjadi tempat pembudidayaan belimbing menjadi alasan kuat bagi Depok untuk mengklaim dirinya sebagai kota belimbing. Lahan pembudidayaan belimbing ini kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata bernama Agrowisata Belimbing Dewa.

Saat datang ke tempat wisata Depok yang murah ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan perkebunan belimbing yang menghasilkan buah belimbing berukuran besar. Pengunjung juga dapat memetik sendiri belimbing dan merasakan buah belimbing yang segar dan manis. Agro Wisata Belimbing Dewa dapat dikunjungi secara gratis, namun jika ingin menikmati belimbing yang dibudidayakan atau hasil olahan belimbing lainnya, pengunjung harus membayar sesuai tarif yang ditentukan oleh para petani.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Depok untuk Keluarga

6. Taman Lembah Gurame

Taman Lembah Gurame juga merupakan taman kota yang dapat dikunjungi secara gratis. Taman yang berlokasi di Kecamatan Pancoran Mas ini dulunya merupakan fasilitas umum bagi warga Perumnas Depok 1, namun saat krisis moneter 1998 area Taman Lembah Gurame diubah menjadi empang oleh warga sekitar. 

Taman ini lalu menjadi area kumuh karen masuknya para pemulung yang tinggal di situ. Pada masa kepemimpinan Walikota Bapak Nur Mahmudi, area Taman Lembah Gurame mulai ditata dan menjadi ruang publik yang kini kerap dijadikan tempat berolahraga warga sekitar. 

7. Situ Cilodong

Situ cilodong merupakan tempat wisata Depok berupa danau yang kepar dikunjungi sebagai lokasi memancing. Terdapat wahana balon air dan sepedah bebek yang juga dapat dinikmati sebagai sarana rekreasi keluarga. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, namun jika ingin menyewa alat pancing atau menaiki wahana pengunjung perlu merogoh kocek yang masih terjangkau.

8. Arung Jeram Sungai Ciliwung

Jika mendengar nama Sungai Ciliwung, mungkin Anda akan membayangkan sungai yang dipenuhi sampah yang berada di Jakarta. Memang benar Sungai Ciliwung yang berada di Kota Depok merupakan bagian hulu dari Sungai Ciliwung yang mengalir di Jakarta, tapi dua bagian sungai ini memiliki kondisi yang berbeda.

Sungai Ciliwung yang mengalir di Kota Depok masih sangat lebar dengan aliran air yang cukup deras. Kondisi sungai ini dimanfaatkan sebagai sarana olah raga arung jeram. Wisata arung jeram Sungai Ciliwung mulai dibuka pada tahun 2017. Untuk dapat menikmati adrenalin arung jeram Sungai Ciliwung anda perlu merogoh kocek sebesar 50.000 rupiah saja.

9. Kampung 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan merupakan sebuat tempat wisata Depok yang mengusung tema wisata dekat dengan alam yang dapat dikunjungi secara cuma-cuma. Disediakan berbagai jenis aktivitas bagi para pengunjung seperti memerah susu kambing, memanen sayuran, berkuda, dan masih banyak lagi. Untuk dapat mengikuti berbagai aktivitas ini barulah para pengunjung dikenai biaya rata-rata sebesar 25.000 rupiah per aktivitas.

10. D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm menjadi tempat rekreasi edukasi yang sangat cocok untuk wisata bersama keluarga. Konsep wisata yang diusung D’Kandang Amazing Farm cukup unik, pengunjung diajak berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada di sana dan juga berlatih bercocok tanam.

Tak hanya itu, tempat wisata Depok ini juga menyediakan aktivitas lain yang dapat menambah pengetahuan seputar kehidupan tradisional. Menariknya lagi, dengan berkunjung ke tempat ini, pengunjung menjaga melestarikan alamkarean uang hasil penjualan tiket masuk sebesar 20.000 rupiah sebagian digunakan untuk keperluan pelestarian alam.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Depok

11. Taman Rekreasi Pasir Putih

Taman Rekreasi Pasir putih menjadi Tempat wisata yang banyak dipilih oleh warga Depok untuk berenang dan bermain air. Dengan tiket masuk sebesar 25.000 rupiah, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana air seperti tong tumpah, seluncur, dan air mancur.

Tak hanya bermain air, di taman rekreasi ini Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru lainnya. Mulai dari playground, flying fox, trampolin, outbound, dan masih banyak lagi. 

12. Gema Pesona Depok

Gema Pesona Depok juga bisa menjadi alternatif wisata kolam renang bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran dengan berenang. Berada di tengah perumahan, pengunjung dapat berenang di Gema Pesona Depok dengan membayar biaya masuk sebesar 10.000 rupiah saja. 

13. Arina Waterpark

Arina Waterpark juga berada di tengah-tengah perumahan. Ini yang menjadikan tempat ini unik dan pastinya memberikan sensasi kesegaran tersendiri. Meski begitu fasilitas Arina Waterpark ini terbilang lengkap dan Anda bisa menikmati setiap kegiatannya dengan nyaman. Pemandangan di sekitar tempat ini pun asri dengan banyaknya pepohonan di dekat kolam renang.harga tiket masuknya sebesar 10.000 rupiah saja.

14. Rumah Keramik F Widayanto

Seperti namanya, Rumah Keramik F Widayanto merupakan galeri milik seniman keramik bernama F Widianto. Pengunjung dapat masuk ke galeri Rumah Keramik dengan membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah. Bangunan galeri dengan arsitektur yang unik ini dilengkapi dengan penginapan dan dan restoran.

Selain melihat keramik hasil karya F Widayanto, pengunjung juga dapat mencoba membuat keramik sendiri. Tidak hanya wisatawan lokal, Rumah Keramik F Widayanto juga kerap dikunjungi wisatawan asing yang mengagumi seni keramik.

15. Kampung 3D Depok

Tempat wisata Depok satu ini merupakan area pemukiman yang terkenal dengan gambar mural yang tersebar di berbagai sudut kampung. Jalan-jalan kecil yang berada pada kampung ini digambari mural dengan nuansa tiga dimensi, membuat setiap orang tertarik untuk datang melihatnya. Kreativitas dari para pemuda-pemuda karang taruna yang berada pada kelurahan Sukmajaya tersebut membuat kampung ini terlihat lebih indah dan instagramable. Tentu saja Anda dapat mengunjungi Kampung 3D ini tanpa harus mengeluarkan uang sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.