Sukses

Molekul adalah Bagian Terkecil dari Senyawa Berupa Kumpulan Atom, Lengkap Contohnya

Molekul adalah sekelompok atom atau memiliki ikatan antar atom.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang dimaksud dengan molekul? Molekul adalah bagian terkecil dari senyawa berupa kumpulan atom (partikel-partikel). Molekul adalah sekelompok atom atau memiliki ikatan antar atom.

Proses terbentuknya molekul, ada yang dari dua atom sejenis (molekul unsur) dan ada molekul yang terbentuk dari dua atau lebih atom beda jenis (molekul senyawa). Kumpulan atom yang menjadi molekul ini berikatan dengan sangat kuat seperti menjadi partikel tunggal.  

Menurut teori kimia, ada tiga prinsip molekul terbentuk. Molekul adalah terbentuk dari proses konfigurasi elektron, ikatan ion, dan identifikasi unsur. Di alam, molekul menyusun hampir sebagian besar atmosfer dan samudra.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang molekul, sifat molekul, dan contoh molekul, Rabu (23/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Molekul adalah Bagian Terkecil dari Senyawa Berupa Kumpulan Atom

Molekul adalah sekelompok atom atau memiliki ikatan antar atom. Encyclopedia Britannica, menjelaskan molekul adalah terbentuk dari dua atau lebih atom yang jenisnya sama. Secara umum, molekul tidak bisa diurai menjadi zat yang lebih sederhana atau kecil dengan reaksi kimia biasa.

Chemistry LibreTexts menjelaskan, molekul adalah kombinasi dua atom atau lebih yang terhubung bersama begitu kuat, sehingga mereka berperilaku sebagai partikel tunggal.

Molekul adalah bagian terkecil dari senyawa yang terbentuk dari satu atau lebih atom. Di mana atom terbentuk dari kumpulan partikel. Itu artinya, molekul adalah kumpulan partikel-partikel yang sifatnya sama dengan zat pembentuk aslinya.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, bentuk molekul adalah ada lima sesuai dengan teori hibridisasi. Lima bentuk molekul, yakni linear, trigonal planar, tetrahedral, segitiga bipiramida, dan oktahedral.

Bagaimana molekul bisa terbentuk?

Sifat molekul adalah netral atau tidak memiliki muatan. Akan tetapi, molekul memiliki inti atom berupa proton dan elektron. Berdasarkan proses penyusunannya, molekul adalah terdiri dari molekul unsur dan molekul senyawa. Molekul unsur hanya terbentuk dari unsur sejenis dan molekul senyawa terbentuk dari lebih dari satu jenis unsur.

Menurut teori kimia, ada tiga prinsip molekul bisa terbentuk. Molekul adalah terbentuk dari proses konfigurasi elektron, ikatan ion, dan identifikasi unsur. Di alam, molekul menyusun hampir sebagian besar atmosfer dan samudra.

Ada tiga jenis molekul yang perlu diketahui. World of Molecules menjelaskan jenis-jenis molekul adalah molekul diatomik, molekul diatomik heteronuklear, dan molekul diatomik homonuklear. Ini perbedaan ketiga jenis-jenis molekul tersebut:

1. Molekul Diatomik 

Jenis molekul diatomik adalah atom diatomik yang hanya terdiri dari dua atom. Kedua atom ini bisa berupa unsur kimia yang sama atau berbeda. Contoh jenis molekul diatomik adalah O2 dan CO.

2. Molekul Diatomik Heteronuklear

Jenis molekul diatomik heteronuklear adalah berupa dua atom yang berasal dari gabungan unsur sama. Contoh jenis molekul diatomik heteronuklear adalah Hidrogen (H2), Nitrogen (N2), Oksigen (O2), Fluor (F2), Klorin (Cl 2), Iodine (I2), dan Brom (Br 2).

Ketujuh unsur yang termasuk jenis molekul diatomik heteronukelar, dikenal sangat reaktif. Ini mengapa jenis molekul ini dapat sangat sering terikat dengan atom lain dari jenis yang sama.

3. Molekul Diatomik Homonuklear

Jenis molekul diatomik homonuklear adalah terbentuk dari dua atom dengan unsur yang berbeda dan digabungkan secara kimia. Contoh jenis molekul diatomik homonuklear berupa karbon monoksida, asam klorida (HCl), dan Hidrogen Flourida (HF).

 

3 dari 3 halaman

Contoh Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Molekul unsur hanya terbentuk dari unsur atau atom sejenis, molekul senyawa terbentuk dari satu atau lebih jenis unsur.

Molekul Unsur

Khan Academy menjelaskan molekul unsur adalah proses pembentukannya, atom-atom akan berikatan secara kovalen dengan stabilitas ikatan yang berasal dari gaya tarik elektrostatik antar inti atom. Ikatan kovalen membuat dua atom berikatan sangat kuat.

Rumus molekul unsur adalah menyatakan gabungan atom-atom yang sama jenis unsurnya, yang kemudian akan membentuk sebuah molekul.

Ini contoh molekul unsur:

1. Bromin (Br2)

2. Iodin (I2)

3. Ozon (O3)

4. Hidrogen (H2)

5. Nitrogen (N2)

6. Fluor (F2)

7. Klorin (Cl2)

8. Fosfor (P4)

9. Oktasulfur (S8)

Molekul Senyawa

Dalam buku berjudul Materi Kimia Atom dan Molekul oleh Pakar Karya, molekul senyawa terbentuk dari dua atom aau lebih dengan reaksi kimia biasa. Molekul senyawa pun bisa diuraikan menjadi lebih sedehana dengan reaksi kimia biasa.

Molekul senyawa terbentuk dari atom sama atau berbeda dan cenderung kehilangan sifat zat asanya. Ini molekul yang bisa diuraikan secara kimiawi dan tidak bisa diuraikan dengan ilmu fisika.

Rumus molekul senyawa dalam buku berjudul Kimia SMP Kelas VII oleh Yudhistira Ghalia Indonesia, ditulis dengan menuliskan lambang unsur yang membentuk zat tunggal secara berdekatan, tanpa diberi jarak dengan lambang yang lain.

Ini contoh molekul senyawa:

1. Air (H20)

2. Karbon dioksida (CO2)

3. Asam Cuka (CH3COOH)

4. Klorofluorokarbon (CFC)

5. Gas Metana (CH4)

6. Garam Dapur (NaCl)

7. Gula Dapur (C12H22011)

8. Asetilena (C2H2)

9. Amonia (NH3)

10. Asam Sulfat (H2S04)

11. Silika (SiO2)

12. Pupuk Urea CO(NH2)

13. Asam Nitrat (HNO3)

14. Kapur (CaCO3)

15. Zink Klorida (ZnCl2) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.