Sukses

12 Tempat Wisata di Tangerang Selatan, dari Destinasi Alam, Modern, Hingga Edukasi

Mulai dari wisata modern, wisata alam, sampai wisata sejarah dan edukasi bisa ditemukan di Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Tangerang Selatan menawarkan sensasi yang beragam. Baik bagi anak muda yang menggandrungi tempat-tempat instagramable, maupun wisata edukasi dan taman bermain untuk anak-anak sebagai destinasi keluarga. 

Tempat wisata di Tangerang Selatan bisa jadi alternatif yang tepat untuk berlibur bagi para pekerja di Jakarta. Jaraknya yang tidak begitu jauh dapat menjadi opsi liburan di weekend yang pendek bagi orang Jakarta dan sekitarnya.

Mulai dari wisata modern, wisata alam, sampai wisata sejarah dan edukasi bisa ditemukan di Tangerang. Tempat wisata di Tangerang Selatan juga cukup bagus untuk wisata keluarga, di mana banyak tempat wisata yang menawarkan permainan anak-anak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/11/2022) tentang tempat wisata di Tangerang Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Tangerang Selatan

Situ Gintung

Situ Gintung merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang Selatan yang sangat populer. Terletak tepat di sebelah barat Jakarta, posisi Situ Gintung sangat strategis dijadikan destinasi bagi kamu yang sedang suntuk dengan suasana Jakarta. Danau yang dibangun pada rentang tahun 1932-1933 ini berada di kecamatan Ciputat Timur.

Sejak 2008 Situ Gintung bukan hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air dan irigasi saja namun telah dikembangkan sebagai tempat wisata yang menyenangkan. Situ Gintung tentunya menjadi angin segar bagi Tangerang Selatan sebagai salah satu destinasi untuk menikmati suasana alam danau.  

Froggy Edutography Floating Castle

Froggy Edutography Floating Castle merupakan istana yang seakan-akan melayang. Lembaran-lembaran kaca sebagai dindingnya sama sekali tidak disambung, hanya digantung atau menggunakan teknik suspended. Model inilah yang menimbulkan efek melayang. Tempat wisata di Tangerang Selatan ini sangat cocok untuk anak-anak bermain sekaligus menikmati keindahan bangunan dengan arsitektur unik.

Terletak di kawasan BSD Grand Boulevard, Tangerang Selatan, tempat wisata di Tangerang ini sangatlah mudah dijangkau. Bangunan yang terdiri atas 10 lantai ini menawarkan beragam hal menarik, khususnya untuk anak-anak. Misalnya, ada sebuah lantai yang khusus berisi indikator kecerdasan anak berdasarkan ciri-cirinya. Pada lantai lainnya, ada area dan fasilitas yang bisa digunakan anak untuk bermain peran.

Scientia Square Park

Tempat wisata di Tangerang Selatan yang cocok untuk liburan keluarga berikutnya adalah Scientia Square Park. Beragam wahana yang seru untuk anak-anak bisa kamu temukan di sini. Lokasinya berada di Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang.

Kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari sekadar berkeliling taman, bermain di sawah, bermain remote control hingga wall climbing, bike trail dan juga futsal. Banyak sekali wahana yang menyenangkan yang bisa kamu coba di sini.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Tangerang Selatan

Branchsto

Tempat wisata di Tangerang Selatan berikutnya adalah Branchsto. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru bersama keluarga dan sahabat di tempat ini. Terletak di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Branchsto menawarkan pengalaman berkuda, memanah, dan berbagai kuliner. Selain itu, ada juga wahana seperti ATV, logtrain, dan taman bermain anak di salah satu tempat wisata di Tangerang Selatan ini.

Kandang Jurank Doank

Tempat wisata di Tangerang Selatan yang bertema alam dan edukasi selanjutnya adalah Kandang Jurank Doank. Terletak di komplek pondok sawah indah blok Q No.14, Ciputat, Bintaro, Tangerang Selatan, wahana yang tersedia di kandank jurank doank dapat dikatagorikan lengkap. Mulai dari hiking di sawah, menanam padi, menangkap ikan, flying fox, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga disediakan area outbond, panggung outdoor, studio, ruang multimedia, kolam ikan, perpustakaan, arena bermain. Ada juga museum yang menampilkan karya seni dari pendirinya yaitu Dik Doank. Tentunya akan sangat menyenangkan

Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka merupakan tempat wisata di Tangerang yang cukup populer. Danau yang berwarna biru ini sangat cantik, apalagi jika berpadu dengan pemandangan bukit-bukit batu di sekitarnya. Danau ini asalnya bekas genangan penambangan pasir, bersamaan dengan area Tebing Koja. Setelah penambangan pasir tersebut tidak dipakai lagi, salah satu tempat wisata di Tangerang ini terbentuk karena air hujan.

Ada dua danau yang bisa dikunjungi di destinasi wisata ini. Danau pertama berada di sebelah kanan pintu masuk. Air danau yang satu ini berwarna biru. Sementara itu, danau kedua yang berada di sebelah kiri pintu masuk, memiliki air yang berwarna hijau.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Tangerang Selatan

Ocean Park

Masih seputar wisata untuk anak-anak, wisata air ini terletak di Jl. Pahlawan Seribu, CBD Area, Lengkong Gudang Serpong, Kota Tangerang Selatan. Ocean Park bertemakan water park yang terletak tepat di kota Tangerang Selatan. Harga tiketnya cukup terjangkau dan bisa dijadikan alternatif untuk liburan keluarga. Banyak wahana yang beraneka ragam membuat anak-anak, bahkan orang dewasa pun juga suka datang kemari.

Taman Kota BSD City

Taman Kota BSD City merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang Selatan yang bisa membuat hati kamu sejuk. Taman kota biasanya hanya berupa kawasan hijau berupa taman berbunga, namun Taman Kota BSD City ini memiliki karakteristik yang berbeda. Tempat wisata di Tangerang Selatan ini sangat nyaman untuk dijadikan lokasi piknik di akhir pekan dengan tujuan mencari ketenangan.

Taman Kota BSD City berada di dua lokasi. Taman Kota 1 berada persis di dekat sekolah Al Azhar BSD sedangkan Taman Kota 2 letaknya di kawasan industri Taman Tekno alias Techno Park. Baik Taman Kota 1 maupun 2 sama-sama menawarkan tempat rekreasi bertema alam yang nyaman baik untuk anak muda maupun keluarga.

The Breeze BSD City

Kalau kamu mencari tempat untuk bersantai dan nongkrong bersama dengan teman-teman ataupun keluarga, kamu bisa mengunjungi The Breeze BSD City. Tempat wisata di Tangerang Selatan ini terletak di Jalan BSD Green Office Park Jalan BSD Grand Boulevard, Sampora, BSD, Tangerang, Banten. Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, mulai dari restoran, supermarket, pusat kebugaran, hingga taman bermain anak.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Tangerang Selatan

Kampung Dongeng Indonesia

Tempat wisata di Tangerang Selatan berikutnya adalah Kampung Dongeng Indonesia. Pada 2009 tepatnya di Kelurahan Kampung Sawah Ciputat, Tangerang Selatan telah diresmikan sebuah gerakan mendongeng untuk anak Indonesia. Gerakan ini selanjutnya diberi nama Kampung Dongeng.

Destinasi satu ini sangat cocok untuk wisata anak-anak. Di tempat ini, kamu bisa berinteraksi dalam berbagai ruangan yang seru. Kamu dapat menikmati dongeng yang dibawakan oleh relawan yang ada di sana. Tentunya tempat ini sangat bagus untuk wisata edukasi bagi anak-anak.

Tebing Koja

Tebing Koja ini terletak tidak jauh dari Telaga Cisoka. Tebing Koja ini juga sering disebut dengan nama Kandang Godzilla. Hal itu karena tempat wisata di Tangerang Selatan ini dipenuhi oleh susunan batu tebing nan kokoh berserakan serta hijau pohon di sana-sini, layaknya habitat Godzilla di film-film.

Tebing Koja ini terkenal sebagai tempat wisata yang artistik secara alamiah. Bebatuan dan tebing yang curam seakan dipahat begitu artistik dipadukan dengan indahnya sungai dan hijaunya sawah.

Water World Dan World of Wonders Citra Raya

Tempat wisata di Tangerang Selatan ini menawarkan background foto yang keren dan wahana bermain air yang menyenangkan. Berbagai replika landmark dunia dibangun di sini, sehingga kamu bisa menjadikannya background foto bersama keluarga.

Selain itu, bagi yang ingin bermain air, Water World bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Berbagai wahana bermain air juga bisa kamu coba di tempat wisata ini. Lokasinya berada di Jalan Ecopolis Boulevard, Mekar Bakti, Panongan, Tangerang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.