Sukses

21 Tempat Wisata di Kalimantan yang Hits, Liburan Seru Bareng Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dan bahkan dunia. Pulau Kalimantan berada di sebelah utara Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Sulawesi dengan luas wilayah mencapai 743.330 km². Pulau yang dikenal dengan Borneo ini terbagi menjadi lima provinsi. Lima provinsi  tersebut, termasuk Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. 

Selain Borneo, Kalimantan juga memiliki julukan “Pulau Seribu Sungai” yang membuat terdapat banyak pasar terapung dan menjadi salah satu daya tarik pulau ini. Kalimantan menjadi salah satu pilihan surga wisata bagi kamu yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota dan tempat kerja. Kalimantan memiliki berbagai tempat wisata yang patut dicoba. Mulai dari wisata alam hingga wisata keluarga.

Berbagai tempat wisata di Kalimantan menawarkan petualangan lengkap yang sempurna. Kamu bisa menikmati setiap sudut wilayah Kalimantan hingga pulau-pulau kecil di sekitarnya. Menjelajahi berbagai tempat wisata di Kalimantan akan memberikan kamu pengalaman baru yang tak terlupakan. Oleh karena itu, kamu dan keluarga dapat melepaskan penat bersama di sini.

Menjelajahi alam Kalimantan dan melukis kenangan baru bersama mereka.  Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika kamu mau menantang diri untuk bepergian sendiri. Berikut liputan6.com rangkum dari Dinas PMPTSP Kalimantan Selatan, indonesia.travel (website resmi di bawah Kemenparekraf) dan berbagai sumber tentang berbagai tempat wisata di Kalimantan untuk memudahkan perjalanan kamu, Rabu (23/11/22) :

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Wisata di Kalimantan Selatan

1. Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin

Banjarmasin bersama dengan Banjarbaru telah membentuk pusat kita metropolitan terbesar ke sembilan di Indonesia. Banjarmasin masih menjadi kota seribu sungai dan masih menjadi pelabuhan penting di Kalimantan. Sungai-sungai yang ada di Banjarmasin juga masih memerankan peran penting dalam kehidupan masyarakat Banjar. Banjarmasin begitu menarik dengan pinggiran kota yang dilalui oleh kanal dan bagaimana sebagian besar perdagangan di kota ini berlangsung di atas air.

Tempat wisata di Kalimantan Selatan pertama yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Banjarmasin adalah Pasar Terapung Muara Kuin. Pasar terapung ini menjadi salah satu pasar terapung populer yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pasar Terapung Muara Kuin terletak di Sungai Barito dan merupakan tempat yang tepat untuk melihat lalu lintas semua jenis perahu yang menjual banyak hal, seperti pisang, udang, ikan, ubi, kelapa, bayam, rempah-rempah hingga cabai dan apapun yang sedang musim. Kamu akan puas melihat keseharian masyarakat Banjar yang telah berjalan ratusan tahun ini. Untuk sampai di pasar ini, kamu bisa melakukan perjalanan udara ke bandara Syamsudin Noor atau dengan kapal dan bahkan bus dari Balikpapan dengan waktu perjalanan lebih dari 14 jam.

2. Pasar Terapung Lok Baintan

Pilihan tempat wisata di Kalimatan Selatan berupa pasar terapung lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar terapung yang satu ini berada di Sungai Tabuk, Sungai Tandipah. Serupa dengan Pasar Terapung Muara Kuin, kamu bisa melihat aktivitas dagang masyarakat di atas sungai menggunakan perahu. Bahkan, di sini masih bisa kamu temui masyarakat yang melakukan barter.

3. Bukit Rimpi Pelaihari

Kamu bisa mendapatkan suasana bak di New Zealand ketika berada di Bukit Rimpi Pelaihari. Kalimantan merupakan wilayah yang kaya akan hujan tropis, sehingga tidak sulit untuk mendapatkan panorama alam hijau yang menawan di sini. Kamu yang ingin melepaskan penat dengan menikmati alam perbukitan tidak boleh melupakan Bukit Rimpi Pelaihari sebagai salah satu tempat wisata di Kalimantan yang akan dikunjungi. Untuk sampai di bukit ini, kamu bisa melakukan perjalanan dari Kota Banjarmasin melalui jalan trans Kalimantan.

3 dari 7 halaman

Wisata di Kalimantan Selatan

4. Masjid Sultan Suriansyah

Tidak hanya wisata alam yang cocok dikunjungi bersama keluarga, Kalimantan Selatan juga menawarkan tempat wisata religi bagi kamu yang beragama islam. Masjid Sultan Suriansyah merupakan masjid tertua yang ada di Banjarmasin. Selain menyimpan banyak cerita, masjid ini juga memiliki bangunan unik yang berbentuk panggun dengan berbagai ukiran khas Kalimantan Selatan serta atap tumpang. Masjid yang telah berdiri sangat lama ini masih terus menjadi tempat berharga dan penting bagi masyarakat. Kamu bisa melakukan ibadah dan mengagumi setiap sudut Masjid Sultan Suriansyah.

5. Bukit Matang Kaladan

Masih seputar wisata perbukitan di Kalimantan Selatan, bukit selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Bukit Matang Kaladan. Berada dekat dengan puncak Hutan Tahura, kamu bisa menikmati panorama hutan, danau dan pulau-pulau di tengahnya dalam satu jarak pandang. Tidak hanya itu, terdapat spot foto cantik dan menarik untuk menambah konten media sosial kamu. Indahnya pemandangan di Bukit Matang Kaladan tidak akan membuat perjalanan kamu sia-sia.

6. Pantai Angsana

Setelah lelah melakukan perjalanan ke perbukitan, kamu bisa melepaskan penat dan mencari ketenangan di salah satu pantai di Kalimantan Selatan. Tempat wisata di Kalimantan Selatan ini bernama Pantai Angsana yang berada di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bambu. Di balik perkebunan kelapa sawit yang rimbun kamu akan menemukan Pantai Angsana bagaikan harta karun.

Panti Angsana memiliki pasir yang dominan putih dan ombak yang cenderung tenang. Suasana di pantai ini cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan tenang. Selain itu, kamu bisa mencoba snorkeling untuk melihat kekayaan biota laut di Pantai Angsana. Pantai Angsana memiliki air yang sangat jernih, sehingga kamu tidak perlu ragu menyewa peralatan selam untuk menjelajahi dunia bawah laut pantai ini.

7. Negeri Berlian, Martapura

Martapura merupakan kota yang berada di sekitar 45 km sebelah timur Banjarmasin. Martapura adalah kota kecil yang dipenuhi dengan berlian dan semua batu berharga di dalam bumi Kalimantan. Kota ini dikenal sebagai pusat industri berlian dan menjadi tempat pemotongan dan pemolesan berlian utama di Kalimantan. Tidak hanya itu, Martapura juga menjadi produsen perhiasan berkualitas tinggi.

Jika kamu ingin mencari oleh-oleh dengan berbagai jenis perhiasan dan aksesoris, termasuk gelang, cincin, kalung dsb, kamu bisa mengunjungi Kota Martapura. Kualitas perhiasan Martapura tidak perlu diragukan lagi karena kualitasnya telah diakui secara global dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

4 dari 7 halaman

Wisata di Kalimantan Selatan

8. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa berada di Sintang, Pontianak, Kalimantan Barat. Pontianak menjadi satu-satunya kota di dunia yang berada tepat di garis khatulistiwa, sebuah fakta yang tidak memerlukan kesepakatan atau persetujuan internasional. Tugu Khatulistiwa dibangun pada tahun 1928 untuk menandai tempat ini berada di titik nol derajat khatulistiwa. Tentu kamu bersama tidak boleh melewatkan salah satu tempat paling bersejarah, tidak hanya di Indonesia, tetapi di dunia ini.

Dua kali dalam setahun, sinar matahari tanpa bayangan terjadi di tempat ini, yaitu ketika matahari mencapai puncaknya pada vernal equinox (21-23 Maret) dan ekuinoks musim gugur (21-23 September). Jika kamu datang di saat tersebut, maka kamu dapat menikmati momen tanpa bayangan selama lima menit di tempat terbaik di Kalimantan.

9. Kora Seribu Kuil, Singkawang

Singkawang merupakan ibu kota Kalimantan Barat dan merupakan kota terbesar kedua yang ada di provinsi ini. Singkawang berbatasan dengan Serawak, Malaysia. Kamu bisa menikmati suasana oriental yang sangat kental di Singkawang. Terdapat ratusan kelenteng atau kuil Cina yang bisa dengan mudah kamu temui. Hal ini bukan tanpa alasan karena lebih dari 70% masyarakat Singkawang merupakan keturunan Cina, terutama dari suku Hakka dan Teochew. Kuil Tri Dharma Bumi Raya merupakan salah satu kuil tertua yang telah berdiri sejak 1878. Kamu akan menikmati suasana yang sangat meriah di kota ini, terutama ketika tahun baru Imlek, Capgome dan har kelima belas tahun baru Imlek. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Pasar Hongkong. Tempat wisata di Kalimantan Barat ini menyajikan berbagai macam makanan khas yang bisa kamu coba.

10. Pantai Pasir Panjang

Masih berada di Singkawang, kamu dapat mengunjungi Pantai Pasir Panjang. Pantai Pasir Panjang berada 17 km dari pusat Kota Singkawang. Kamu akan segera disambut dengan pemandangan pantai yang sangat indah ketika sampai di sini. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas, termasuk menyewa perahu, sepeda air, go-kart, mengunjungi berbagai toko souvenir hingga tempat makan.

5 dari 7 halaman

Wisata di Kalimantan Selatan

11. Taman Alun Kapuas

Tempat wisata di Kalimantan Barat selanjutnya adalah Taman Alun Kapuas. Tempat wisata ini berada di pinggiran Sungai Kapuas, Pontianak. Kamu bisa datang ke Taman Alun Kapuas dari mana saja karena tempatnya yang mudah diakses. Taman ini menjadi salah satu bagian dari proyek “Waterfront City” Pemerintah Kota Pontianak. Kamu bisa menikmati air mancur yang indah dan replika Tugu Khatulistiwa di sini. Kamu juga bisa menikmati pemandangan Sungai Kapuas dengan kapal-kapal yang melintasinya.

12. Bukit Kelam

Salah satu tempat wisata yang menjadi ikon Sintang, Kaimantan Barat adalah Bukit Kelam. Kamu dapat menikmati hamparan pemandangan hijau dari puncak bukit. Selain itu, kamu juga bisa menikmati indahnya Kota Sintang dari sini. Bukit Kelam juga disebut sebagai batu monoloit terbesar di dunia.

13. Pulau Randayan

Wisata alam selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berada di Kalimantan Barat adalah Pulau Randayan. Kamu yang ingin mencari ketenangan, kamu akan cocok berkunjung ke pulau yang satu ini. Hamparan pasir putih dan pemandangan indah akan memanjakan hati dan mata kamu. Pemandangan bawah laut Pulau Randayan juga tidak kalah indah. Kamu dapat menghabiskan waktu lebih lama di pulau ini karena tersedia berbagai fasilitas, termasuk villa. Untuk sampai di pulau ini, kamu bisa menggunakan perahu dari Dermaga Pantai Pasir Panjang selama dua jam.

14. Hutan Mangrove Setapuk

Tempat wisata di Kalimantan Barat selanjutnya berada di Kecamatan Singkawang Utara dan berjarak sekitar 20 menit dari pusat Kota Singkawang. Ini adalah Hutan Mangrove Setapuk. Kamu bisa liburan sambil belajar di sini. Kamu perlu menggunakan motor untuk sampai ke Hutan Mangrove Setapuk. Terdapat banyak fasilitas yang bisa kamu coba di sini, termasuk kapal motor yang dapat digunakan untuk berkeliling pantai. Jika berkunjung ke Singkawang, kamu dapat menyempatkan untuk mampir ke Hutan Mangrove Setapuk ini.

6 dari 7 halaman

Wisata di Kalimantan Timur

15. Pulau Derawan

Kepulauan Derawan berada dekat dengan Kabupaten Berau dan memiliki 31 pulai. Beberapa yang paling terkenal, termasuk Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban. Di sini kamu bisa menemukan penyu hijau raksasa terbesar di Indonesia dan penyu sisik yang langka dan sudah terancam punah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat penyu yang bertelur di pasir dan berenang di laut setiap saat. Salah satu pulau di kepulauan ini, yaitu Pulau Derawan terkenal akan terumbu karang yang indah, melimpahnya ikan-ikan, padang lamun yang subur dan hutan mangrove yang memesona.

Pulau ini benar-benar seperti surga. Kepulauan Derawan adalah surga tropis yang sempurna. Semua bisa kamu temukan di sini, mulai dari kura-kura, lumba-lumba, pari manta, ubur-ubur hingga paus. Terdapat sekitar 460 spesies karang yang juga bisa kamu nikmati keindahannya. Sempatkan waktu dan pastikan setidaknya sekali dalam hidupmu untuk berkunjung ke pulau yang sangat menakjubkan ini.

16. Pulau Maratua

Pulau Maratua merupakan salah satu pulau yang menjadi bagian dari surga tropis sempurna, Kepulauan Derawan. Kamu dapat menggunakan speedboat untuk menikmati indahnya pulau ini. Dari sekian banyaknya pulau yang ada di Kepuauan Derawan, Pulau Maratua menonjol karena keindahannya. Ini karena Maratua merupakan pulau tropis besar berbentuk U dan diyakini para ilmuwan memiliki tingkat keanekaragaman hayati laut tertinggi ketiga di dunia setelah Raja Ampat dan Kepulauan Solomon. Kamu dapat menjelajahi dunia bawah laut Pulau Maratua dan melihat berbagai terumbu karang warna-warni yang ditinggali berbagai macam biota laut, termasuk ikan, penyu hijau, pari manta dsb.

17. Gua Haji Mangku

Selagi berada di Pulau Maratua, kamu bisa sekalian mengunjungi Gua Haji Mangku. Gua yang satu ini begitu indah dan dilengkapi dengan airnya yang jernih serta suasananya yang tenang karena berada di tengah hutan. Meskipun berada di tengah hutan, akses menuju Gua Haji Mangku tidak lah sulit. Kamu hanya perlu berjalan 10 menit dari pintu masuk. Lengkapi kunjungan kamu ke Pulau Maratua dengan bepergian ke Gua Haji Mangku.

7 dari 7 halaman

Wisata di Kalimantan Timur

18. Pulau Sangalaki

Masih membahas tentang Kepulauan Derawan, pulau selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pulau Sangalaki. Pulau Sangalaki disebut sebagai surga bawah laut. Untuk kamu yang ingin melakukan aktivitas menyelam, Pulau Sangalaki menawarkan keindahan dan keanekaragaman flora dan fauna bawah laut yang bisa kamu lihat. Pulau Sangalaki menjadi pilihan tepat karena menjadi salah satu tempat menyelam dan snorkeling terbaik di dunia bersama dengan Raja Ampat.

Beberapa fauna yang mungkin kamu temui, termasuk Manta Alfredi yang hanya di Derawan, barracudas, ikan pari, cumi-cumi raksasa dan bintang laut. Pastikan kamu tidak merusak apapun karena wilayah ini sangat dijaga kelestarian alamnya.

19. Pulau Kakaban

Tempat wisata di Kalimantan Timur, tepatnya di Kepulauan Detawan selanjutnya adalah Pulau Kakaban. Apakah kamu senang melihat bagaimana Spongebob dan Patrick tinggal bersama ubur-ubur di Bikini Bottom? Sekarang kamu bisa menikmati hal yang sama di Pulau Kakaban. Bahkan kamu bisa mengalami hal yang lebih baik bersama ubur-ubur di sini karena mereka tidak menyengat seperti ubur-ubur di Bikini Bottom.

Ya, kamu benar-benar bisa berenang bersama ubur-ubur tanpa cedera di Pulau Kakaban. Kamu bahkan bisa menyentuhnya. Pulau Kakaban adalah satu dari dua tempat di bumi ini di mana kamu bisa menemukan ubur-ubur tanpa sengat. Hutan bakau yang lebat di sekitar pulau akan menyempurnakan waktu kamu di Pulau Kakaban.

20. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin berada di Kecamatan Danau Labuan Cermin ini lokasi tepatnya terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Air yang begitu jernih bak cermin membuat danau ini diberi nama Danau Labuan Cermin. Bayangan objek di atas danau terlihat jelas dari permukaan air. Kamu tidak boleh melewatkan tempat wisata yang menjadi favorit banyak orang ini. Di Danau Labuan Cermin juga tersedia banyak spot foto menarik dan cantik yang bisa kamu coba. Penuhi kenangan indah bersama orang-orang tersayang kamu dengan berkunjung ke Danau Labuan Cermin.

21. Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

Kalimantan Timur memang menjadi surga bagi kamu pecinta wisata alam. Tempat wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga adalah Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo. Kamu bisa menikmati suasan perkampungan yang asri dan tenang. Air yang berada di telaga ini juga sangat jernih beserta pemandangan alam indah di sekitarnya. Berada di Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau kamu bisa mencoba menyatukan diri dengan alam di sini.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.