Sukses

Dua Pria Ini Butuh 24 Jam Selesaikan Rumus Sederhana 1 + 1, Mudah Jadi Rumit

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sudah banyak pendapat pelajaran matematika itu susah. Bahkan sebagian besar menjadikannya sebagai beban tersendiri. Selain perhitungan yang menuntut ketelitian, jawaban benar dan salah itulah yang menentukan mahir atau tidaknya mengerjakan soal matematika. Kendati demikian, ada juga orang yang terobsesi dengan matematika. 

Seperti dua orang pria asal Jepang yang belakangan viral. Mereka menghabiskan 24 jam untuk menyelesaikan satu rumus yang bagi sebagian besar orang jadi rumus yang sangat mudah. Ialah rumus 1+1 yang balita pun bisa menyelesaikan soal ini dengan mudahnya. Namun tidak dengan dua pria yang disebut tergila-gila dengan matematika itu. 

Ahli matematika sekaligus YouTuber bernama Hanao dan Dengan itu membuktikan sebaliknya. Mereka membuat coretan perhitungan yang rumit di lembaran kertas yang luas. Bahkan sampai menutupi lantai dan tembok ruangan. Semua perhitungan itu hanya untuk menyelesaikan rumus pengerjaan 1+1.

Aksi mereka berhasil menyita perhatian netizen. Tak hanya iseng belaka, Hanao dan Dengan punya tujuan tersendiri membuat rumus yang dikenal mudah itu jadi rumus yang sangat rumi. Berikut Liputan6.com merangkum kisah uniknya melansir dari Oddity Central, Kamis (24/11/2022).

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Libatkan Rumus dan Banyak Teori

Rumus 1+1= 2 cukup mudah, namun dua penggemar matematika itu justru melibatkan rumus lain untuk mengerjakannya. Bahkan mereka menggunakan teori dari fungsi  trigonometri, deret tak hingga, geometri, fisika, elektromagnetisme dan  termodinamika. Tak heran jika ruangan yang mereka gunakan dipenuhi dengan coretan perhitungan super rumit.

Saking sukanya dengan matematika, penyelesaian rumit dari rumus 1+1 itu membuat mereka puas. Lembaran demi lembaran kertas karton berjajar rapi memenuhi dinding dan lantai. Mereka juga bisa menduduki dan bahkan berbaring di atas coretan perhitungan rumit itu. Total mereka menyelesaikan satu rumus sederhana itu mencapai 24 jam. 

“Ada hal-hal yang tiba-tiba menyenangkan untuk dipecahkan, pada satu titik menyelesaikannya mendekati 24 jam, dengan ruangan yang dipenuhi perhitungan. Itu pasti sesuatu yang tidak bisa saya hubungkan,” kata Hanao dalam unggahan video-nya di YouTube. 

3 dari 3 halaman

Alasan Memperumit Rumus

Bukan tanpa alasan, para penggiat matematika itu memang sengaja merumitkan rumus sederhana itu. Di saat rumus termudah 1+1, mereka memilih untuk memutarbalikkan pendapat itu bisa jadi rumus yang rumit. Mereka bahkan membayangkan bagaimana rumus itu diterapkan di sekolah dan perguruan tinggi. 

“Saya tidak pernah pandai matematika, tetapi bahkan saya tahu bahwa menurut aritmatika sederhana 1+1=2. Tapi bagaimana jika kita mengambil ekspresi matematika yang sama dan meletakkannya di hampir semua bidang matematika dan fisika yang biasanya diajarkan di sekolah menengah dan perguruan tinggi?,” ungkap mereka.

Itulah yang ingin diketahui Hanao dan Dengan ketika mereka memulai salah satu tantangan paling gila mereka.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.