Sukses

Paradoks Adalah Pernyataan yang Bertentangan, Ketahui Definisi dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Paradoks adalah istilah yang kerap digunakan sebagai pernyataan yang bertentangan. Meski bertentangan, paradoks lebih mengarah pada makna yang benar. Dalam kumpulan majas, paradoks adalah termasuk dalam majas pertentangan. 

Secara umum, paradoks adalah salah satu jenis gaya bahasa yang dapat menampilkan kondisi bertentangan tetapi mengandung kebenaran. Paradoks dijadikan sebuah media untuk menyampaikan pernyataan retorik yang menyiratkan pertentangan tetapi sesungguhnya berisi kebenaran.

Paradoks dapat merangkum imajinasi, realitas dan polemik. Ciri khas dari paradoks adalah karena menyajikan pertentangan yang bisa memberi efek kejut karena preposisi dan makna di balik pertentangan yang dideskripsikannya.

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian paradoks dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Mengenal Paradoks

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian paradoks adalah pernyataan yang seolah-olah bertentangan atau berlawanan dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Dalam ilmu sastra, paradoks masuk dalam ketidaklangsungan ekspresi berwujud penyimpangan arti.

Umumnya, kata paradoks sering kali digunakan dengan kontradiksi, tetapi sebuah kontradiksi oleh definisi yang tidak benar. Banyak sekali paradoks yang memiliki sebuah jawaban, meskipun tetap tidak bisa terpecahkan atau hanya bisa dipecahkan dengan perdebatan.

Kata paradoks berasal dari bahasa Yunani paradoxon. Istilah tersebut memiliki arti contrary to expectations, existing belief or perceived opinion yang berarti bertentangan dengan harapan, keyakinan yang ada atau pendapat yang dirasakan. Definisi lain, paradoks adalah menjadi suatu gaya bahasa yang menarik karena mengajak pembaca untuk berpikir lebih luas dan kritis terhadap ungkapan yang disampaikan.       

3 dari 4 halaman

Contoh Paradoks yang Dikenal Dunia

1. Grandfather Paradoks

Salah satu contoh paradoks yang paling terkenal adalah grandfather paradoks. Adapun penjelasan mengenai paradoks waktu ini adalah seperti berikut; Jika Anda bisa kembali ke masa lalu dan membunuh kakek Anda, apa yang akan terjadi selanjutnya?

Pertanyaan di atas mungkin terdengar sederhana, yaitu sang kakek akan mati. Tetapi kenyataan tidak demikian, sebab jika Anda membunuh sang kakek, otomatis orang tua Anda tidak akan pernah lahir ke dunia. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa Anda juga tidak akan lahir di dunia.

2. Babershop Paradoks

Contoh paradoks yang terkenal selanjutnya, yaitu babershop paradoks. Paradoks ini membuat sebuah pernyataan tentang aturan-aturan mencukur rambut yang harus ditaati. Adapun peraturan mencukur rambut yaitu sebagai berikut:

a. Semua warga harus mencukur rambutnya.

b. Semua warga tidak boleh mencukur rambutnya di kerajaan lain.

c. Semua warga harus mencukur rambutnya di tukang cukur.

d. Tukang cukur hanya mencukur orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri.

Berangkat dari beberapa peraturan tersebut, maka timbul satu pertanyaan, yakni siapa yang mencukur rambut si tukang cukur? Mengingat aturan kedua, tukang cukur tidak boleh mencukur rambutnya di kerajaan lain. Sementara itu, peraturan ketiga mengatakan bahwa semua warga harus mencukur rambutnya di tukang cukur.

Apabila si tukang cukur mencukur rambutnya sendiri, otomatis dia sudah melanggar peraturan ke empat, yaitu tukang cukur hanya mencukur rambut orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri. Lalu, siapakah akhirnya yang mencukur rambut si tukang cukur?

3. Unstoppable Force Paradox

Unstoppable Force Paradox atau disebut juga dengan Shield and Spear Paradoks adalah salah satu contoh paradoks yang cukup terkenal di dunia. Adapun paradoks ini memulai dengan pertanyaan seperti berikut; apa yang akan terjadi ketika sebuah benda bergerak yang tidak bisa berhenti bertemu dengan sebuah benda yang tidak bisa digerakkan sama sekali. Apa kedua tersebut berhenti? Ataukah kedua benda tersebut bergerak? Atau juga gaya dari kedua benda tersebut saling tertukar?

4. Butterfly Effect Paradox

Butterfly Effect Paradox adalah efek paradoks yang diciptakan dari sebuah perjalanan waktu. Konsekuensi perjalanan waktu dan tindakan yang dilakukan di masa lalu dapat menyebabkan efek skala besar di masa yang akan mendatang.

Misalnya, ada seorang penggemar film “Star Wars” dan “Indiana Jones”. Kemudian penggemar melakukan perjalanan ke masa lampau untuk bertemu dengan seorang George Lucas. Namun, hal itu membuatnya berhenti belajar di sebuah sekolah film hingga berdampak pada masa depan. 

5. Kidnapper Paradox

Kidnapper paradox merupakan salah satu contoh paradoks yang terkenal di dunia. Contoh paradoks ini diumpamakan sebagai suatu tebak-tebakan yang dilakukan penculik kepada Ayah yang diculik. Penculik berkata kepada sang Ayah yang anaknya diculik, “Jika dapat menebak apa yang dilakukan, maka akan dikembalikan.” Ayah menjawab, “Aku tebak, sudau tidak akan ada proses pengembalian anak itu.” Penculik sangat menyesal dengan permainan tebak-tebakannya, sebab seorang Ayah berhasil menebak apa yang akan dilakukan. Artinya, anak tersebut harus tetap dikembalikan. Namun, jika dikembalikan maka tebakan Ayah sudah salah.

4 dari 4 halaman

Contoh Paradoks yang Lainnya

1. Gemerlap dunia hiburan yang ia tekuni tak membuat ia lepas dari rasa kesepian.

2. Hatinya sunyi tinggal di kota Jakarta yang sibuk

3. Budi kaya, tapi miskin.

4. Jakarta kecil, tapi kuat

5. Kenaikan harga BBM berdampak pada kesejahteraan rakyat.

6. Meskipun cuacanya panas, pikiran harus tetap dingin.

7. Jangan melihat usia tuanya karena antusiasmenya tidak kalah dengan yang muda.

8. Kemajuan teknologi saat ini telah mengakibatkan penurunan nilai moral dan sosial masyarakat.

9. Tidak bermaksud mencaci maki kamu tapi ketulusanmu layak dipuji.

10. Wajahnya yang cerah selalu meredupkan hati seorang wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.