Sukses

Pengertian Pemasaran adalah Menawarkan, Ini Fungsi dan Jenis-jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Pemasaran adalah aktivitas yang terkait dengan proses menawarkan produk, baik barang dan jasa kepada para calon customer. Pemasaran adalah aktivitas mengenalkan produk yang juga dikenal dengan istilah marketing.

Pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemasaran adalah  proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan. Pemasaran adalah perihal menyebarluaskan ke tengah-tengah masyarakat. Pemasaran adalah cara penawaran dan penjualan produk atau jasa melalui teknologi siaran televisi atau telepon.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesan, metode pemasaran pun juga mulai bergeser. Sekarang, pemasaran juga dilakukan dengan cara memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan dan mengenalkan produk.

Untuk lebih memahami apa itu pemasaran, penting untuk memahami pengertian, fungsi, dan cara-cara pemasaran, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Pengertian Pemasaran

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pemasaran adalah kegiatan atau aktivitas penawaran, pengenalan, dan penyebarluasan suatu produk, baik barang atau jasa, ke masyarakat. Untuk memahami lebih dalam mengenai pemasaran, sangat penting untuk mengetahui pengertian hal ini menurut para ahli.

Menurut Kotler dan Amstrong (2012), pemasaran adalah proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang kuat untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya. Sementara itu menurut Stanton (2013), pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang dapat memuaskan keinginan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Sedangkan menurut John Westwood dalam bukunya berjudul "How to Write Marketing Plan," pemasaran adalah mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan dan menyesuaikan produk perusahaan untuk memenuhi persyaratan tersebut, dan dalam prosesnya menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Dari sejumlah pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa pemasaran adalah suatu aktivitas menawarkan dan mengenalkan produk, dengan strategi tertentu, mulai dari mengenali kebutuhan masyarakat, menentukan segmentasi pasar, dan sebagainya, agar produk diterima masyarakat, sehingga meningkatkan angka penjualan dan meningkatkan keuntungan.

3 dari 5 halaman

Fungsi Pemasaran

Pemasaran adalah suatu aktivitas yang memiliki fungsi tertentu. Fungsi utama dari pemasaran tentunya adalah untuk meningkatkan angka penjualan dan meningkatkan keuntungan. Di samping itu, masih ada fungsi lain dari pemasaran. Adapun Fungsi pemasaran antara lain sebagai berikut:

1. Peningkatan Penjualan

Fungsi pemasaran adalah tentunya meningkatkan penjualan yang pada akhirnya meningkatkan laba. Semakin banyak aktivitas pemasaran, maka semakin besar peluang produk atau jasa terjual.

2. Pengenalan Produk

Pengenalan produk jadi salah satu fungsi dari pemasaran. Dengan adanya aktivitas pemasaran, maka produk akan lebih mudah dikenal oleh konsumen.

3. Riset

Fungsi pemasaran adalah satunya terkait riset. Dengan pemasaran, maka bisa diketahui secara detail target konsumen, sebaran konsumen, dan produk yang disukai konsumen.

4. Kepuasan Konsumen

Strategi pemasaran adalah tidak cukup dengan membuat produk berkualitas saja, tetapi juga terkait kepuasan konsumen. Karena kepuasan konsumen akan menjadikan penjualan produk di masa mendatang tumbuh.

5. Kompetisi

Tujuan pemasaran adalah tentunya sebagai kompetisi. Untuk memenangkan persaingan, maka perusahaan harus melakukan strategi pemasaran dengan menonjolkan keunggulannya dibandingkan produk pesaing.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Pemasaran

Secara umum, pemasaran adalah upaya untuk mengenalkan dan menyebarluaskan produk ke masyarakat. Upaya ini dilakukan dengan berbagai cara, antara lain branding, iklan, Multi Level Marketing (MLM), Word of Mouth Marketing, PR Marketing, Relationship Marketing, dan Digital Marketing.

Branding

Salah satu cara atau jenis pemasaran adalah branding. Branding sendiri adalah proses menciptakan persepsi positif yang kuat tentang perusahaan, produk atau layanan bisnis di benak pelanggan dengan menggabungkan elemen-elemen seperti logo, desain, pernyataan misi, dan tema yang konsisten di seluruh komunikasi pemasaran.

Dengan kata lain, branding adalah upaya membangun citra perusahaan atau produk di mata masyarakat. Citra ini akan membuat suatu perusahaan atau produk akan menjadi lebih dekat dengan segmen pasar tertentu.

Iklan

Iklan adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, produk jadi, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditujukan kepada sebagian besar masyarakat.Iklan biasanya dilakukan dengan cara menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk melalui siaran televisi, radio, surat kabar, atau media lain.

Multi Level Marketing (MLM)

Multi Level Marketing atau yang lebih dikenal sebagai MLM, merupakan metode pemasaran berjenjang yang dilakukan oleh tenaga penjual dari berbagai tingkatan. Metode ini memungkinkan seorang sales bisa mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut. Tenaga penjual yang direkrut tersebut dikenal dengan anggota "downline".

Word of Mouth Marketing

Word of Mouth Marketing adalah jenis pemasaran yang dikenal juga sebagai pemasaran dari mulut ke mulut. Word of Mouth Marketing disebut juga sebagai pemasaran "getok tular." Pemasaran jenis ini dilakukan secara sadar atau tidak, yang melibatkan para pelanggan yang merasa puasa dengan suatu layanan atau produk tertentu. Pelanggan yang merasa puasa dengan suatu produk atau layanan, biasanya akan menceritakan pengalamannya ketika menggunakan suatu produk.

Tidak jarang, perusahaan yang memiliki kepentingan juga akan penghargaan kepada konsumen untuk terlibat, memberikan layanan pelanggan yang baik dan memberikan informasi eksklusif kepada konsumen.

PR Marketing

Public Relation Marketing (PR MArketing) adalah proses mengidentifikasi, menciptakan dan mengkomunikasikan nilai, serta memelihara hubungan yang memuaskan pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan. Tujuan utama dari marketing public relations bukan penjualan, namun lebih kepada pemberian informasi, pendidikan dan upaya peningkatan pengertian lewat penambahan pengetahuan mengenai suatu produk atau layanan.

Relationship Marketing

Relationship Marketing adalah bentuk pemasaran yang dikembangkan dari kampanye pemasaran respons langsung yang menekankan pada retensi dan kepuasan pelanggan daripada transaksi penjualan. Tujuan utama dari bentuk pemasaran ini adalah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dengan konten strategis, hubungan masyarakat, media sosial, dan pengembangan aplikasi.

Digital Marketing

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk dengan menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Digital marketing dilakukan dengan memanfaatkan saluran seperti situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari dan saluran serupa lainnya sehingga dapat digunakan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

5 dari 5 halaman

Strategi Pemasaran

Pemasaran adalah aktivitas atau upaya untuk mengenalkan dan menyebarluaskan produk atau layanan ke masyarakat. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, pemasaran tidak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan. Perlu perencanaan yang disebut sebagai strategi pemasaran.

Strategi pemasaran adalah proses membuat perencanaan yang mencakup langkah-langkah pemasaran, mulai dari segmentasi pasar dan target pasar.

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli-pembeli berdasarkan perbedaan, seperti kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang berbeda mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.

Menetapkan Target Pasar

Target pasar adalah kelompok masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan pemasaran untuk produk yang dianggap sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan kata lain, target pemasaran adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen, dan biasanya mempunyai rentan usia, sifat dan karakter yang hampir sama.

Baik segmentasi pasar dan target pasar ini, kemudian menjadi bahan pertimbangan untuk menyiapkan strategi pemasaran dan bentuk iklan atau promosi seperti apa yang akan dibuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.