Sukses

10 Wisata Banda Aceh yang Hits, Rekomendasi Liburan yang Menarik untuk Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Wisata Banda Aceh dapat anda masukan kedalam list tujuan liburan anda kedepan. Jika berbicara tentang Aceh maka tidak akan lepas dari Banda Aceh karena Banda Aceh merupakan ibu kota provinsi Aceh yang megah dan memukau. 

Banda Aceh merupakan kota yang dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah karena menjadi daerah penyebaran Islam pertama di Indonesia. Meski demikian wisata Banda Aceh tidak selalu tentang wisata religi, disini anda juga bisa menemukan wisata alam, sejarah dan budaya nya yang kental.

Dikenal sebagai salah satu bagian dari Kesultanan Turki Usmani yang sangat populer pada masanya. Banda Aceh juga dikenal dengan arsitekturnya yang sangat khas dan sulit dijumpai di tempat lain, hal ini menjadi salah satu daya tarik wisata Banda Aceh yang perlu anda lihat.

Sebagai referensi bagi anda yang akan berkunjung ke Banda Aceh, berikut ini LIputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (24/11/2022). Rekomendasi tempat wisata Banda Aceh yang wajib dikunjungi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Wisata Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

1. Masjid Raya Baiturrahman

Wisata Banda Aceh yang pertama adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid Raya Baiturrahman merupakan tujuan wisata pertama di Banda Aceh dan merupakan objek wisata sejarah dan religi yang terkenal dengan sejarah peradaban Islam di Aceh yang kaya akan nilai-nilai Islam.

Masjid ini memiliki desain arsitektur yang indah dan semakin memukau dengan 12 payung elektrik di halaman masjid. Keberadaan payung tersebut membuat Masjid Raya Baiturrahman mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid Raya Baiturrahman dibangun pada tahun 1612 Masehi.

 

2. Air Terjun Peukan Biluy

Air terjun Peukan Biluy menyuguhkan panorama alam yang indah menyegarkan mata dan pikiran. Lokasinya ada di hulu sungai Seunong Bate Doeng, Banda Aceh. Jika anda berkunjung ke kawasan Air Terjun Peukan Biluy, anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam persawahan dan perbukitan.

Setelah sampai di lokasi air terjun, Anda bisa melihat pemandangan alam yang memukau mata. Sambil bermain air, Anda bisa memancing di sekitar hilir air terjun untuk mendapatkan ikan air tawar. Jika mendaki ke atas anda anda akan menemukan padang rumput kecil yang dijuluki rimbun asmara.

3 dari 6 halaman

Wisata Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

3. Benteng Indra Patra

Wisata Banda Aceh yang selanjutnya adalah Benteng Indra Patra. Benteng Indra Patra tempat wisata lain di Banda Aceh ini merupakan peninggalan kerajaan Hindu-Buddha di daerah tersebut. Selain peradaban Islam modern, Aceh juga memiliki sisa-sisa Hindu Budha.

Benteng Indra Patra dibangun sebelum Islam masuk ke bumi di Serambi Mekkah. Diperkirakan pembangunan benteng ini dilakukan pada abad ke-7 Masehi. Benteng terbesar Indra Patra ini memiliki bentuk kubah di atasnya. Di dalam tembok modern, anda bisa menemukan sumur yang pernah digunakan untuk ritual keagamaan.

 

4. Ujung Kelindu

Ujung Kelindu merupakan tempat wisata alam yang terletak di Desa Lamreh, Aceh Besar. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan tebing pantai yang sangat menawan. Lokasi Ujung Kelindu tidak jauh dari Pantai Lhok mee sehingga dapat dijangkau dengan mudah. 

Hijaunya air laut berpadu dengan bukit savana yang indah tentu akan menciptakan pemandangan alam yang sempurna. Untuk menuju tempat wisata Ujung Kelindu membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan, namun akan terbayar dengan keindahan Ujung Kelindu.

4 dari 6 halaman

Wisata Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

5. Pantai Lhok Mee dan Bukit Soeharto

Wisata Banda Aceh yang berikutnya adalah Pantai Lhok Mee dan Bukit Soeharto. Pantai Lhok mee merupakan salah satu pantai di Banda Aceh yang memiliki pasir pantai yang berwarna putih lembut. Apalagi air laut di pantai ini begitu jernih bahkan terlihat seperti kristal.

Jika Anda mengunjungi Pantai Lhok mee, anda juga bisa mengunjungi Bukit Soeharto. Bukit tersebut mendapatkan namanya karena pernah digunakan sebagai bagian dari program penghijauan pada masa kepresidenan Soeharto.

 

6. Museum Tsunami dan Pemakaman Kerkof Peugeot

Tempat wisata di Banda Aceh ini merupakan monumen pengingat dan penghargaan bagi orang-orang yang selamat dari bencana tsunami Aceh pada tahun 2004 silam. Untuk mengunjungi museum ini, pengunjung tidak dipungut biaya apapun selain parkir.

Desain arsitektur museum ini unik. Karena berbentuk melengkung, dan terdapat nama-nama korban tsunami yang tertulis di dinding museum ini. Dari luar bangunan museum ini terlihat seperti kapal raksasa, namun jika dilihat dari atas bentuknya menyerupai gelombang laut.

5 dari 6 halaman

Wisata Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

7. Museum Aceh atau Rumah Aceh

Wisata Banda Aceh selanjutnya adalah Museum Aceh atau Rumah Aceh. Museum modern ini didirikan pada tahun 1915. Bangunan utamanya menyerupai Rumah Aceh yang mengandung banyak nilai filosofi Islam. Saat memasuki museum ini, anda bisa menemukan banyak peninggalan dan artefak dari zaman prasejarah. 

Ada juga koleksi trendi berusia lebih dari 1.400 tahun bernama Lonceng Cakra Donya. Lonceng berusia seribu tahun itu merupakan pemberian Sultan Pasai Kaisar Cina Dinasti Ming pada abad ke-15 dalam perjalanan muhibah Laksamana Muhammad Cheng Ho.

 

8. Pucok Krueng Raba, Lhoknga

Tempat wisata ini merupakan wisata hutan yang dulunya dianggap misterius oleh masyarakat setempat. Namun, hutan tersebut kini telah disulap menjadi objek wisata yang mempesona. Saat Anda berwisata ke Pucok Krueng Rana, anda akan melihat persawahan yang membentangkan lingkungan hijau.

Anda juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri Sungai Raba, mulai dari Hilir hingga Hulu. Kawasan Pucok Krueng merupakan kawasan hulu sungai yang asri dengan tanaman yang tertata rapi. Disini anda bisa menikmati suasana santai dan tenang berpadu dengan pemandangan pegunungan kapur yang spektakuler.

6 dari 6 halaman

Wisata Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

9. Kapal Apung Lampulo

Selain memiliki wisata alam, Banda Aceh juga memiliki wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu wisata Kapal Apung Lampulo. Kapal apung ini menjadi saksi bisu bencana tsunami Aceh tahun 2004 silam, dan kapal seberat 65 ton terdampar di atas rumah warga setelah disapu tsunami di Desa Lampulo.

Kapal Lampulo sedang mencari ikan yang bersandar di TPI Lampulo saat melaut. Bahkan kapal ini juga berhasil menyelamatkan 59 orang saat tsunami melanda Aceh. Kapal kayu ini kemudian dijadikan monumen dan tempat wisata sejarah di Banda Aceh yang wajib anda kunjungi untuk mengenang peristiwa tsunami tahun 2004 silam.

 

10. Pantai Lampuk

Wisata Banda Aceh yang terakhir adalah pantai lampuk. Pantai Lampuk merupakan pantai berpasir putih yang terletak sekitar 15 kilometer dari Banda Aceh.  Pantai ini sempat sepi pengunjung setelah dihantam tsunami tahun 2004, namun kini telah dibanjiri wisatawan dari berbagai daerah.

Untuk menuju Pantai Lampuk, terdapat empat pintu masuk ke bagian pantai yaitu Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, dan Babah Empat. Bagi Jakur Babah, Tiga merupakan jalur menuju lokasi surfing. Jalur Babah Dua memiliki wahana edukasi konservasi penyu. Di sepanjang jalur pantai ini terdapat warung makan yang menyediakan aneka hidangan seafood.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.