Sukses

Organisasi Sepak Bola Dunia adalah Namanya FIFA, Ini Tugas dan Sejarah Dibentuknya

Liputan6.com, Jakarta - Berlangsungnya berbagai kompetisi sepak bola skala internasional, dinaungi secara langsung oleh organisasi sepak bola dunia. Nama organisasi sepak bola dunia adalah FIFA. Ini singkatan dari Federation International de Football Association.

Organisasi sepak bola dunia adalah dibentuk sejak tahun 1904, tepatnya 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. Kini, total ada 209 negara yang tergabung dalam FIFA. Berjalannya organisasi sepak bola dunia diatur dalam “Statuta FIFA” yang berisi tujuan, struktur, dan cara organisasi internasional itu bertindak.

Melansir dari situs website resmi FIFA, organisasi sepak bola dunia adalah tidak hanya bertanggungjawab dengan sepak bola, tetapi beberapa cabang olahraga. Mulai dari sepak bola pantai dan futsal.

Apa saja kompetisi yang dinaungi secara langsung oleh FIFA? Berbagai kompetisi yang dibawahi organisasi sepak bola dunia adalah piala dunia, piala dunia wanita, piala dunia U-20, piala dunia wanita U-20, piala dunia sepak bola pantai, piala dunia futsal, dan lain sebagainya. Agar lebih memahami, simak penjelasannya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang organisasi sepak bola dunia adalah FIFA, Kamis (24/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Organisasi Sepak Bola Dunia adalah FIFA

Nama organisasi sepak bola dunia adalah FIFA. Induk organisasi FIFA adalah singkatan dari Federation International de Football Association. Ini federasi sepak bola internasional yang dibentuk sejak tahun 1904, tepatnya 21 Mei 1904.

Slogan organisasi sepak bola dunia adalah “For The Game, For The World” yang memiliki arti khusus. Dalam buku berjudul Jago Sepak Bola oleh Reki Siaga Agustina, arti slogan FIFA sebagai organisasi sepak bola dunia adalah sepak bola akan menjadi pemersatu antarbangsa sesudah perang dunia.

Berbagai kompetisi yang dibawahi organisasi sepak bola dunia adalah piala dunia, piala dunia wanita, piala dunia U-20, piala dunia wanita U-20, piala dunia sepak bola pantai, piala dunia futsal, dan lain sebagainya.

Dalam jurnal penelitian berjudul Pembekuan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ditinjau dari Statuta Federation Internationale de Football Association oleh Anak Agung Dalem Ariyudha Suatra Putrawan, dijelaskan FIFA dibentuk oleh asosiasi-asosiasi sepak bola negara yang memiliki konstitusi dalam “statuta FIFA” yang berisi tujuan, struktur, dan cara organisasi bertindak.

Dibentuknya FIFA sebagai organisasi sepak bola dunia adalah bersifat permanen. Organisasi sepak bola dunia ini memiliki badan-badan perwakilan, di mana kekuasaan tertingginya ada pada Kongres. Selain berperan sebagai kekuasaan tertinggi, Kongres juga berperan sebagai badan eksekutif dan Sekretariat Jenderal sebagai badan administratif.

Organisasi sepak bola dunia mengatur sedemikian rupa tentang pengaruh dari intervensi pihak ketiga. Dalam Statuta FIFA pasal 17 ayat 1, dinyatakan kewajiban anggota FIFA sebagai organisasi sepak bola dunia adalah wajib bersikap idependen dan tidak terpengaruh pihak ketiga. Jika dilanggar, maka akan dikenakan sanksi sebagaimana dijelaskan dalam ayat 2 sebagai berikut:

“A Member’s bodies shall be either elected or appointed in that Association. A Member’s statutes shall provide for a procedure that guarantees the complete independence of the election or appointment,” bunyi Statuta FIFA pasal 17 ayat 2.

3 dari 3 halaman

Sejarah Dibentuknya Organisasi Sepak Bola Dunia

FIFA diakui sebagai organisasi sepak bola dunia karena telah memenuhi syarat sebagai organisasi internasional. FIFA dinyatakan masuk kategori organisasi internasional privat (non gonvernmental organzations).

Organisasi sepak bola dunia dibentuk sejak tahun 1904, tepatnya 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. Kini, ada 209 negara yang tergabung dalam FIFA. Sejarah dibentuknya organisasi sepak bola dunia adalah berangkat dari inisiasi tokoh sepak bola dunia Henry Delaunay dan Jules Rimet yang mengadakan pertemuan dengan 7 negara, yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia, dan Belanda.

Apa sebenarnya tujuan dibentuknya organisasi sepak bola dunia? Melansir dari USSoccer, tujuan dibentuknya FIFA sekaligus menjadi tugas FIFA menjalankan peranan sebagai organisasi sepak bola dunia sebagai berikut:

1. Tujuan dibentuknya organisasi sepak bola dunia adalah membuat pertandingan sepak bola dalam setiap tingkatan dapat terkontrol dan dapat tercipta permainan yang layak.

2. Tujuan dibentuknya organisasi sepak bola dunia adalah membuat regulasi permainan.

3. Tujuan dibentuknya organisasi sepak bola dunia adalah mengawasi pertukaran atau jual-beli pemain skala internasional.

4. Tujuan dibentuknya organisasi sepak bola dunia adalah mengatur seluruh kompetisi yang dibawahi oleh FIFA.

5. Tujuan dibentuknya organisasi sepak bola dunia adalah membuat standarisasi untuk wasit, pelatih, dan tim medis.

6. Tujuan dibentuknya organisasi sepak bola dunia adalah membangun sepak bola di seluruh dunia.

7. Tujuan dibentuknya organisasi sepak bola dunia adalah ajang perdamaian kemanusiaan.

8. Tujuan dibentuknya organisasi sepak bola dunia adalah pembentukan generasi muda yang mampu menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Saat ini, bangku kepresidenan FIFA sebagai organisasi sepak bola dunia adalah diduduki oleh Gianni Infantino.  Ini daftar bangku kepresidenan FIFA dari masa ke masa yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Presiden FIFA pertama adalah Roberta Guerin berasal dari Prancis yang menjabat tahun 1904 hingga 1906.

2. Presiden FIFA kedua adalah Daniel Burley Woolfall berasal dari Inggris yang menjabat tahun 1906 hingga 1918.

3. Presiden FIFA ketiga adalah Jules Rimet berasal dari Prancis yang menjabat tahun 1921 hingga 1954. Jules Rimet mendapatkan gelar Presiden Kehormatan FIFA yang masuk nominasi pada tanggal 21 Juni 1954.

4. Presiden FIFA keempat adalah Rodolphe Seeldrayers berasal dari Belgia yang menjabat tahun 1954 hingga 1955.

5. Presiden FIFA kelima adalah Arthur Drewry berasal dari Inggris yang menjabat 1955 hingga 1961.

6. Presiden FIFA keenam adalah Sir Stanley Rous berasal dari Inggris yang menjabat tahun 1961 hingga 1974. Sir Stanley Rous mendapatkan gelar Presiden Kehormatan FIFA, dan dinominasikan 11 Juni 1974.

7. Presiden FIFA ketujuh adalah João Havelange berasal dari Brasil yang menjabat tahun 1974 hingga 1998. João Havelange mendapatkan gelar Presiden Kehormatan FIFA, dan dinominasikan 8 Juni 1998.

8. Presiden FIFA kedelapan adalah Sepp Blatter berasal dari Swiss yang menjabat tahun 1998 hingga 2015. Sepp Blatter terpilih 8 Juni 1998 dan diberhentikan secara tidak hormat Desember tahun 2015.

9. Presiden FIFA kesembilan adalah Gianni Infantino berasal dari Swiss keturunan Italia yang menjabat tahun 2016 hingga saat ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.